Pantai Nguluran Gunung Kidul, Pantai Kekinian dengan Spot Foto Keren di Teras Kaca

Pantai Nguluran Gunung Kidul, Pantai Kekinian dengan Spot Foto Keren di Teras Kaca
Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Bolang, Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Pantai Nguluran merupakan salah destinasi wisata yang berada di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta. Menyuguhkan keindahan pemandangan pasir putih yang bersih dengan perairan pantai yang berwarna putih kebiru-biruan, menjadikan Nguluran begitu diminati para pecinta wisata pantai, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Sebenarnya area Nguluran adalah resort pribadi milik perorangan. Resort ini dibangun cukup mewah dan terdapat banyak spot-spot foto buatan yang memang sengaja dibuat untuk menambah kesan indahnya. Namun, seiring berjalannya waktu, kawasan ini mulai viral karena adanya jembatan kaca di area tersebut, sampai akhirnya dibuka untuk umum.

Wisata terkenal Jogja ini selalu ramai setiap hari. Saat memasuki musim liburan, area Pantai Nguluran akan dipadati wisatawan dari berbagai daerah. Biasanya ada pula paket liburan yang menjadikan Nguluran masuk dalam list paket tournya. Paket ini umumnya diburu murid SMA yang akan lulus sebagai perayaan kelulusan atau liburan suatu instansi.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Nguluran

Daya Tarik Pantai Nguluran
Image Credit: Google Maps (Kaka Kristin)

1. Menyuguhkan Panorama Pemandangan Pantai yang Menakjubkan

Wisata perairan Nguluran terkenal akan pasirnya yang berwarna putih bersih. Warna air yang sangat bening, serta berwarna putih kebiru-biruan akan terlihat sangat cantik jika dilihat dari ketinggian. Pemandangan semacam ini tentu akan sangat sulit dijumpai di area padat penduduk, seperti kawasan perkotaan. Sungguh suasana yang sangat nyaman.

Panorama semacam ini cocok bagi wisatawan yang menyukai dunia fotografi dan suka memotret alam. View pantai akan sangat menakjubkan dan menawan jika diambil dari posisi angle yang tepat. Pemandangan akan terlihat sangat indah di pagi hari, saat matahari baru saja terbit. Pun di sore hari sambil menunggu fenomena sunset.

2. Spot Jembatan dan Boat Kaca Buatan

Selain memiliki keindahan alam yang luar biasa cantik, area Pantai Nguluran juga terkenal akan jembatan dan boat buatan yang terbuat dari kaca. Dengan bahan dasar kaca tersebut, wisatawan bisa melihat segala aktifitas yang terjadi di bawah jembatan atau bawah boat. Sedikit menguji adrenalin bagi wisatawan yang sedikit takut ketinggian.

Namun, jangan salah, walaupun spot satu ini agak menakutkan, spot ini tetap banyak diburu para pengunjung yang datang ke Ngulur. Mereka berlomba-lomba mengambil gambar dengan latar spot jembatan dan boat kaca tersebut. Untuk menjajal area satu ini, wisatawan yang datang akan dikenai biaya wahana yang cukup murah dan terjangkau.

Daya Tarik dari Pantai Nguluran
Image Credit: Google Maps (Budi Sutrisno)

3. Pantai yang Memilki Banyak Permainan Anak

Daya tarik lainnya yang dimiliki Pantai Nguluran ini adalah adanya berbagai macam permainan anak yang sengaja disediakan oleh pengelola. Perlu diketahui, jika di sekitaran area Nguluran terdapat banyak permainan anak yang bisa dinikmati pengunjung kapan saja. Permainan tersebut, yakni seperti ayunan yang ada di sekitaran area.

Bukan tanpa alasan, pengelola memang sengaja menyediakan fasilitas tersebut agar pantai ini juga diminati pengunjung di kalangan anak-anak. Sehingga pantai ini cocok digunakan sebagai tempat liburan bagi usia kanak-kanak. Diharapkan dengan adanya fasilitas yang dibuat pengelola tadi, pengunjung yang datang semakin meningkat.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Nguluran

Alamat Pantai Nguluran
Image Credit: Google Maps (Trisno Ary Budi)

Pantai Nguluran sendiri merupakan destinasi yang terletak di Gunung Kidul, Jogjakarta. Lebih tepatnya masuk dalam kawasan Desa Bolang, Girikarto, Kecamatan Panggang, serta masih dalam wilayah Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi DI Yogyakarta. Wisatawan yang ingin berkunjung biasanya melewati rute umum yang biasa dilewati pengunjung.

Biasanya wisatawan memilih untuk berangkat dari area Jalan Malioboro. Titik keberangkatan ini dianggap sebagai rute paling mudah yang bisa ditempuh. Dari kawasan Malioboro, Anda bisa berjalan menuju arah Jalan Panembahan Senopati, lalu menuju arah Brigjend Katamso. Anda akan menemukan lokasi yang bernama Jokteng Timur.

Dari Jokteng Timur tersebut, Anda tinggal lurus mengikuti jalur yang ada untuk memasuki kawasan Parangtritis. Diperkirakan jaraknya sekitar 11 kilometer. Setelahnya Anda akan menemukan perempatan Bakulan dan Anda harus berbelok ke kiri dengan tujuan Imogiri. Setelahnya Anda akan sampai di area Terminal Panggang, pilih jalur belok kanan.

Setelah berbelok kanan tersebut, Anda tinggal mengikuti petunjuk jalan sekitar agar bisa sampai di area Nguluran. Sedikit informasi, karena belum tersedianya angkutan umum yang bisa mengakses kawasan pantai satu ini, maka wisatawan yang datang berkunjung diwajibkan membawa kendaraan pribadi. Untuk itu, persiapkan secara matang dan pasti.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Nguluran

Harga Tiket Pantai Nguluran
Image Credit: Google Maps (Arya the Sneakerhead Pirate)

Tentu tidak jauh berbeda dari tempat wisata pantai pada umumnya, pengelola Pantai Nguluran juga menarik biaya masuk yang dibebankan pada setiap pengunjung. Untuk tiket masuk pantai setiap orang perlu membayar sekitar Rp 10.000,00 per orang. Biaya tersebut belum termasuk biaya wahana dan spot yang tersedia di sana.

Pengelola juga membebani biaya parkir bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi mereka. Biaya tersebut sebesar Rp 5.000,00 bagi kendaraan bermotor, Rp 10.000,00 bagi kendaraan roda empat, serta Rp 30.000,00 untuk kendaraan besar, seperti bus. Biasanya bus dipakai pengunjung yang datang rombongan yang banyak.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Nguluran

Aktivitas di Pantai Nguluran
Image Credit: Twitter.com @mytrip_magazine

1. Sensasi Berdiri di Jembatan Kaca

Terdapat sebuah jembatan kaca yang sengaja dibangun pengelola untuk menambah kesan mewah di salah satu pantai cantik Jogja ini. Dengan adanya jembatan yang terbuat dari kaca ini, pengujung bisa melihat deburan ombak dari kaca yang transparan. Spot satu ini cukup menguji adrenalin karena berada di ketinggian. Tertarik untuk mencoba?

2. Duduk di Boat Kaca

Tidak puas hanya dengan jembatan kaca, sebagai pelengkap pemilik resort membuat sebuah kapal atau boat kaca yang berada tidak jauh dari jembatan. Bedanya, jika jembatan kaca full interior memakai kaca, sedang boat hanya sebagian saja yang terbuat dari kaca. Ada dudukan di ujung boat yang biasanya diperebutkan pengunjung saat di sini.

3. Menikmati Keindahan Pantai di Giant Chair

Tidak cukup berani untuk menjajal jembatan kaca? Tenang, ada spot Giant Chair yang ada di area Pantai Nguluran. Semua kerangka terbuat dari kayu yang dicat putih, serta tidak kalah menarik dari jembatan kaca. Anda bisa menikmati indahnya Nguluran dari spot menarik satu ini. Pasti akan sangat mengasyikkan dan seru.

4. Duduk Santai di Kursi Panjang Logam

Setelah menikmati keindahan di giant chair, Anda bisa menjajal duduk di kursi logam yang cukup panjang. Spot ini banyak diburu karena view Nguluran terlihat begitu cantik dan indah dari kursi logam satu ini. Jangan sampai ketinggalan, karena spot ini sangat diburu para wisatawan, utamanya mereka yang datang dengan tujuan hunting foto.

5. Hunting Foto di Semua Spot yang Ada

Karena informasi di atas mencakup hampir seluruh spot yang ada di Pantai Nguluran, maka kegiatan terakhir yang tidak bisa dilewatkan adalah hunting foto di semua spot. Dengan adanya wahana-wahana unik tersebut, banyak dari wisatawan menjadikannya sebagai spot foto. Anda bisa menyewa jasa foto yang tersebar luas di area pantai satu ini.

Penginapan Murah di Sekitar Lokasi Pantai

Penginapan di Sekitar Lokasi Pantai
Image Credit: Tribunnews.com

1. Queen of The South Beach Resort

Terletak di kawasan yang cukup strategis, view pantai dari penginapan satu ini dinilai terlihat sangat cantik dan indah. Menyediakan berbagai fasilitas yang lengkap, mulai akses pantai hingga spa, menjadikan penginapan ini begitu diminati. Ada pula fasilitas room service yang tersedia sepanjang hari dan tersedia kapan pun.

2. Inessya Resort

Penginapan selanjutnya yang dapat dijadikan referensi adalah Inessya Resort. Meskipun tidak ada fasilitas AC dalam kamar, Inessya disebut-sebut cocok digunakan sebagai tempat berbulan madu. Menyediakan fasilitas yang cukup lengkap, dengan pemandangan kamar yang langsung mengarah ke pantai, membuat resort satu ini banyak diminati.

3. Penginapan Putra Darma

Fasilitas menarik yang ada di penginapan satu ini ialah diperbolehkannya pengunjung untuk membawa peliharaan mereka. Penginapan di sekitaran area Pantai Nguluran ini menyediakan fasilitas kamar ber-AC. View penginapan pun juga masih sangat tradisional dengan banyaknya furniture yang terbuat dari kayu yang kokoh dan sangat kuat.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Nguluran Gunung Kidul

Fasilitas Pantai Nguluran
Image Credit: Google Maps (Trisno Ary Budi)

Kawasan wisata pantai hits di Jogja, dengan spot-spot yang unik dan menarik, tentu fasilitas yang tersedia pun sudah sangat lengkap dan memadai. Mulai dari lahan parkir yang luas, penginapan yang dekat dengan area pantai, serta spot maupun wahana yang menarik cukup membius minat pengunjung yang datang.

Fasilitas pendukung lainnya, seperti tempat beribadah, toilet umum yang bisa digunakan kapan saja, serta rumah makan yang tersebar luas di area pantai, tentu sudah menjadi fasilitas yang seharusnya ada. Rumah makan sekitaran pun juga menyediakan berbagai macam menu masakan khas Jogja yang lezat dan nikmat.

Itu tadi beberapa informasi singkat mengenai Pantai Nguluran yang bisa Anda jadikan referensi sebelum berlibur ke sana. Meski belum ada kendaraan umum yang mengakses area Nguluran, Anda tetap bisa menyewa kendaraan dari tempat keberangkatan Anda. Harga yang dipatok pun pasti sangat terjangkau, asal Anda berangkat dengan rombongan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending