8 Wisata Pantai di Lombok Barat yang Cantik & Hits

8 Wisata Pantai di Lombok Barat yang Cantik & Hits

Menikmati liburan di Lombok Barat menjadi hal yang disukai oleh banyak orang. Apalagi disana terdapat berbagai pantai cantik yang akan memanjakan mata. Beberapa pantai tersebut masih belum banyak dijamah orang sehingga terlihat begitu natural.

Setiap pantai dikenal memiliki air laut yang masih jernih dengan hamparan pasir putih. Hal inilah yang membuat para pelancong kagum dan penasaran ingin berlibur ke pantai yang ada di Lombok Barat. Tidak hanya itu saja, panorama berupa bukit dan tebing juga akan mudah ditemui.

Wisatawan yang berlibur dijamin tidak akan merasa bosan karena fasilitas yang disediakan cukup lengkap. Kebersihannya pun selalu terjaga dengan baik untuk melestarikan wisata yang ada. Berikut daftar rekomendasi wisata pantai hits di Lombok Barat yang menarik untuk dikunjungi.

1. Gili Nanggu

Gili Nanggu
Image Credit: Google Maps 인도네시아여행 사삭투어Sasak Wisata Korea

Gili Nanggu menjadi pulau yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Anda yang ingin datang kesini dapat menyewa perahu yang telah disediakan. Saat hari libur Gili Nanggu akan dipadati pengunjung untuk menikmati keindahan laut. Disana tampak hamparan pasir putih dengan air laut yang jernih berwarna biru kehijauan.

Anda yang berkunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, snorkeling, atau diving. Pulau Gili Nanggu memang memiliki keindahan terumbu karang yang tidak boleh terlewatkan. Suasana di pulau ini sangat menenangkan karena jauh dari keramaian. Hal itulah yang akan membuat para pelancong seperti sedang berada di pulau pribadi.

Pengunjung bisa bersantai sekaligus melihat kapal nelayan yang hilir mudik mencari ikan. Pada area sekitar Gili Nanggu juga menyediakan restaurant seafood yang bisa dikunjungi bersama keluarga. Tak hanya itu saja, pulau tersebut diketahui dekat dengan Gili Kedis dan Gili Sudak sehingga Anda yang sedang berlibur dapat sekaligus mengunjungi 3 tempat itu.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sekotong Barat, Kec. Sekotong, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

2. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi
Image Credit: Google Maps Dian Ariawal

Pantai Senggigi dikenal memiliki panorama alam yang indah. Garis pantainya membentang panjang dengan pasir putih yang begitu halus. Air lautnya tampak jernih berwarna biru kehijauan dengan ombak yang tidak terlalu besar. Sejauh mata memandang traveller akan disuguhi beragam pemandangan yang ada di dalam pantai cantik ini dan keunikan lainnya.

Air laut di Pantai Senggigi sangat cocok digunakan untuk snorkeling maupun diving. Anda akan melihat beragam biota laut mulai dari ikan, cumi-cumi, bintang laut, dan masih banyak lagi. Akan tetapi pengunjung diharapkan membawa peralatan snorkeling sendiri dari rumah. Hal itu dikarenakan belum adanya fasilitas yang menyewakan berbagai peralatan air.

Anda bisa pula berjemur atau bermain pasir agar liburan semakin menyenangkan. Garis pantainya yang panjang juga cocok digunakan untuk melakukan olahraga yoga. Saat sore maupun malam hari di area pantai menyediakan bar atau cafe yang dapat dikunjungi. Jadi jangan sampai lupa untuk melipir ke Pantai Senggigi jika sedang berada di Lombok Barat.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pantai Senggigi, Kec. Batu Layar, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

3. Pantai Bangko-Bangko

Pantai Bangko-Bangko
Image Credit: Google Maps Loetfi Ono

Pantai Bangko-Bangko adalah wisata yang banyak dijadikan sebagai spot berselancar. Ombaknya diketahui memiliki ketinggian mencapai 3 meter sehingga sangat disukai oleh peselancar. Anda yang suka selancar bisa datang ke Pantai Bangko-Bangko sekitar bulan Mei hingga Oktober. Hal itu dikarenakan gelombang akan tinggi dan cocok untuk selancar.

Tidak hanya itu saja, wisatawan yang suka memancing dapat berburu spot di area sekitarnya. Pantai cantik ini juga dikenal dengan pasirnya yang putih dengan pemandangan bukit hijau. Saat siang hari air laut akan tampak indah karena warnanya senada dengan langit. Namun pantai tersebut belum banyak diketahui orang sehingga masih terlihat alami.

Fasilitas di Pantai Bangko-Bangko masih belum lengkap seperti wisata alam lainnya. Namun Anda yang berlibur tidak perlu khawatir karena dijamin pantai ini akan membuat pengunjungnya terkesima. Letaknya yang jauh dari hiruk pikuk aktivitas masyarakat sangat cocok digunakan bersantai, selain itu para pelancong bisa sambil piknik bersama kerabat.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Batu Putih, Kec. Sekotong, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

4. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan
Image Credit: Google Maps LALU HANDIRIZAL

Destinasi ini termasuk pantai yang menjadi incaran para traveller saat berada di Lombok Barat. Garis pantainya diketahui memiliki panjang sekitar 2 meter dan areanya dikelilingi dengan bukit. Pantai Aan menghadap ke arah Samudra Hindia sehingga sangat bagus sekali pemandangannya. Apalagi saat pengunjung melihatnya pada pagi ataupun siang hari.

Kawasan pantainya juga tampak banyak pohon hijau yang berjejer. Pohon yang ada di sekitar pantai sengaja ditanam untuk mencegah terjadinya abrasi. Anda yang berada di Pantai Tanjung Aan akan melihat pasir yang mempunyai 2 tekstur. Pasir yang berwarna putih halus ada di sisi kanan pantai dan tekstur yang kasar diketahui berada di sisi kiri.

Pada area pantai terdapat bukit payung dan bukit merese yang biasanya dijadikan sebagai spot berfoto. Saat sore menuju malam hari pun banyak pelancong yang ingin menyaksikan sunset dari arah pantai ini. Keunikan itulah yang membuat wisata alam tersebut selalu ramai pengunjung. Maka dari itu Pantai Tanjung Aan menjadi wisata alam yang wajib dieskplor.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Pengembur, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

5. Pantai Elak-Elak

Pantai Elak-Elak
Image Credit: Google Maps Tisna Pratama

Hamparan pasir putih yang sangat indah menjadikan Pantai Elak-Elak sebagai wisata primadona yang ada di Lombok Barat. Ombaknya hanya riak-riak kecil sehingga cocok digunakan untuk berenang maupun sekedar bermain air. Udaranya begitu sejuk karena banyak pohon hijau. Biasanya di tepi pantai terdapat perahu nelayan yang ditaruh disitu.

Para pelancong dapat melakukan berbagai kegiatan saat berlibur ke destinasi ini. Salah satunya bermain voli pantai, berjemur, hingga menikmati matahari tenggelam. Air lautnya yang cantik dapat dijadikan sebagai background foto. Jika ingin menikmati suasana pantai lebih lama, Anda bisa camping bersama teman dengan membawa peralatan dari rumah.

Fasilitas di destinasi tersebut juga termasuk lengkap mulai dari gazebo, toilet umum, dan masih banyak lagi. Kebersihannya pun selalu dijaga dengan baik oleh petugas agar wisatawan bisa merasa betah. Anda yang berkunjung tidak boleh membuang sampah sembarangan dan gunakan fasilitas yang ada sebaik mungkin agar liburan menyenangkan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Sekotong, Kec. Sekotong, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

6. Gili Gede

Gili Gede
Image Credit: Instagram Gili Gede Indah

Gili Gede termasuk pulau terbesar dan paling populer di Lombok Barat. Pengunjung yang datang akan disuguhi dengan panorama pantai yang begitu cantik. Apalagi pasir putihnya yang membentang luas di tepi pantai. Banyak pula gazebo yang melengkapi wisata tersebut. Anda yang ada di dalamnya akan merasa seperti sedang berada di pantai pribadi.

Pulau ini menjadi incaran banyak orang, terutama saat hari libur wisatanya akan dipadati pengunjung. Hal yang tidak boleh dilewatkan saat berada di Gili Gede adalah menikmati keindahan bawah lautnya. Anda bisa membawa sejumlah peralatan snorkeling sendiri dari rumah. Ombaknya yang tidak begitu besar akan mendukung olahraga tersebut.

Kawasan Gili Gede masih tampak asri dengan adanya penghijauan di sekitarnya. Udaranya begitu sejuk dengan angin sepoi-sepoi akan membuat wisatawan merasa nyaman. Anda juga dapat mengunjungi desa nelayan yang letaknya di dekat pantai. Disana para pelancong bisa melihat sekaligus membeli ikan laut yang masih fresh hasil tangkapan nelayan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Gili Gede Indah, Kec. Sekotong Tengah, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

7. Pantai Mekaki

Pantai Mekaki
Image Credit: Google Maps Thibaud plaquet

Pantai Mekaki sering dijuluki sebagai surga tersembunyi karena belum banyak dijamah orang. Pantainya sangat panjang dan dikelilingi oleh bukit yang begitu indah. Pasirnya yang berwarna putih dilengkapi dengan beberapa karang cantik. Saat siang hari warna air laut serta pasirnya tampak senada dan bagus untuk dijadikan spot mengabadikan foto.

Bibir pantai diketahui berbentuk lengkungan seperti bulan sabit dengan deburan ombak yang tidak terlalu besar. Anda bisa menikmati panorama tersebut sambil minum es kelapa yang banyak dijual di sekitar pantai. Letaknya yang jauh dari kerumunan akan membuat wisatawan merasa betah. Apalagi fasilitas yang disediakan juga cukup memadai.

Pada area sekitar Mekaki terdapat sawah yang membentang luas. Hal itulah yang membuat destinasi ini cukup unik dan jarang ditemukan di daerah lain. Saat hari tertentu Pantai Mekaki dijadikan tempat untuk event marathon karena kawasan pantai yang cukup luas. Maka dari itu berlibur ke wisata alam ini menjadi pilihan yang tepat.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Mekaki, Pelangan, Kec. Sekotong, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

8. Pantai Gili Panggang

Pantai Gili Panggang
Image Credit: Google Maps bea zilbiya

Pantai Gili Panggang dikenal memiliki tebing tinggi dan ombaknya yang lumayan besar. Destinasi ini dipenuhi dengan batu-batuan yang cukup besar berada di tengah laut. Pengunjung yang berlibur tidak disarankan untuk melakukan aktivitas air. Anda hanya bisa menikmati suasana pantai dari arah tebing atau di sekitar batu yang ada di beberapa pasir.

Sebenarnya wisata alam tersebut memiliki keindahan yang cukup banyak, terutama air lautnya yang jernih. Namun beberapa orang kurang tertarik kesini karena tidak bisa bermain air. Padahal di Pantai Gili Panggang sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang. Apalagi tebingnya yang tinggi dapat dijadikan sebagai spot berfoto dengan background laut.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Buwun Mas, Kec. Sekotong, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Demikian beberapa daftar pantai cantik yang ada di Lombok Barat. Wisatawan dapat mengeksplor pantai tersebut karena dijamin akan membuat liburan semakin menyenangkan. Ajak teman atau keluarga agar saat menjelajah pantai tidak terasa membosankan. Jangan lupa pula siapkan kamera untuk menjepret foto selama berlibur.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending