Pantai Plengkung Banyuwangi – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Plengkung Banyuwangi - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Plengkung salah satu pantai tujuan favorit peselancar di Banyuwangi. Pantai pasir putih yang familiar dengan nama G-Land ini memiliki ombak yang besar dan pemandangan alam yang menawan.

Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 07:30-16:00, Alamat: Kalipait, Kec. Tegaldlimo, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Pantai Plengkung Banyuwangi ini menjadi tempat pilihan sebagai liga selancar pada tahun 2021 sedunia. Keberadaan Pantai cantik di Banyuwangi ini kini menjadi buruan bagi banyak wisatawan mancanegara.

Pantai ini memiliki nama lain yaitu G-Land karena keindahan ombak yang disajikan. Pantai dengan ombak favorit ini kerap didatangi oleh peselancar asal Amerika, Inggris, Eropa, Australi dan Negara lainnya. Namun, pantai Plekung belum banyak dikenal oleh wisatawan lokal.

Sedangkan bagi wisatawan asing, Pantai Plengkung ini menjadi buruan setiap kali liburan panjang. Selain keindahan panorama alam yang cantik, laut biru dan pemandangan pepohonan di Taman Nasional Alas Purwo ini semakin sempurna.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Plengkung

Daya Tarik Pantai Plengkung Banyuwangi
Image Credit: Instagram.com @jorneyforadventure

1. Hunting Sunset

Saat sore hari Pantai Plengkung menjadi tempat yang sangat romantis. Dimana warna langit biru berpadu jingga di tengah laut menjadi pilihan beberapa wisatawan untuk datang ke pantai indah ini.

Pemandangan sunset disini menjadi buruan para wisatawan yang berkunjung. Tidak heran jika sore hari menjadi waktu yang selalu ditunggu kehadirannya oleh para wisatawan.

2. Berfoto dengan Satwa Liar

Pantai ini berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Hal itulah menyebabkan pantai ini sering didatangi beberapa hewan liar ke pinggir pantai. Munculnya beberapa hewan liar menjadi daya tarik bagi wisatawan. Ada rusa, monyet dan hewan-hewan lainnya yang selalu datang dan berkeliaran di sekitar pantai.

3. Keindahan Ombak

Pantai Plengkung terkenal dengan adanya spot surfing pilihan dan r di dunia. Ombak di pantai ini adalah salah satu ombak terbaik di dunia. Sehingga keindahan ombak di pantai ini menjadi salah satu daya tarik utama bagi pecinta surfing dimana pun berada.

Ombak indah dan besar terjadi karena adanya arus dari laut Antartika yang kemudian terbawa menuju ke perairan pantai ini. Hal ini mengakibatkan ombak yang dihasilkan sangat bagus dan besar.

Daya Tarik Pantai Plengkung
Image Credit: Instagram.com @glandjungle_surfcamp

Selain di Pantai ini, ombak dengan ketinggian ini juga terjadi di Afrika Selatan dan Hawaii. Di Pantai Plengkung pernah dijadikan tempat lomba berselancar Internasional pada tahun 2003. Mulai tahun 2003 tersebut, pantai ini kemudian dijadikan sebagai surga bagi pecinta selancar.

4. Taman Nasional Alas Purwo

Selain terkenal sebagai tempat berselancar, Pantai Plengkung Banyuwangi juga dikenal dengan keindahan hutan tropisnya. Dikelilingi oleh hijaunya hutan menjadikan pantai ini lebih asri dan eksotis.

Selain itu, keindahan Taman Nasional Alas Purwo yang berada dekat dengan pantai ini menjadi salah satu saya tarik bagi pecinta alam. Beberapa pecinta alam akan mendapatkan dua lokasi sekaligus jika ingin menjelajah hutan ini di pinggir pantai.

5. Penangkaran Penyu

Adanya penangkaran penyu di sekitar pantai menjadi pilihan tempat berlibur yang asri dan seru. Adanya penangkaran penyu bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para wisatawan yang datang.

Edukasi berupa cara menjaga dan merawat lingkungan. Selain itu, di lokasi ini juga Anda akan diarahkan supaya tidak memelihara penyu secara ilegal. Informasi lain berupa makanan penyu dan lainnya.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Plengkung

Alamat Pantai Plengkung
Image Credit: Instagram.com @evylia22

Lokasi pantai cantik ini berada di Banyuwangi, Tegaldlimo, Kaliapit. Jalur menuju ke pantai ini memiliki dua jalur yang sering dilalui oleh pengunjung. Pertama ada jalur darat dan jalur laut.

Bagi Anda yang suka melewati jalur laut, bisa memilih rute ini sampai ke Pantai Plengkung. Sepanjang perjalanan Anda akan dapat menikmati keindahan tengah laut yang menakjubkan. Jalur ini belum banyak yang mencoba, karena dapat menghabiskan waktu yang cukup lama.

Perjalanan menuju ke lokasi pantai ini dimulai dari kota Banyuwangi menuju ke Grajagan. Di pelabuhan Grajagan, Anda bisa memesan speed boat. Dengan speed boat Anda akan sampai lumayan cepat. Dari pelabuhan Grajagan ini speed boat akan membawa Anda langsung menuju ke kawasan pantai ini.

Bagi Anda yang lebih memilih jalur darat bisa melakukan penyewaan mobil atau motor di rental kendaraan terdekat. Kendaraan umum belum ada yang mengantar sampai ke pantai tersebut. Untuk sampai di Pantai ini, Anda akan melewati Taman Nasional Alas Purwo. Keberadaan pantai ini tidak jauh dari taman nasional ini.

Dari kota Banyuwangi perjalanan menempuh jarak 60 km. Anda bisa melewati jalur Kaliapit dan menuju ke Pasar Anyar dan jalur ke Trianggulasi. Setelah melewati jalur ini Anda bisa mengarah ke Pancur dan Anda tiba di Pantai Plengkung Banyuwangi.

Pantai yang sudah sangat terkenal ini buka setiap hari, dari weekdays sampai weekend. Pantai ini buka dari jam 07.30 sampai dengan jam 16.00 WIB. Harga tiket yang umum diberikan kepala para wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai ini adalah Rp 15.000 untuk satu orang. Untuk wisatawan asing yang datang, akan diberikan tarif sebesar Rp 150.000 untuk satu orang.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di G-Land Banyuwangi

Aktivitas di G-Land Banyuwangi
Image Credit: Instagram.com @tripalaspurwo

1. Berkeliling Pantai Dengan Sepeda

Bersepeda berkeliling pantai dengan suasana dan pemandangan yang tidak biasa menjadi pilihan yang sangat menarik untuk dilakukan. Mengelilingi pantai dengan sepeda ini bisa menjadi kegiatan yang sangat seru sekaligus menambah pengalaman baru.

Anda juga bisa mengunjungi Taman Nasional Alas Purwo. Di taman nasional ini menyediakan penyewaan sepeda bagi Anda yang tidak membawa sepeda.

2. Hunting Foto

Keindahan alam dan pantai Plengkung yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo ini menjadikan para wisatawan sering berburu spot foto yang menarik.

Banyak tempat berfoto yang estetik di sekitar pantai maupun di sekitar taman nasional. Selain itu berfoto dengan latar ombak yang menggulung tinggi juga menjadi salah satu pilihan. Anda juga bisa berfoto dengan pemandangan orang-orang yang sedang berselancar asik di pantai.

3. Berselancar

Pantai yang dipilih menjadi pantai Liga Dunia 2021 ini memiliki ombak yang tinggi dan keras. Sehingga tempat ini sangat cocok untuk berselancar untuk para pecinta pantai.

Dipilih sebagai liga dunia tempat berselancar yang keren dan seru, terdapat tiga jenis ombak di pantai ini. Pertama yaitu ombak dengan tinggi 6 sampai 8 meter bahkan lebih. Ombak ini diberikan nama dengan Kong Waves. Ombak tertinggi ini selalu dinanti dan ditunggu oleh para wisatawan.

Jenis ombak berikutnya yaitu ombak speedis waves. Ombak ini memiliki ketinggian sekitar 5 meter. Kemudian ada ombak many track waves. Dimana ombak dengan ketinggian 2 sampai 4 meteran ini cocok bagi peselancar pemula.

4. Snorkeling dan Diving

Selain berselancar dan kegiatan seru lainnya, Anda juga bisa snorkeling dan diving di sekitar pantai. Pantai ini juga memberikan pemandangan indah di bawah laut.

Jika Anda tidak membawa alat snorkeling dan untuk diving, di pinggir pantai ini ada jasa penyewaan alat berupa alat snorkeling dan diving dan penyewaan alat lainnya.

Penginapan Murah Terdekat dengan Pantai Plengkung

Penginapan Pantai Plengkung
Image Credit: Grajagan.com

1. G Land Surf and Resort

Penginapan ini berada di area Taman Nasional Alas Purwo. Penginapan dekat dengan pantai ini mengusung tema tradisional. Tema ini memberikan bangunan unik dan eksotis, dengan penginapan yang terbuat dari kayu.

Penginapan G Land ini memberikan banyak fasilitas lengkap untuk tamu. Fasilitas berupa sarapan, ruangan kamar yang sejuk dan adem. Selain itu, penginapan ini memberikan pelayanan yang baik untuk setiap tamu.

2. Joyo’ Surf Camp

Penginapan ini terletak di wilayah Taman Nasional Alat Purwo Banyuwangi. Penginapan ini hanya berjarak 100 meter dari keberadaan Pantai Plengkung Banyuwangi.

Penginapan ini memberikan tiga variasi kamar berbeda. Ada Superior room dengan tarif Rp 1.295.000 per malam. Ada pilihan ruangan Deluxe room dengan biaya per malam yaitu Rp 650.000. Untuk ruangan standar dengan tarif yaitu Rp 500.000 per malam.

3. Bobby’s Surs Camp

Penginapan ini berada dengan lokasi pantai. Penginapan Bobby’s Surf Camp ini memberikan biaya menginap menggunakan paket makan. Dimana makanan yang di sediakan yaitu untuk makan malam, makan siang dan sarapan.

Selain itu, penginapan ini menyediakan beberapa fasilitas umum seperti jemput dan antar ke Bali menggunakan speed boat. Penginapan ini menawarkan pilihan kamar yaitu Deluxe packages dan ada Superior packages. Kedua pilihan kamar ini memberikan tarif yang berbeda setiap malamnya.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Plengkung Banyuwangi

Fasilitas di Pantai Plengkung Banyuwangi
Image Credit: Instagram.com @sayapututwguritno

Destinasi wisata ini memiliki fasilitas yang memadai. Beberapa fasilitas tersebut yaitu terdiri dari tempat istirahat, kamar mandi, tempat penyewaan alat renang di pantai seperti papan selancar, baju renang dan alat bermain air dan tempat parkir.

Review tempat wisata Pantai Plengkung yang berlokasi Banyuwangi ini memberikan banyak fasilitas memadai untuk pengunjung. Tidak heran jika pantai ini menjadi salah satu tempat liburan terfavorit di kalangan wisatawan asing.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending