Pantai Parangendog, Pesona Pantai Indah & Batuan Karang Eksotik di Gunung Kidul

Pantai Parangendog, Pesona Pantai Indah & Batuan Karang Eksotik di Gunung Kidul
Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Parang Reja, Girijati, Kec. Purwosari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Pantai Parangendog yang cukup hits di kalangan muda hingga tua diketahui memiliki laut yang jernih dan tenang. Pecahan batu karang mudah dilihat pada area dengan bentuk telur. Batu banyak tersebar pada kawasan pasir yang begitu putih. Pengunjung dapat bermain pasir serta duduk pada batu karang ketika melakukan aktivitas di sekitar wisata cantik ini.

Tebing yang terlihat kokoh pun menjadi salah satu spot bermain paralayang. Traveller yang suka olahraga itu pasti senang karena dapat melihat Pantai dari atas. Parangendog memang selalu ramai, apalagi di area ini sering kali dijadikan tempat menunggu sunset atau sunrise.

Para tamu yang datang juga dapat menemukan kawasan camping, piknik, serta memancing. Pantai tersedia dengan tempat yang begitu luas untuk semua orang yang ingin melakukan kegiatan. Jadi datang ke pantai ini pasti membuat Anda betah.

Daya Tarik yang Ditawarkan Pantai Parangendog

Daya Tarik Pantai Parangendog
Image Credit: Google Maps Ginanjar Nur Arif

1. Batu Karang

Pantai Parangendog berbeda dengan destinasi lain karena memiliki batu karang. Bahkan batu di sekitar mempunyai bentuk seperti endok atau telur. Sejak dahulu sudah banyak yang menemukan batu telur di sepanjang Pantai. Ukuran dari batu karang cukup besar dan sering dipotret oleh pengunjung karena bentuk yang unik, Anda bisa pula sekedar duduk di batu.

Sepanjang batu karang pun dikelilingi bukit hijau yang memanjakan mata. Jika traveller suka jalan santai di area wisata alam itu pasti terkesima melihat hamparan batu karang. Apalagi sinar mentari yang cerah mengarah ke batu karang itu. Pengunjung pasti suka berjelajah selama disana sambil mencari tempat bersantai dan melihat beberapa batu yang tersebar.

2. Debur Ombak

Wisata hits ini dikenal mempunyai deburan ombak yang relatif tenang. Pantai Parangendog pun dikelilingi air laut yang begitu jernih dan dilengkapi biota. Para tamu sudah tidak jarang berenang di laut karena terasa dingin serta deburan yang tenang mampu menunjang aktivitas. Air laut juga memiliki gradasi warna biru tua hingga muda yang begitu cantik.

Anda dapat menikmati pasir putih serta pecahan batu karang dekat laut. Biasanya pengunjung yang tidak ingin bermain air, memilih duduk pada hamparan pasir. Menikmati liburan sambil melihat langsung air laut jernih yang menyatu dengan pasir tentu membuat pikiran lebih rileks. Anda bisa pula mengambil obyek foto dari deburan ombak yang indah.

3. Panorama di Sekitar

Pantai Parangendog tentu dikelilingi panorama yang masih natural. Wisatawan dapat melihat batu karang bentuk telur, pasir lembut, laut biru, hingga bukit yang berjejer. Spot lain menyediakan pemandangan tebing watugupit yang cukup tinggi. Sejumlah pesona alam yang terpancar ini mampu membuat Pantai sebagai destinasi alam favorit para tamu.

Pelancong bisa liburan ketika cuaca bagus supaya mendapatkan semua panorama yang menyatu itu. Anda juga boleh berkunjung saat pagi hari sampai malam untuk berjelajah sambil camping. Panorama di sekitar yang dilestarikan pasti tidak akan membuat Anda ingin cepat pulang. Apalagi pesona tersebut tampak semakin cantik ketika langit sedang cerah.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Pantai

Alamat Pantai Parangendong
Image Credit: Google Maps Sang Petualang

Pantai Parangendog berada di Desa Parang Reja, Gunung Kidul, Yogyakarta. Rute yang ditempuh pelancong dari daerah Yogyakarta relatif tidak lama karena hanya 1 jam saja. Anda bisa berangkat dari terminal Giwangan jika ingin naik angkutan umum yang tersebar. Beberapa akses jalan yang dikenal sudah memadai mampu membuat tamu merasa senang.

Kendaraan pribadi yang Anda bawa bisa langsung menuju Jalan Beji dekat pusat kota. Belok sampai menemukan Jalan Brigjen Katamso, lalu tetap berada di poros Jalan Parangtritis. Setelah disana pengunjung dapat melihat beberapa Pantai yang berjejer cukup banyak. Anda bisa memilih ke rute jalan Paralayang dan menuju Jalan Gua Langse.

Mobil dan sepeda motor boleh dibawa kesana karena kawasan wisata sudah menyiapkan jalan yang lebar. Pelancong yang masuk ke dalam wisata juga bisa menemukan papan selamat datang. Pada hari sabtu hingga minggu Anda dapat berkunjung mulai pagi saja agar tidak terkena macet di jalan. Selain itu, traveller bisa menyusuri rute sambil menyiapkan navigasi.

Harga Tiket Masuk Pantai Parangendog

Harga Tiket Masuk Pantai Parangendog
Image Credit: Google Maps Ai A. M.

Pantai Parangendog memang menjadi destinasi dengan beragam panorama alam tetapi harga masih merakyat. Anak-anak hingga dewasa yang ingin masuk ke kawasan pantai dapat membayar tiket Rp 5.000. Penetapan biaya memang berlaku setiap hari selama wisata buka. Pelancong tidak akan kecewa dengan pesona yang ditawarkan di area.

Setiap wisata pasti juga memiliki kios makan yang menjadi favorit para tamu. Mulai makanan seafood, teh, kopi, hingga camilan tentu sudah ditawarkan dengan budget terjangkau. Biasanya pedagang yang berjualan menawarkan harga mulai Rp 5.000. Budget yang hemat akan membuat pelancong kenyang dengan pilihan makanan yang begitu enak.

Sedangkan parkir untuk kendaraan motor mempunyai biaya yang tidak kalah murah. Karcis sepeda motor Rp 2.000 serta kendaraan mobil Rp 5.000. Lalu sewa pelampung, tenda, serta tikar belum ada di sekitar wisata alam tersebut. Tamu harus membawa semua perlengkapan dari rumah dan tidak perlu takut dompet kering selama kesana karena biaya terjangkau.

Aktivitas yang Seru Dilakukan di Pantai Parangendog

Aktivitas Pantai Parangendog
Image Credit: Google Maps Taufik Aja

1. Berenang

Debur ombak yang tidak tinggi semakin membuat wisatawan ingin berenang. Air laut memang begitu bersih karena pengelola melestarikan lingkungan di dalam Pantai. Pelancong yang sudah mahir berenang bisa langsung bermain air di pinggir. Petugas juga tidak menyarankan Anda ke bagian tengah demi keselamatan selama melakukan kunjungan.

2. Memancing

Pantai Parangendog sudah sama seperti destinasi lain yang menyediakan biota laut. Para tamu sering menangkap ikan dan duduk pada pecahan batu karang. Ikan yang ditangkap boleh langsung dinikmati pada kawasan dengan menyiapkan kayu bakar. Wisatawan juga bisa memancing dengan keluarga, tetapi jangan membawa alat penangkapan yang bahaya.

3. Menjepret Foto

Aktivitas di Pantai Parangendog
Image Credit: Google Maps Wahyu N

Kecantikan langit serta laut yang senada memang bagus sebagai obyek menjepret foto. Semua orang yang menginjakkan kaki di pasir bisa pose sesuka hati. Biasanya banyak pula pelancong yang mengambil foto dari alam seperti keindahan bukit, tebing, dan pecahan batu karang. Aktivitas menarik ini memang tidak boleh dilupakan semua pengunjung.

4. Bermain Paralayang

Pantai Parangendog memang dikelilingi tebing yang menjorok ke arah laut. Tebing ini cocok untuk wisatawan yang hobi bermain paralayang. Angin di sekitar wisata hits itu juga mendukung kegiatan paralayang yang ingin dilakukan traveller. Jika ingin bermain Anda harus menyewa alat di dekat Pantai sambil didampingi oleh petugas yang professional.

5. Berkemah

Tenda yang telah dibawa wisatawan dapat dijadikan sebagai tempat penginapan di Pantai Parangendog. Camping membuat para tamu bisa berkesempatan mendapatkan suasana sunrise hingga sunset. Suara dari ombak yang dilengkapi hembusan angin semakin meningkatkan minat pelancong berkemah. Anda yang camping disarankan akhir pekan saja.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Parangendong
Image Credit: Google Maps anggie permana

Pantai Parangendog sudah tergolong menyediakan fasilitas penunjang lengkap yang selalu dijaga dan diperbaiki secara berkala. Para tamu yang ingin membasuh diri tidak akan susah mencari kamar mandi umum yang luas. Fasilitas ini memiliki sekat khusus untuk wanita serta pria. Spot jogging serta paralayang telah tersedia dengan tempat sewa perlengkapan.

Mushola telah terlihat di area untuk menunjang aktivitas ibadah. Traveller yang mencari fasilitas ini dapat mampir ke bagian sudut destinasi. Tempat parkir masih mudah dijangkau oleh pelancong karena cukup dekat dari kawasan Pantai. Setiap hari selalu ada saja kendaraan yang parkir disana karena tempat ini tidak pernah sepi dan lahan terlihat luas.

Destinasi bahari ini juga tidak lupa dalam menyediakan camping ground. Setiap pengunjung yang ingin menikmati kemah tentu bisa mendirikan sebuah tenda di area ini. Kuliner yang dijual oleh warga bisa dibeli pada warung yang berjejer. Biasanya ada pula pedagang yang keliling menawarkan camilan serta es kelapa yang bisa memanjakan perut.

Demikian penjelasan Pantai Parangendog yang dapat dipilih sebagai spot liburan. Wisata yang diapit oleh tebing serta bukit hijau pasti memberikan pesona yang indah. Apalagi laut di dalam Pantai terkenal sangat bersih dan mempunyai gradasi warna cantik. Melakukan kunjungan ke area Pantai semakin terasa seru jika Anda bersama teman dan keluarga.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending