Pantai Peyuyon, Pantai Eksotis dengan Tebing Berbentuk Gua di Gunung Kidul

Pantai Peyuyon, Pantai Eksotis dengan Tebing Berbentuk Gua di Gunung Kidul
Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kanigoro, Kec. Saptosari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Deretan pantai berpasir putih rasanya tidak akan habis terdata jika Anda membahas tentang lanskap bahari Gunung Kidul. Tidak peduli ke mana kaki melangkah, momen wisata di daerah yang cantik ini akan senantiasa menawarkan keunikan baru. Melihat lautan biru, mendaki tebing kukuh, atau bahkan menantang ombak di pantai selatan.

Pantai Peyuyon turut memeriahkan semaraknya suasana Kabupaten Gunung Kidul dalam lanskap bahari. Meskipun momentum operasionalnya baru berlangsung sekitar lima tahunan, tapi eksistensinya telah kukuh di hati wisatawan. Menyusuri perjalanan jauh yang menantang di tengah panasnya udara kabupaten itu, tentu rasanya cukup mendebarkan.

Pergilah ke pantai eksotis tersebut jika Anda mengharapkan kedamaian yang sedikit menggigit. Pasirnya yang putih dan dikepung oleh tanjung membuatnya jadi memiliki kesan tersembunyi. Istirahat di pantai cantik ini agaknya akan menghadirkan pengalaman unik dengan petualangan di dalam gua.

Daya Tarik yang Ditawarkan Pantai Peyuyon

Daya Tarik Pantai Peyuyon
Image Credit: Google Maps Satria Raka Siwi

1. Hamparan Pasir Pantai yang halus

Butir pasir yang halus sudah menjadi sesuatu kelaziman saat Anda pergi ke jajaran pantai di Gunung Kidul, tidak terkecuali Pantai Peyuyon. Lembutnya butir-butir pasir ini memberikan kenyamanan dengan sedikit sensasi geli saat Anda berjalan di atasnya tanpa memakai alas kaki apa pun.

Bahkan, alangkah bagusnya jika Anda melepaskan alas kaki sejak awal saat memasuki area pesisir pantai cantik itu. Melewati tapak demi tapak hamparan pasirnya yang berwarna putih dengan kombinasi kekuningan.

Sambil mendengarkan suara debur ombak, Anda juga punya pilihan melakukan aktivitas lain alih-alih sekadar berjalan tanpa tujuan. Misalnya, membuat sebuah miniatur rumah yang mengesankan mengingat lingkungannya juga bersih dari sampah-sampah organik.

Halusnya pasir Pantai Peyuyon mungkin akan sedikit menyulitkan jika Anda memakainya untuk membuat suatu miniatur. Namun, itu justru bisa jadi tantangan tersendiri demi pengalaman seru yang menunggu di depan mata.

Pastikan pula Anda melakukannya jauh dari terpaan air laut yang naik turun terbawa ombak. Sebaiknya pilihlah spot di dekat tebing yang relatif aman dan juga tidak begitu panas karena pancaran sinar mataharinya terhalang tebing.

2. Tebing Membentuk Gua

Menemukan gua di tepi laut memang bukan sesuatu yang unik dan hal ini, bisa Anda dapati di Pantai Peyuyon. Hanya saja, bentuknya tidak benar-benar seperti gua, melainkan dua buah tebing yang agak melengkung sehingga menyerupai benteng perlindungan.

Adanya tebing tersebut membuat suasana di pantai cantik ini terkesan sunyu meskipun ramai dikunjungi. Lagi pula, destinasi alami itu cukup luas dan tebingnya membentang di sisi barat. Anda bisa memilih berdiam di kawasan tersebut sambil menikmati suasana yang terasa seperti penuh privasi.

Tebing-tebing ini juga ditumbuhi oleh rumput yang sudah menghijau sehingga menambah kesan asri. Barangkali memang agak sulit untuk dipijaki, tetapi tidak mustahil bila Anda mau mengusahakannya.

Tak cuma tebing, di tepi Pantai Peyuyon juga tersebar beberapa bebatuan berwarna hitam keabuan yang bisa dijadikan tempat duduk. Anda bisa pergi ke sana demi menikmati suasana yang lebih segar dibanding berdiam di dekat tebing, bukan?

Meskipun ombak di pantai cantik ini cukup keras sehingga tidak disarankan untuk berlama-lama di dalam air, tapi batu yang ada di bagian paling tepi tempat pasang surut air laut barangkali dapat ditoleransi. Anda juga dapat memaksimalkan bebatuan itu sebagai spot foto terutama saat matahari akan tenggelam, hasilnya pasti luar biasa.

3. Berada di Kawasan Pantai yang Bagus

Lokasi Pantai Peyuyon cukup strategis bagi mereka yang mengharapkan perjalanan wisata bahari dalam satu hari. Anda dapat menjadikan pantai cantik ini sebagai bagian dari petualangan bersama dengan pantai-pantai lainnya di kawasan yang sejenis, misalnya Pantai Ngrawah.

Pergi ke beberapa pantai sekaligus tentunya akan memberikan lebih banyak petualangan seru, jadi jangan takut akan bosan. Pasalnya, setiap pantai punya daya tarik khas dengan keunikan masing-masing yang sulit ditolak.

Maka dari itu, datanglah dengan perasaan nyaman dan nikmati momentum eksplorasi pantai-pantai di sebagian daerah Gunung Kidul. Akan sangat melelahkan memang, tapi pada waktu bersamaan juga menghadirkan pengalaman yang sulit dilupakan walau waktu terus berlalu.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Pantai

Alamat Pantai Peyuyon
Image Credit: Google Maps Imam Ghozali

Perjalanan yang menantang dengan akses terbatas telah menanti Anda untuk menemukan Pantai Peyuyon di Kecamatan Saptosari. Melewati jalanan tanpa aspal hingga ke Desa Kanigoro, sebaiknya berdayakan roda dua untuk menaklukan tantangan seru ini.

Benar bahwa keindahan Kabupaten Gunung Kidul dan potensi pariwisatanya masih terus berkembang sampai sekarang. Namun, untuk urusan perjalanan, ada baiknya Anda mengandalkan roda dua jika pandai mengemudi, atau menyewa mobil travel yang sudah khatam rute lokal.

Bertolak dari pusat Kabupaten Gunung Kidul, pasalnya Anda perlu melintasi jalanan yang separuhnya tak bersahabat. Selisih jaraknya mencapai 60 km di mana paling minimal waktu yang dialokasikan untuk pergi ke sini kurang lebih 1 jam 30 menit.

Medan berupa hutan, batuan kapur, jalanan tak beraspal akan menjadi sesuatu yang lumrah seiring jarak yang kian memendek. Artinya, sebentar lagi Anda akan tiba di destinasi tujuan, jadi persiapkan diri untuk menyambut lanskap yang menawan.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Peyuyon

Harga Tiket Masuk Pantai Peyuyon
Image Credit: Google Maps Arkan Narendra

Abaikan dahulu soal sewa parkir yang biasanya dimainkan oleh petugas destinasi berbasis alam seperti ini. Anda sudah cukup dengan Rp5. 000 saja untuk sekadar memasuki kawasan Pantai Peyuyon sebebasnya selama 24 jam.

Jika ingin sewa yang lebih murah, coba pertimbangkan datang bersama rombongan dengan menumpang bus. Biasanya ada diskon khusus untuk jenis pelancong kelompok dan bisa jadi tarifnya lebih ringan lagi.

Aktivitas yang Seru di Pantai Peyuyon

Aktivitas Pantai Peyuyon
Image Credit: Google Maps Nafis Hidayat

1. Memasuki Gua

Gua di Pantai Peyuyon memang tidak begitu dalam tapi cukup menarik rasa penasaran pengunjung tentang apa yang ada di baliknya. Datanglah ke dekat tebing yang menyerupai lengkungan dan cek bagaimana kondisi di dana.

Bagi kebanyakan orang tindakan sejenis ini bisa jadi terasa mengkhawatirkan. Namun, jika Anda punya keberanian tinggi, sebaiknya dicoba agar tidak menyimpan rasa penasaran sendirian.

Bila perlu, ajaklah kawan untuk mendekat ge gua tersebut atau minimal berfoto di depan mulut gua. Lagi pula, guanya tidak dalam dan hanya merupakan lengkungan yang muncul akibat pertemuan tebing.

2. Bersantai di Atas Pasir

Bawalah alas untuk mewujudkan kegiatan yang santai di atas hamparan pasir Pantai Peyuyon. Jika Anda tidak ingin membawanya, berbaring dengan punggung Anda langsung bertemu pasir juga layak dicoba. Lagi pula, kondisinya bersih dan lembut sehingga meminimalkan potensi cedera karena gesekan dengan benda-benda berbahaya.

Kegiatan bersantai juga dapat dilakukan sambil duduk berselonjor, membiarkan ujung kaki Anda terkena aliran air. Melihat ombak yang bergulung di kejauhan dan batas tepi pantai yang semakin meninggi saat terjadi air pasang.

Menghabiskan waktu dengan memanfaatkan pasir pantai yang bersih ada banyak caranya dan bersantai, termasuk kegiatan paling recomended. Apakah Anda menyukainya atau tidak, tapi terkadang aktivitas ini dapat menjadi pilihan tepat saat ingin istirahat dan tak menemukan gazebo di mana pun.

3. Panorama Sunset

Adanya hamparan pasir putih, tanjung yang sedikit melengkung, dan batu-batu karang yang tersebar di tepi laut membuat pemandangan di sini semakin menakjubkan. Bayangkan jika pemandangan matahari saat terbenam melengkapi kombinasi tersebut, pasti akan menjadikan Pantai Peyuyon terkesan megah.

Duduk menunggu di atas hamparan pasir sambil melihat ombak yang bergejolak pastilah cukup menyenangkan. Membiarkan udara sore menerpa wajah Anda sambil menanti bagaimana matahari akan memperlihatkan kemegahannya. Warna jingga kemerahan yang menyebar di atas permukaan air diiringi udara yang semakin dingin akan terasa berkesan.

Fasilitas yang Tersedia di Sekitar Pantai

Fasilitas Pantai Peyuyon
Image Credit: Google Maps Firgita Febriyani

Sesuai kesannya yang terpencil, Pantai Peyuyon menyajikan area camping untuk para petualang agar bisa menikmati waktu mereka. Membangun tenda di atas hamparan pasir dan mendekat ke tebing adalah alternatif utama jika ingin menginap.

Keterbatasan fasilitas lainnya juga menjadi masalah yang harus dipertimbangkan oleh pihak yang mengaku sebagai pengelola. Semestinya ada lebih banyak fasilitas di pantai cantik ini, tapi kenyataannya masih serba terbatas.

Anda bahkan akan kesulitan memenuhi keperluan dasar seperti makan jika hanya mengandalkan fasilitas di pantai cantik ini saja. Namun, berhubung lokasinya cukup strategis sehingga ada alternatif pergi ke pantai terdekat yang tak kalah indah.

Pantai Peyuyon memang sudah ramai dikunjungi sejak tahun 2017 silam, tapi masih butuh pengembangan lebih intens. Harapannya itu dapat membuatnya tetap bersaing dengan destinasi bahari lain dan juga menghadirkan kenyamanan bagi pelancong.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending