Pantai Pacar Tulungagung – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Pacar Tulungagung - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Pacar salah satu wisata pantai unik di Tulungagung yang menarik dieksplor. Pantai berpasir yang memiliki air terjun mini dengan pemandangan sekitar nan indah dan masih asri.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Desa Pucanglaban, Kec. Pucanglaban, Kab. Tulungagung, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Pantai Pacar adalah destinasi wisata bahari dengan pemandangan cantik yang berada di salah satu daerah di Jawa Timur, Tulungagung. Lokasinya berada di dekat dua pantai cantik lainnya yaitu Pantai Molang dan Pantai Lumbung. Panorama yang disuguhkan begitu unik dan berbeda dengan pantai-pantai lainnya.

Masih belum banyak wisatawan yang mengunjungi pantai satu ini sehingga suasana yang disuguhkan begitu tenang dan sepi. Sangat cocok untuk menjadi destinasi wisata para wisatawan yang sedang membutuhkan ketenangan. Letaknya masih sulit dijangkau, akan tetapi panorama indah pantainya tak akan menyurutkan keinginan para wisatawan yang berencana berkunjung kesana.

Pantai yang tersembunyi ini masih sangat alami, sehingga nuansanya benar-benar bersih dan membuat para wisatawan betah berlama-lama. Karena letaknya yang tersembunyi, Pantai Pacar kerap dianggap sebagai pantai pribadi atau private beach. Lokasinya yang masih sepi sangat cocok untuk dijadikan tempat hunting foto dengan background yang begitu menawan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Pacar

Daya Tarik Pantai Pacar
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Kabupaten Tulungagung cukup populer di telinga para wisatawan karena mempunyai berbagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Pantai Pacar merupakan salah satu pantai yang bisa dijadikan pilihan untuk menjadi destinasi wisata saat berkunjung ke Tulungagung. Pantai tersebut mempunyai daya tarik tersendiri yang membuat para wisatawan tertarik untuk mengunjunginya.

1. Asal Usul Nama yang Unik

Nama ‘Pacar’ yang disematkan di pantai satu ini memang terdengar cukup unik. Namun, meskipun namanya ‘Pacar’ bukan berarti pantai tersebut khusus ditujukan untuk orang pacaran. Konon katanya, kawasan pantai ini dulunya merupakan sebuah hutan dengan banyak tumbuhan serta pepohonan yang penuh di sekitarnya.

Yang membuat unik adalah tumbuhan yang memenuhi sekitar kawasan pantai yaitu tumbuhan pacar. Akan tetapi suatu hari terjadi penebangan hutan yang membuat tumbuhan serta pepohonan tersebut hilang tak tersisa, Sehingga untuk mengenang hutan yang dipenuhi oleh tumbuhan pacar dan pepohonan tersebut, pantai ini diberi nama dengan sebutan ‘Pacar’.

2. Terdapat Air Terjun di Dekat Pantai

Daya tarik Pantai Pacar salah satunya adalah karena adanya air terjun di dekat pantai. Air terjun tersebut mengalir dari bebatuan yang ada di bukit dan aliran airnya langsung menuju ke lautan lepas. Tinggi air terjun tersebut sekitar 3 meter serta airnya sangat bersih dan jernih. Saat musim hujan airnya menjadi semakin deras.

3. Termasuk Pantai Tersembunyi

Para wisatawan belum banyak yang mengetahui keberadaan pantai ini. Jalan untuk menuju kesana sangat rumit sehingga mobil sedan tidak dapat digunakan untuk menuju ke pantai tersebut. Jalanannya pun belum mulus sehingga disarankan untuk datang kesana saat musim kemarau saja. Saat musim hujan jalanan begitu licin disertai banyak kerikil yang berbahaya.

4. Pasir Pantainya Beda

Pasir pantai disana berwarna putih dengan hiasan bongkahan bebatuan karang dari ukuran kecil hingga besar. Sesekali ombak menyapu pasir pantai dan dipecah oleh bongkahan bebatuan karang tersebut. Pemandangan yang tercipta saat bebatuan karang memcah ombak begitu menakjubkan.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Wisata Pantai Pacar

Alamat Pantai Pacar
Image Credit: Instagram.com @loveisthesaddestthing

Wisata pantai ini terletak di area perkebunan dimana lokasinya tersembunyi dan harus melalui jalanan yang belum mulus. Jalanan yang berkelok serta menanjak tajam mengharuskan Anda membawa kendaraan pribadi dengan kondisi yang benar-benar aman baik kondisi mesin, rem, dan lain sebagainya. Meskipun begitu, sepanjang perjalanan terdapat pepohonan sejuk di kanan kirinya.

Lokasi pantai berada di daerah Pucang Laban. Untuk menuju ke lokasi, Anda bisa melalui dua rute yaitu dari Blitar maupun dari Tulungangung. Kedua rute tersebut dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi dengan kondisi mesin, rem, dan lainnya aman dan tidak membahayakan karena jalanan menuju ke pantai masih belum bagus.

Jika berangkat dari Blitar, rute yang bisa Anda tempuh yaitu melalui Kademangan. Dari arah Kademangan, Anda bisa mengikuti jalan raya yang arahnya menuju ke pantai Tambakrejo hingga sampai di perempatan Suruhwadang. Kemudian, dari perempatan tersebut Anda bisa belok ke arah kanan melewati desa Kebonsari, Maron, dan Panggungduwet.

Dari Panggungduwet, ketika bertemu pertigaan beloklah ke kanan sampai ke pertigaan Pasar Puser. Kemudian dari pertigaan Pasar Puser ambil jalan ke arah kiri kemudian ikutilah jalan yang menuju ke arah desa Pucanglaban. Setelah sampai di desa Pucanglaban lurus saja sampai bertemu dengan tambak udang. Lokasi Pantai Pacar berada di dekat tambak udang.

Jika berangkat dari Tulungagung, rute yang bisa Anda tempuh yaitu melalui Ngunut. Ketika sudah berada di pertigaan pasar Ngunut, Anda bisa belok ke arah kanan sampai di pertigaan pasar Panjerejo. Kemudian dari pertigaan Panjerejo ambillah jalan ke arah kiri. Setelah itu jika bertemu pertigaan besar beloklah ke kiri sampai di Desa Pucanglaban dan tambak udang.

Harga Tiket Masuk Pantai Pacar Tulungagung

Harga Tiket Pantai Pacar Tulungagung
Image Credit: Instagram.com @galih_prihan

Pantai tersembunyi yang masih perawan ini dibuka untuk umum selama 24 jam dan tidak dipungut biaya masuk sama sekali. Anda hanya cukup membayar Rp 5.000 saja untuk biaya parkir kendaraan. Namun, meskipun tidak ada biaya masuk, para wisatawan harus selalu menjaga kebersihan pantai tersebut supaya keindahan alamnya tetap terjaga dengan baik.

Ketika berkunjung kesana, tidak disarankan untuk menggunakan kendaraan mobil sedan. Para wisatawan disarankan untuk mengunjungi pantai tersebut saat musim kemarau. Ketika musim hujan kondisi jalan menuju ke pantai sangat licin, ditambah pula dengan adanya batu-batu kerikil yang dapat membuat kendaraan tergelincir.

Jika Anda ingin camping di area pantai, pihak pengelola sudah menyediakan penyewaan tenda dan matras. Anda bisa menyewa tenda besar berkapasitas maksimal 6 orang dengan harga sewanya Rp 35.000. Ada juga tenda dengan kapasitas maksimal 4 orang dengan harga sewanya Rp 25.000. Kemudian untuk harga sewa matras adalah Rp 5.000.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Pacar

Aktivitas di Pantai Pacar
Image Credit: Instagram.com @henifitriasari

1. Memancing di Pantai

Banyak pengunjung yang datang ke pantai ini untuk memancing. Kebanyakan yang datang memancing adalah penduduk sekitar. Namun karena tidak disediakan penyewaan alat pancing, Anda harus membawa alat pancing sendiri ketika kesana. Kegiatan menarik tersebut biasanya dilakukan dari atas bukit.

2. Berfoto dengan Latar Belakang Pantai dan Air Terjun

Daya tarik utama Pantai Pacar adalah pantai dengan air terjunnya yang menawan. Latar belakang foto berupa pasir pantai yang putih bersih dengan air terjun yang mengalir indah serta birunya air laut dan gelombang ombak yang menggulung menjadi perpaduan yang pas untuk dijadikan latar belakang foto.

3. Camping di Kawasan Pantai

Kawasan pantai ini dapat digunakan untuk camping. Biasanya para wisatawan yang datang berkunjung untuk camping disana memanfaatkan tanah lapang yang berada di bagian atas air terjun. Pihak pengelola tempat wisata tersebut sudah menyediakan penyewaan tenda dan matras sehingga Anda tidak perlu khawatir jika ingin camping di kawasan pantai ini.

4. Menyantap Ikan Bakar di Tepi Pantai

Kegiatan menyenangkan satu ini bisa dilakukan sambil menggelar tikar di tepi pantai. Para wisatawan biasanya membawa ikan tangkapan hasil memancingnya untuk dibakar dan kemudian disantap bersama teman-teman maupun keluarga sambil menanti senja. Tentunya Anda harus membawa sendiri semua peralatan untuk membakar ikan tersebut.

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Pantai Pacar

Penginapan Pantai Pacar
Image Credit: Agoda.com

1. Riverside Homestay

Penginapan ini berada di kawasan perumahan Riverside II. Jarak lokasi penginapan tersebut yaitu 30 km saja dengan Kota Kediri. Harga sewa kamar per malamnya mulai dari Rp 300.000. Fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap seperti akses wifi gratis, area lounge, kamar mandi, televisi flat, hingga dapur bersama. Biasanya yang menginap disana adalah keluarga besar.

2. Alba Suites Homestay

Homestay dengan harga sewa kamar mulai dari Rp 80.000 ini terletak di pusat Kota Tulungagung. Homestay satu ini merupakan tempat menginap yang recommended karena tempatnya bersih, bagus, dan nyaman. Fasilitasnya pun lengkap dan juga memadai. Pelayanannya juga sangat ramah.

3. Hotel Palapa

Bagi Anda yang membawa budget minim, Anda bisa menginap di hotel yang menawarkan harga sewa per kamar terjangkau. Hotel ini menawarkan harga sewa kamar per malam mulai dari Rp 150.000 dengan fasilitas yang lumayan lengkap. Fasilitas tersebut antara lain binatu, layanan kamar, area parkir, serta wifi gratis.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Pacar Tulungagung

Fasilitas Pantai Pacar Tulungagung
Image Credit: Instagram.com @anak_kecil05

Meskipun tergolong pantai sepi dan tersembunyi, fasilitas yang tersedia di pantai ini cukup lengkap. Fasilitas yang tersedia antara lain penyewaan tenda dan matras untuk camping, tempat parkir, kamar mandi, toilet, mushola, dan warung makan. Jika ingin memancing, Anda bisa membawa peralatan pancing sendiri dari rumah karena pihak pengelola belum menyediakannya.

Pantai Pacar cocok untuk dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai usia. Namun, ketika akan berkunjung kesana, lebih baik mempertimbangkan kendaraan apa yang akan dibawa karena jalan yang dilalui belum bagus dan memadai. Lebih baik menghindari kendaraan mobil sedan supaya perjalanan Anda dan keluarga maupun teman-teman aman sampai tujuan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending