Pantai Mirota, Destinasi Wisata Bahari yang Cantik Nan Memesona di Batam

Pantai Mirota, Destinasi Wisata Bahari yang Cantik Nan Memesona di Batam
Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 06.00-19.00 WIB, Alamat: Sijantung, Galang Barelang, Kec. Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau; Map: Cek Lokasi

Tempat rekreasi yang ada di Kepulauan Riau memang sangat banyak salah satunya Pantai Mirota di Kota Batam. Pesona wisata alam ini berbeda dari destinasi lain karena masih alami dengan dikelilingi pemandangan. Air laut yang sangat jernih dan pasir menjadi perpaduan keindahan yang akan memanjakan mata. Bahkan ketika hari libur, pantai ini selalu dipadati traveller.

Kawasan Pantai selalu dibersihkan secara berkala oleh petugas sehingga tidak ada sampah yang tercecer. Anda yang berlibur juga tidak boleh mencemari lingkungan supaya destinasi tetap terjaga. Pengunjung yang ingin menghabiskan waktu berlibur dapat mencoba permainan yang ada. Hal tersebut tentu akan membuat Anda merasa betah selama disana.

Jika datang mulai pagi hari wisatawan bisa berjelajah dengan mengelilingi area Pantai Mirota. Tak hanya itu, ada pula perahu tradisional yang dapat disewa untuk menelusuri perairan sekitar pantai. Tidak heran banyak turis dari luar negeri yang tertarik berlibur ke destinasi ini karena keunikan yang dimiliki. Maka dari itu jangan lupa ke Mirota bersama orang terdekat.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Mirota

Daya Tarik Pantai Mirota
Image Credit: Google Maps Iqbal Fajarola

1. Mempunyai Jembatan Ikonik

Pantai Mirota diketahui memiliki jembatan panjang yang membentang di tengah air laut. Jembatan ini sangat unik karena terbuat dari kayu yang dijadikan papan dengan pegangan tali. Tetapi area jembatan sangat aman meskipun dilewati oleh banyak orang. Hal itulah yang membuat jembatan ini menjadi daya tarik untuk memikat para pelancong.

Jembatan juga sering dimanfaatkan untuk spot menikmati Pantai dari dekat. Anda yang berada disana akan melihat kejernihan air yang begitu alami dan indah. Tak hanya itu, jembatan unik ini bisa pula dijadikan spot mengambil foto atau merekam video. Potret foto dijamin akan semakin estetik ketika wisatawan berdiri di atas jembatan kayu tersebut.

2. Keindahan Wisata

Destinasi alam selalu menyuguhkan keindahan yang menarik untuk dilihat. Pantai Mirota mempunyai panorama yang tidak kalah dengan wisata lain. Disana tampak air Pantai yang begitu jernih karena tidak tercemar dengan sampah plastik. Air laut tersebut berwarna biru kehijauan yang selalu memikat pelancong untuk bermain di sekitar kawasan Pantai.

Sepanjang pesisir Anda juga akan melihat hamparan pasir yang membentang dari ujung ke ujung. Warna pasir tampak putih bersih dan tidak ada batu sehingga terasa lembut. Pasir itu memang cocok dijadikan tempat bermain serta bersantai. Panorama alam tersebut selalu dijaga baik oleh penduduk sekitar agar kawasan tidak menjadi tempat wisata yang kotor.

3. Suasana Nyaman

Pantai Mirota menawarkan suasana yang nyaman karena jauh dari hiruk pikuk kepadatan kota. Apalagi kawasan wisata dilengkapi dengan pohon kelapa dan beragam tumbuhan lain yang terlihat asri. Anda yang berada di dalam Pantai akan merasakan angin yang sejuk.

Gazebo yang ada di tiap sudut cocok untuk tempat istirahat sekaligus melepas penat. Suara kicauan burung dan deburan ombak dijamin akan membuat wisatawan betah. Maka dari itu, pilih tempat ini sebagai wisata untuk berkumpul dengan keluarga.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Mirota
Image Credit: Google Maps Dikdok B

Pantai Mirota terletak di Desa Sitanjung, Kepulauan Riau yang mudah ditemukan. Para pelancong dapat membawa kendaraan pribadi atau naik beragam angkutan yang disediakan. Destinasi alam ini berada di kawasan yang strategis karena dekat dengan jalan besar. Hal itulah yang membuat pengunjung selalu memadati tempat wisata ini.

Wisatawan dapat mengambil arah dari Jalan Letjen Suprapto menuju Jalan Trans Balerang. Lurus terus sampai masuk area jembatan penghubung Barelang. Dari jembatan tersebut, lokasi Pantai sudah tidak jauh lagi hanya berjarak beberapa menit saja. Para pelancong akan mendengar suara deburan ombak sekaligus melihat tulisan selamat datang di bagian depan.

Sepanjang jalan tampak papan petunjuk agar para tamu yang berkunjung tidak kesulitan menemukan wisata. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengakses rute Pantai melalui google maps di android. Jadi traveller tidak perlu takut tersasar meskipun baru pertama kali ke Batam. Penduduk yang ramah dijamin akan membuat senang ketika berjelajah ke sekitar pantai.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Masuk Pantai Mirota
Image Credit: Google Maps diko 1234

Pengunjung yang ingin berlibur di Pantai Mirota bisa membeli tiket pada bagian loket. Harga masuk tidak mahal hanya Rp 10.000 yang berlaku untuk orang dewasa. Tarif tersebut berlaku mulai hari biasa hingga hari libur karena tidak ada perubahan. Anda dapat menikmati Pantai sampai malam hari dengan mengeluarkan budget yang sedikit.

Pada bagian depan disediakan pula tempat parkir untuk menampung kendaraan. Tarif parkir Rp 5.000 untuk sepeda dan Rp 10.000 untuk jenis kendaraan roda empat. Lahan parkir tersebut sudah aman karena dijaga langsung oleh petugas setempat. Bagi yang membawa bus bisa menaruh di tempar parkir yang ada karena lahan diketahui sangat luas.

Biaya berlibur ke Mirota memang sangat sesuai dengan keindahan. Beberapa kawasan ada pula yang menyewakan peralatan untuk bermain air seperti pelampung dan banana boat. Tarif harga tidak mahal dan tergantung dari peralatan yang ingin disewa. Tetapi Anda juga dapat membawa perlengkapan sendiri jika tidak ingin mengeluarkan biaya untuk sewa.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Mirota

Aktivitas Seru Pantai Mirota
Image Credit: Google Maps D2RW

1. Bermain Air

Pantai Mirota menyediakan permainan seru untuk dicoba bersama kerabat dekat. Wisatawan dapat menyewa banana boat, parasailing, hingga jet ski yang membuat liburan semakin menyenangkan. Permainan tersebut hanya bisa dicoba ketika cuaca sedang mendukung agar ombak Pantai tetap aman. Jadi sebaiknya Anda datang ketika siang hari.

2. Piknik di Pantai

Kegiatan piknik memang sering dilakukan ketika berkunjung ke wisata pantai. Kawasan pantai yang asri dan nyaman tentu sangat cocok digunakan untuk berkumpul bersama keluarga. Selain itu traveller dapat membawa makanan dan tikar untuk menikmati angin sepoi-sepoi. Namun, usai piknik jangan membuang sampah plastik secara sembarangan.

3. Hunting Foto

Berfoto di sekitar Pantai Mirota memang banyak dilakukan oleh para pelancong. Disana menyuguhkan pasir lembut dan air laut yang akan membuat jepretan semakin cantik. Selain itu bunga serta pohon hijau juga bisa dijadikan background yang bernuansa alam. Jadi Anda bisa hunting foto sesuka hati dengan memilih spot yang ada di destinasi pantai ini.

4. Bermain Pasir

Pasir Pantai memiliki daya tarik tersendiri untuk dijadikan tempat bermain. Wisatawan dapat membawa cetakan pasir atau bola voli untuk menghabiskan waktu berlibur. Pasir yang lembut ini juga sering dimanfaatkan untuk sekedar berjemur di bawah matahari ketika pagi. Beragam aktivitas tersebut tentu membuat liburan tidak terasa membosankan.

Aktivitas Seru di Pantai Mirota
Image Credit: Google Maps Utas Channel

5. Berenang

Pantai Mirota mempunyai ombak yang tidak terlalu besar dengan air yang sangat jernih. Pengunjung bisa berenang di tepian dengan menggunakan pelampung. Namun, traveller harus tetap mematuhi aturan yang ada untuk tidak berenang di tengah laut karena sangat bahaya. Nikmati liburan dengan mengajak keluarga untuk berenang di Pantai indah ini.

6. Wisata Kuliner

Aneka camilan dan makanan berat yang dijual di sekitar Pantai banyak dikunjungi para tamu. Apalagi disana menyuguhkan makanan khas yang dimasak menggunakan rempah-rempah. Wisatawan dapat mencicipi es kelapa muda dan seafood yang menjadi kuliner hits di kawasan pantai. Warung makan tersebut juga sudah dilengkapi meja dan kursi yang nyaman.

7. Naik Perahu

Ketika siang hari banyak perahu nelayan yang berjejer di sepanjang pesisir Pantai Mirota. Perahu ini ada yang sengaja disewakan untuk traveller yang ingin berkeliling. Anda akan ditemani petugas selama berjelajah Pantai agar dapat melihat keindahan air laut dari dekat. Pengunjung juga bisa melihat ikan kecil yang berenang bebas di Pantai cantik tersebut.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Mirota
Image Credit: Google Maps agil rizaldi

Beragam fasilitas yang ada di area Pantai Mirota dapat digunakan wisatawan untuk menunjang aktivitas. Disana menyewakan permainan jet ski, perahu kano, hingga banana boat yang menarik untuk dicoba. Jika pengunjung belum terlalu mahir maka bisa ditemani petugas ketika bermain. Anda juga tidak perlu khawatir karena akan diberi pelampung.

Pada tiap sudut tampak kamar mandi umum yang bersih dan tentu bisa digunakan untuk membasuh diri usai bermain. Selain itu pengelola menyediakan tempat sampah supaya para tamu tetap menjaga kebersihan lingkungan. Bagi Anda yang ingin bersantai bisa duduk di gazebo. Tempat duduk ini terlihat berjejer di sepanjang pesisir Pantai.

Pantai cantik ini menyuguhkan warung kuliner yang menjual makanan dan minuman. Olahan tersebut dimasak langsung oleh penduduk setempat sehingga terasa lezat. Traveller dapat mencoba es buah yang segar ketika berada di warung. Berbagai fasilitas pantai selalu diperbaiki dan dikembangkan oleh petugas agar pelancong merasa nyaman disana.

Itulah ulasan mengenai Pantai Mirota yang menarik untuk dijadikan tempat bersantai. Pengunjung yang berada di Batam dapat berkunjung ke Pantai supaya liburan semakin berkesan. Hal yang terpenting jangan merusak alam ketika berada di kawasan agar tetap bersih. Selain itu jangan lupa pula mengabadikan momen selama berada di kawasan pantai.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending