Pantai Pelang Trenggalek – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Pelang Trenggalek

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Pelang salah satu pantai yang indah berada di Trenggalek. Pantai yang menjadi tujuan bermain air, kuliner dan menikmati air terjun yang menawan di dekat pantai.

Harga Tiket: Rp 8.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Wonocoyo, Kec. Panggul, Kab. Trenggalek, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Pantai Pelang merupakan salah satu objek wisata pantai yang cukup terkenal di Trenggalek. Pesona keindahan pantai ini tersaji nyata dengan hamparan lautnya yang terlihat biru menyegarkan mata. Memiliki ombak yang cukup besar yang semakin menambah keindahan panorama alam di pantai ini.

Pantai ini adalah objek wisata pilihan yang sering dikunjungi wisatawan terutama saat weekend atau saat libur. Pengunjung dapat menikmati pantai, hutan pinus, air terjun, hingga muara sungai di dalam kawasan wisata. Pesona keindahannya ini menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang.

Objek wisata pantai yang menarik untuk dikunjungi ini juga menjadi salah satu spot terbaik untuk Anda yang ingin menikmati sunset. Memiliki fasilitas pendukung yang sudah cukup memadai sehingga Anda bisa berlibur di Pantai Pelang dengan nyaman. Menikmati pesona keindahan pantai dan beberapa fasilitas seperti berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Pelang

Daya Tarik Pantai Pelang
Image Credit: Twitter.com @detikcom

Pantai cantik ini menjadi salah satu destinasi wisata di Trenggalek yang tidak pernah sepi pengunjung. Menawarkan sejuta pesona dengan beberapa daya tarik seperti berikut.

1. Panorama Pantai yang Indah

Wisatawan yang mengunjungi Pantai Pelang Trenggalek akan langsung disuguhkan dengan pemandangan laut yang tampak berwarna biru. Ombak-ombak yang bergulung-gulung mencapai area pantai semakin menambah keindahan panorama alam di tempat wisata.

Walaupun tidak terlalu besar, ombak di pantai ini begitu bagus yang akan memanjakan mata siapa saja yang melihatnya. Saat musim-musim tertentu atau saat air laut sedang mengalami pasang, ombak yang mencapai pantai ini akan lebih tinggi. Wisatawan sebaiknya selalu berhati-hati dan memperhatikan ketinggian gelombang di pantai ini.

2. Pantai yang Landai

Pengunjung dapat bermain sepuasnya di area pantai yang cukup landai ini. Hamparan pasir putih kecokelatan cukup luas untuk dinikmati wisatawan yang datang. Kondisi pasir pantainya cukup bagus dan bersih sehingga pengunjung akan lebih nyaman saat bermain di atas pasirnya.

Area pantai yang luas ini tentu membuat wisatawan akan lebih leluasa bermain hingga ke bibir pantai. Walaupun mengunjunginya saat akhir pekan atau saat ramai pengunjung, wisatawan akan tetap bisa menikmati pemandangan dan bermain di pantai dengan bebas dan leluasa.

BACA:  22 Wisata Pantai di Malang yang Paling Hits

3. Dikelilingi Perbukitan

Destinasi wisata pantai yang wajib dikunjungi ini menawarkan pemandangan pantai dan perbukitan hijau yang menyegarkan mata. Pantai Pelang dikelilingi oleh banyak perbukitan yang menjulang tinggi dengan vegetasi atau pepohonan yang cukup rindang. Menambah indah pemandangan di pantai, apalagi dengan langitnya yang biru.

Pesisir pantai ini juga banyak ditumbuhi pepohonan yang menambah kesan asri. Semilir angin yang menyegarkan akan terasa saat Anda berteduh di sekitar pepohonan pantai ini. Wisatawan juga bisa memanfaatkan pepohonan rindang di sekitar pantai untuk berlindung dari terik panas saat berada di lokasi wisata.

Tidak jauh dari pantai, wisatawan juga bisa melihat pulau karang kecil. Namun, pulau tersebut tidak bisa dikunjungi karena hanya berupa gugusan karang yang tidak terlalu besar dan tidak mungkin didatangi wisatawan.

Daya Tarik dari Pantai Pelang
Image Credit: Twitter.com @tryazshu

4. Air Terjun yang Memukau

Pesona keindahan Pantai Pelang yang menjadi daya tarik dan keunikan objek wisata ini adalah adanya air terjun di sekitar pantai. Jaraknya hanya sekitar 300 meter, Anda bisa menemukan Air Terjun Pelang yang memiliki aliran air cukup deras.

Wisatawan yang mengunjungi pantai ini dapat menggunakan jalan setapak yang sudah tersedia untuk mencapai lokasi air terjun. Memiliki ketinggian sekitar 25 meter yang mengalir begitu indah melewati tebing-tebing karang.

Air Terjun Pelang masih sangat alami dengan aliran airnya yang terasa sangat segar. Lokasinya yang sangat dekat dengan pantai ini, membuat objek wisata ini menjadi unik dan banyak menarik wisatawan untuk datang.

5. Sungai

Aliran Air Terjun menghasilkan sebuah aliran sungai kecil yang bermuara ke laut. Aliran sungai ini cukup dangkal dan membelah salah satu sisi Pantai eksotis ini. Wisatawan dapat menyeberangi aliran sungai yang unik di pantai ini. Jika tidak ingin basah, Anda bisa menggunakan jembatan yang tersedia untuk menyeberangi sungai tersebut.

6. Hutan Pinus

Selain air terjun, keunikan wisata Pantai Pelang juga terkenal dengan area hutan pinus yang dapat ditemui di sepanjang perjalanan menuju pantai. Pepohonan pantai ini memberikan pemandangan yang asri dan juga udara yang terasa lebih sejuk.

Pemandangan hutan pinus yang hijau dengan pohon-pohonnya yang menjulang tinggi memberikan keindahan tersendiri untuk pantai ini. Selain mempercantik panorama di sekitar pantai ini, area hutan pinus di pantai juga sering dimanfaatkan untuk area kemah.

7. Jembatan

Sebuah jembatan kayu di sekitar pantai ini menjadi salah satu daya tarik objek wisata ini. Ujung jembatannya berupa bangunan dengan atap berbentuk limas seperti rumah joglo.

Wisatawan dapat menikmati pemandangan pantai dari jembatan ini. Jembatan kayu yang berada di sekitar Pantai Pelang ini juga sering didatangi wisatawan untuk berfoto-foto.

BACA:  10 Wisata Pantai di Cirebon yang Paling Hits

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Pelang

Harga Tiket Pantai Pelang
Image Credit: Google Maps (Fajar Nurdian)

Lokasi pantai yang cukup jauh sekitar 25km dari pusat Kota Trenggalek. Jika Anda datang dari arah kota ini, ambil rute Jarakan – Karangan. Perjalanannya akan memakan waktu sekitar 2 hingga 2,5 jam menggunakan kendaraan.

Kondisi jalan menuju pantai ini sudah cukup baik dan beraspal. Namun beberapa jalannya berupa tanjakan curam dan berkelok. Pastikan kendaraan yang digunakan bagus dan selalu berhati-hati saat melewati jalan-jalan berkelok.

Arahkan kendaraan Anda ke jalan yang mengarah ke Dongko – Karangan. Sekitar 8km dari jalan ini, ambil arah kiri atau ke Jalan Sudirman di Dongko. Belok kanan saat Anda menemui kantor pos di persimpangan jalan menuju Waluhtowo.

Pada persimpangan selanjutnya ambil arah ke kanan menuju Jalan MT Haryono dan terus lurus sekitar satu kilometer. Selanjutnya ambil arah kiri menuju Jalan Pantai Pelang. Lokasi pantai ini sekitar 3km dari persimpangan tersebut.

Bagi wisatawan yang menggunakan transportasi umum, bisa menggunakan bis untuk menuju terminal Trenggalek. Setelah itu, naik bis dengan jurusan Trenggalek – Pacitan. Anda bisa turun di daerah Panggul dan melanjutkan perjalanan ke lokasi pantai menggunakan ojek.

Pantai Pelang memasang harga tiket masuk yang cukup murah sekitar Rp 8.000,- per orang. Sementara untuk akhir pekan dan hari-hari libur, harga tiket masuknya adalah Rp 10.000,- untuk setiap pengunjung. Harga tiket yang tentunya cukup terjangkau untuk wisatawan yang ingin berkunjung.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Pelang

Aktivitas di Pantai Pelang
Image Credit: Twitter.com @detiksby

1. Berenang

Kegiatan seru untuk para pengunjung Pantai Pelang salah satunya adalah berenang. Anda bisa menikmati air laut sambil berenang di bibir pantai. Namun wisatawan disarankan untuk tidak terlalu ke tengah mengingat ombak di pantai ini yang cukup besar.

Wisatawan dapat bermain air di sekitar pantai dan juga aliran air sungai yang ada. Jika ingin berenang, pastikan dulu ombak di pantai ini tidak terlalu tinggi. Apabila Anda mengunjunginya saat air laut pasang, maka aktivitas berenang ini tidak disarankan karena cukup berbahaya.

2. Menikmati Air Terjun

Objek wisata ini menawarkan keunikan tersendiri yaitu air terjun. Pengunjung dapat menikmati pesona keindahan air terjun yang berada di pinggir pantai ini. Anda juga bisa bermain air di bawah air terjun dengan cukup aman dan nyaman. Aliran Terjun Pelang ini tidak jatuh ke sebuah kolam air melainkan bebatuan.

Wisatawan pun dapat duduk di atas bebatuan sambil menikmati cipratan air terjun yang menyegarkan. Gunakan alas kaki yang nyaman agar tidak terpeleset. Jika ingin melepas alas kaki, sebaiknya perhatikan setiap langkah saat berada di bebatuan di bawah air terjun ini.

BACA:  Pantai Pacar Tulungagung - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

3. Bermain Pasir

Bersantai dengan duduk di atas pasir pantai yang bersih sering dilakukan wisatawan yang mengunjungi Pantai Pelang. Jika membawa anak kecil atau ingin seru-seruan, Anda bisa bermain pasir pantai ini seperti membuat bangunan pasir atau memendam sebagian tubuh di dalam pasir.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati pantai ini sambil makan-makan, disarankan untuk selalu menjaga kebersihan. Jangan membuang sampah atau sisa bungkus makanan di area pantai agar tidak merusak keindahan pemandangan yang ada.

4. Berkemah

Pantai yang memiliki area hutan pinus cukup luas ini sering dimanfaatkan sebagai lokasi kemah. Wisatawan dapat mencoba kemah untuk bisa merasakan suasana malam di pinggir pantai ini.

Anda bisa menyewa peralatan kemah untuk bisa bermalam di area hutan pinus. Pastikan bawa perlengkapan yang Anda butuhkan agar lebih nyaman saat melakukan camping di area ini.

5. Berburu Sunset

Kegiatan seru yang tidak boleh terlewatkan adalah berburu sunset. Pantai Pelang yang berada di pesisir barat Kota Trenggalek ini menawarkan spot terbaik untuk menikmati pemandangan sunset yang menawan.

Saat matahari mulai terbenam, panorama alam yang hijau akan berubah menjadi kuning kemerahan. Suasana romantis di pantai ini pun banyak dimanfaatkan pasangan muda-mudi untuk menikmati momen matahari terbenam bersama-sama.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Pelang Trenggalek

Fasilitas di Pantai Pelang Trenggalek
Image Credit: Instagram.com @arvansadewadean

Pengelolaan objek wisata ini dilakukan cukup baik dengan menyediakan fasilitas-fasilitas seperti kamar mandi atau toilet. Wisatawan yang ingin berganti pakaian bisa menggunakan fasilitas tersebut dengan biaya sekitar Rp 2.000,- hingga Rp 3.000,-.

Fasilitas tempat parkir juga disediakan dengan memanfaatkan area lapang di sekitar Pantai Pelang. Tempat parkir yang ada cukup luas dan dapat menampung kendaraan mulai dari roda dua hingga bus pariwisata.

Fasilitas lainnya adalah rumah makan di pinggir pantai. Setelah bermain dan berenang, pengunjung dapat menikmati berbagai sajian hidangan laut yang banyak dijual di warung-warung makan. Menu ikan dan seafood yang disediakan di warung sekitar pantai cukup terjangkau harganya.

Beberapa gazebo juga disediakan sebagai fasilitas pendukung di Pantai Pelang. Wisatawan dapat menggunakan gazebo ini untuk duduk santai menikmati pemandangan pantai. Anda juga bisa makan-makan bersama rombongan dari gazebo yang cukup nyaman ini.

Fasilitas penginapan seperti hotel di sekitar akan sulit untuk ditemukan. Anda bisa mencari penginapan di Kota Trenggalek dengan beragam pilihan hotel. Pemerintah daerah setempat mengelola pantai ini dengan baik seperti menyediakan fasilitas area kemah. Wisatawan dapat menikmati suasana malam dengan berkemah di sekitar pantai.

Itulah beberapa informasi menarik mengenai Pantai Pelang Trenggalek. Jika Anda sedang bosan di rumah dan membutuhkan refreshing, pantai ini bisa menjadi alternatif untuk melepas penat dan kebosanan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending