Pantai Lemo, Pantai Indah & View Sunset yang Memukau di Luwu Timur

Pantai Lemo, Pantai Indah & View Sunset yang Memukau di Luwu Timur
Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Mabonta, Kec. Burau, Kab. Luwu Timur, Sulawesi Selatan; Map: Cek Lokasi

Pantai Lemo terlihat eksotis dengan barisan pohon kelapa yang menjulang di area pesisir. Tanaman ini memenuhi nyaris satu garis horizontal hingga menyentuh perbukitan. Akibatnya, udara panas khas Sulawesi Selatan tidak begitu menyakitkan karena terlindungi oleh hijaunya pohon kelapa.

Selain pohon yang berbaris rapi, kedatangan Anda ke sini juga akan disambut oleh air laut yang bersih dan ombaknya minimalis. Banyak wisatawan lebih memilih menghabiskan waktu mereka di dalam air hingga merasa puas dan kembali ke darat. Ada kalanya Anda dapat menyaksikan kawanan burung yang melintasi lautan.

Pantai Lemo tergolong padat berkat aneka fasilitas yang dihadirkan. Makan di warung tenda area pesisir, menyewa perahu dan menjelajah, atau sekadar duduk di bawah pohon kelapa menikmati suasana yang natural. Terlepas dari keramaiannya, jadikan itu alternatif utama yang diprioritaskan saat datang ke Kabupaten Luwu Timur.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Lemo

Daya Tarik Pantai Lemo
Image Credit: Google Maps edward armanda

1. Kecantikan Alami Pantainya

Pantai Lemo tidak banyak menerima modifikasi dari manusia di mana kecantikannya terbuat alami. Apakah itu pohon kelapa yang berbaris rapi, kejernihan lautnya atau pasir putih yang menghampar luas.

Memang ada penambahan fitur lain seperti warung tenda, tetapi sifatnya hanya melengkapi. Bermain di sini Anda akan disuguhkan keasrian destinasi bahari di Sulawesi Selatan sambil merasakan nikmatnya suasana lokal.

Hanya saja, Anda mungkin perlu secara sukarela berdesakkan dengan wisatawan lain. Pasalnya, tempat cantik ini tergolong ramai oleh pengunjung dengan rentang usia beragam. Agaknya untuk Anda yang sedang mencari ketenangan dalam wisata pantai, tidak disarankan mampir ke sini.

Namun, apabila Anda hanya menginginkan kecantikan natural dari sebuah destinasi bahari, inilah pilihannya. Jadi, jangan lupakan itu dan nikmati setiap waktu tersisa saat Anda datang ke sini dengan bahagia.

2. Keteduhan Pantai Lemo

Teduhnya suasana di Pantai Lemo rupanya dapat pula dijadikan sebagai daya tarik utama. Anda akan mendapatkan kesegaran meski suasana saat berkunjung terbilang panas.

Teriknya cuaca di pantai cantik ini membuat pasirnya lebih berkilau daripada kondisi sebenarnya. Namun demikian, pada waktu bersamaan turut membuatnya semakin menarik dan mencolok di antara pohon-pohon yang menghijau.

Teduhnya pantai menawan ini juga membuat Anda gampang mencari tempat istirahat walau suasana sekitar ramai. Anda hanya harus menepi ke sudut-sudut area pesisir yang agak sepi, kemudian merasakan keteduhannya dengan damai.

Terkadang, pemandangan burung yang terbang melewati laut membuatnya semakin ciamik. Perasaan Anda akan terasa lebih bagus dan energi positif berdatangan saat membiarkan diri menghabiskan waktu di sini.

3. Panorama Sunset

Tidak ada penghalang yang membuat keindahan matahari saat tenggelam tertutupi bila Anda berada di Pantai Lemo. Walaupun banyak ditumbuhi tanaman rimbun, tetapi itu telah diatur sedemikian rupa sehingga tidak menghilangkan potensi keindahan lainnya.

Datang ke pantai cantik ini rasanya tidak lengkap bila tidak menyempatkan waktu menghibur diri dengan sunset. Bagaimana matahari bersinar dengan warnanya yang megah membuat lanskap tersebut tampak bagai lukisan.

Apalagi, jika Anda mampu mengkombinasikan semua potensi di pantai cantik ini, hasilnya pasti memukau. Dari pohon kelapa, gunung di kejauhan, burung yang kembali ke sarang, dan langit yang berwarna kemerahan. Selanya seolah dicipta untuk membuat pengunjung kagum akan kealamian bumi Kabupaten Luwu Timur.

Alamat, Rute Lokasi dan Tiket Masuk

Alamat Pantai Lemo
Image Credit: Google Maps Viet Thanh Duong

Pergilah ke Desa Mabonta yang indah dengan pantainya saat pagi buta. Itu memberikan kesempatan mengeksplorasi lanskap Pantai Lemo sehingga perjalanan wisata Anda ke Sulawesi Selatan terasa berkesan.

Tepatnya di Kabupaten Luwu Timur, cukup jauh jika Anda berangkat dari Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Jadi, perlu perjalanan ekstra baik memakai mobil sewaan atau alternatif lainnya. Mendatangi pantai cantik ini sama seperti menelisik bagaimana keindahan pesona wisata di Kecamatan Burau yang diperhitungkan.

Sangat murah retribusi yang dibutuhkan agar dapat mengakses Pantai Lemo sepuasnya. Anda diharuskan membayar senilai Rp 5.000 saja bila membawa mobil serta Rp 2.000 untuk motor.

Sementara itu, untuk alokasi tiket masuk sama sekali digratiskan sehingga tidak membebani Anda. Artinya, pengunjung hanya perlu menyiapkan dana mulai dari Rp 2.000-an saat tertarik mengeksplorasi pantai estetis ini.

Aktivitas yang Seru Dilakukan di Pantai Lemo

Aktivitas Seru di Pantai Lemo
Image Credit: Google Maps Armayanti Hakman

1. Pergi ke Dermaga

Ada sebuah dermaga berbahan semen yang dibangun di sekitar pesisir untuk dipakai seoptimal mungkin. Sering kali para pengunjung menapaki dermaga ini untuk sekadar berfoto ria sambil menjadikan lautan sebagai latar belakang.

Pantai Lemo adalah objek bahari yang tampak memanfaatkan segala potensinya untuk menjadi secantik mungkin. Tidak heran bila adanya dermaga juga kian menambah estetika yang bisa dinikmati oleh pengunjung.

Datang ke sini juga bisa dijadikan pilihan jika Anda ingin melihat keindahan alam secara utuh dan jelas. Dermaga di bangun di atas ketinggian yang berbeda dengan pesisir sehingga membuat jarak pandang berpotensi lebih jauh pula.

Berdirilah di atas dermaga dan lihat bagaimana suasana seru di sekitar Anda untuk kemudian dikenang. Meskipun begitu, tetap senantiasa perhatikan sisi kiri dan kanan Anda sebab dermaga ini tidak dirancang beserta pagar pembatasnya.

Artinya, yang datang ke sini harus mempertimbangkan aktivitas mereka agar tidak menimbulkan bahaya. Misalnya, berusaha menghindari mengambil posisi di pinggir dermaga saat hendak berfoto atau bersantai.

2. Wisata Kuliner

Walaupun pantai cantik ini populer untuk warga lokal, tetapi hanya sebatas itu saja sebab masih ada pantai fantastis lainnya di Pulau Jawa dan Bali. Wisatawan dari luar negeri maupun nasional terkadang kurang menyadari pesona wisata di luar kedua pulau tersebut.

Maka dari itu, bila Anda datang dari luar Sulawesi dan ingin merasakan bagaimana lingkungan di sini, datanglah ke Pantai Lemo. Terdapat warung-warung tenda yang memungkinkan Anda menikmati suasana samudra sambil menyantap hidangan beraneka ragam.

Datang ke sini memberikan kesempatan eksplorasi bagi Anda untuk mengenal lingkungan Sulawesi Selatan. Bagaimana cara warganya berbicara, kebiasaan sehari-hari mereka, potensi wisata, dan masih banyak lagi.

Untuk Anda yang suka petualangan dan mengetahui keindahan Indonesia secara umum, sangat direkomendasikan agar datang ke pantai cantik ini. Siapkan diri menemukan pesona baru dibanding apa yang pernah Anda lihat sebelumnya.

3. Berjemur di Tepi Pantai

Panasnya udara di sekitar sini terasa sempurna untuk dijadikan sebagai sarana berjemur. Pada waktu bersamaan, Anda juga bisa tetap menjaga kesejukan diri berkat adanya tanaman rimbun di lingkungan ini.

Pantai Lemo yang menggabungkan pesona bukit, pohon, laut, dan hamparan pasir putih adalah pilihan tepat untuk membuat kulit kecokelatan. Kegiatan berjemur bisa pula dibarengi dengan keinginan menghabiskan waktu barang sehari tanpa peduli soal kondisi kulit.

Bagi Anda yang menyukai kebebasan, tidak ada salahnya menjajal kegiatan eksotis ini. Tentunya dengan tetap memakai tabir surya agar tidak terjadi kerusakan parah pada kulit Anda. Sebab tujuan berjemur adalah membuat kulit cokelat alami, bukan merusaknya.

Apabila kegiatan berjemur telah bisa Anda lakukan dengan baik, maka cobalah menambah kegiatan olahraga lainnya. Misalnya, berjalan-jalan di pesisir atau mengelilingi kawasan pantai hingga merasa lelah.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas di Kawasan Pantai Lemo
Image Credit: Google Maps edward armanda

Anda bisa pergi ke kamar mandi atau toilet di Pantai Lemo sehabis menceburkan diri ke dalam laut. Kedua fasilitas penting ini didesain terpisah sehingga cukup nyaman untuk masuk dan menghabiskan waktu di sana hingga merasa bersih. Atau, sekedar mampir dengan tujuan yang dipengaruhi oleh faktor alam, lakukanlah senyaman mungkin.

Saat ingin istirahat, ada pula warung makan yang bisa dipakai sekaligus untuk duduk santai. Jika enggan melihat makanan atau merasa sungkan akan mengganggu pengunjung lain yang sedang makan, sebaiknya pergilah ke saung. Anda bisa menarik napas sejenak di sana demi mendapatkan tenaga agar bisa melakukan eksplorasi lagi.

Membuang sampah juga seharusnya jadi perkara mudah karena telah disediakan tempatnya. Anda pun bisa memanfaatkannya sebaik mungkin tanpa harus meninggalkan jejak sampah di pantai cantik ini. Dengan demikian, di masa depan saat Anda kembali lagi, situasinya tetap ciamik seperti sekarang.

Pantai Lemo bisa pula memfasilitasi Anda melakukan perjalanan ke laut dengan adanya penyewaan perahu. Kegiatan ini tetap aman sebab suasana ombak di kawasan tersebut tergolong bersahabat. Jadi, nikmatilah waktu semaksimal mungkin sampai tiba saatnya pulang ke penginapan atau rumah Anda.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending