Pantai Mutun Pesawaran – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Mutun Pesawaran – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Mutun salah satu wisata pantai yang terkenal di Pesawaran, Lampung. Pantai pasir putih yang memiliki air jernih dan keindahan bawah laut yang menakjubkan layak untuk Anda eksplor.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Sukajaya Lempasing, Kec. Padang Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung; Map: Cek Lokasi

Pantai Mutun Lampung berada di kawasan Kabupaten Pesawaran, Kecamatan Padang Cermin, Sukajaya Lempasing. Dekat dengan Pulau Tangkil. Anda bisa mampir ke pulau tersebut jika tertarik.

Dikenal karena memiliki beragam fasilitas. Mulai dari permainan darat hingga penjelajahan lautan. Anda akan memperoleh banyak kemudahan selama bertamasya ke sini.

Menariknya, intensitas ombak di Pantai Mutun cenderung tenang. Hamparan pasirnya cukup luas. Tak pelak, setiap sudutnya menampilkan suasana eksotis. Tempat yang sangat direkomendasikan untuk menyaksikan fenomena matahari terbit dan tenggelam.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Mutun Lampung

Daya Tarik Dimiliki Pantai Mutun
Image Credit: Google Maps (Rika Tiarasari)

1. Kawasan MS Town

Di bagian terpisah dari pantai utama, ada yang disebut sebagai kawasan MS Town. Pihak pengelola menawarkan situasi relatif bagus, dimana garis pantainya lebih panjang dan bersih. Dinaungi langsung oleh MS Corporation. Anda perlu menambah Rp 15.000 lagi agar diizinkan masuk ke sini.

2. Dermaga

Tidak berhenti di daerah pesisir, dibangun sebuah dermaga yang seolah membelah lautan. Bahan dasarnya berupa kayu-kayu papan yang disusun sedemikian rupa. Ada pagar pembatas terbuat dari reng untuk menjamin keamanan pengguna.

Di atas dermaga, menjuntai lampu-lampu neon. Aliran listriknya bersumber dari dataran sekitar. Saat siang hari, lampu tersebut memang sengaja dimatikan. Namun demikian, Anda akan disuguhkan keindahan tak terbatas setelah malam tiba.

Dermaga tersebut ramai diburu pengunjung. Silih berganti orang-orang berdatangan. Pastikan Anda sabar mengantre untuk memperoleh momen terbaik. Jangan lupa persiapkan peralatan fotografi yang memadai. Berdirilah di ujung dermaga jika Anda menginginkan hasil potret maksimal.

3. Berbagai Jenis Boat

Apakah Anda seorang pecinta olahraga air? Jika benar demikian, maka menyambangi Pantai Mutun merupakan pilihan yang cerdas. Pasalnya, telah disediakan berbagai jenis boat di sini.

Contohnya seperti donut boat, banana boat, perahu kano, hingga jet ski. Anda tinggal menyesuaikan kemampuan saja. Sewa untuk setiap kendaraan air tersebut juga terbilang bersahabat. Ramah untuk dompet para pengunjung termasuk mahasiswa dan pelajar.

Daya Tarik Pantai Mutun Lampung
Image Credit: Facebook.com @LampungEksis

4. Ayunan di Tepi Pantai

Berayun di tepi pantai agaknya menjadi salah satu keseruan yang wajib dijajali. Sebaiknya lepaskan alas kaki Anda terlebih dahulu. Lebih bagus lagi jika ada orang lain yang bersama Anda agar bisa bergantian saling mendorong.

Usahakan agar kaki Anda menyentuh air laut. Sebagai informasi tambahan, ombak di pantai ini tidak terlalu kencang. Cukup aman untuk bermain di garis pesisir. Ayunannya terbuat dari potongan kayu. Diikatkan pada palang menggunakan tali tambang. Jadi, Anda tidak usah takut nantinya akan putus.

5. Pepohonan Pelindung

Daerah Pantai Mutun dipenuhi oleh pepohonan. Tersebar di sepanjang jalan, bahkan di atas pasir. Walau pantai terkenal akan suhunya yang tinggi, namun keberadaan pohon-pohon tersebut cukup membantu. Anda tahu ke mana harus berlindung bila kegerahan.

Jika Anda datang bersama rombongan dan ingin menghemat biaya, maka solusinya bawalah tikar dari rumah. Nantinya, Anda dapat membentangkan alas duduk di bawah pohon. Bisa dibilang, ini adalah salah satu cara praktis meminimalisir pengeluaran. Jika tidak, Anda harus membayar sejumlah biaya untuk menempati sebuah gazebo.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Mutun

Alamat Pantai Mutun
Image Credit: Seringjalan.com

Terpaut sejauh 25 kilometer dari pusat kota, Anda akan menghabiskan waktu kurang lebih 30 menit hingga 1 jam untuk mencapai Pantai Mutun. Berpatok pada Kota Bandar Lampung, Anda perlu melalui Tugu Adipura untuk bergerak ke arah Teluk Betung.

Setiba di sana, Anda akan menemukan Jalan Ikan Sebelah. Ikuti arus lalu lintas menuju Jalan Laksamana RE Martadinata. Setelah mencapai pertigaan di di dekat pom bensin, ambil lajur kiri. Kemudian teruskan perjalanan mengarah ke Jalan Raya Way Rotay. Ikuti arus jalan sampai Anda menemukan pertigaan. Di situlah lokasi tujuan Anda.

Anda bebas datang kapan pun ke destinasi satu ini. Jam operasional berlangsung 24 jam dari Senin sampai Minggu. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 5.000 – Rp 10.000 untuk membayar tiket masuk. Perlu diketahui, biaya tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Ada baiknya Anda menyiapkan dana lebih.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Mutun

Aktivitas Dilakukan di Pantai Mutun
Image Credit: Google Maps (Septyan Haryo Penangsang)

1. Membangun Istana Pasir

Butiran pasir di Pantai Mutun memiliki tekstur yang pas untuk membangun miniatur istana. Tidak terlalu halus, namun tidak kasar juga. Aktivitas demikian cocok dilakukan ketika datang bersama anak kecil.

Biarkan si kecil menunjukkan kreativitasnya, sedangkan Anda hanya perlu mengawasi. Anda juga bisa merekam keceriaannya. Salah satu hal yang perlu anda perhatikan, yaitu tidak bermain tepat di garis pesisir. Kecuali, Anda rela istana tersebut hancur karena tersapu ombak.

2. Memancing

Keberadaan sebuah dermaga selain untuk berfoto ria, juga sangat boleh difungsikan sebagai lokasi pemancingan. Anda bisa duduk di bagian terluar sambil menunggu ikan datang. Jika ragu, Anda boleh saja tetap berdiri di sisi pagar pembatas.

Jangan lupa siapkan peralatan memancing dari rumah. Anda bisa menggunakan cacing atau gumpalan roti sebagai umpan. Sebaiknya kenakan topi lebar untuk menghalau sinar matahari, juga sunblock.

Sebagaimana layaknya kawasan perairan, warga sekitar banyak yang berprofesi sebagai nelayan. Apabila Anda termasuk orang yang lihai dalam negosiasi, tidak ada salahnya meminta izin agar diperkenankan ikut berlayar sebentar.

3. Menjelajahi Lautan

Sangat disayangkan memang, pada kenyataannya Pantai Mutun menyimpan banyak sampah. Keramaian yang ada tampaknya jadi alasan. Terdapat segelintir pengunjung yang tidak sungkan meninggalkan sampahnya begitu saja.

Namun, tidak serta-merta melenyapkan pesona destinasi satu ini. Perahu kano milik warga dapat Anda sewa untuk menjelajahi daerah di sekitar perairan. Terlepas dari lingkungan yang kurang terjaga, banyak hal menarik akan Anda temukan. Jika beruntung, Anda mungkin melihat sekelompok ikan berenang.

Anda keberatan mengeluarkan biaya tambahan? Tenang, ada alternatif lain. Anda bisa berenang sendiri. Menyusuri bagian laut yang dangkal. Akan lebih asyik bila Anda membawa kaca mata air.

Aktivita di Pantai Mutun
Image Credit: Google Maps (Sisma Setiamana)

4. Bermain Air

Tidak hanya sekadar berenang, bermain dalam hal ini mengandung artian luas. Terdapat penyewaan ban dan pelampung yang bisa Anda optimalkan. Cobalah berbaring di atas ban untuk melihat hamparan langit. Biarkan diri Anda mengikuti sapuan ombak.

Bentuk kesenangan lainnya, ajaklah rombongan Anda untuk bermain lempar bola di dalam laut. Siapkan sebuah bola plastik sebelum datang ke sini. Tetapkan sejumlah hukuman bagi pihak yang kalah. Misalnya, yang kalah harus mentraktir pemenang, dan seterusnya. Kegiatan sejenis itu pasti akan seru dan menambah keceriaan.

5. Mengasah Skill Berbahasa Asing

Pantai Mutun sudah biasa dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Anda harus memanfaatkan situasi tersebut sebaik-baiknya. Lakukan improvisasi atas skill berbahasa Anda. Tujuannya tidak lain sekadar untuk belajar. Namun, apabila beruntung, juga berguna menambah relasi.

Penginapan Murah Dekat dari Pantai Mutun

PenginapanDekat Pantai Mutun
Image Credit: Agoda.com

1. Aditya Guest House Syariah

Tarif per malamnya cukup murah, hanya berkisar Rp 160.000 – Rp 200.000. Ada dua tipe kamar yang disediakan, yaitu tanpa balkon dan pakai balkon. Untuk kamar yang memiliki balkon, Anda akan disuguhkan pemandangan apik.

Berlokasi di Jalan Pangeran Emir Muhammad Noer No. 27, Pengajaran, Teluk Betung. Anda membutuhkan waktu tempuh kurang dari 30 menit menuju Pantai Mutun. Penginapan ini cukup layak untuk sekadar menjadi tempat singgah.

Disediakan kafe di lantai bawah. Makanan yang ditawarkan terbilang murah. Namun, soal rasa tidak perlu membuat Anda ragu. Aneka kopi dapat Anda jadikan pilihan bersantai. Pihak pengelola juga menyediakan pelayanan kamar berupa air mineral gratis, sajadah, seperangkat kasur, dan kamar mandi.

Suasana di kamar lumayan bersih dan luas. Secara keseluruhan, nilai penginapan ini baik terutama untuk tarif ekonomis. Hanya saja, area parkirnya terbatas. Anda akan sedikit kesulitan bila membawa kendaraan roda empat.

2. Wisma Andalas Asri Syariah

Masih di daerah Pengajaran, tepatnya di Jalan Basuki Rahmat No. 61. Anda harus merogoh kocek sebesar Rp 150.000 – Rp 200.000 untuk bermalam di sini. Fasilitas yang tersedia berupa Wifi, AC, air panas, televisi, dan lain-lain.

Kamarnya termasuk luas, kondisinya tertata. Bisa Anda jadikan referensi saat mencari penginapan bermutu dengan harga terjangkau. Tidak hanya itu, letaknya sangat strategis. Ada rumah makan di sekitarnya. Alternatif lain jika Anda ingin makan di luar.

Nilai secara keseluruhan dapat dikatakan memuaskan. Lingkungan terjaga dan aman. Pelayanannya baik sehingga Anda akan betah bermalam di sini.

3. Lusy Hotel

Pihak pengelola menyediakan fasilitas berupa akses Wifi, TV, AC, water heater, ranjang berukuran queen, kabel, LCD, dan masih banyak lagi. Selisih 12 kilometer dari Pantai Mutun. Setara dengan perjalanan 30 menitan. Letaknya di Jalan Diponegoro No. 186.

Jika Anda datang bersama rombongan menumpang bus, tidak perlu bingung urusan parkiran. Pasalnya, Lusy Hotel menawarkan area parkir yang luas, tidak terbatas pada motor atau mobil saja.

Makanan di sini punya cita rasa yang enak dan khas. Ada pula coffee shop. Agar bisa menikmati pelayanan dan seluruh fasilitas di sini, Anda harus membayar kisaran Rp 150.000 – Rp 200.000 per malamnya.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Mutun Lampung

Fasilitas di Pantai Mutun Lampung
Image Credit: Google Maps (Agung Rahmadiansyah)

Tampaknya pihak pengelola telah bekerja keras, terbukti dari betapa lengkapnya fasilitas di pantai ini. Seluruh kebutuhan pengunjung telah diakomodir. Anda tidak akan ditimpa kebingungan selagi bertamasya.

Anda butuh bersantai? Sudah ada gezebo dengan tarif kisaran Rp 30.000 – Rp 100.000. Ingin piknik bersama keluarga, namun enggan menyiapkan bekal sendiri? Rumah makan tersebar di hampir seluruh kawasan. Anda tinggal menentukan saja mau yang seperti apa.

Tak heran, Pantai Mutun ini selalu ramai pengunjung. Bahkan, bisa dibilang bagian dari primadona wisata bahari di Kepulauan Sumatra. Sebagai kawasan perairan, kamar mandi dan ruang ganti sangat memadai. Selain itu, aneka wahana seperti waterboom siap menyambut Anda.

Secara khusus, disiapkan pula arena permainan anak-anak. Jika datang bersama si kecil, Anda tidak perlu terlalu pusing dan beri kebebasan untuk melakukan eksplorasi. Di sisi lain, ada beragam jenis boat menanti untuk Anda berdayakan. Pastikan Anda memanfaatkan waktu sebaik-baiknya.

Akhir pekan tidak akan jadi kelabu jika Anda pandai memanfaatkan waktu. Setelah letih bekerja fulltime, tiba saatnya untuk menyenangkan diri sendiri. Pastikan Anda mengajak kawan akrab atau keluarga untuk menyambangi Pantai Mutun di Pesawaran, Lampung. Jadikanlah momen liburan sebagai penyuntik energi.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending