Pantai Nglambor, Gunung Kidul

Pantai Nglambor, Gunung Kidul

Daya Tarik, Rute & Harga Tiket Masuk – Pantai Nglambor di Gunung Kidul menawarkan petualangan yang tak terlupakan dengan menjelajah daratan mempesona sekaligus bawah laut yang masih terjaga.

Lokasi: Kel. Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul.
Map: Cek Lokasi

Apakah Anda memiliki impian liburan ke pantai namun yang antimainstream? Jika iya Anda bisa merencanakan liburan ke Jogja tepatnya ke Gunung Kidul. Pantai daerah Gunung Kidul memang terbukti mempesona dan menjadi destinasi wisata favorit. Salah satu pantai yang antimainstream adalah Pantai Nglambor. Pantai satu ini memiliki pesona yang tak akan bisa ditolak siapapun. Selengkapnya simak ulasan mengenai Pantai cantik di Gunung Kidul berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Nglambor

Daya Tarik Pantai Nglambor
Image Credit: Backpackeraddict.com

Begitu Anda pernah menginjakkan kaki di Pantai satu ini, maka akan ketagihan untuk kembali mengunjunginya. Pantai satu ini memiliki 2 bukit karang yang sering disebut dengan Watu Kuntul dan Watung Kalong. Dengan kehadiran 2 bukit ini menjadikan pemandangan pantai Nglambor semakin menawan dan nampak alami. Apalagi wisata bahari satu ini belum terlalu ramai seperti lainnya, sehingga Anda bisa menikmati suasana yang tenang serta damai.

Pantai satu ini berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, sehingga wajar jika ombaknya cukup besar. Selain memiliki daratan yang menawan, bawah laut Pantai Nglambor menjadi daya tarik tersendiri. Kebanyakan memang datang untuk mengintip keindahan bawah lautnya. Pantai ini merupakan kerjasama antara pemerintah dan warga desa untuk mempromosikan lewat media sosial. Meskipun belum terlalu berhasil pada saat itu.

Daya Tarik Pantai Nglambor Gunung Kidul
Image Credit: Jogjaonstage.com

Hingga di tahun 2013, seorang putra daerah bernama Yusuf Adhitya Putratama yang menggarap wisata satu ini. Ia juga sangat gencar melakukan promosi di medi sosial dengan terus mengunggah foto pantai ini. Di tahun 2014, terdapat persewaan alat snorkeling yang dinamakan BNS. Sejak itulah wisata bahari satu ini mulai dilirik, dan di tahun 2020 mulai mengalami lonjakan pengunjung untuk melihat langsung keindahannya.

Menjadi bagian dari pantai Selatan, Ngelambor juga memiliki mitos maupun tradisi yang biasanya dilakukan. Tradisi ini dikenal dengan Nglangi atau dalam bahasa Indonesia berarti menghalangi. Yang dimaksudkan agar pengunjung ataupun siapa saja tak mengambil ikan di sekitaran pantai. Kecuali di musim pemijahan ikan yang artinya hanya setahun sekali. Inilah yang membuat pantai ini masih terjaga keasriannya hingga kini serta menjadi tujuan snorkeling yang favorit.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Nglambor

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Nglambor
Image Credit: Outingjogja.com

Pantai Nglambor berada di Dudun Ngandong, Desa Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DIY. Anda bisa mengunjungi pantai menawan ini setelah menempuh jarak 71 km dari pusat kota Jogja. Perjalanan panjang ini dimulai dengan mengambil rute menuju jalan Wonosari, kemudian dilanjutkan ke piyungan, bukit bintang berlanjut ke pathuk, sambipitu,hutan bunder hingga ke perempatan gading Wonosari.

Perjalanan masih dilanjutkan dengan ke arah Playen, Bundara Pemda, ke Alun Alun Sriono. Kemudian silahkan ambil jalan ke Pasar Hargasari,dan terus hingga melewati desa Tepus. Petunjuk jalan menuju pantai ini cukup mudah untuk diikuti. Begitu tiba di tujuan, Anda masih harus berjalan kaki dari parkiran sekitar 1 sampai 2 km. Selain berjalan kaki, Anda juga bisa menggunakan jasa ojek wisata dengan harga sekitar Rp. 10 ribu pulang pergi.

Harga Tiket Masuk Pantai Nglambor

Harga Tiket Masuk Pantai Nglambor
Image Credit: Sewamotordijogja.com

Menikmati serunya snorkeling untuk mengintip terumbu karang serta ikan ikan kecil yang cantik ini, tak membutuhkan dana yang besar. Untuk masuk ke Pantai ini Anda akan dikenakan biaya tiket masuk yang tak akan menguras kantong. Jika melihat keindahannya, harga tersebut bahkan akan terlalu murah. Harga tiket masuknya dibandrol mulai Rp, 6 ribu per orangnya. Biaya tersebut masih belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan.

Jika Anda menggunakan sepeda motor, maka hanya perlu membayar parkir sekitar Rp. 2 ribu saja. Sementara kendaraan roda empat mulai dari Rp. 5 ribu. Dengan membayarkan sejumlah dana tersebut, Anda sudah bisa melakukan wisata yang tak terlupakan. Namun Anda perlu tahu jika harga tersebut bisa naik sewaktu waktu. Terutama ketika musim liburan datang, jikapun naik pasti tidak akan terlalu tinggi masih aman untuk dompet.

Aktivitas Menarik Dilakukan di Pantai Nglambor

Aktivitas di Pantai Nglambor
Image Credit: Travelspromo.com

Begitu menginjakkan kaki di Pantai Nglambor, maka Anda akan disajikan pemandangan bahari yang menawan. Birunya air laut lengkap dengan pasir putih akan jadi perpaduan yang begitu menarik. Panorama alamnya yang memukau ini membuat para pengunjung memiliki banyak pilihan kegiatan selama wisata. Anda bisa berjalan jalan lebih dulu sekalian mengambil beberapa pose untuk kemudian di unggah ke media sosial.

Kawasan pantai satu ini termasuk kawasan yang sulit sinyal ponsel, sehingga Anda tidak bisa lama lama bermain ponsel. Untuk itu alangkah lebih baik jika menikmati keindahannya hingga puas dan menjajal kegiatan lainnya. Seperti berendam maupun berjemur untuk merasakan hawa pantai yang begitu khas. Membentangkan tikar di atas pasir putihnya, sambil beristirahat di bawah pohon pasti akan segera menghilangkan segala penat Anda.

Semilir angin sepoi sepoi turut memberikan sumbangsih betapa nikmatnya suasananya. Pantai Nglambor memiliki daratan yang mempesona dengan banyak bukit. Sehingga Anda juga bisa trekking ke bukit bukit yang ada. Masing masing bukit menawarkan pemandangan memukau dari ketinggian. Beberapa spot untuk foto sengaja disediakan untuk pengunjung mengambil foto yang instagramable. Meskipun naik turun bukit ini juga cukup menguras energi.

Jika beruntung Anda bisa bertemu dengan monyet ekor panjang yang berkeliaran. Untuk itu hati hati menjaga barang bawaan atau makanan. Puas trekking, Anda juga bisa melakukan aktivitas lain seperti susur pantai. Karena pantai satu ini dekat dengan pantai siung serrta pantai watu lumbung jika ke arah timur. Sementara jika berjalan ke arah barat akan menuju pantai Timang, Jogan, Ngetun. Kegiatan ini membutuhkan tenaga esktra sehingga perhatikan fisik.

Snorkeling aktivitas yang tak boleh dilewatkan ketika di Pantai Nglambor. Anda bisa melihat terumbu karang yang masih terjaga lengkap dengan ikan ikannya yang cantik. Selama snorkeling Anda juga bisa mengabadikan setiap momen dengan foto underwater. Selain bisa menggunakan kamera anti air, Anda juga bisa memanfaatkan BNS (nama persewaan alat snorkeling) di sekitar pantai. Kemudian Anda bisa mengunggahnya ke media sosial.

Sebagai penutup jangan lupa saksikan indahnya senja di puncak bukit yang membuat Anda terpana. Pemandangan matahari yang berpulang ini memang tak bisa dilewatkan. Untuk bisa melakukan banyak hal, ada baiknya Anda datang ketika sore hari. Pada waktu tersebut laut sedang pasang sehingga sangat pas untuk melakukan snorkeling. Jika pagi maka sekitar pukul 06.00 hingga pukul 10 pagi.

Penginapan Dekat Pantai Nglambor

Penginapan Dekat Pantai Nglambor
Image Credit: Instagram.com @omahjoglo_semin

Pantai Nglambor menjadi pantai yang juga belum memiliki penginapan di sekitaran pantainya. Sehingga jika Anda ingin bermalam, langkah satu satunya adalah mendirikan tenda. Mendirikan tenda ini banyak dilakukan oleh pengunjung, karena selain bisa menikmati sunset juga bisa menikmati langit malam penuh bintang. Jika ingin tetap menginap di penginapan, maka Anda bisa mencari penginapan di dekat perkampungan penduduk.

Ada beberapa homestay maupun penginapan yang tersedia dan lokasinya tak terlalu jauh. Anda tinggal memesan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kantong Anda. Jika musim liburan, ada baiknya untuk memesannya jauh jauh hari. Karena penginapan ini akan fuul booking jika tak jauh jauh hari. Untuk hotel Anda bisa mencarinya di kawasan Goa Pindul, Pantai Indrayanti atau Pantai Kukup. Ada beberapa hotel yang bisa Anda pilih di sana.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Nglambor

Fasilitas di Pantai Nglambor
Image Credit: Pantaijungwok.blogspot.com

Untuk menuju pantai satu ini memang Anda akan disuguhkan akses jalan yang lumayan terjal. Sehingga kesan alami pantai Nglambor ini memang masih sangat kental. Anda mungkin tidak akan menemukan fasilitas seperti mesin ATM, fasilitas kesehatan maupun tempat berbelanja. Tetapi untuk fasilitas umum seperti toilet, mushola, tempat penitipan barang serta saung bisa Anda temukan dan nikmati di pantai menawan ini.

Bagi pengunjung yang tak membawa bekal juga bisa menikmati sajian kuliner di beberapa warung yang ada. Ada berbagai menu yang ditawarkan sehingga Anda juga bisa sekalian berwisata kuliner jika mengunjungi pantai ini. Bagi yang membawa kendaraan juga tak perlu bingung, karena lahan parkis di pantai ini cukup luas. Lambat laun mungkin beberapa fasilitas akan ditambahkan demi kenyamanan para pengunjungnya.

Pantai Nglambor merupakan pantai di Gunung Kidul yang tak bisa diabaikan begitu saja. Banyak traveller yang sudah membuktikan sendiri keindahan yang dimiliki pantai ini. Ketika Anda berkunjung ke pantai Nglambor ada baiknya untuk membawa kamera yang terbaik. Mengingat tempat ini memiliki pesona yang sayang jika tak diabadikan. Bagaimana berniat untuk memasukkan pantai ini dalam daftar liburan Anda?

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending