Pantai Ngandong Gunung Kidul, Pantai Pasir Putih yang Eksotis

Pantai Ngandong Gunung Kidul

Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket Pantai Ngandong salah satu objek wisata yang menawan di Tepus, Gunung Kidul, Jogja. Lokasinya dekat Pantai Sundak menjadikan pantai ini memiliki panorama alam yang memukau bersembunyi di teluk kecil.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Pantai Selatan Jawa, Sidoharjo, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Suka menghabiskan waktu berlibur? rasanya tidak lengkap, jika belum mengunjungi Pantai Ngandong. Pantai yang termasuk golongan pantai nelayan ini, memiliki banyak sekali daya tarik. Keindahan yang disuguhkan pantai ini sukses meraup banyak wisatawan untuk mengunjunginya. Baik untuk melepaskan lelah atau hanya untuk memandangi para nelayan mencari ikan.

Kehidupan di pesisir pantai memang sangat menyenangkan. Sambil mencari ikan, bisa turut menikmati pemandangan laut yang luas. Sejauh mata memandang, keindahan pantai ini tetap terjaga. Kebersihan dan keasrian tetap ada di pantai ini. Setiap waktu akan ada nelayan yang ikut memadati wilayah pantai dan mencari ikan.

Pengunjung bisa menikmati ombak di tepian Pantai Ngandong atau bahkan ingin ikut belajar mencari ikan. Pantai ini masih kaya dengan kearifan lokal. Bahkan pantai ini kerap menjadi destinasi favorit di Jogja. Meskipun nelayan tidak terlalu banyak, tetapi pemandangan tentang kearifan lokal yang bersumber dari mata pencaharian masyarakat setempat tetap ada.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ngandong

Daya Tarik Pantai Ngandong
Image Credit: Facebook.com @jogya

Pantai ini sungguh memberikan pemandangan yang menarik. Bukan hanya dari segi pantainya saja, tetapi juga dengan pesona di keliling pantai.

1. Diapit Tebing Karang

Umumnya pantai memiliki wilayah yang luas. Bahkan sejauh mata memandang, hanya lautan yang bisa dilihat. Tetapi, sangat berbeda untuk pantai yang satu ini. Pantai Ngandong dikenal dengan tebing karang yang curam yang mengapit di kedua tepi pantai. Tebing ini bahkan menjadi pembatas dari pantai ini, dan memisahkan dari pantai lainnya. hal tersebut kerap menjadi pemandangan yang menarik.

Tidak hanya sebagai tebing saja, batu karang juga terdapat di tepi pantai. Batu karang tersebut memiliki bentuk yang unik. Bahkan batu karang memiliki kesan seperti ada tepat diatas air atau mengapung. Banyak wisatawan yang berusaha mengabadikan momen ini. Karena dinilai sangat unik.

2. Hamparan Pasir Pantai yang eksotis

Biasanya di sebuah pantai hanya terdapat satu warna pasir saja. Pasir putih atau pasir hitam. Tetapi berbeda untuk pantai ini. Pantai ini didominasi oleh pasir putih. Sedangkan saat pagi hari, pasir hitam akan muncul di bagian bibir pantai. Hal tersebut menjadi pemandangan yang eksotis. Terlebih lagi saat ombak mengguyur bibir pantai dan membawa beberapa pasir hitam.

Bagi wisatawan, kondisi ini sangat menarik dan unik. Mereka tidak perlu khawatir terkait dengan ombak yang ada, karena pantai ini tergolong memiliki ombak yang tenang. Sehingga meskipun digunakan untuk berenang atau bermain air, tidak terlalu berbahaya.

Daya Tarik Ngandong
Image Credit: Google Maps (Jumani)

3. Tempat Berlabuh Perahu Nelayan

Di zaman yang serba modern ini, jarang ditemui masyarakat yang asli bermata pencaharian sebagai nelayan di Pantai Ngandong. Karena pantai ini menjadi tempat pemberhentian atau Pelabuhan bagi para nelayan. Kegiatan mulai dari menyebar jaring, menangkap ikan, hingga mengumpulkan ikan bisa dilihat secara langsung oleh wisatawan yang berkunjung ke pantai ini.

4. Berbagai Hiburan Menarik

Tidak hanya pemandangan berupa kegiatan nelayan saja, pantai ini juga menyediakan fasilitas untuk para wisatawan sehingga bisa menikmati hiburan. Seperti bermain kano, melakukan snorkeling, dan masih banyak lagi.

Tentunya setiap wisatawan akan dibimbing dan diarahkan oleh ahlinya. Setiap hiburan memiliki tarif yang berbeda-beda. Meskipun demikian banyak wisatawan yang berminat karena uniknya hiburan tersebut disertai dengan keindahan pantai.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Ngandong

Alamat Pantai Ngandong
Image Credit: Google Maps (Denny Iskandar)

Bagi masyarakat yang bertempat tinggal di Jogja tentunya sudah tidak asing dengan keistimewaan yang dimiliki oleh Pantai Ngandong. Pantai ini terletak di Jogjakarta dengan jarak kurang lebih 2 jam dari pusat kota. Tepatnya ada di kabupaten Gunung kidul Kecamatan Tepus Desa Sidoarjo.

Rute untuk menuju pantai ini juga tidak terlalu sulit. Apabila pengunjung dari Yogyakarta maka bisa melewati Piyungan kemudian menuju ke daerah Patuk hingga Sambi Putu. Apabila sudah sampai pertigaan Timur TNI Gading, pengunjung bisa langsung mengambil arah kanan dengan tujuan saptosari. Dari arah situ, pengunjung bisa mengikuti petunjuk arah yang telah disediakan.

Pantai Ngandong dengan keindahan yang eksotis nyatanya memiliki tarif tiket masuk yang sangat terjangkau. Hanya dengan membayar Rp 10.000 saja, setiap orang yang bisa menikmati keindahan di seluruh pantai. Tidak hanya itu, pantai ini juga dibuka selama 24 jam. Pengunjung bisa dengan bebas Menikmati keindahan yang ada di pantai ini.

Tetapi bagi pengunjung yang ingin bermain Kano ataupun bermain snorkeling maka harus membayar tarif penyewaan untuk alat-alatnya. Untuk permainan snorkeling sendiri pengunjung harus membayar sewa sebesar Rp 50.000.

Sedangkan untuk snorkeling pengunjung bisa mendapatkan peralatan lengkap hanya dengan membayar tarif Rp 50.000. Segala fasilitas tersebut bisa dinikmati tanpa adanya batasan waktu pemakaian.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Ngandong

Aktivitas di Pantai Ngandong
Image Credit: Twitter.com @theluxuryadhara

1. Menikmati Panorama Sunset

Matahari terbenam merupakan tujuan utama dari wisatawan ketika mengunjungi pantai. Pasalnya peristiwa Sunset menjadi hal yang sangat eksotis. Di mana wisatawan bisa menikmati matahari terbenam secara langsung yang dibingkai dengan keindahan langit yang berwarna kemerah-merahan. Selain itu, diiringi dengan laut pantai yang tenang.

Pantai ini memiliki lokasi tersendiri yang bisa digunakan wisatawan untuk menikmati matahari terbenam. Adanya warung dan berbagai outlet bisa menemani wisatawan untuk menambah nuansa keindahan matahari terbenam.

2. Snorkeling di Perairan Pantai

Rupanya Pantai Ngandong memiliki keindahan alam bawah laut yang luar biasa. Oleh karena itu, pihak pengelola menyediakan fasilitas berupa snorkeling bagi wisatawan yang ingin menikmati dunia bawah laut. Pihak pengelola menyediakan peralatan lengkap untuk snorkeling. Bagi pengunjung yang ingin mencoba menyelam, akan diberikan tenaga ahli yang bisa memberikan pengarahan.

Aktivitas Pantai Ngandong
Image Credit: Twitter.com @dolanyok

3. Mencoba Wahana Kano

Bermain Kano juga bisa dilakukan di pantai ini. Adanya Hiburan ini memberikan daya tarik tersendiri untuk wisatawan. Mengingat jarang pantai yang menyediakan fasilitas ini secara lengkap.

Bagi wisatawan yang baru pertama kali mencoba, tidak perlu khawatir, karena akan diberikan tenaga ahli yang bisa mengarahkan dan memberikan pengawasan selama bermain kano. Sehingga dapat dipastikan bahwa wisatawan akan selalu dalam keadaan aman.

4. Selfie di Spot Keren

Siapa yang tidak suka ber selfie? Hampir seluruh orang menyukai selfie. Kegiatan berfoto ini menjadi kegiatan yang wajib dilakukan ketika pergi berlibur. Pasalnya dengan melakukan kegiatan ini segala bentuk aktivitas yang dilakukan selama liburan bisa terekam dengan baik.

Pantai Ngandong memiliki banyak lokasi yang menarik dan bisa digunakan sebagai latar belakang berfoto. Lokasi dengan bernuansa alam memberikan keindahan yang masih alami.

Penginapan Murah Terdekat Lokasi Pantai

Penginapan Terdekat Pantai
Image Credit: Agoda.com

Bagi wisatawan yang ingin menikmati Keindahan pantai ini, terdapat banyak sekali penginapan yang memiliki jarak dekat dengan pantai. Mulai dari tarif yang terjangkau hingga tarik yang tinggi. Meskipun demikian banyak penginapan dengan tarif terjangkau yang memiliki fasilitas lengkap dan berkualitas.

1. Penginapan Bob Home

Penginapan ini termasuk ramai dikunjungi wisatawan. Harga yang ditawarkan untuk setiap malamnya hanya berkisar Rp 250.000 hingga Rp 500.000 saja. Tergantung dari jenis kamar yang dipesan. Terlepas dari hal itu, penginapan ini memiliki fasilitas yang lumayan lengkap bahkan pengunjung juga bisa Menikmati keindahan pemandangan dengan suasana yang nyaman.

Penginapan ini juga dilengkapi dengan tempat parkir yang luas disertai dengan akses yang mudah menuju pantai. Desain eksterior dari penginapan ini juga terlihat sangat klasik.

2. Penginapan Putra Darma

Penginapan ini juga menjadi favorit wisatawan. Hanya dengan harga Rp 250.000 hingga Rp 300.000 saja pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada di penginapan ini. Selain itu, jarak penginapan ini dari Pantai Ngandong hanya 1,1 KM saja.

Memiliki desain penginapan yang unik pantai ini sukses membuat wisatawan terkagum-kagum. Bagi wisatawan yang menyukai hewan peliharaan, penginapan ini juga membolehkan untuk membawa hewan.

3. The Royal Joglo

Sangat disarankan untuk melakukan pemesanan penginapan sebelum sampai di lokasi pantai. Umumnya saat hari libur atau musim liburan, pantai akan dipadati wisatawan. Tidak hanya pantai, penginapan di sekitar pantai pun juga penuh.

Penginapan ini memiliki jarak 860 meter dari lokasi pantai. Mulai dari tempat parkir, kolam renang, sarapan, wi-fi, dan fasilitas lainnya disediakan secara gratis. Bagi yang ingin menikmati fasilitas di penginapan ini bisa membayar kisaran Rp 350.000 hingga Rp 500.000 saja.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Ngandong Gunung Kidul

Fasilitas Pantai Ngandong
Image Credit: Twitter.com @lan_jalan

Pantai ini tergolong sebagai wisata bahari yang memiliki fasilitas lengkap. Pihak pengelola selalu memberikan perawatan yang Prima untuk setiap fasilitas umum yang tersedia di pantai ini. Mulai dari toilet, tempat peristirahatan, lahan parkir, dan masih banyak lagi. Sangat disarankan untuk turut menjaga kebersihan lokasi pantai. Wisatawan sangat dilarang membuang sampah sembarangan.

Pantai Ngandong menjadi salah satu destinasi yang paling disarankan bagi wisatawan yang ingin menikmati nuansa alam dengan keasrian Yang masih asli. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan yang indah ketika nelayan berlabuh. Hal tersebut juga bisa menjadi sarana edukasi bagi wisatawan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending