Pantai Lasiana, Pantai Pasir Putih Eksotis Nan Cantik di Kupang

Pantai Lasiana, Pantai Pasir Putih Eksotis Nan Cantik di Kupang
Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Lasiana, Kec. Kupang Tengah, Kab. Kupang, Nusa Tenggara Timur; Map: Cek Lokasi

Provinsi Nusa Tenggara Timur banyak memiliki kekayaan alam yang tersimpan di dalamnya. Salah satunya yaitu obyek wisata Pantai Lasiana yang tepat berada di Kupang. Pantai tersebut memiliki luas kurang lebih sekitar 3,5 hektar dengan beragam keindahan yang mengelilinginya. Wisatawan lokal dan luar negeri banyak yang meliriknya dan menjadikan rekomendasi tempat berlibur.

Pemerintah setempat mempunyai tujuan untuk membuat tempat pariwisata ini sebagai taman budaya flobamora. Artinya tempat berkumpulnya berbagai suku dan budaya sekitar dan dijadikan sebagai wisata yang menarik. Kabarnya pantai tersebut sudah dibuka mulai tahun 1970-an dengan minimnya fasilitas. Namun seiring perkembangan waktu, pengelola berusaha melengkapi berbagai fasilitas.

Pada siang hari wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan air laut biru dan langit biru yang nampak senada. Sedangkan sore hari keindahan Pantai Lasiana nampak estetik dengan ditemani pemandangan matahari terbenam.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Lasiana

Daya Tarik Dimiliki Pantai Lasiana
Image Credit: Facebook Putu Utomo

1. Banyak Pepohonan di Tepi Pantai

Destinasi Kupang ini dikenal memiliki udara yang sejuk untuk dihirup. Mulai dari pintu masuk depan Anda akan disuguhi oleh beberapa pohon hijau yang nampak asri. Terdapat kurang lebih 230 pohon lontar dan 65 pohon kelapa di sepanjang pasir pantai. Tujuan adanya penghijauan tersebut selain memperindah kawasan juga untuk mencegah abrasi.

Kabarnya kedua tanaman itu juga sering dimanfaatkan warga sekitar untuk membuat pondok kecil atau lopo-lopo. Pondok yang menyerupai payung ini nampak di sudut area wisata dengan atapnya yang berbahan dasar daun lontar. Tiang penyanggahnya terbuat dari batang pohon kelapa dan terdapat bangku kecil yang mengelilingi.

2. Memiliki Jalur Pemecah Ombak

Pengunjung yang mendatangi Pantai Lasiana akan menemukan keunikan didalamnya. Hal tersebut karena tempat rekreasi ini memiliki jalur pemecah ombak yang berbentuk seperti huruf J. Awalnya pengelola mengatakan dibentuknya jalan ini untuk menghindari abrasi akibat air laut. Namun di sekitarnya belum dibangun pembatas sehingga wisatawan diharapkan berhati-hati.

Jalur treking tersebut dilengkapi dengan bebatuan yang disusun rapi berwarna corak hitam. Letaknya berada di tengah pantai sehingga ombak tidak langsung masuk ke bibir pantai. Banyak pula pengunjung yang menjadikan jalan ini sebagai spot foto menarik.

3. Pasir Putih dengan Ombak yang Tenang

Pemandangan lain yang menghias pantai ini adalah butir pasirnya yang putih dan halus. Areanya nampak begitu bersih karena petugas selalu berkeliling untuk memastikan tidak ada sampah berceceran. Setiap wisatawan yang berkunjung selalu membawa mainan pasir mulai dari cetakan dan penggaruk pasir.

Tak hanya itu saja, keindahan alam pantai juga dilengkapi dengan ombaknya yang tidak terlalu ganas. Hal ini yang membuat banyak orang bermain air di sekitarnya. Sejauh mata memandang terdapat pula bukit hijau yang mengelilingi ombak pantai terlihat begitu indah.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Lasiana
Image Credit: Google Maps Afrizal Hilmiawan

Destinasi alam Pantai Lasiana terletak di Desa Lasiana, Kelapa Lima, Kupang Tengah, Nusa Tenggara Timur. Dari pusat kota Kupang hanya berjarak sekitar 12 km untuk menuju tempat pariwisata tersebut. Wisatawan yang baru pertama kali berkunjung dapat mencari lokasi melalui google maps. Akses jalan mudah dilalui karena aspalnya sudah mulus dan tidak bebatuan lagi.

Anda dapat membawa kendaraan pribadi atau menyewa travel yang biasanya disediakan di area bandara. Bagi yang ingin naik angkutan umum juga bisa dengan memilih kendaraan colt yang dikenai tarif Rp 5.000 saja. Banyak pula ojek yang berlalu lalang di jalan sekitar tempat wisata.

Wisatawan yang dari arah bandara el tari hanya membutuhkan waktu sekitar 16 menit untuk sampai ke lasiana. Anda juga dapat melihat papan penunjuk jalan atau bertanya langsung kepada penduduk sekitar letak tempat pariwisata ini. Rute perjalanan yang memadai membuat wisata ini tidak pernah sepi pengunjung terutama saat hari libur.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Wisata Pantai Lasiana
Image Credit: Google Maps Andre Suryaputra

Biaya berlibur ke Pantai Lasiana memang sangat ramah di kantong. Wisatawan hanya dikenai tarif tiket Rp 5.000 untuk orang dewasa dan Rp 2.000 untuk anak-anak. Harga tersebut ditetapkan pengelola setempat mulai tahun 2020 karena sebelumnya harga tiket hanya Rp 1.000. Namun kenaikan tersebut tidak membuat wisatawan enggan berkunjung ke wisata ini.

Dengan harga masuk yang murah, wisatawan dapat menikmati keindahan pantai mulai pagi hingga menjelang malam. Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi ada karcis parkir Rp 5.000 untuk sepeda dan Rp 10.000 untuk roda empat. Pada hari libur pun harganya tetap sama dan tidak ada kenaikan.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Lasiana

Aktivitas Seru di Pantai Lasiana
Image Credit: Twitter #JendelaAngkot

1. Jogging

Selain berlibur, pengunjung juga bisa menikmati hawa pantai dengan olahraga jogging. Kegiatan ini biasanya dilakukan pada saat pagi hari karena udara masih sejuk dan belum terasa panas. Anda dapat merasakan banyak manfaat dengan berjogging salah satunya bisa membakar kalori tubuh.

2. Berenang

Berenang menjadi hal yang wajib dilakukan saat berlibur ke pantai bersama keluarga. Apalagi ombak Pantai Lasiana yang tidak begitu besar sangat mendukung kegiatan ini. Namun, pengelola tetap menyarankan agar wisatawan tetap berhati-hati karena terkadang angin yang besar dapat mempengaruhi ombak pantai.

3. Olahraga Snorkeling

Air laut yang jernih biru kehijauan membuat banyak pengunjung tertarik untuk snorkeling. Anda dapat menikmati keindahan terumbu karang dari bawah laut. Tak hanya itu, ikan warna warni, gurita, cumi-cumi dan berbagai biota laut terlihat melengkapi air pantai eksotis ini. Wisatawan dapat membawa peralatan snorkeling dari rumah karena belum tersedia fasilitas penyewaan peralatan di kawasan wisata.

4. Mengunjungi Kios Pedagang

Aktivitas di Pantai Lasiana
Image Credit: Instagram Tri Wasono Sunu

Pada area tempat pariwisata pantai terdapat beberapa kios pedagang yang menjual jajanan. Wisatawan bisa menikmati jagung bakar, es kelapa muda, hingga makanan berat dengan duduk di kios tersebut. Anda dapat mengunjunginya saat siang ataupun sore karena tidak buka 24 jam.

5. Bermain Voli Pantai

Wisatawan dapat membawa sejumlah permainan saat mengunjungi Pantai Lasiana ini. Salah satunya bola voli yang dapat Anda mainkan di area pasir putih pantai. Voli biasanya dimainkan oleh 4 orang atau lebih dengan tujuan melewati jaring yang dipasang. Pasti akan sangat menyenangkan bermain ini dengan kerabat untuk menghabiskan waktu di pantai.

6. Menyaksikan Panggung Hiburan

Saat hari tertentu wisatawan dapat menyaksikan panggung hiburan rakyat di area pantai. Hal ini bertujuan untuk mempromosikan lokasi wisata dan agar wisatawan merasa betah berlibur kesini. Biasanya terdapat pertunjukan tari, live musik, ataupun teater yang dimainkan langsung oleh penduduk sekitar.

Penginapan Murah Dekat Pantai

Penginapan Dekat Pantai lasiana
Image Credit: Google Maps Emiliana Mosa

1. Spot On 2518 Wilma Hotel li Premier

Penginapan ini letaknya sangat dekat dengan kawasan wisata, dapat ditempuh 15 menit saja jika berkendara. Tempatnya sangat nyaman dan petugas hotel juga ramah kepada pengunjung. Setiap kamar sudah difasilitasi dengan TV kabel, lemari, dan kamar mandi pribadi. Anda bisa naik ke lantai 3 untuk menikmati suasana kota Kupang dan melihat pegunungan yang nampak mata.

2. Chrysant Hotel Resort

Mulai dengan harga Rp 200.000 saja wisatawan dapat menginap di hotel ini. Di dalamnya tersedia kolam renang luar dengan view perbukitan, tempat karaoke, dan penyewaan mobil. Tiap kamar tamu pun juga menghadap pegunungan fatuleu yang nampak indah. Letaknya yang strategis membuat penginapan ini dekat dengan pusat perbelanjaan dan bandara.

3. Hotel Neo Eltari

Salah satu penginapan yang dekat dengan Pantai Lasiana yaitu hotel neo eltari yang berjarak 5 km. Tersedia 137 kamar di 3 lantainya dengan harga yang bervariasi. Pada sudut hotel terdapat ruang pertemuan yang bisa disewa untuk kebutuhan bisnis. Restaurant makanan Indonesia juga bisa Anda cicipi saat menginap di neo eltari.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas di Pantai Lasiana
Image Credit: Instagram Elsje Mansula

Wisata Pantai Lasiana memiliki fasilitas penunjang lengkap agar pengunjung dapat merasa nyaman. Salah satunya lahan parkir sepeda dan mobil yang luas di dekat pintu masuk. Pada saat hari libur pun tidak perlu khawatir kehabisan tempat parkir, karena disini bisa memuat hingga 40 kendaraan. Anda yang ingin sholat juga bisa menumpang ke kios pedagang yang ada.

Wisatawan dapat menggunakan fasilitas kamar mandi yang ada di sudut pantai dengan membayar Rp 2.000 saja. Tempat duduk untuk bersantai juga nampak berjejer di sepanjang wisata ini. Pada hari tertentu biasanya akan ada panggung hiburan yang meramaikan pantai dengan berbagai pertunjukan seperti live musik.

Tak hanya itu saja, pedagang yang menjual jajanan di kios bisa dinikmati wisatawan dengan harga murah. Pengelola juga menyediakan wahana bermain anak seperti ayunan di dekat pintu masuk. Area sekitar pantai nampak bersih karena banyak tempat sampah di sepanjang area. Wisatawan diharapkan menggunakan semua fasilitas dengan baik dan tidak merusaknya.

Demikian ulasan mengenai Pantai Lasiana yang wajib Anda kunjungi saat ke Nusa Tenggara Timur. Pengunjung akan dibuat kagum dengan daya tarik dan keindahan alam di dalamnya. Hal yang terpenting sebelum berlibur siapkan kamera dan budget yang cukup.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending