Pantai Pasir Putih Lampung – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Pasir Putih Lampung – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Pasir Putih salah satu wisata pantai yang menakjubkan di Lampung Selatan yang wajib Anda eksplor pesonanya. Pantai ini memiliki pemandangan alam dan bawah laut yang dapat menghipnotis siapapun yang berkunjung.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Rangai Tri Tunggal, Kec. Katibung, Kab. Lampung Selatan, Lampung; Map: Cek Lokasi

Wisata pantai di Indonesia seperti tak ada habisnya untuk dijelajahi, dari ujung timur hingga barat berbagai pantai memiliki keindahannya tersendiri. Ada satu pantai di Kepulauan Sumatra Selatan yang namanya sudah populer hingga luar pulaunya sendiri.

Pantai Pasir Putih Lampung, menjadi wisata andalan oleh beberapa pelancong dari dalam maupun luar daerah. Deburan ombaknya terdengar seperti melodi alami. Keindahan pemandangan batu karang yang tertata natural dari alam, membuat pantai ini tak pernah sepi dari para wisatawan.

Bukan hanya suguhan pemandangan alamnya saja yang menarik perhatian setiap pasang mata, fasilitas untuk wisata juga tersedia untuk para anak-anak hingga dewasa. Jangan lupakan soal kuliner, pantai ini akan banyak memberikan solusi untuk masalah perut keroncongan Anda.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Pasir Putih Lampung

Daya Tarik Pantai Pasir Putih
Image Credit: Facebook.com @indonesiakaya

1. Dekat dengan Jalur Utama

Siapa sih yang tak kenal Jalur Lintas? Ya, jalur ini merupakan penghubung dari kota ke kota lain di suatu pulau. Tentu saja Pulau Sumatra juga memiliki jalur lintas ini, namanya Jalur Lintas Sumatra.

Jalan ini dibangun sepanjang 2.509 km melintasi seluruh titik yang berada di Kepulauan Sumatra. Tak terkecuali dengan satu titik yang berada di daerah Lampung Selatan. Salah satu jalurnya menyajikan deburan ombak yang berasal dari Teluk Lampung.

Akan terlihat jelas dijalan ini bagaimana gambaran Pantai Pasir Putih, karena jaraknya tak lebih dari 2 km. Akses ini akan memudahkan wisatawan yang akan berkunjung. Mereka tidak perlu masuk ke jalan-jalan kecil untuk menemukan pantai indah ini.

Mulai dibangun pada tahun 1965, Jalur Lintas Sumatra ini memakan waktu pembangunan 10 tahun lamanya. Pada masa Presiden Soekarno, pembangunan jalur ini disebut sebagai maharaksasa proyek kala itu.

Banyak wisatawan yang datang ke Pantai Pasir Putih secara tidak sengaja hanya untuk sekedar beristirahat dari perjalanan. Namun karena hal ini, akan membuat pantai eksotis ini semakin mudah dikenal dan dijangkau oleh wisatawan yang akan berdatangan.

2. Pesona Bawah Laut

Tak kalah dengan pantai timur Indonesia yang terkenal akan surga bawah lautnya, pantai yang berdekatan dengan Pulau Jawa ini juga memiliki predikatnya. Menjadi primadona masyarakat Lampung, Anda akan takjub dengan pesonanya yang mampu menyihir mata.

Sebelumnya, Anda akan melihat hamparan batu karang yang berjejer di sepanjang bibir pantai. Batu karang yang berukuran kecil ini muncul di bibir pantai karena akibat dari pemecahan batu karang besar, terkena ombak dan tersapu hingga pinggir pantai.

Setelah Anda mencoba untuk menjamah bawah laut dari Pantai Pasir Putih Lampung, Anda akan melihat ikan-ikan kecil yang bermain di terumbu karang. Atau anemon laut yang terlihat seperti menari-nari mengikuti arus. Sungguh bingkai alam yang mampu memanjakan mata.

Jika arus laut sedang bersahabat, Anda bisa dengan puas melihat warna-warni dari ikan dan terumbu karang. Saat sedang menikmati pesona terumbu karang, jangan pernah mencoba untuk menyentuhnya bahkan mengambilnya untuk dibawa pulang.

Setiap terumbu karang yang berada di laut Indonesia harus dijaga dan dilestarikan oleh masyarakatnya. Hal ini bisa dibilang sebagai kewajiban sebagai warga Indonesia, karena merupakan salah satu upaya mencintai bangsa dan negara.

Jadi jangan sampai merusaknya hanya untuk keinginan sesaat, juga di pantai cantik ini. Wisatawan yang kedapatan merusak atau mengambil terumbu karang akan mendapat sanksi dari pihak pengelola pantai.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Pasir Putih

Alamat Pantai Pasir Putih
Image Credit: Google Maps (Hani Fa)

Pantai yang terletak di Kota Lampung ini tepatnya berada di Katibung. Jaraknya dari kota dengan pantai hanya sekitar 22 km.

Terdapat banyak rute yang dapat Anda ambil saat akan berkunjung di pantai ini. Jika Anda berangkat dari pusat kota, Anda bisa mengambil rute yang melewati Jalur Lintas Sumatra. Banyak wisatawan yang memilih jalur ini, karena kondisi jalan yang halus dan dapat menghemat waktu.

Di pertigaan Jalan Pulau Bacan dari arah barat, belok ke kiri masuk kawasan Jalan Pangeran Antasari. Jalan ini merupakan jalan lurus yang mengarahkan Anda ke jalur utama, yaitu Jalur Lintas Sumatra.

Anda terlebih dahulu akan menyebrang jalur utama ini, karena tidak disediakan tempat untuk mengambil belokan ke arah kanan. Melewati Fly Over Kali Balau, kemudian Anda akan menemukan tempat untuk berbelok di Jalan Pangeran Tirtayasa.

Lanjutkan perjalanan Anda hingga memasuki jalur utama dan Anda hanya tinggal mengikuti arah jalan itu. Tetap berhati-hati saat berkendara jalan ini karena merupakan jalur cepat, dimana rata-rata pengendara menggunakan kecepatan hingga 40 km/jam.

Letak pantai berada di kanan jalan, Anda akan melihat petunjuk arah pantai jika sudah mendekati tujuan. Jika sudah dekat, akan ada petugas yang membantu Anda dalam menyebrangi jalur utama ini. Sesampainya di kawasan pantai, penjaga parkir akan mengarahkan kendaraan menuju lahan parkir.

Harga Tiket Masuk Pantai Pasir Putih Lampung

Harga Tiket Pantai Pasir Putih
Image Credit: Facebook.com @jelajahi.indonesiaku

Untuk memasuki wisata Pantai Pasir Putih dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 per orang. Jika Anda datang menggunakan mobil, maka biaya yang dikenakan adalah satu mobil Rp 10.000. Lebih hemat saat menggunakan kendaraan roda 4 bukan?

Terdapat pulau kecil yang berdekatan dengan pantai ini, Anda bisa mengunjunginya dengan menggunakan kapal. Cukup dengan membayar Rp 250.000 untuk satu kapal yang mampu memuat 10 orang. Tarif tiket untuk masuk ke pulau tersebut Rp 10.000.

Memang jika Anda datang ke pantai ini secara individu, biaya yang Anda keluarkan akan terasa lebih banyak. Karena hal ini, banyak wisatawan mengincar jasa travel yang memiliki daftar destinasi menuju pantai ini. Selain dapat menghemat pengeluaran, Anda akan bertemu dengan teman baru.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Pasir Putih

Aktivitas di Pantai Pasir Putih
Image Credit: Facebook.com @indonesiatravel

1. Bermain Kano

Perahu kecil yang hanya muat satu orang ini dapat Anda coba saat berwisata di Pantai Pasir Putih. Cara menggerakkan kano ini adalah dengan cara mendayung dengan kedua tangan. Jika Anda belum terbiasa menggunakan kekuatan tangan, mungkin akan terasa cepat pegal.

Menyusuri pinggiran laut dengan menaiki kano memiliki sensasi yang berbeda, ombak yang tidak tentu akan menghempas kapal kecil Anda dan bisa saja terguling. Namun jangan khawatir, peralatan keamanan sudah disediakan oleh pihak pengelola untuk wisatawan.

2. Bersantai di Bawah Pohon

Memainkan ukulele atau gitar saat sore hari di tepian pantai, sembari bersantai dibawah rindangnya pepohonan hijau. Hal ini bisa Anda temukan di kawasan pantai ini, pepohonan di tepian pantai menjadi pilihan wisatawan untuk berteduh.

Saat sore tiba, tempat yang sengaja disediakan untuk bersantai para wisatawan akan penuh. Mereka memilih dibawah pohon untuk menghabiskan sore yang syahdu ditemani hembusan angin laut yang sepoi-sepoi.

Tak lupa momen senja yang sinarnya jingga melukiskan warna cantik di atas lautan Pantai Pasir Putih Lampung. Abadikan momen indah ini dengan kamera Anda, cari spot yang pas untuk menghasilkan foto sempurna.

3. Berenang

Terasa ada yang kurang saat Anda mengunjungi pantai namun tidak bermain di air. Apalagi untuk anak laki-laki, berenang di pantai menjadi kewajiban yang tak tertulis.

Walau pengelola setempat memberikan ijin, tetap saja wisatawan harus tetap menjaga diri mereka masing-masing. Usahakan anak-anak selalu berada di bawah pengawasan orang yang lebih tua.

Aktivitas di Pantai Pasir Putih Lampung
Image Credit: Twitter.com @indberitanews

4. Snorkling

Kegiatan snorkling menjadi hobi para wisatawan yang ingin menikmati pesona bawah laut. Mereka akan betah berlama-lama memandangi cantiknya ikan yang sedang kejar-kejaran.

Di sekitar pantai terdapat salah satu tempat untuk menyewa peralatan snorkling, dengan sistem lama waktu untuk disewa. Pakaian renang hingga sepatu kaki katak disediakan lengkap untuk Anda yang ingin bersnorkling.

Akan ada pendamping saat Anda melakukan kegiatan ini, jadi bagi Anda yang masih pemula tidak usah takut untuk mencoba olahraga air ini.

Ajaklah teman saat melakukan kegiatan bersnorkling, agar lebih seru dan asik. Jangan lupa untuk mengambil foto didalam air, nantinya hasil foto dapat dikenang setiap saat.

5. Kuliner

Makanan seafood pastinya tak asing lagi untuk dijadikan kuliner di wisata pantai. Berbagai olahan mulai dari yang manis, gurih hingga pedas akan pas saat dipadukan dengan ikan laut.

Banyak rumah makan yang didirikan di dekat Pantai Pasir Putih Lampung ini. Seafood yang mereka ambil untuk dijadikan sajian juga yang masih fresh alias baru saja datang dari laut. Ikan segar dipilih karena rasanya yang lebih enak dan tekstur lebih kenyal setelah matang.

Yang menjadi favorit pengunjung di pantai ini adalah kepiting saus padang. Saus kental yang memiliki dominan rasa pedas, dicampurkan oleh daging kepiting yang sudah direbus sebelumnya. Membayangkan hidangan ini saja sudah membuat perut berbunyi.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Pasir Putih

Penginapan di Pantai Pasir Putih
Image Credit: Reddoorz.com

1. Red Doorz

Penginapan populer dikalangan traveller ini menjadi salah satu pilihan saat sedang berada di Pantai Pasir Putih Lampung. Jaraknya dari lokasi pantai 3.4 km, tidak terlalu jauh untuk Anda yang mencari penginapan terdekat.

2. Hotel Mini Rangga Tri Tunggal

Penginapan yang cocok untuk keluarga ini hanya berjarak 2.5 km dari lokasi wisata. Untuk Anda yang suka berlibur dengan mengajak teman/ keluarga, hotel ini bisa menjadi pilihan.

3. Hotel Mutiara

Tidak jauh dari penginapan kedua, Hotel Mutiara memiliki jarak 3.8 km. Salah satu fasilitas hotel yang menarik minat pengunjung adalah lahan parkirnya yang luas.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Pasir Putih Lampung

Fasilitas di Pantai Pasir Putih
Image Credit: Twitter.com @smulawardi

Pantai berpasir putih ini menyediakan beberapa fasilitas untuk wisatawannya. Dari pertama memasuki kawasan pantai, lahan tempat parkir yang luas akan memudahkan Anda untuk menempatkan kendaraan.

Toilet untuk umum juga terdapat di berbagai titik lokasi di pantai ini. Anda tidak akan susah mencari air bersih untuk membilas badan Anda yang terkena air laut. Untuk biaya menggunakan toilet ini hanya perlu menyiapkan dana Rp 2000, seperti toilet pada umumnya.

Tempat untuk menyewa peralatan untuk olahraga air juga tersedia di salah satu sudut pantai. Keselamatan wisatawan selalu diutamakan, oleh karena itu sebelum mencoba berbagai olahraga air wisatawan diharuskan menyiapkan peralatan keamanan.

Beragam kegiatan dan fasilitas yang berada di Pantai Pasir Putih di Lampung Selatan bisa menjadikan wisatawan semakin tertarik dengan pantai ini. Apalagi lokasinya yang sangat mudah dijangkau dari berbagai arah kedatangan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending