10 Pantai di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang Wajib Dikunjungi

Pantai Nusa Tenggara Timur

Temukan Beragam Pilihan Tempat Wisata Pantai Populer di Nusa Tenggara Timur. Objek Wisata Bahari Nan Eksotis, Terindah & Terhits yang Wajib Anda Eksplor Saat Liburan.

Kepulauan Indonesia bagian timur kian banyak dikunjungi para pelancong karena pesona alamnya yang tidak mainstream. Sebut saja Nusa Tenggara Timur (NTT) yang merupakan provinsi dengan gugusan pulau yang melimpah. Karena keadaan geografis ini, NTT memiliki deretan wisata bahari canti, pantai dengan pasir berwarna unik, formasi alam yang berbeda, dan keasrian lingkungannya.

Penasaran? Berikut rekomendasi pantai eksotis di Nusa Tenggara Timur yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan liburan yang berkesan.

1. Pantai Tablolong

Pantai Tablolong
Image Credit: Pantainesia.com

Memulai liburan dari sebuah pantai yang sudah tersohor bukanlah langkah yang salah. Hal tersebut terbukti dengan kepopuleran pantai Tablolong yang tidak lain tidak bukan karena pesona alamnya. Lokasi pantai yang berada di kabupaten Kupang Barat ini berjarak cukup dekat dengan pusat kota, yakni sekitar 25 km saja.

Karena akses yang cukup mudah dan lokasi yang cenderung dekat, pantai Tablolong seakan tidak pernah sepi akan wisatawan. Lalu apa yang membuat pantai ini menarik? sudah jelas sekali pesona pantai pasir putih dengan lautan biru yang luas adalah magnet wisatawan. Tapi ada juga pulau Rote di seberang pantai yang kerap dijadikan target fotografi pengunjung.

Lokasi: Tablolong, Kec. Kupang Barat, Kota Kupang.

2. Pantai Pink

Pantai Pink Labuan Bajo
Image Credit: Twitter.com @obbiemalinta

Nama pantai pink sebenarnya sudah banyak sekali ditemukan di daerah Nusa Tenggara. Bahkan di gugusan pulau sekitar Nusa tenggara Barat, Bima, dan Lombok pun terdapat wisata pantai dengan nama serupa. Hal tersebut karena pantai tersebut memiliki kesamaan, yakni penampakan pasir berwarna pink yang sangat ikonik.

Fenomena alam ini tentunya tidak bisa Anda lewatkan begitu saja. Pasalnya pasir merah muda ini tidak bisa ditemukan di daerah lainnya. Untuk bisa menyaksikan secara langsung pesona pantai ini, Anda harus meluncur ke desa Sekaroh kecamatan Jerowaru. Lokasinya cukup tersembunyi, karena itulah keasrian alamnya tidak perlu diragukan lagi.

Lokasi panti Pink yang termasuk dalam kawasan Taman nasional pulau Komodo ini kerap dijadikan spot foto pengunjung. Kesan kontras dari biru lautan, pasir pink, dan juga hijau bukit sekitar menjadi latar belakang bak lukisan. Selain itu, daerah bahari sekitar pulau komodo juga memiliki biota laut alami yang bisa disaksikan dengan snorkeling atau diving.

Lokasi: Labuan Bajo, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat.

3. Pantai Kolbano

Pantai Kolbano
Image Credit: Detik.com

Nama pantai Kolbano dewasa ini semakin naik daun karena foto eksotis yang tersebar di media sosial. Para influencer tersebut menunjukkan pesona hamparan batu kerikil warna warni di pesisir pantai. Batu kerikil tersebut menggantikan peran pasir putih yang umumnya ditemukan di wisata bahari, karena itulah Pantai Kolbano menjadi lokasi dengan kesan unik.

Namun tidak hanya itu saja, begitu menjejakkan kaki di pantai ini Anda akan disuguhkan dengan tampilan pantai surgawi. Air lautnya begitu jernih sehingga menampilkan warna perpaduan biru dan hijau tosca. Ditambah dengan penampakan batu raksasa di dekat pantai, tidak heran jika para wisatawan berdatangan untuk berfoto di lokasi ini.

Lokasi: Kec. Kolbano, Kab. Timor Tengah Selatan.

4. Pantai Liman

Pantai Liman
Image Credit: Instagram.com @danielrobertsianturi

Jika Anda datang ke NTT dan bertandang ke Kupang, maka sempatkan diri untuk menuju desa Uitiuh Tuan. Lokasi tepatnya di kecamatan Semau selatan. Mengapa harus ke daerah tersebut? Ternyata di desa Uitiuh Tuan tersembunyi sebuah pantai yang wajib dikunjungi para traveller. Namanya adalah pantai Liman yang dipenuhi dengan pesona alam asri.

Yang pertama kali tampak pada di pandangan mata adalah hamparan pasir dengan warna kecokelatan. Keunikan pasir pantai ini menjadi salah satu distributor dalam daftar pantai unik NTT. Jangan hanya terbuai dengan pasir coklat yang halus, pastikan Anda menikmati kesegaran laut dengan berenang atau bermain air di sekitar pesisir pantai.

Setelah puas bermain air, Anda juga dapat bersantai menikmati suasana pantai yang adem ayem. Bagi Anda penghobi fotografi, maka sempatkan diri untuk mendaki bukit liman yang ada di dekat pantai. Bukit ini akan menjadi spot sempurna untuk mendapat jepretan tampilan pantai secara menyeluruh, atau untuk mengagumi alam bak lukisan Tuhan.

Lokasi: Uitiuhtuan, Kec. Semau Selatan, Kota Kupang.

5. Pantai Koka

Pantai Koka
Image Credit: Twitter.com  @candranilaf

Pantai Koka atau Koka beach bisa menjadi destinasi wisata selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Biasanya pantai ini menjadi tujuan peristirahatan bagi para wisatawan yang melakukan perjalanan dari Kota Ende ke Maumere. Namun demikian, nama Pantai Koka sendiri sudah tersohor sebagai daerah wisata favorit warga lokal.

Yang menjadi daya tarik utama dari pantai ini sebenarnya hampir sama dengan pantai Liman, yakni hamparan pasir kecokelatan. Tak seperti wisata bahari lain yang diselimuti dengan pasir putih, warna coklat ini justru menjadi magnet wisatawan. Jika diperhatikan, pemandangan sekitar pantai pun semakin lengkap dengan jejeran bukit tinggi yang ditutupi vegetasi hijau.

Kontras warna dari laut, pasir, dan bukit tersebut siap memanjakan pandangan para wisatawan. Selain itu, beristirahat dengan menikmati udara pantai yang masih segar bisa menjadi penghilang penat dan lelah perjalanan. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan di pantai ini. Mulai dari bersantai, berenang, berfoto di karang sekitar pantai, atau beristirahat.

Lokasi: Wolowiro, Kec. Paga, Kab. Sikka.

6. Pantai Lasiana

Pantai Lasiana
Image Credit: Indonesiakaya.com

Kalau berbicara pantai NTT, tentunya Lasiana tidak akan pernah luput dari bahasan. Destinasi wisata yang berada di kecamatan Kelapa Lima, Kupang ini sudah tersohor di mata wisatawan lokal maupun internasional. Yang membuatnya terkenal adalah deretan pohon kelapa yang diibaratkan seperti pantai di Florida.

Berpose di dekat barisan pohon kelapa saat matahari berada di ufuk barat, menjadi ide favorit untuk memenuhi galeri foto. Namun pesona Lasiana tidak hanya itu saja, hamparan pasir putih dan lautan biru juga layak diabadikan. Bahkan jika tertarik untuk diving, Anda bisa melihat secara langsung kapal karam milik Jepang yang tersembunyi di garis pantai Lasiana.

Lokasi: Lasiana, Kec. Kelapa Lima, Kota Kupang.

7. Pantai Mali

Pantai Mali
Image Credit: Facebook.com @charles koroh

Jika hamparan pasir putih sudah sangat umum ditemukan di wisata bahari, maka di desa Kabola kabupaten Alor terdapat pantai yang unik. Hamparan bibir pantai yang begitu luas dan landai bercampur dengan beberapa karang kecil. Saat laut pasang, pohon yang berada di bibir pantai pun ikut terendam air laut. Fenomena inilah yang kerap menjadi sasaran foto.

Karena air lautnya yang sangat jernih dan bersih, pantai Mali juga menjadi destinasi wisata favorit untuk melakukan scuba diving. Anda bisa melihat secara langsung kerajaan laut sekitar pantai tersebut. Karena lokasinya yang cenderung menghadap timur, pantai Mali juga mampu memberikan view matahari terbit elok yang muncul dari ujung horizon.

Lokasi: Kec. Kabola, Kab. Alor.

8. Pantai atau Pulau Meko

Pantai atau Pulau Meko
Image Credit: Instagram.com @fiona.callaghan

Pantai Meko atau pulau Meko, mana yang benar? Bisa dikatakan kedua nama tersebut benar, karena wisata bahari ini merupakan sebuah pulau kecil yang hanya terdiri dari pasir putih. Kumpulan pasir putih yang menjulang tinggi ke atas permukaan air ini menjadi tempat yang sempurna untuk berfoto bak berada di pulau pasir terpencil.

Nama dari destinasi wisata ini semakin naik daun karena menyuguhkan panorama bahari yang begitu elok. Bahkan ketenaran tersebut sudah mencapai telinga wisatawan mancanegara. Begitu indah dipandang mata, pantai atau pulau ini kerap dijadikan spot favorit untuk foto pre-wedding, pencinta sosial media, atau influencer terkenal.

Pantai ini bisa Anda jangkau dari pelabuhan Pelni Larantuka kemudian menyeberang ke Pelabuhan Tobilota. Setelah itu, anda harus meluncur ke desa Meko dimana terdapat banyak sekali warga yang menawarkan perahu untuk menyeberang dan keliling pulau. Di sini, Anda juga dapat melakukan snorkeling atau naik perahu untuk melihat keindahan terumbu karang.

Lokasi: Kec. Witihama, Kab. Flores Timur.

9. Pantai Nihiwatu

Pantai Nihiwatu
Image Credit: Instagram.com @adventureideas

Beranjak ke Sumba Barat, terdapat sebuah pantai yang masuk dalam peringkat 100 pantai tercantik di dunia. Bahkan tidak tanggung tanggung, pantai Nihiwatu menduduki posisi 17 di rangking tersebut. Kemolekan pantai Nihiwatu terpapar dari hamparan luas bibir pantai yang diselimuti dengan pasir putih halus dan bersih.

Sekeliling pantai juga masih ditutupi dengan perbukitan hijau yang melengkapi pemandangan. Ditambah dengan deru ombak yang menggulung, berada di pantai Nihiwatu pasti membuat hati menjadi tenang. Bagi yang hobi surfing, ombak pantai Nihiwatu bisa dijadikan lokasi berlatih. Bagi Anda yang ingin bermain air, pastikan untuk mengutamakan keselamatan.

Lokasi: Hoba Wawi, Kec. Wanokaka, Kab. Sumba Barat.

10. Pantai Wini

Pantai Wini
Image Credit: Facebook.com @ahlyfa ramu

Destinasi liburan bahari yang satu ini memadukan wisata budaya dan alam yang tidak bisa dianggap remeh. Hal tersebut karena pantai ini diselimuti dengan pesisir yang membentang luas, air laut tenang, dan deretan pegunungan di sekitar pantai. Berfoto, berenang, dan menelusuri pantai menjadi beberapa kegiatan wajib para pengunjung.

Namun yang tidak kalah menarik adalah menyaksikan kapal yang berlalu lalang di lepas laut pantai Wini. Hal tersebut terjadi karena lokasi pantai Wini berada di perbatasan Indonesia. Tepatnya berbatasan dengan distrik Oekusi, yang masuk dalam negara Timor Leste. Dengan potensi wisata yang sangat tinggi, jangan kaget jika pamong pantai ini akan melejit di kemudian hari.

Lokasi: Jl. Wini, Humusu C, Kec. Insana Utara, Kab. Timor Tengah Utara.

Objek wisata pantai di Nusa Tenggara Timur dibekali dengan pesona yang tidak kalah dari daerah lainnya. Bahkan beberapa lokasi tersebut sudah dikenal dan mendominasi lokasi pariwisata lokal. Tidak hanya itu saja, keberagaman pesona yang tersedia pada setiap pantainya juga pasti akan membuat liburan Anda lebih berkesan. Karena itu, pastikan untuk mampir ke pantai di NTT.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending