Pantai Manggar Segara Sari – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Manggar Segarasari Balikpapan

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket Pantai Manggar Segara Sari merupakan destinasi bahari favorit di Balikpapan yang menyuguhkan panorama alam memanjakan mata.

Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Pantai Manggar Segarasari, Manggar Baru, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur; Map: Cek Lokasi

Kalimantan Timur memang tidak pernah gagal menunjukkan pesona wisatanya. Terutama Kota Balikpapan yang kerap kali menjadi tujuan liburan para wisatawan. Salah satu destinasi yang tersohor di kalangan traveler ialah Pantai Manggar Segarasari. Di pantai ini Anda akan menikmati beragam wahana yang membuat momen liburan berkesan. Penasaran bagaimana apiknya Pantai Manggar? Simak ulasannya disini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Manggar

Daya Tarik Pantai Manggar
Image Credit: Twitter.com @budayasaya

Pantai Manggar Segara Sari merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Kota Balikpapan. Setiap harinya pantai ini selalu dipenuhi oleh pengunjung lokal maupun mancanegara. Rata-rata wisatawan terpesona oleh keindahannya sekaligus jejak sejarah yang masih tertinggal. Ada cagar budaya yaitu bunker Jepang, yang berada tak jauh dari patung Beruang Madu.

Bunker tersebut adalah tempat perlindungan tentara Jepang ketika menduduki kota Balikpapan. Di bunker ini Anda dapat melihat sisa-sisa peninggalan Jepang berupa alat-alat perang, meskipun sebagiannya sudah rusak. Setelah pemugaran di beberapa bagian bunker ini menjadi salah satu ikon dari pantai ini, pengunjung pun diperbolehkan masuk ke dalamnya.

Tidak hanya ikon bunker saja, pantai seluas 13 kilometer ini memiliki panorama alam yang memanjakan mata. Pengunjung disuguhi dengan pemandangan air laut biru dan jernih, sesekali akan terlihat kapal-kapal melintas di lautan. Hamparan pasir putihnya membentang cukup panjang. Butiran pasirnya sangat halus dan lembut sehingga kaki tak akan terluka saat berjalan diatasnya.

Daya Tarik Pantai Manggar Segarasari
Image Credit: Twitter.com @travellersid

Gelombang air lautnya tenang jadi tidak membahayakan apabila pengunjung ingin bermain air. Terkadang pengunjung dapat melihat perahu-perahu nelayan yang sedang menjaring ikan di laut. Selain itu, keindahan bawah laut dari Pantai Manggar juga tak tertandingi. Anda akan menemukan beragam biota laut serta terumbu karang yang masih alami.

Sepanjang garis pantai berjejer pohon pinus seolah melambai-lambai dan memberikan kesan teduh. Kombinasi alam yang serasi memberikan kenyaman tersendiri saat Anda berlibur disini. Ditambah keberadaan warung-warung dekat pintu masuk kawasan pantai, yang menjajakan makanan dan minuman untuk mengisi perut selepas bermain di pantai.

Pihak pengelola menyediakan banyak wahana permainan, mulai dari jenis permainan laut hingga olahraga tepi pantai. Bahkan pada pertengahan tahun 2020, pemerintah menambah fasilitas baru yang bisa dinikmati pengunjung. Mulai dari kursi santai lengkap dengan payung besar, hingga beberapa gazebo sebagai tempat istirahat para wisatawan.

BACA:  Pantai Tanjung Bayang Makassar - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pengelola wisata juga menambahkan ayunan kayu di pinggir pantai, yang kian menambah daya tarik dari Pantai Manggar Segarasari. Ada pula amfiteater yang menjadi wadah bagi para seniman Kota Balikpapan. Sayangnya amfiteater ini hanya bisa digunakan saat ada pagelaran seni dan akhir pekan saja. Namun hal tersebut bukan masalah besar, Anda tetap bisa mendapat momen liburan yang menyenangkan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Manggar

Alamat Pantai Manggar
Image Credit: Facebook.com @mbktri.alfa

Pantai ini tergolong objek wisata Balikpapan yang tak pernah sepi pengunjung. Pasalnya, lokasi pantai berada di pusat kota sehingga mudah ditempuh dari wilayah manapun. Kira-kira berjarak 20 kilometer dari pusat kota apabila menggunakan jalur darat. Anda pun bisa mengendarai kendaraan pribadi atau kendaraan umum yang melewati jalan menuju pantai.

Apabila Anda datang dari Bandara Internasional Sepinggan, maka Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 9 kilometer. Anda bisa menaiki mobil atau sepeda motor agar tiba di Pantai Manggar segera. Biasanya di sekitar bandara sudah ada jasa penyewaan kendaraan, yang bisa mengangkut rombongan wisatawan yang ingin ke pantai ini.

Namun jika menggunakan kendaraan pribadi ada dua jalur yang dapat Anda tempuh. Pertama Anda bisa melewati Kelurahan Manggar Baru dengan waktu tempuh sekitar 20 menit. Sedangkan jalur kedua melalui Kelurahan Lamaru yang jaraknya sedikit lebih panjang. Keduanya memiliki akses jalan yang mulus jadi tidak kesusahan saat membawa kendaraan.

Jika masih bingung Anda bisa menanyakan rute menuju Pantai Manggar Segarasari ke warga sekitar. Kalau penjelasan penduduk setempat kurang mengerti, mungkin bisa menggunakan aplikasi peta dari smartphone. Di sepanjang perjalanan nantinya Anda akan menemukan papan-papan yang menunjukkan ketepatan lokasi. Kemudian tinggal mengikutinya sampai ke tempat tujuan.

Harga Tiket Masuk Pantai Manggar Segara Sari

Harga Tiket Pantai Manggar
Image Credit: Google Maps (Ardo Indhana)

Seperti halnya kawasan wisata lain, pengunjung akan dikenai biaya saat memasuki kawasan pantai. Biasanya tiket hanya sebagai akses untuk masuk ke Pantai Manggar saja, biaya lainnya seperti sewa wahana atau peralatan selam belum termasuk. Biaya tiket masuk tersebut dikumpulkan sebagai dana untuk perbaikan fasilitas, atau penambahan akomodasi baru.

Untuk orang dewasa dikenakan harga tiket sebesar 3 ribu rupiah, sedangkan anak-anak sekitar 2 ribu rupiah. Bagi Anda yang membawa kendaraan wajib membayar biaya parkir, untuk mobil 10 ribu dan roda dua 5 ribu rupiah. Dengan harga tiket yang terjangkau tersebut Anda bisa menikmati keindahan pantai seharian penuh.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Manggar

Aktivitas di Pantai Manggar
Image Credit: Twitter.com @kotabalikpapan

Pantai landai ini menyuguhkan segala fasilitas yang dibutuhkan oleh para wisatawan. Tak lupa wahana air yang siap membuat momen liburan semakin mengesankan. Itulah alasannya mengapa Pantai Manggar kerap menjadi sasaran rekreasi paling menarik. Anda dapat menikmati keelokan alam sembari refreshing pikiran untuk melepas jenuh.

BACA:  Pantai Teluk Penyu Cilacap - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Hamparan pasir putih yang panjang dan lembut sangat disayangkan jika Anda tidak bermain-main di sekitarnya. Anda bisa berjalan santai di bibir pantai sambil menikmati riak ombak menyentuh kaki. Bila datang bersama keluarga atau teman-teman membuat istana pasir terasa lebih seru. Kegiatan sederhana lainnya juga bisa Anda lakukan seperti mengubur kaki di dalam pasir.

Tak hanya bermain pasir, wisatawan dapat menikmati pasir putih dengan agenda voli pantai atau sepak bola. Pihak pengelola wisata telah menyediakan net dan bola jadi Anda tinggal memakainya saja. Waktu yang tepat untuk bermain mendekati sore karena sinar matahari tidak terlalu terik.

Di sekitar pantai juga terdapat perahu nelayan yang bisa Anda sewa. Dengan membayar sewa yang terjangkau Anda bisa melihat pemandangan laut yang memesona. Berlayar sedikit menengah maka akan terlihat lautan luas yang membentang apik. Biota-biota laut serta terumbu karang dapat Anda saksikan dari atas perahu seeking jernihnya air Pantai Manggar Segarasari.

Puas berlayar di tengah laut mungkin Anda bisa menjajal permainan air yang memacu adrenalin. Pengelola wisata sudah mempersiapkan banana boat dan jet ski yang boleh Anda pilih. Wahana ini sudah dilengkapi perlengkapan aman serta instruktur yang akan memandu Anda selama permainan berlangsung.

Khusus banana boat Anda bisa menaikinya bersama rombongan, lalu ditarik menggunakan perahu kecepatan tinggi. Selanjutnya Anda dibawa ke tengah laut kemudian dijatuhkan dari atas banana boat. Begitu pun saat menaiki jet ski bedanya wahana ini hanya untuk per orang. Rasakan sensasi seru sekaligus menyenangkan saat berkeliling di area laut Pantai Manggar.

Gelombang air laut yang tidak terlalu tinggi cocok untuk berenang atau snorkeling. Anda dapat mencoba kegiatan menarik ini agar bisa berinteraksi dengan ikan-ikan kecil. Selain itu menyaksikan sendiri terumbu karang berbentuk unik dan terawat baik. Namun pengunjung dihimbau untuk memperhatikan batasan laut, mana yang boleh dipakai berenang dan tidak boleh dilewati.

Bagi Anda yang tidak suka berbasah ria mungkin bisa duduk santai di bawah pohon pinus. Sambil menikmati segarnya air kelapa yang dapat Anda beli di warung terdekat. Di gazebo ini Anda juga bisa menyantap bekal yang dibawa dari rumah, sembari bercengkrama bersama teman atau keluarga. Semilir angin khas laut akan membuai Anda sekaligus menenangkan pikiran.

Ketika memasuki waktu senja disarankan segera mengambil posisi di tepi pantai. Karena Pantai Manggar terkenal dengan suasana sunsetnya yang romantis. Anda bisa menyaksikan sendiri matahari yang hendak kembali ke peraduannya. Semburat senja yang memancar akan membentuk siluet-siluet cantik. Biasanya pengunjung berebutan mengambil momen ini untuk kenangan.

BACA:  10 Wisata Pantai di Cirebon yang Paling Hits

Dari semua wahana yang tersedia di pantai ini, jangan lupa untuk mengabadikannya dalam kamera. Selain itu Anda juga dapat mengambil banyak foto di beberapa spot instagramable. Karena setiap sudut pantai ini memiliki keindahan yang sayang bila dilewatkan. Pastikan pulang dari pantai eksotis ini Anda memiliki banyak koleksi foto untuk diunggah ke sosial media.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Manggar

Penginapan Sekitar Pantai Manggar
Image Credit: Agoda.com

Keindahan Pantai Manggar memang sering membuat wisatawan lupa waktu. Sampai tak terasa waktu malam telah datang, sehingga mau tidak mau harus menginap di sekitar pantai. Anda tak perlu khawatir karena banyak penginapan yang menawarkan tempat istirahat nyaman. Dengan tarif per malam ramah kantong Anda sudah bisa menikmati fasilitas lengkap.

Rata-rata penginapan mempunyai jarak yang lumayan dekat dengan pantai. Jadi Anda tidak kerepotan mencari tempat menginap di luar dari kawasan pantai. Bahkan beberapa penginapan menawarkan kamar yang jendelanya berhadapan langsung dengan pantai. Alhasil Anda bisa melihat matahari terbit dari kamar tanpa harus turun ke area wisata.

Kualitas penginapan tidak kalah dengan hotel di pusat kota Balikpapan. Dengan harga terjangkau Anda tetap dapat merasakan segudang fasilitas menyenangkan. Mulai dari kamar luas, ranja besar dan empuk, serta kamar mandi lengkap dengan peralatan mandinya. Dijamin Anda akan mendapatkan pengalaman menginap yang sangat berkesan.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Manggar Segarasari

Fasilitas di Pantai Manggar
Image Credit: Google Maps (Abdullah Anshari)

Sebagai tempat wisata yang pengunjungnya dari berbagai pengunjung, tentu pihak pengelola pantai terus melakukan pembenahan. Terutama dari segi fasilitas yang sebisa mungkin memberikan kenyamanan untuk pengunjung. Di mulai dari akses jalan yang sudah diperbaiki sehingga wisatawan tidak akan kesulitan untuk mencari lokasi wisata.

Kemudian beberapa warung yang bertebaran di pinggir pantai dikelompokkan menjadi satu lokasi. Di pujasera tersebut Anda akan menemukan beragam hidangan lezat dan menggiurkan. Menu seafood menjadi primadona yang selalu diburu wisatawan, karena bahannya langsung dari laut Pantai Manggar. Disini Anda juga bisa membeli oleh-oleh khas Balikpapan untuk dibawa pulang.

Satu lagi bagunan yang masih baru ialah children play ground, wahana khusus anak-anak yang menyenangkan. Para orang tua bisa mengawasinya dari tenda-tenda kecil yang didirikan di sekitar play ground. Selain itu ada tempat penyewaan peralatan untuk bermain air. Jadi Anda tidak perlu repot membawa banyak peralatan dari rumah karena sudah tersedia lengkap.

Saat berkunjung ke Balikpapan memang kurang lengkap bila belum ke Pantai Manggar. Keindahan alamnya boleh dibuktikan sendiri, dijamin tidak akan menyesal jika sudah tiba di lokasi. Anda bisa bermain banyak wahana yang tersedia sambil menikmati paduan alam yang sempurna. Liburan Anda kali ini akan terasa lebih menyenangkan dan banyak momen berkesan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending