Pantai Marina Batam – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Marina Batam – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Marina salah satu wisata pantai yang populer di Batam yang berada di kawasan resort mewah Marina Water Front City. Pantai cantik ini dilengkapi fasilitas yang memadai, seperti olehraga air, tempat makan dan masih banyak lagi.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. KH.Ahmad Dahlan, Tanjung Riau, Kec. Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau; Map: Cek Lokasi

Wisata bahari di Kepulauan Sumatera memang tidak ada habisnya untuk dikunjungi. Salah satu wisata yang sedang naik daun adalah Pantai Marina di Batam, yang menghadap langsung ke selat Singapura. Pantai ini memiliki potensi besar untuk tempat wisata karena letaknya yang strategis.

Bukan hanya pemandangan yang menjadi tujuan para wisatawan berkunjung ke pantai ini, namun beberapa kegiatan menarik lainnya yang dapat dilakukan di wisata ini. Adapun fasilitas untuk mendukung kegiatan yang dilakukan oleh para pengunjung.

Rute menuju Pantai Marina juga mudah dijangkau, baik melewati jalur darat maupun air. Karena letak pantai ini berada dekat dengan negara tetangga, tak jarang wisatawan yang datang juga berasal dari luar negeri.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Marina

Daya Tarik Pantai Marina
Image Credit: Google Maps (Ilyas Abdul Fikih)

1. Pemandangan Malam

Memasuki malam hari, pemandangan dari Pantai Marina ini tidak ikut lenyap karena sinar matahari telah tenggelam. Apalagi letak dari pantai ini berhadapan langsung dengan Singapura, pastinya gemerlap cahaya dari negara ini akan terlihat jelas dari arah pantai.

Pengunjung sengaja datang sore atau malam hari sekitar pukul 6 petang, untuk bisa menikmati suasana malam di pantai ini. Bahkan jumlah pengunjung yang datang saat malam hari bisa lebih banyak dari siang atau pagi hari.

Suasana ini dapat dinikmati oleh para pengunjung dengan cara duduk di pinggiran pantai, sembari memakan beberapa camilan ringan agar Anda tidak mengantuk. Jangan lupa untuk menggunakan alas duduk supaya pakaian Anda tidak kotor terkena pasir pantai.

2. Sunset yang Indah

Pesona keindahan matahari terbenam memang tiada ada duanya, apalagi saat memandanginya di pinggir pantai dengan deburan ombak yang mengalun lembut. Pengunjung wisata Pantai Marina juga tak ketinggalan untuk melihat momen indah satu ini.

Tampak siluet dari pohon berjenis palem yang berjajar di pinggir pantai, menambah suasana estetik pantai kala sore itu. Warna langit yang berubah menjadi jingga, dibarengi dengan angin malam dari pantai yang mulai menerpa tubuh. Dengan suasana bak cerita dongeng ini, pengunjung akan semakin betah berlama-lama di kawasan pantai ini.

Keindahan sunset ini akan menambah kesan yang romantis saat Anda datang di pantai ini bersama orang terkasih. Tak hanya dengan orang terkasih saja, bersama teman atau keluarga sembari bercanda juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menikmati momen ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Marina

Alamat Pantai Marina
Image Credit: Instagram.com @iroelphatonangy

Terletak di salah satu resort mewah Batam, pantai ini tentu saja memiliki rute perjalanan yang mudah dijangkau oleh pengunjung yang akan datang. Anda bisa menggunakan kendaraan jalur darat maupun air saat akan mengunjungi tempat wisata ini.

Perjalanan yang akan Anda ambil jika berangkat dari pusat Kota Batam memakan waktu 30 menit, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Perjalanan pertama Anda adalah menuju kawasan Sekupang, kawasan ini merupakan kecamatan yang berada di lingkup Pantai Marina.

Jalan yang Anda lewati memiliki struktur yang halus dan tidak bergelombang, karena jalan tersebut adalah jalur kota yang banyak dilalui kendaraan umum. Apalagi Kota Batam merupakan kota industri, pastinya banyak kendaraan besar yang membutuhkan akses jalan yang baik dan luas.

Setelah memasuki kecamatan ini, kendaraan Anda akan melewati Jalan Gajah Mada yang mengarah ke resort mewah itu. Sebelum sampai di wilayah resort, Anda terlebih dahulu melewati Jalan KH. Ahmad Dahlan. Baru setelah habis perjalanan di jalan terakhir ini, bangunan resort akan terlihat dari arah jalan.

Di depan pintu masuk resort yang menjadi kawasan pantai, ambil belokan kiri pada pertigaan dengan nama Jalan Marina City. Jalan ini merupakan akses utama untuk memasuki resort dan Pantai Marina Batam.

Lalu jika Anda memilih jalur air untuk sampai di kawasan pantai, dari pelabuhan Anda bisa langsung menuju pantai ini. Dengan menggunakan kapal yang berukuran lebih kecil, perjalanan Anda selama melewati lautan akan disuguhi pemandangan kota dengan bangunannya yang berderet.

Untuk pengujung dari luar negri, terutama dari Singapura atau Malaysia, bisa menggunakan speed boat untuk perjalanan yang lebih singkat. Karena letaknya yang sangat dekat, pengunjung dari luar negri bahkan menjadikan wisata pantai ini untuk menghabiskan waktu liburan.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Marina Batam

Harga Tiket Pantai Marina
Image Credit: Facebook.com @inspirasikehidupan

Tiket masuk yang dikenakan biaya Rp 10.000 atau bahkan Rp 15.000 per orang, akan sebanding dengan fasilitas dan keindahan pemandangan yang disuguhkan. Harga tiket untuk hari Senin sampai Minggu sama, hal ini membuat pengunjung banyak yang berdatangan terutama saat weekend.

Selain biaya tiket masuk yang harus dibayarkan, ada pula biaya parkir kendaraan yang harus dibayar oleh para pengunjung yang membawa kendaraan pribadi. Dengan biaya parkir Rp 3000, kendaraan roda dua Anda sudah bisa ditempatkan pada lahan parkir yang cukup luas.

Harga tiket yang terjangkau inilah yang membuat wisata Pantai Marina ramai setiap harinya. Mulai dari pagi hingga malam, pengunjung silih berganti mendatangi pantai yang memiliki batuan di setiap garis pantainya.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Marina

Aktivitas di Pantai Marina
Image Credit: Google Maps (Sanggam Manalu)

1. Mencoba Permainan Air

Terdapat berbagai macam permainan air yang ditawarkan di Pantai Marina ini. Banana Boat, adalah wahana air yang menggunakan pelampung raksasa berbentuk menyerupai pisang, wahana ini dapat dinaiki oleh penumpang hingga 10 orang.

Selanjutnya ada Parasailing yang akan membawa Anda terbang diatas lautan layaknya seekor burung. Tidak hanya keseruan yang didapatkan saat mencoba permainan satu ini, namun juga bisa melihat keindahan pantai dan kota sekitarnya dari atas ketinggian.

Cara kerja permainan Parasailing ini adalah dengan menggunakan speedboat sebagai kendaraan utama yang akan menarik parasut Anda. Sebelumnya, sebuah parasut berukuran besar akan dipakaikan pada bagian belakang tubuh yang diikatkan dengan tali pengaman.

Untuk Anda yang mempunyai nyali besar, wahana Jetski wajib dicoba saat mengunjungi wisata Pantai Marina. Wahana satu ini bisa Anda lakukan secara individu atau bersama pendamping, jika Anda masih pemula, akan ada pendamping yang menemani Anda.

Semua kegiatan permainan air ini sudah dalam pengawasan pengelola wisata setempat. Sebelum merasakan keseruan setiap permainan yang disediakan, pengunjung akan menggunakan peralatan keamanan yang dipasangkan pada tubuh mereka.

2. Berfoto di Dermaga

Ada sebuah dermaga kecil yang terletak di salah satu sisi Pantai Marina. Ukurannya memang tidak terlalu besar, panjangnya pun tidak lebih dari 100 meter. Namun, dermaga ini dapat menarik perhatian tersendiri bagi para pengunjung pantai.

Terbuat dari papan kayu dengan pegangan pada pinggirannya, membuat dermaga ini terlihat cantik jika digunakan sebagai tempat berfoto. Paduan antara kontrasnya warna dermaga dengan lautan yang biru, akan membuat hasil foto Anda terlihat lebih menarik.

Banyak juga pasangan yang akan mengambil foto prewedding, memilih dermaga kecil di Pantai Marini sebagai tempat pengambilan foto tersebut. Biasanya para photografer akan mengambil gambar saat siang hari, karena pada waktu ini pancaran sinar matahari sedang penuh.

Jangan lupakan pakaian yang menjadi pelengkap keindahan hasil foto Anda. Usahakan memilih warna baju atau celana yang berbeda dengan warna laut. Jika warna salah satu pakaian sama, pada hasil akhir foto akan terlihat menyatu dan tampak hilang.

Aktivitas Pantai Marina
Image Credit: Instagram.com @limoto20

3. Menginap di Yacht

Yacht adalah kapal dengan ukuran yang cukup besar, dengan berbagai macam fasilitas di dalamnya. Banyak yang mengatakan bahwa Yacht ini adalah hotel berjalan, dengan artian di atas sebuah kapal yang dapat berjalan ke arah mana saja.

Di Pantai Marina ini, Anda bisa mencoba bagaimana rasanya bermalam di sebuah Yacht. Selain menjadi pengalaman baru bagi Anda menginap di Yacht, Anda juga bisa menikmati keindahan pantai dengan cara yang berbeda.

Namun perlu diingat, biaya sewa untuk penginapan di Yacht ini terbilang cukup mahal. Karena fasilitasnya yang sama dengan sebuah hotel yang ada di daratan, pengunjung yang ingin merasakan Yacht ini harus menyiapkan dana yang tidak sedikit.

4. Wahana Biang Lala

Salah satu wahana permainan yang menjadi ikon Pantai Marina adalah Biang Lala. Wahana ini terletak di dekat kawasan resort, Anda bisa menjangkaunya hanya dengan berjalan kaki saja dari arah pantai.

Diatas ketinggian Biang Lala, Anda bisa melihat suasana pantai berpasir putih ini. Tak hanya pantai yang terlihat dari atas, namun ada juga rumah-rumah penduduk sekitar pantai yang berdekatan satu sama lain.

Jangan lupa untuk mengambil potret pemandangan dari ketinggian ini. Hasil potret setelahnya bisa Anda cetak dan dijadikan sebuah kenang-kenangan yang indah.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Marina

Penginapan Pantai Marina
Image Credit: Pegipegi.com

1. Queeninn Batam

Penginapan ini berada di Jalan Gajah Mada yang berjarak 8,5 km dari Pantai Marina. Jika Anda berangkat dari hotel menuju pantai, akan membutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan kendaraan bermotor.

Walaupun jarak dari pantai cukup jauh, tak menyurutkan pengunjung untuk memilih penginapan ini sebagai tempat bermalam saat berwisata di lokasi wisata. Harga sewanya yang murah, menjadi pertimbangan banyak pengunjung untuk memilih Queeninn Batam ini.

2. OYO 1771 Zeke Hotel

Fasilitas kolam renang yang disediakan oleh penginapan ini menjadi salah satu alasan para pengunjung memilih tempat ini untuk bermalam. Dengan gaya klasik modern yang dipilih pada tema ruangannya, membuat pengunjung yang menginap akan diberi interior serba minimalis.

Pada setiap kamar yang ada di hotel ini, telah dipasang sebuah air conditioner. Fasilitas ini dapat membantu suasana tiap kamar menjadi lebih sejuk. Para pengunjung pun akan lebih nyaman ketika berada di dalam kamar.

3. Harris Resort Water Front Batam

Dari namanya saja Anda sudah tahu bahwa penginapan ini masih terletak di kawasan Pantai Marina. Hanya dengan berjalan kaki selama 2 menit saja, pantai dengan pohon palem yang berjajar akan siap memanjakan mata Anda.

Luas resort yang luas, akan membuat suasana sekitar menjadi lebih tenang. Suasana yang tenang ini cocok sekali jika Anda sedang mencari penginapan yang bisa membantu pikiran menjadi lebih rileks.

Berbagai informasi Pantai Marina tersebut bisa Anda gunakan sebagai acuan sebelum berangkat menuju kawasan wisata hits di Batam ini. Dengan informasi ini, Anda bisa mempersiapkan apa saja yang harus Anda bawa dan lakukan saat berada di pantai cantik ini.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending