Pantai Pandawa Bali – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Pandawa Bali

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket Pantai Pandawa Bali bisa menjadi tujuan wisata Anda selanjutnya di Pulau Dewata. Pantai pasir putih yang menawarkan keunikan dan keindahan yang sayang untuk dilewatkan.

Lokasi: Kutuh, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.
Map: Cek Lokasi

Pulau Bali hingga kini masih menjadi jujugan untuk habiskan liburan. Deretan pantainya yang menawan membuat banyak wisatawan berdatangan, baik dari luar negeri atau dalam negeri. Salah satu destinasi yang menjadi incaran adalah Pantai Pandawa Bali, yang juga bisa Anda jadikan destinasi liburan lanjutnya. Untuk mengintip pesonanya, yuk simak ulasan berikut.

Pantai Pandawa yang Begitu Terkenal

Pantai Pandawa yang Terkenal
Image Credit: Twitter.com @donatkotak

Jika membicarakan Bali, rasanya memang tidak lengkap jika tidak mencantumkan pantai Pandawa ini. Anda mungkin sudah cukup familiar dengan pantai Tanah Lot atau Pantai Kuta. Karena keduanya merupakan ikon wisata pantai di Pulau Dewata ini. Belakangan justru banyak muncul objek wisata baru yang tak kalah menawan untuk dikunjungi.

Pantai ini sendiri semenjak kemunculannya langsung menyita banyak perhatian. Berada di Bali Selatan, pantai ini juga mendapatkan julukan sebagai the secret beach atau pantai Rahasia. Berbeda dari Pantai Kuta yang banyak dikunjungi oleh wisatawan asing, pantai satu ini justru lebih banyak dikunjungi oleh traveller dalam negeri.

Pantai satu ini sangat cocok untuk Anda yang sedikit risih dengan Bule yang kerap berpakaian terbuka di Kuta. Tak hanya itu, Pandawa juga menjadi pantai yang cocok untuk berburu ketenangan. Karena suasananya yang lebih tenang, tetapi soal keindahannya Anda tak perlu khawatir. Pantai satu ini akan memberikan banyak pengalaman wisata bahari yang tak terlupakan.

Sebelum bahasan ini semakin jauh, Anda perlu tahu pantai Pandawa sebelumnya memiliki nama Pantai Melasti. Dibuka mulai tahun 2010, pantai ini ditemukan di antara tebing kapur yang kemudian dibuka dahulu sebagai akses jalan. Untuk nama Melasti sendiri di ambil dari cerira Epos Maha Barata.

Pandawa yang memiliki anggota Yudhistira, Arjuna, Bima dan Nakula serta Sadewa ini diceritakan terkurung dalam Goa Gala Gala. Dan Pandawa membebaskan diri dengan membuat terowongan. Dalam cerita tersebut dikatakan jika setelah membebaskan diri mereka mengubah hutan belantara menjadi kerajaan Amertha.

Terlepas dari cerita tersebut, Pantai Pandawa yang sebelumnya bernama Melasti resmi berubah nama di 27 Desember 2012. Dengan hadirnya nama baru ini, tentunya menjadikan destinasi wisata pantai di Bali makin melimpah. Tak hanya memiliki nama dan sejarah yang unik, pantai satu ini juga memiliki daya tarik yang akan membuat Anda makin terpikat.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Pandawa

Daya Tarik Pantai Pandawa
Image Credit: Instagram.com @andersoncarlolucenacosta

Sebenarnya, pantai satu ini memang sudah kondang dari tahun 2011 sebelum namanya berganti. Lantaran hal tersebut membuat Desa Kutuh berhasil memenangkan Lomba Desa Nasional sebagai juara yang kedua. Dalam setiap hari, pengunjung dari pantai ini bisa mencapai 500 sampai 600 orang wisatawan mancanegara. Sementara turis lokal hingga 5 ribuan.

Dengan jumlah pengunjung yang sebanyak itu, tentunya daya tarik dari pantai Pandawa begitu kuat. Begitu Anda menginjakkan kaki di pantai ini, Anda akan disambut dengan tebing karst yang begitu megah. Akses jalannya memang harus melewati bukit kapur, dimana ketika Anda menatap jauh sudah bisa melihat pantainya yang menanti.

Tebing kapur ini mengapit di sisi kanan dan juga kiri dengan jalanan beraspal yang mulus. Beberapa tebing juga ditumbuhi dengan semak belukar. Barulah setelah Anda melewati area tebing bisa melihat hamparan lautan luas yang begitu mempesona. Pasir putihnya nampak berkilauan ketika tertimpa cahaya matahari.

Daya Tarik Dari Pantai Pandawa
Image Credit: Facebook.com @parekrafri

Sebelum benar benar menginjakkan kaki di pantainya, di tebing tebing karst Anda akan menemukan patung Pandawa. Tebing ini memang sengaja dibuat membentuk gua untuk meletakkan satu per satu patung dari Pandawa. Patung patung inilah yang sebenarnya akan menyambut Anda pertama kali, jika sudah melewati dua tebing menjulangnya.

Tidak hanya deretan patung dengan jarak 5 meter saja, suara deburan ombaknya juga turut memberikan sambutan. Pantai dengan laut jernih dan pasir putih memang menjadi perpaduan yang akan membuat siapapun jatuh cinta. Saking jernihnya, dari kejauhan warna airnya tampak kehijauan. Wajar jika pantai cantik ini mendapatkan sematan nama berupa pantai tersembunyi.

Keindahan yang dimilikinya berhasil menyeret siapapun untuk mencicipi pesonanya. Pantai dengan lingkungan terawat ini juga memiliki daya tarik tersendiri. Terutama bagi Anda yang menggemari pemandangan matahari terbenam atau terbit. Semburat orange di langit jika dipadukan dengan pantai indah memang tidak ada duanya.

Lokasinya yang strategis inilah yang menjadikan Anda bisa memandang bentangan langit dengan warna khasnya. Bahkan bisa dikatakan jika Pantai Pandawa merupakan spot terbaik untuk menikmati matahari terbit. Kesejukkan udaranya dan panorama megahnya akan membuat Anda betah berlama lama di pantai kebanggaan warga Bali ini.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Pandawa

Alamat Pantai Pandawa
Image Credit: Tribunnews.com

Pantai Pandawa berada di wilayah Desa Kutuh, tepatnya di Bali Selatan. Karena berada di desa ini, banyak juga yang menyebut pantai ini sebagai Pantai Kutuh. Pantai satu ini memiliki jarak sekitar 27km jika dari pusat kota Denpasar. Sementara jika dari Bandara Ngurah Rai hanya berjarak sekitar 18 km saja atau sekitar satu jam perjalanan.

Dengan berbagai pilihan rute tersebut Anda bisa memilih yang paling dekat dari Anda. Untuk rute yang pertama, Anda bisa memilih jalur yang melalui By Pass Ngurah Rai. Rute ini akan menuju ke arah Kampus Udayana dan nantinya akan melewati Jl. Darmawangsa. Barulah nantinya Anda akan menemukan Jalan Pantai Pandawa.

Perlu Anda tahu jika melalui rute ini, maka Anda harus menaklukkan rute yang menantang. Jalanan ini harus melewati tanjakan curam dan juga tikungan yang tajam. Selain menggunakan rute ini, Anda juga bisa melalui jalan yang ke arah Garuda Wisnu Utama. Jalan ini akan melewati Jl. Uluwatu, Jl. Pura Batu Pageh dan tibalah di Jl. Pantai Pandawa.

Harga Tiket Masuk Pantai Pandawa Bali

Harga Tiket Pantai Pandawa
Image Credit: Twitter.com @iswatun82424251

Tidak afdol rasanya jika Anda tidak mengetahui harga tiket masuknya setelah Anda tahu rutenya. Pantai dengan keindahan dan keunikan ini tidak membutuhkan harga yang mahal. Anda hanya perlu untuk mengeluarkan budget mulai Rp. 8 ribu saja. Harga tiket tersebut tentunya belum termasuk biaya parkir kendaraan dan bisa berubah sewaktu waktu.

Selain itu, harga tiket masuk yang Anda bayarkan juga belum termasuk dengan wahana berbayar yang diinginkan. Tetapi untuk pantai seindah ini, harga tersebut tentunya sangat terjangkau. Untuk jam operasionalnya, Anda bisa datang kapan saja alias buka 24 jam. Sehingga tidak masalah ingin mengunjungi pagi atau sore atau bahkan malam.

Aktivitas Menarik Dilakukan di Pantai Pandawa Bali

Aktivitas di Pantai Pandawa Bali
Image Credit: Instagram.com @di.pho

Mengunjungi pantai Pandawa tidak hanya soal menikmati pemandangan saja. Anda bisa melakukan banyak hal menarik jika singgah di pantai ini. Bahkan akan membuat liburan Anda semakin berkesan dan menyenangkan. Berbagai aktivitas menarik tersebut antara lain adalah sebagai berikut

1. Berenang

Rasanya memang sangat sayang jika mengunjungi pantai tetapi tidak berenang. Aktivitas ini bahkan menjadi aktivitas pertama yang tidak ingin di lewatkan. Anda memang bisa melakukan aktivitas berenang di pantai satu ini. Hal ini dikarenakan airnya yang jernih dan juga memiliki ombak yang tidak besar dan tenang.

Sembari berenang atau bermain air, Anda juga tidak bisa melewatkan untuk bermain di atas pasir putihnya. Kerang kerang kecil yang tertimbun di antara pasir lembut ini juga bisa Anda temukan. Apalagi jika Anda datang ke pantai ini bersama keluarga, tentunya akan menjadi aktivitas yang begitu digemari. Walau tak sedikit orang dewasa yang juga melakukannya.

Bahkan Anda bisa sekalian mengambil beberapa potret ketika melakukan kegiatan ini. Terutama jika datang dengan rombongan, tentunya akan banyak momen yang sayang untuk Anda lewatkan. Tapi Anda perlu tahu, sekalipun ombaknya tidak besar Anda yang bersama anak kecil harus tetap ketatkan pengawasan. Tentu saja agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

2. Snorkeling

Selain memiliki air yang jernih, Pantai Pandawa juga memiliki pesona bawah laut yang sayang untuk dilewatkan. Anda akan disuguhkan terumbu karang lengkap dengan biota lautnya yang beragam. Tidak perlu khawatir perihal peralatan, karena Anda bisa menyewa peralatan snorkeling di pantai ini. Harga sewanya sekitar Rp. 70 ribu sampai Rp. 125 ribu selama 1 jam.

3. Bermain Kano

Setelah puas melihat bawah lautnya, Anda masih bisa menikmati perairannya dengan cara yang berbeda. Yakni dengan menaiki kano untuk menikmati pemandangan sekitar pantai lebih maksimal. Perahu kecil yang bisa ditumpangi 1 sampai 2 orang ini menjadi aktivitas yang layak Anda coba. Sehingga Anda bisa berpetualang lebih leluasa dan tentunya lebih puas.

Umumnya, bagian bawah dari kano sengaja dibuat transparan. Hal ini akan membuat Anda tetap bisa menikmati bawah laut di balik jernihnya air Pantai Pandawa ini. Kano juga bisa menjadi alternatif untuk Anda yang tidak ingin snorkeling. Untuk melakukan aktivitas ini, Anda harus merogoh kocek mulai Rp. 50 ribu hingga Rp. 70 perjamnya.

4. Paralayang

Apakah Anda penyuka kegiatan yang menantang? Jika iya maka Anda harus mencoba untuk bermain paralayang. Anda bisa melihat pesona pantai ini dari atas ketinggian sekaligus menantang adrenalin. Rute paradigling ini akan dimulai dari Bukit Timbis dan akan terbang ke arah pantai. Untuk menjajalnya Anda siapkan saja dana kisaran Rp. 400 ribu.

5. Selancar

Memang ada banyak sekali aktivitas yang bisa Anda lakukan di pantai ini. Salah satunya adalah berselancar, karena ada masa pantai ini memiliki ombak tinggi. Umumnya di bulan Oktober sampai bulan April. Pada saat inilah Anda bisa menantang ombak di atas papan seluncur. Tapi bagi para pemula ada baiknya datang di bulan Maret sampai September.

6. Berburu Foto

Mengunjungi pantai seindah ini tentunya sayang jika tidak mengabadikan dengan lensa Anda. Ada banyak spot menawan yang bisa Anda jadikan tempat untuk mengambil potret. Tak hanya di area pantai, Anda juga bisa menjadikan area patung ksatria Pandawa sebagai spot foto keren. Jangan ragu untuk berpose untuk kemudian diunggah di media sosial.

7. Melihat Budidaya Rumput Laut

Di pantai Pandawa Anda juga bisa melakukan kegiatan menarik lainnya yaitu menyaksikan budidaya rumput laut dari dekat. Adanya budidaya rumput laut inilah yang menjadi saksi betapa alaminya perairan pantai ini. Untuk mengunjunginya, Anda bisa melangkahkan kaki Anda ke bagian sebelah barat dari pantainya sendiri.

Para petani yang sedang menanam maupun menjemur rumput laut akan menjadi pemandangan yang bisa Anda dapatkan. Anda bisa sesekali bertanya bagaimana cara membudidayakan rumput laut yang benar. Tenang saja, para petani di sini memang terkenal ramah dan terbiasa dengan para wisatawan yang datang.

8. Berjemur dan Bersantai

Setelah menjelajah setiap sudut dari pantai ini, kini saatnya Anda bersantai sembari berjemur. Pantai yang cantik ini memiliki udara khas pantai tropis yang sayang untuk Anda lewatkan. Tiduran di pinggir pantai, di antara kursi tidur yang berpayung tentunya sayang untuk Anda lewatkan. Bahkan Anda bisa melemaskan otot dan merilekskan tubuh dengan pijat refleksi.

Jasa jasa pijat refleksi memang banyak Anda temui di pantai ini. Tidak mahal, mereka menawarkan jasa tersebut di kisaran harga Rp. 40 ribu sampai Rp. 130 ribuan. Berbagai teknik pijat juga turut ditawarkan sehingga Anda bisa memilih sesuai selera Anda. Menikmati indahnya pantai sembari merilekskan otot tubuh tentu bukan ide buruk.

9. Berburu Oleh-Oleh

Terakhir aktivitas yang tidak boleh Anda lewatkan adalah berburu oleh oleh. Toko yang menjual souvenir atau oleh oleh berjejer rapi bisa Anda jadikan tempat berburu oleh oleh. mulai dari kain, pakaian hingga kerajinan unik. Untuk mendapatkan harga terbaik, pastikan Anda memiliki kemampuan menawar yang baik dan ingat jangan kalap dalam berbelanja.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Pandawa

Penginapan di Sekitar Pantai Pandawa
Image Credit: Booking.com

Dengan keindahan dan pesona yang dimiliki rasanya ingin lebih lama singgah di pantai ini. Hal tersebut tentunya bisa Anda wujudkan dengan menginap di penginapan yang ada. Terutama bagi Anda yang merupakan wisatawan dari luar kota. Ada beberapa pilihan untuk tempat bermalam yang bisa Anda jadikan alternatif.

Deretan hotel yang direkomendasikan antara lain adalah Poppies Bali, Mercure Kuta Hotel, Kuta Paridiso Hotel dan lainnya. Memiliki fasilitas yang lengkap, Anda tak perlu khawatir harganya yang hanya di kisaran Rp. 500 ribu per malam. Selain hotel, Anda juga bisa memilih resort yang tak kalah menarik untuk dijadikan tempat usir lelah.

Anda yang liburan dengan cara backpacker juga bisa menemukan home stay atau penginapan yang jauh lebih murah. Pastikan Anda memesan jauh jauh hari fasilitas ini terutama saat musim liburan. Karena pantai Pandawa termasuk pantai yang ramai maka harus menyiapkan akomodasinya dari jauh. Daripada nanti Anda kesulitan mendapatkan kamar.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Pandawa

Fasilitas di Pantai Pandawa
Image Credit: Twitter.com @travelblog_id

Tingginya pengunjung yang mampir ke destinasi wisata pantai satu ini juga menjadikan pengelola untuk sediakan fasilitas yang nyaman. Di Pantai Pandawa ini Anda bisa menemukan fasilitas umum seperti lahan parkir yang cukup luas. Selain itu lahan parkir ini juga memiliki lokasi yang tidak jauh dari pantainya. Sehingga Anda tak perlu berjalan terlalu jauh dari parkiran.

Anda juga bisa menggunakan fasilitas berupa tempat ibadah, toilet, kamar untuk bilas, tempat makan sampai toko yang menjual souvenir. Semua fasilitas ini dalam kondisi yang layak digunakan dan terbilang memadai. Anda juga bisa menemukan beberapa tempat untuk sewa lokasi peralatan snorkeling atau lainnya. Bahkan Anda bisa menginap di penginapan yang ada.

Pantai Pandawa menawarkan keindahan yang tidak bisa Anda tolak begitu saja. Mengunjungi pantai ini Anda bisa melakukan berbagai kegiatan yang menarik. Memiliki fasilitas yang juga lengkap serta memadai semakin memudahkan Anda ketika liburan nanti. Jadi tertarik untuk menjadikan pantai populer di bali sebagai agenda liburan selanjutnya?

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending