Pantai Pangi Blitar – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Pangi Blitar

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga TiketPantai Pangi di Blitar memiliki keindahan yang masih alami. Laut kebiruan dengan debur ombak dan lembutnya pasir cocok menjadi tempat refreshing yang menyenangkan.

Harga Tiket: Rp 8.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Krajan, Tumpakkepuh, Kec. Bakung, Kab. Blitar, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Pantai Pangi merupakan salah satu potensi alam Blitar yang menawarkan eksotisme bahari menawan. Blitar sendiri memang mempunyai garis pantai cukup panjang, sehingga dapat dijumpai beberapa pantai lain yang masih saling tersambung. Pantai ini sendiri berada di sebuah cekungan kecil yang dikelilingi batu karang kokoh pada sisi kanan dan kirinya.

Sebagaimana karakteristik pantai lain yang berada di wilayah Jawa bagian selatan, ombak di sekitar pantai ini relatif besar. Namun karena terdapat cekungan karang yang mengapitnya, ombak di lokasi wisata masih terbilang aman untuk berenang atau bermain air. Pasirnya yang lembut terbentang sepanjang bibir pantai dapat dipakai beragam aktivitas menyenangkan.

Pantai Pangi masih cukup sepi dari pengunjung, jika dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Blitar. Namun keindahan alamnya tak kalah dari pantai lain. Anda akan terpukau dengan panorama alamnya yang menakjubkan. Pantai ini pun sedang dalam tahap pengembangan sebagai destinasi unggulan, sehingga sebagian ekosistemnya masih natural belum tersentuh tangan manusia.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Pangi

Daya Tarik Pantai Pangi
Image Credit: Twitter.com @kiblitar

1. Panorama Pantai yang Menawan

Tempat ini memiliki panorama yang menakjubkan dengan hamparan laut berwarna zamrud kebiruan berpadu langit cerah. Anda bisa menyaksikan ombak yang saling berkejaran di lautan, kemudian memecah bibir pantai. Tak lupa keindahan batu karang yang berdiri kokoh di sisi pantai semakin memperelok pemandangan.

Jika cuaca sedang cerah, matahari bersinar terik dengan awan tipis yang berarak. Keindahan ini sanggup membuat Anda betah berlama-lama di Pantai Pangi. Belum lagi deretan hutan pinus yang memanjang memberikan nuansa sejuk di kejauhan berkat hamparan hijaunya. Kalau beruntung Anda bisa bertemu beberapa spesies burung laut yang beterbangan.

2. Suasana Tenang Dekat dengan Alam

Pantai ini masih tergolong sepi, sehingga cocok dijadikan spot berlibur bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu di ketenangan. Hanya ada suara ombak dan binatang pantai. Jauh dari bising kendaraan maupun udara penuh polusi. Anda pun bisa merasakan lebih dekat dengan alam sembari menghayati keindahannya.

BACA:  Pantai Peh Pulo Blitar - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

3. Pasir Lembut untuk Bersantai

Pantai Pangi mempunyai pasir berwarna putih yang lembut. Ketika Anda melepas sandal akan terasa geli dengan hamparan pasir yang menyelip di jari-jari kaki. Pasirnya bebas bebatuan karang yang menusuk, sehingga aman sekalipun Anda tidak pakai alas kaki. Namun perlu berhati-hati dengan kerikil atau binatang kecil.

Daya Tarik dari Pantai Pangi
Image Credit: Google Maps (Aris Wibowo)

4. Muara Sungai dan Telaga yang Unik

Keunikan yang hanya bisa dijumpai yakni keberadaan telaga berasal dari muara sungai. Meskipun dekat dengan pantai, air di telaga ini berjenis payau. Di dalamnya sangat bening hingga Anda dapat menyaksikan langsung ikan-ikan yang berenang. Sekeliling telaga terdapat pohon bakau rimbun yang menaungi dari panas matahari.

5. Pemandangan Cekungan dan Karang

Karena sejatinya Pantai Pangi merupakan bagian kawasan di relief cekungan, maka saat dilihat dari kejauhan akan tampak bahwa pantai ini sedikit menjorok. Di sekelilingnya terkepung oleh karang yang tampak hijau karena ditumbuhi pepohonan. Bagian muka pantai ini akan tampak seperti letter U yang unik saat dipandang.

6. Spot Foto Pantai Terbaik

Di kawasan pantai Anda bisa menemukan banyak sekali spot yang dapat dijadikan lokasi berfoto. Mulai dari background pantai berwarna biru dengan lautan dan langit yang berpadu, atau bisa juga mengambil latar karang yang berdiri kokoh. Anda pun dapat berkeliling ke seluruh penjuru pantai jika ingin menemukan spot foto yang antimainstream tetapi instagenic.

Di pintu masuk objek wisata terdapat ikonik bertuliskan ‘PANTAI PANGI; dengan huruf besar-besar. Biasanya pengunjung mengabadikan foto di spot ini karena memiliki pengenal yang menunjukkan lokasi pantai. Dan masih banyak lagi area yang bisa dijadikan spot foto. Jadi jangan lupa siapkan kamera Anda ketika hendak berkunjung ke pantai ini.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Pangi

Alamat Pantai Pangi
Image Credit: Google Maps (Sukron Kasir)

Secara administratif, pantai eksotis ini masuk ke dalam wilayah Desa Tumpak Kepuh, Bakung. Untuk menuju ke lokasi aksesnya dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Pantai Pangi sudah terdeteksi di navigasi google maps sehingga bagi pengunjung dari luar wilayah bisa mengikuti arahan yang tertera.

Jika berangkat dari pusat Kota Blitar, setidaknya membutuhkan waktu kurang lebih 90 menit. Dari kota Anda menuju ke selatan ke arah Kademangan. Setelah dari sini, selanjutnya ikuti petunjuk jalan yang mengarahkan ke Pantai Tambakrejo. Apabila Anda telah sampai di perempatan gawang, selanjutnya ambil rute arah Pantai Tambakrejo karena pantai ini satu jalur.

Selama mengikuti jalan tersebut, Anda akan tiba hingga ke Desa Tumpak Kepuh. Setelah itu lurus ke selatan sampai tiba di parkiran Pantai Pangi. Jalanan menuju ke pantai ini sebenarnya cukup mudah, hanya saja sekitar 2 kilometer selepas desa, jalannya agak susah karena masih berupa cor. Akses ini cukup sulit bagi kendaraan roda 4, sehingga lebih baik mengendarai roda 2 saja.

BACA:  Pantai Coro Tulungagung - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Sepanjang perjalanan dari Desa Tumpak Kepuh hingga ke lokasi pantai, Anda bisa menyaksikan perkebunan milik warga setempat yang didominasi warna hijau menyegarkan mata.

Harga Tiket Masuk Pantai Pangi Blitar

Harga Tiket Pantai Pangi
Image Credit: Google Maps (Haruka Yuki)

Agar bisa bersantai di Pantai Pangi, Anda harus merogoh kocek sebesar Rp8.000 per kepala untuk tarif tiket masuk. Bagi anak-anak terkadang digratiskan, kadang membayar setengah harga. Tarif tersebut berlaku untuk weekdays maupun weekend. Pantai ini dibuka bagi pengunjung mulai dari pukul 05.00 pagi hingga malam (pengecualian untuk acara camping).

Selain tiket masuk, Anda juga harus membayar retribusi parkir. Untuk kendaraan roda 2, Anda harus membayar Rp 2.000 dihitung per kendaraan. Sedangkan bagi kendaraan roda 4, dikenakan tarif parkir sebesar Rp 5.000 per kendaraan. Tidak berlaku tarif per jam, jadi mau selama apapun Anda bermain di pantai, biaya parkirnya tidak akan bertambah.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Pangi

Aktivitas di Pantai Pangi
Image Credit: Facebook.com @ainul.luthfiana

1. Berenang dan Bermain Air

Bagi sebagian orang, rugi rasanya berkunjung ke pantai jika tidak berenang. Di Pantai Pangi Anda bisa berenang sepuasnya karena ombak yang masuk ke cekungan tidak seberapa besar, jadi aman untuk aktivitas air. Namun pengunjung harus berhati-hati agar tidak berenang terlalu jauh, karena di laut lepas ombaknya jauh lebih besar.

Jika tak berani berenang, Anda masih bisa menikmati segarnya ombak dengan bermain air yang menyapu bibir pantai. Berkejaran dengan ombak yang datang ke tepi sangat menyenangkan. Apalagi saat cuaca terik ombaknya yang dingin akan menyegarkan kaki dan badan. Jadi siapkan baju ganti agar Anda bisa bermain-main air sepuasnya di pantai.

2. Bersantai di Pasir Pantai

Tidak ingin berlelah-lelah, Anda dapat bersantai di pasir yang putih dan lembut. Kalau ingin berjemur Anda bisa mempersiapkan peralatan sendiri. Di pasir ini pun anak-anak bisa bermain aneka kegiatan mengasyikkan, misalnya membuat istana pasir, bermain bola, dan lain-lain.

3. Berjalan-jalan di Bibir Pantai

Anda juga bisa berjalan-jalan menyusuri bibir pantai yang bertabur pasir. Anda pun dapat menjelajah area di sekitar pantai yang masih terasa sejuk karena banyak ditumbuhi pepohonan, seperti pinus atau pohon bakau. Jadi meskipun cuaca sedang panas, Anda masih bisa merasakan kesejukan di Pantai Pangi.

4. Berburu Spot Foto

Tidak sedikit pengunjung yang sengaja datang ke pantai ini hanya untuk mengambil jepretan foto terbaik. Pasalnya hampir setiap sudut pantai mempunyai panorama yang cantik, sehingga tepat dijadikan objek bidikan kamera. Yang paling sering dijadikan spot foto yakni background laut serta batu karang.

5. Camping

Pantai Pangi juga dapat dijadikan kawasan camping yang menyenangkan. Datarannya cukup rata tanpa ada batu-batuan besar yang mengganggu. Pasirnya pun cukup empuk untuk dijadikan alas tenda. Oleh karena itu, banyak pengunjung yang bermalam camping di area pantai. Apalagi Anda juga bisa melihat sunrise dan sunset yang menakjubkan dari cakrawala.

BACA:  5 Wisata Bahari di Pulau Buru yang Paling Hits

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Pangi

Penginapan di Pantai Pangi
Image Credit: Agoda.com

Pantai ini berada di daerah pedesaan yang mayoritas penduduknya tidak bekerja di sektor pariwisata. Oleh karena itu, tidak ada penginapan yang letaknya benar-benar di Desa Tumpak Kepuh. Bagi wisatawan dari luar Blitar yang membutuhkan penginapan, bisa menetap sementara di hotel atau homestay yang ada di kota. Berikut beberapa rekomendasinya.

1. Grand Mansion Blitar

Hotel ini berada di pusat kota yang cukup dekat dengan beragam objek wisata, termasuk Pantai Pangi. Dari Grand Mansion menuju ke lokasi pantai setidaknya membutuhkan waktu selama 60 menit jika jalanan padat merayap. Adapun jaraknya sendiri sekitar 23 km dihitung dari lokasi pantai. Fasilitas di hotel ini sudah lengkap dengan layanan 24 jam, wifi, bar mini, dan lain-lain.

2. Panderman Residence

Panderman Residence juga dapat dijadikan penginapan jika ingin berkunjung ke Pantai Pangi. Letaknya masih di kawasan kota, dengan fasilitas lengkap seperti kamar luas, wifi, resepsionis 24 jam, tempat makan, dan sebagainya. Jarak dari hotel ini menuju ke pantai ini sekitar 23,59 kilometer yang dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi atau umum.

3. Melati Residence

Penginapan ini juga berjarak 23 kilometer dari area pantai. Fasilitas yang disediakan sudah sangat sesuai dengan standar penginapan, cocok bagi backpacker maupun wisatawan berkeluarga. Untuk menuju ke kawasan pantai dari Melati Residence bisa menaiki kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

4. Blitar Indah

Hotel satu ini sudah cukup familiar di kalangan masyarakat Blitar maupun wisatawan luar daerah. Fasilitas yang disediakan sudah lengkap, serta dibandrol dengan harga yang ramah di kantong pelancong. Untuk menuju ke Pantai Pangi dari penginapan ini setidaknya butuh waktu sekitar 45—60 menit tergantung kondisi jalanan.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Pangi Blitar

Fasilitas di Pantai Pangi
Image Credit: Google Maps (Tukinah)

Pantai Pangi masih berupa destinasi alam yang fasilitasnya belum seberapa memadai. Namun sudah ada kamar mandi, dan beberapa warung makan yang dikelola masyarakat sekitar. Bagi pengunjung yang ingin makan bisa membelinya di sana dengan harga bersahabat. Fasilitas lain yang tersedia meliputi area parkir, tempat bilas, tempat istirahat, serta tempat ibadah.

Itulah ulasan seputar Pantai Pangi yang terdapat di Blitar. Apabila Anda berkesempatan mengunjungi kota kelahiran Bung Karno ini, jangan lupa sempatkan singgah sejenak ke pantai ini untuk menikmati eksotisme alamnya. Tempat ini pun cocok dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman. Anda dapat menghabiskan waktu di sana dengan berbagai kegiatan seru dan menyenangkan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending