Pantai Parangtritis, Bantul

Pantai Parangtritis, Bantul

Lokasi: Kec. Kretek, Kab. Bantul.
Map: Cek Lokasi

Tidak lengkap rasanya saat berwisata ke Yogyakarta jika belum mampir ke pantai yang satu ini. Dengan romantika yang ditawarkannya, lokasi wisata Pantai Parangtritis tersebut banyak dikunjungi oleh wisatawan. Tidak hanya dari dalam negeri, banyak pula pengunjung yang berasal dari luar negeri. Lalu apa saja daya tarik dan kegiatan yang bisa dilakukan di pantai tersebut? Mari simak penjelasannya secara lebih lengkap berikut ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Parangtritis

Daya Tarik Pantai Parangtritis
Image Credit: Beritametrolima.com

Area berupa Pantai Parangtritis ini dapat dikatakan sebagai tujuan wisata favorit di kawasan Yogyakarta. Dapat diketahui pula bahwa area tempat wisata ini merupakan sebuah pantai paling luas di daerah Yogyakarta. Pantai ini juga tidak dapat lepas dari cerita legenda yang menyelimutinya. Namun dengan legenda tersebut tetap membuat destinasi wisata ini terkenal dan difavoritkan oleh masyarakat.

Pasir besi hitam di pantai ini juga menjadikan pemandangan alam di area tersebut semakin terasa. Tidak bosan rasanya memandang lautan lepas di pantai indah tersebut. Banyak pula aktivitas menarik yang dapat dilakukan selagi berlibur ke pantai ini. Dengan kelebihan tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang hendak datang kesana.

Daya Tarik Pantai Parangtritis Bantul
Image Credit: Idetrips.com

Sebut saja aktivitas berupa berburu spot foto hingga berburu aneka sajian sedap di kawasan pantai. Di area pantai tersebut juga telah tersedia kolam renang yang ditujukan khusus bagi para pengunjung yang datang. Tidak hanya itu, di sekitar kawasan pantai tersebut Anda dapat menikmati suasana unik khas dari negeri di Timur Tengah. Karena di sekitar pantai terdapat padang pasir unik bernama Gumuk Pasir.

Rute Menuju Lokasi Pantai Parangtritis

Rute Menuju Lokasi Pantai Parangtritis
Image Credit: Phinemo.com

Untuk menuju ke area ini terdapat dua jenis kendaraan yang bisa Anda pilih. Jenis kendaraan yang dimaksud adalah kendaraan peribadi baik roda dua dan roda empat serta kendaraan umum yang dapat ditemui di kota tersebut. Kendaraan umum yang dimaksud disini ialah Trans Jogja dan juga bus yang memiliki rute menuju ke pantai dengan pemandangan indah ini.

Dengan menggunakan kendaraan umum, Anda juga bisa menuju ke area wisata lain yang berlokasi di kawasan yang sama. Seperti misalnya Pantai Parang Kusumo, Gumuk Pasir, dan juga destinasi wisata bernama Rumah Tembi. Contoh rute yang bisa diambil dengan kendaraan umum ialah berangkat dari kawasan Malioboro terlebih dahulu untuk menuju ke Terminal Giwangan.

Barulah saat sampai di Terminal Giwangan , Anda bisa berganti kendaraan dengan menggunakan bus untuk sampai ke tempat wisata populer di kawasan Yogyakarta ini. Jika menggunakan kendaraan umum, sebaiknya juga pilih waktu sebelum pukul 5. Hal ini untuk membuat Anda memperoleh bus yang memiliki rute untuk menuju ke lokasi pantai tersebut. Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, dapat pula memulai perjalanan dari kawasan Malioboro.

Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis

Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis
Image Credit: Melangkahyuk.com

Sama halnya dengan destinasi wisata lainnya, untuk masuk ke kawasan pantai Anda juga akan dikenakan tiket terlebih dahulu. Harga tiket masuk dari kawasan wisata ini juga terbilang ramah di kantong. Dengan nominal yang ada, Anda telah memperoleh pemandangan alam nan indah. Untuk membuat liburan menjadi lebih menyenangkan, Anda pun dapat merencanakan anggaran biaya yang diperlukan jauh-jauh hari sebelumnya.

Anggaran biaya yang dimaksud antara lain adalah biaya transportasi dari Malioboro, tiket masuk, biaya penginapan, dan juga biaya untuk membeli kuliner di kawasan pantai tersebut. Jika diperkirakan jumlah biaya yang diperlukan juga tidak lebih dari 500 ribu rupiah. Tentu angka ini juga akan tergantung dari jenis penginapan yang dipilih dan hidangan kuliner yang dibeli. Dana untuk oleh-oleh yang hendak dibawa pulang juga dapat diperhitungkan sebelumnya.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Parangtritis

Kegiatan Menarik di Pantai Parangtritis
Image Credit: Idetrips.com

Banyak kegiatan menarik dan seru yang bisa Anda coba selagi berada di Pantai Parangtritis ini. Mulai dari berburu spot foto dengan dikelilingi pemandangan pantai khas dari laut selatan. Anda pun dapat berburu sajian lezat khas kawasan pesisir di area tempat wisata ini. Sebut saja sajian lezat yang dibuat dari pari, cumi-cumi, udang, dan beragam jenis ikan lainnnya.

Sajian tersebut pun dapat Anda nikmati di pinggir pantai sembari memandang keindahan panaroma alam yang disajikannya. Hal lain yang tidak kalah seru adalah berolahraga seperti sepak bola di area pantai tersebut bersama dengan sanak keluarga. Permainan yang telah melegenda sejak zaman kecil dulu berupa layang-layang juga dapat Anda lakukan di pantai yang memiliki hembusan angin cukup kencang ini.

Tidak hanya itu, saat berwisata ke tempat ini Anda dapat mencoba menyewa ATV untuk berkeliling pantai. ATV (All Terrain Vehicle) sendiri merupakan kendaraan sejenis kendaraan bermotor yang memiliki empat buah roda. Dengan kendaraan ini, Anda bisa mengunjungi spot-spot pantai yang memiliki area luas ini. Selain itu, Anda pun bisa mencoba menunggangi delman atau kuda di kawasan pantai yang selalu ramai pengunjung ini.

Untuk Anda yang menyukai suasana senja, maka pantai ini sangatlah tepat untuk dituju. Karena di senja hari pemandangan matahari terbenam yang ditawarkannya akan begitu mempesona. Sembari duduk-duduk di atas pasir pantai, pemandangan sunset tersebut dapat Anda nikmati. Momen terbenamnya sang mentari di Pantai Parangtritis juga telah diabadikan oleh banyak pengunjung yang datang kesana.

Penginapan di Kawasan Pantai Parangtritis

Penginapan di Kawasan Pantai Parangtritis
Image Credit: Pegipegi.com

Bagi Anda yang berminat untuk menginap di kawasan pantai yang eksotis ini, tersedia beragam homestay yang bisa dituju. Tarif untuk bermalam di lokasi tersebut juga terbilang normal dan juga sebanding dengan fasilitas yang ditawarkan. Anda pun bisa memilih jenis homestay yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan. Di era modern seperti saat ini juga terdapat banyak cara untuk membooking penginapan jauh-jauh hari sebelumnya.

Dengan cara tersebut tentu akan memudahkan Anda saat telah berada di kawasan wisata ini. Cara yang simpel pun akan membuat proses booking menjadi lebih praktis dan mudah dilakukan. Jika menginap di area wisata ini tentu juga akan membuat liburan Anda akan terpuaskan. Pemandangan bibir pantai yang berhadapan langsung dengan laut selatan Pulau Jawa tentu merupakan hal yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

Selain mencari tempat penginapan, jika hendak beriwisata dalam beberapa hari di pantai ini sebaiknya juga persiapan beberapa peralatan sebelumnya. Sebut saja topi pantai, baju ganti, sandal, dan juga masih banyak lagi yang lainnya. Dengan peralatan yang lengkap tentu akan menunjang kenyamanan liburan Anda menjadi semakin meningkat dan tidak akan terlupakan di masa mendatang.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Parangtritis

Fasilitas di Pantai Parangtritis
Image Credit: Telusuri.id

Sesuai dengan popularitasnya, di Pantai Parangtritis juga telah tersedia beragam fasilitas untuk digunakan oleh para wisatawan. Dengan fasilitas tersebut diharapkan akan membuat pengunjung menjadi betah berlama-lama di pantai dengan pemandangan nan eksotik ini. Pembangunan ataupun perbaikan akan beragam fasilitas yang ada di pantai dengan panaroma uang menawan ini juga gencar dilakukan hingga saat ini.

Contoh jenis fasilitas yang akan Anda temui di pantai nan eksotik ini antara lain adalah area parkir, toilet, kamar bilas, dan juga mushola untuk beribadah. Tidak hanya itu, di kawasan pantai juga telah dilengkapi dengan gardu pandang SAR yang dibuat khusus unuk meningkatkan keselamatan pengunjung yang datang kesana. Hal ini karena diketahui bahwa ombak di kawasan Pantai Parangtritis ini terbilang besar karena langsung dari laut selatan.

Fasilitas berupa penginapan dan kedai makanan juga banyak tersebar di kawasan pantai ikonik khas dari Yogyakarta ini. Masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan pantai Kota Pelajar ini juga terkenal akan keramahannya sehingga membuat Anda betah untuk berwisata di kawasan tersebut. Dengan fasilitas yang mendukung berpadu bersama keramahan penduduk lokal menjadikan lokasi wisata ini sangat sayang jika dilewatkan begitu saja.

Tidak sedikit aktivitas seru yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke salah satu pantai di daerah Yogyakarta ini. Sebut saja berburu sunset di pantai nan indah tersebut dan juga mencoba naik delman, kuda, ataupun ATV untuk berkeliling di area pantai. Bagi Anda yang hendak bermalam di tempat ini juga telah tersedia banyak homestay untuk bisa dipilih. Fasilitas terbaik pun akan Anda peroleh dengan berkunjung ke kawasan wisata favorit yang satu ini.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending