Pantai Pailus Jepara, Pantai Cantik untuk Menikmati Sunset

Pantai Pailus Jepara, Pantai Cantik untuk Menikmati Sunset
Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Karanggondang, Kec. Mlonggo, Kab. Jepara, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Pantai Pailus yang berlokasi di Kabupaten Jepara provinsi Jawa Tengah ini masih belum memiliki banyak pengunjung karena masih belum terekspos luas. Tentu hal ini wajar mengingat pantai ini baru diresmikan oleh pemerintah setempat menjadi objek wisata alam sekitar tahun 2020. Pantai yang tergolong baru namun pemandangan yang ditawarkan sudah cukup untuk memanjakan mata para pengunjungnya.

Ombak di Pantai Pailus tergolong kecil, sehingga membuat anak-anak dapat menikmati bermain air sepuasnya. Pantai yang terbentuk di sebuah selat ini menjadikannya lebih aman untuk kamu yang suka bermain air namun tidak bisa berenang.

Tidak hanya ombaknya yang kecil. Tetapi rimbunnya pohon waru yang bisa ditemukan sepanjang bibir pantai membuat pengunjungnya dapat berteduh dari panasnya matahari sambil menikmati hamparan pantai yang diselimuti pasir putih. Wisata pantai ini tergolong bersih, jadi untuk para pengunjung yang datang diharapkan tetap menjaga kebersihan. Agar keindahan pantai ini tetap terjaga dan dapat dinikmati semua orang.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Pailus

Daya Tarik Pantai Pailus
Image Credit: Google Maps (Dani Dj)

Sebuah pantai pasti memiliki daya tariknya sendiri dalam memikat pengunjung. Berikut mari kita bahas beberapa hal yang menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai Pailus di Kabupaten Jepara ini.

1. Ombak yang Relatif Kecil

Ombak di pantai terkesan kecil dan sangat cocok untuk anak-anak atau untuk orang dewasa yang ingin bermain air namun tidak bisa berenang. Pantai ini aman karena letaknya yang terbentuk dari selat sehingga ombak yang ada di pantai ini tergolong kecil.

Oleh sebab itu, para pengunjung yang memiliki anak kecil tidak perlu takut karena anak mereka bisa bermain air dengan sepuasnya. Tapi harus tetap dalam pengawasan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Dan untuk pengunjung yang tidak bisa berenang, bisa menyewa ban yang ada di pesisir pantai untuk dijadikan pelampung ketika berenang.

2. Pesisir Pantai

Pohon waru yang tumbuh sepanjang bibir pantai membuat para pengunjungnya bisa berteduh sambil menikmati angin laut yang segar. Ditambah pasir putih yang membentang sejauh mata memandang membuat indahnya Pantai Pailus lebih terlihat. Untuk kamu yang ingin melepaskan penat dari hirup pikuknya dunia perkotaan cobalah mengunjungi pantai yang satu ini.

Lokasinya yang jauh dari kota ditambah suasana sepi di pantai ini membuat para pengunjungnya merasa seperti pantai pribadi. Memang ada saat dimana pantai mulai terasa lumayan ramai. Namun, karena ukurannya yang cukup panjang membuat kita tidak terlalu terganggu dengan kehadiran pengunjung lainnya.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Pailus
Image Credit: Google Maps (Aaron Lisandrio)

3. Sunset

Tidak lengkap rasanya jika tidak menikmati sunset atau matahari terbenam jika sudah berada di Pantai Pailus. Dari pantai ini kamu bisa menikmati saat matahari terbenam dan langit berubah menjadi warna kuning kemerahan. Ditambah kamu juga bisa melihat pemandangan PLTU yang berada di sekitaran pantai.

4. Tangkapan Nelayan

Tidak hanya keindahan alam saja yang menjadikan wisata pantai begitu berkesan. Namun, hasil tangkapan nelayan setempat juga membuat nilai tambah ketika mengunjungi tempat yang satu ini.

Para pengunjungnya bisa membeli kemudian memilih ikan segar yang bisa langsung dibakar dan dimakan di pantai. Ketika pulangpun kita bisa membeli dan membawa pulang ikan-ikan segar hasil tangkapan nelayan setempat.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Pailus

Alamat Pantai Pailus
Image Credit: Google Maps (Tony A. M.)

Pantai ini berlokasi di Kabupaten Jepara. Lebih tepatnya di Desa Karanggondang Kecamatan Mlonggo. Yang berjarak sekitar 12 Kilo Meter dari Kota Jepara dengan perjalanan sekitar 25 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Rute atau jalur yang bisa ditempuh dari pusat Kota Jepara menuju lampu merah pertigaan Mlonggo, kemudian ambil jalur ke arah pantai blebak. Namun jangan sampai ke pantai blebak, karena Pantai Pailus berada tidak jauh dari gapura pantai blebak.

Untuk jalannya sendiri sudah beraspal jadi tidak perlu khawatir tentang kondisi jalan yang kurang bagus. Tetapi harus perlu sedikit hati-hati karena lebar jalan menuju pantai cukup kecil. Dimana hanya bisa dilewati satu mobil saja.

Untuk harga tiket dan beberapa fasilitas yang dapat digunakan di pantai ada beragam jenis. Namun, tetap tergolong murah. Berikut harga tiket dan fasilitas tambahan di dalam pantai. Hari biasa (Senin sampai Sabtu) adalah gratis untuk tiket masuk. Hari Minggu dan hari libur menggunakan motor Rp 3.000. Hari Minggu dan hari libur menggunakan mobil Rp 5.000.

Hari libur lebaran Rp 10.000 perkendaraan. Untuk toilet Rp 2.000, penyewaan ban kecil Rp 5.000 dan penyewaan ban besar Rp 10.000.Perlu diketahui dimana biaya masuk sudah termasuk tiket dan uang parkir. Jadi hitungannya perkendaraan tidak perorang.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Pailus

Aktivitas Seru di Pantai Pailus
Image Credit: Instagram.com @sholihul_khadhafi

Tidak hanya indah untuk dipandang. Namun, para pengunjung juga dapat melakukan beberapa kegiatan ketika sudah sampai di pantai ini.

1. Berenang

Jelas ketika sampai di suatu pantai, akan kurang rasanya jika tidak membasahkan diri dengan air laut. Kegiatan yang pertama yang bisa dilakukan di pantai ini adalah berenang.

Tidak hanya untuk orang dewasa, namun anak-anak pun bisa menikmati bermain air tanpa takut dengan ombak yang besar. Untuk mereka yang ingin merasakan berjemur di atas permukaan air laut bisa menggunakan ban atau pelampung yang bisa di sewa di sekitaran pantai. Ada yang berukuran besar dan kecil, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan.

2. Bermain Bersama Keluarga

Pantai ini adalah pantai yang sangat cocok untuk acara rekreasi bersama keluarga. Oleh sebab itu, kamu yang memiliki anak kecil bisa secara puas bermain disini. Mulai dari bermain air bersama, bermain kejar-kejaran sepanjang bibir pantai, atau bahkan bermain ayunan bersama anak atau saudara.

Tidak hanya untuk yang sudah berkeluarga, bagi para pasangan muda-mudi juga bisa bermain ayunan sambil tertawa bersama.

Aktivitas di Pantai Pailus
Image Credit: Instagram.com @kedai_mbah_painah

3. Camping

Menjauh dari keramaian kota dan menikmati indahnya alam terbuka nan alami adalah cara menghilangkan stress yang paling ampuh. Untuk pencinta alam bebas, kamu bisa mencoba untuk melakukan camping di sekitaran pantai.

Pohon waru yang tumbuh sepanjang bibir pantai bisa kamu jadikan tempat untuk mengikat tendamu dan bermalam disini. Jangan lupa meminta izin ke warga setempat untuk mendapatkan keamanan lebih.

4. Berofoto

Mengabadikan beberapa momen adalah hal wajib yang perlu dilakukan ketika berlibur. Selain untuk mendapatkan kenangan yang indah dalam bermain air. Kamu juga bisa berfoto di ayunan kayu yang ada di sekitaran pantai. Jangan lupa menambahkan senyuman agar terlihat lebih menawan.

Penginapan Murah di Sekitar Lokasi Pantai

Penginapan Sekitar Pantai
Image Credit: 1001malam.com

Ada beberapa penginapan yang bisa digunakan untuk bermalam bagi kamu yang ingin ke Pantai Pailus. berikut beberapa penginapan tersebut.

1. Sekuro Village Beach Resort

Yang pertama ada Sekuro Vilage Beach Resort yang berjarak kurang lebih 3 kilo meter yang dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor selama 9 menit. Resort ini kamu bisa menikmati indahnya sunset di pinggir pantai. Untuk fasilitas tambahan ada wifi dan tv yang bisa digunakan.

2. Mlonggo Asri

Berikurnya ada penginapan yang berjarak 2.5 kilo meter. Dengan perkiraan perjalanan mencapai 7 menit. Penginapan ini dekat dengan Masjid jadi buat kamu yang ingin beribadah berjamaah bisa langsung kesana.

3. Santo Mencuk Hotel

Berjarak sekitar 4.5 Kilo meter dari pantai. Dan bisa ditempuh selama 10 menit menggunakan kendaraan bermotor. Hotel ini juga bisa digunakan sebagai pilihan jika kamu membutuhkan tempat penginapan yang tidak jauh dari pantai.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Pailus Jepara

Fasilitas di Pantai Pailus
Image Credit: Google Maps (Finelia Fifin)

Ada beberapa fasilitas yang bisa digunakan oleh para pengunjung ketika berlibur ke pantai ini. Berikut beberapa fasilitas tersebut.

1. Warung Makan

Ketika berlibur para pengunjung bisa membeli makan di beberapa warung yang terdapat tidak jauh dari bibir pantai. Disini tidak hanya makanan namun ada snack dan kopi untuk para pencinta kopi. Selalu perhatikan kebersihan ketika selesai makan. Agar pantai tetap terlihat bersih dan dapat dinikmati bersama.

2. Kamar Mandi atau Toilet

Ketika sudah puas bermain air laut. Para pengunjung bisa membersihkan diri menggunakan air bersih yang ada di kamar mandi. Buat yang ingin membuang air besar juga terdapat toilet yang bisa digunakan dengan harga Rp 2.000 saja.

3. Penyewaan Ban

Untuk kamu yang tidak bisa berenang namun ingin menikmati bermain air laut jangan takut. Karena ada tempat penyewaan ban yang berukuran besar atau kecil. Sehingga kamu bisa dengan puas bermain air tanpa takut tidak bisa berenang.

4. Lahan Parkir

Jelas hal yang paling utama ketika mendatangi tempat wisata adalah lahan parkir. Agar ketika para pengunjung menikmati liburan, mereka tidak perlu takut dengan keadaan kendaraan mereka. Disini juga ada lahan parkir yang bisa digunakan untuk memarkirkan kendaraan bermotor dan akan dijaga dengan aman sampai pengunjungnya pulang.

Demikian beberapa pembahasan mengenai Pantai Pailus yang berlokasi di kabupaten Jepara. Jika kamu ingin berlibur bersama keluarga atau pasangan dengan suasana pantai pribadi maka kamu harus mencoba ke pantai berpasir putih yang satu ini. semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending