Pantai Mangrove Serdang Bedagai – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Mangrove Serdang Bedagai

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Mangrove salah satu wisata pantai memukau di Serdang Bedagai. Pantai pasir putih dihiasi hutan mangrove yang rimbun cocok sebagai tujuan liburan terbaik.

Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sei Naga Lawan, Kec. Perbaungan, Kab. Serdang Bedagai, Sumatera Utara; Map: Cek Lokasi

Wisata pantai dengan hutan mangrove memang menyimpan keindahan tersendiri. Paduan suara air laut dengan gemerisik dedaunan pohon mangrove seakan menyihir wisatawan menjadi semakin betah. Salah satu wisata pantai hutan magrove di Indonesia yang pastinya eksotis adalah Pantai Mangrove di Serdang Bedagai.

Pantai Mangrove adalah pantai yang terletak di desa Sei Nagalawan, kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Merupakan pantai di timur Sumatera Utara yang dulunya di gunakan sebagai tambak udang windu. Daerah ini beralih menjadi hutan mangrove kembali pada tahun 2005.

Pantai hutan mangrove yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar ini juga memberikan wisata edukasi tentang pentingnya pohon bakau. Keseruan dan pengetahuan apa lagi yang bisa Anda dapatkan di Pantai ini? Mari kita simak info lebih lengkap mengenai Pantai Mangrove Serdang Bedagai.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Mangrove

Daya Tarik Pantai Mangrove
Image Credit: Twitter.com @akusukachatime_

1. Hutan Mangrove yang Eksotis dan Romantis

Rimbun dan sejuknya hutan mangrove di Pantai Mangrove ini memang menjadi daya tarik utama tempat wisata ini. Suasananya yang rindang menjadikan tempat ini berkesan romantis, sehingga cocok untuk berjalan-jalan di sekitar hutan mangrove bersama pasangan atau keluarga.

Kawasan ini dulunya merupakan tambak udang windu pada tahun 1980-an. Tetapi karena terjadinya abrasi, penduduk setempat mulai menanam pohon-pohon bakau secara swadaya di tahun 2005 untuk mengembalikan kondisi pantai yang sehat. Hingga di tahun 2012, dibangun koperasi yang berguna untuk mengelola pantai ini menjadi tempat wisata.

2. Jembatan Atas Laut

Menikmati indahnya hutan mangrove semakin lengkap dengan melalui jembatan bambu yang melintas di atas laut. Saat laut surut, pemandangan di bawah jembatan adalah pasir basah dengan berbagai hewan laut yang terjebak. Tetapi jika laut pasang, pemandangan ombak kecil air laut akan menghiasi di bawah kaki Anda.

BACA:  Pantai Pondok Permai Serdang Bedagai - Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Jembatan ini berdiri sepanjang hutan mangrove sehingga menimbulkan pemandangan yang eksotis. Berjalan-jalan di atas jembatan dengan tiupan angin laut tentu menimbulkan sensasi menyenangkan.

3. Pantai Berpasir Putih

Puas menikmati hutan mangrove dari atas jembatan bambu, perjalanan Anda akan berakhir di pantai berpasir putih. Pantai dengan ombak yang tenang ini dihiasi dengan gubuk-gubuk yang berjajar di sepanjang pantai. Pas untuk digunakan melepas lelah sambil menikmati angin laut atau berpiknik.

4. Penginapan di Tengah Hutan Mangrove

Kalau Anda belum puas mengagumi indahnya hutan mangrove dari pagi hingga sore dan ingin menikmati suasana malamnya, artinya Anda wajib menjajal penginapan di Pantai Mangrove Serdang Bedagai. Dibangun di antara hutan mangrove, menjadikan tempat menginap yang nyaman dan sejuk.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Mangrove

Alamat Pantai Mangrove
Image Credit: Google Maps (Muhammad Rizqi Darojat)

Pantai eksotis ini terletak di kampung Nipah, Desa Sei Nagalawan, kabupaten Serdang Bedagai Sumatera Utara. Dapat ditempuh selama 2 jam dari kota Medan.

Cara untuk sampai ke tempat ini bisa dimulai dari pusat kota Medan, setelah itu menuju ke jalan lintas Medan – Pematangsiantar, lanjut menuju Sei Buluh, kemudian memasuki jalan Besar Pantai Kelang.

Dari jalan Besar Pantai Kelang, Anda dapat langsung menuju ke lokasi pantai sekitar 8-9 kilometer. Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi peta petunjuk jalan. Jika Anda tidak menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa menyewa becak motor khas Medan menuju lokasi pantai karena tidak ada angkutan umum atau bus yang menuju pantai.

Jika berangkat dari bandara Kuala Namu, maka rute yang harus Anda lewati adalah Jl. Tol Medan – Kuala Namu, menuju ke Jl. Lintas Sumatera, kemudian ke Jl. Besar Pantai Kelang, dan langsung ke Pantai Mangrove Kampung Nipah.

Jika melalui jalur laut, Setelah sampai di pelabuhan Belawan, rute yang harus Anda tempuh antara lain dimulai dari Jl. R. Pelabuhan menuju ke Jl. Tol Belmera, lanjut ke Jl. Tol Medan-Kuala Namu, kemudian ke Jl. Lintas Sumatera, dan Jl. Besar Pantai Kelang dan berakhir di lokasi wisata pantai.

Berikut daftar harga tiket masuk dan parkir Pantai Mangrove per 2021:

  • Harga tiket masuk: Rp. 20.000/orang
  • Harga tiket parkir roda dua: Rp. 10.000/kendaraan
  • Harga tiket parkir roda empat: Rp. 15.000/kendaraan

Harga-harga tersebut berlaku hari Senin – Minggu. Tidak ada perbedaan harga antara hari biasa dan hari libur atau tanggal merah.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Mangrove

Aktivitas di Pantai Mangrove
Image Credit: Google Maps (Deny Valentino)

1. Wisata Edukasi dan Menanam Pohon Bakau

Tak hanya berwisata, Anda juga belajar mengenai pengelolaan pohon bakau, mulai pembibitan, perawatan, hingga siap tanam di pesisir pantai. Pihak tempat wisata menyediakan instruktur yang dapat memandu Anda.

BACA:  Pantai Baru Bantul - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Tak hanya melihat prosesnya, Anda juga bisa mencoba menanam bibit pohon bakau secara langsung. Anda hanya perlu membayar Rp. 500 untuk 1 polibag bibit pohon bakau. Selanjutnya, Anda juga bisa mempelajari pengolahan pohon bakau menjadi kuliner khas Pantai Mangrove, pastinya sekaligus mencicipi.

2. Wisata Kuliner

Jangan pulang sebelum mencoba salah satu kuliner khas pantai ini yang berbahan dasar pohon bakau. Pohon bakau berhasil di sulap ibu-ibu PKK sekitar menjadi olahan Keripik Nipah, dodol, sirup, hingga teh Jeruju. Produk-produk ini dapat Anda dapatkan di warung- warung sekitar daerah wisata.

Selain mencicipi camilan dan oleh-oleh khas tersebut, jangan lupa pula mencicipi hasil olahan ikan, udang, kepiting, dan kepiting segar yang baru ditangkap nelayan. Berbagai minuman segar dari buah-buah, seperti kelapa muda, juga tersedia disana.

3. Camping

Penginapan memang disediakan di sekitar daerah wisata, tetapi Anda juga harus merasakan sensasi Camping atau di pinggir pantai berpasir putihnya hanya dengan merogoh kantong sebanyak Rp 10.000 saja. Anda bisa membawa perlengkapan camping Anda sendiri dari rumah kemudian menyalakan api unggun untuk melawan dinginnya angin laut.

4. Berpiknik

Beberapa pilihan spot berpiknik disediakan di sekitar wisata pantai ini. Mulai dari gazebo atau gubuk yang berjajar sepanjang pantai atau menggelar tikar di atas pasir putihnya. Semakin indah dilengkapi pemandangan laut dengan ombak kecil dan kawanan burung camar putih.

Aktivitas di Mangrove
Image Credit: Google Maps (Junaidi Juna)

5. Berburu Kepiting Bakau

Saat pantai sedang surut, Anda dapat bermain di tanah basah dengan hewan-hewan laut yang terjebak disana. Berbagai hewan seperti kepiting, kerang, udang, bahkan ikan-ikan kecil yang terdampar memberikan Anda pengalaman berburu hewan-hewan tersebut.

Jika Anda peralatan memasak sederhana, hewan-hewan laut ini tentu dapat menjadi lauk yang lezat untuk mengganjal perut. Tapi Anda juga dapat membantu hewan-hewan ini kembali ke lautan kembali.

6. Berenang dan Bermain Air

Berkunjung ke daerah pantai tentunya kegiatan berenang dan bermain air menjadi hal yang wajib. Ombak di Pantai Mangrove Serdang Bedagai termasuk aman saat pantai surut di pagi hingga siang hari, tapi hindari berenang dan bermain air di sore hari saat laut pasang karena ombaknya termasuk tinggi dan berbahaya.

7. Berfoto

Pemandangan indah ini tentu sayang sekali untuk dilewatkan. Berbagai spot foto tersedia untuk mengabadikan kenangan berwisata ke Pantai Mangrove ini, termasuk pemandangan perahu-perahu nelayan yang berjajar rapi.

Anda juga dapat memanfaatkan keindahan hutan mangrove dan pantainya untuk sesi foto pre wedding, Anda bisa meminta paket pre wedding kepada pengelola pantai dengan harga antara Rp 200.000 hingga Rp 300.000.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Mangrove

Penginapan di Pantai Mangrove
Image Credit: Pegipegi.com

1. Pondok Penginapan di Pantai Mangrove

Terletak di dalam lokasi wisata. Tempatnya unik karena terletak di antara rimbunnya hutan Mangrove dan dikelola sendiri oleh masyarakat setempat. Biaya menginap adalah Rp 150.000 hingga Rp 200.000 semalam. Fasilitas berupa kamar tidur dan kipas angin serta dapat diisi hingga 4 orang.

BACA:  Pantai Karanggongso Trenggalek - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

2. Grand Family Hotel

Jika ingin menginap di hotel yang dekat dengan pantai, maka Grand Family Hotel adalah pilihannya. Berjarak 6,68km dari lokasi wisata. Harga kamar berkisar antara Rp 195.000 hingga Rp 265.000 semalam. Sudah termasuk wifi gratis.

3. Hotel Graha Soeltan

Hotel ini menjadi salah satu referensi yang menarik ketika berada di sekitar lokasi pantai. Berjarak 13,56km dari Pantai Mangrove Serdang Bedagai. Harga kamar berkisar antara Rp 175.000 hingga Rp 295.000 semalam. Sudah termasuk wifi gratis.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Mangrove Serdang Bedagai

Fasilitas Pantai Mangrove
Image Credit: Google Maps (UtaSama)

Pantai Mangrove ini termasuk memiliki fasilitas yang cukup lengkap, berikut fasilitas yang disediakan di kawasan wisata pantai cantik ini.

1. Lahan Parkir

Tak perlu bingung tempat parkir jika Anda membawa kendaraan pribadi, karena pihak pengelola sudah menyediakan lahan parkir yang cukup luas. Bahkan dapat menampung bus pariwisata yang besar. Harga tiket parkir pun tak perlu Anda pusingkan. Jadi, percayakan keamanan kendaraan pribadi Anda di lahan parkir ini.

2. Penginapan

Menginap di pantai tentu menjadi pilihan menarik, apalagi dapat menyaksikan langsung matahari terbit dan tenggelam. Anda dapat memesan pondok penginapan yang sudah disediakan pihak Pantai Mangrove. Terdapat beberapa pondok-pondok penginapan yang dibangun di antara rimbunnya hutan mangrove.

3. Toilet

Toilet yang bersih dan nyaman juga disediakan di tempat ini. Tersedia air tawar di dalam toilet jika perlu membersihkan diri selepas bermain di pantai atau sekedar buang air.

4. Tempat Sholat

Untuk muslim, Anda tak perlu bingung mencari tempat yang bersih dan suci untuk melakukan ibadah. Tempat sholat sudah tersedia di dalam areal Pantai Mangrove untuk Anda manfaatkan.

5. Tempat Makan

Berbagai kuliner olahan seafood dan minuman bisa Anda nikmati disini. Ikan-ikan yang dioleh adalah ikan segar yang baru ditangkap oleh nelayan. Jangan lupa pula untuk membawa oleh-oleh khas dan unik berbahan dasar pohon bakau, seperti keripik Nipah.

6. Gubuk

Menikmati indahnya pantai tentu sangat menyenangkan sambil duduk-duduk di gubuk yang telah disediakan. Anda bisa menikmati deburan ombak sambil berpiknik menikmati makanan Anda disini atau berteduh setelah berpanas-panas.

Demikian info lengkap mengenai Pantai Mangrove di Serdang Bedagai untuk Anda jadikan pedoman dan pertimbangan sebelum mengunjungi tempat ini. Mengunjungi pantai eksotis di Serdang Bedagai ini tidak hanya menyenangkan, tapi juga banyak pengetahuan dan pelajaran tentang bagaimana menjaga alam pantai melalui menanam pohon bakau. Semoga bermanfaat.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending