Pantai Saba, Spot Favorit Menikmati Panorama Sunset & Sunrise di Gianyar Bali

Pantai Saba, Spot Favorit Menikmati Panorama Sunset & Sunrise di Gianyar Bali
Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Saba, Kec. Blahbatuh, Kab. Gianyar, Bali; Map: Cek Lokasi

Banyak sekali pantai yang ada di Provinsi Bali yang menawarkan lokasi begitu indah, nyaman dan juga tenang bagi Anda untuk menghilangkan rasa penat aktivitas sehari-hari. Salah satu pantai yang sangat direkomendasikan bagi Anda yaitu Pantai Saba di Gianyar, Bali. Pantai tersebut memang memiliki panorama yang begitu memukau dan patut untuk Anda kunjungi.

Tidak sedikit dari wisatawan yang menyebut Saba sebagai salah satu pantai yang mampu membuat seseorang menjadi tenang seketika dari segala stress. Datang ke pantai yang berada di Gianyar tersebut, Anda jangan mengharapkan suasana yang padat dan ramai oleh pengunjung seperti layaknya di Pantai Kuta.

Sekalipun tidak seindah Pantai Kuta ataupun kawasan pantai lainnya yang populer di Bali, namun kedamaian yang ada di Pantai Saba inilah yang nantinya mampu menjadi daya tarik tersendiri. Karena itu, bagi Anda yang kebetulan berada di Pulau Bali, maka jangan sampai lewatkan kesempatan untuk mengunjungi tempat tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Saba

Daya Tarik Pantai Saba
Image Credit: Google Maps Ralf Blaich

1. Tempat Wisata yang Tenang

Pantai Saba merupakan salah satu tempat berlibur untuk masyarakat sekitar dan juga wisatawan asing. Anda perlu menjadikan pantai ini sebagai salah satu daftar pantai yang patut dikunjungi selama berada di Pulau Bali. Kabupaten Gianyar sendiri memang memiliki beberapa tempat wisata dan juga rekreasi yang sangat indah.

Salah satunya yaitu Pantai Saba yang merupakan wilayah pesisir dari Kabupaten Gianyar. Anda akan menemukan ciri khas yang begitu berbeda dan unik dari pantai-pantai lainnya. Alam di pantai ini memang begitu indah dan juga tenang.

Sekalipun kawasan pesisir pantai ini tidak sepopuler pantai-pantai pariwisata yang ada di Bali Selatan, seperti contohnya Pantai Pandawa ataupun Pantai Kuta, tapi keberadaan tempat wisata tersebut mampu memberikan alternatif tersendiri bagi Anda yang ingin menikmati suasana berbeda.

2. Sunset dan Sunrise yang Indah

Daya tarik berikutnya yang membuat Pantai Saba patut dan layak untuk dikunjungi yaitu keindahan sunset dan juga sunrisenya. Terlebih lagi keindahan matahari terbit di tempat ini memang tampak begitu spesial dan menarik.

Menyaksikan sunrise di kawasan pantai akan jauh berbeda jika dibandingkan Anda menyaksikan sunrise di Pantai Sanur yang memang cenderung sekali ramai oleh pengunjung. Saat sore menjelang, Andapun akan disuguhkan panorama semburat jingga berwarna keemasan dari balik pepohonan.

Di tepian Pantai Saba, Anda akan melihat bangunan suci pura yang menjadi ciri khas dari kawasan tersebut. Pura di pantai ini bernama Pura Sukeluih. Bagi masyarakat sekitar, pantai ini juga dijadikan sebagai salah satu tempat melangsungkan upacara ngaben dan melasti

Daya Tarik Dimiliki Pantai Saba
Image Credit: Google Maps Anggurit Ratri

3. Terdapat Penangkaran Penyu

Hal yang mungkin tak bisa didapatkan di semua pantai yaitu di sini nantinya Anda akan menemukan adanya penangkaran penyu. Penyu-penyu yang ada di Pantai Saba umumnya yaitu pada Bulan April. Mereka muncul ke area pantai untuk bertelur dan telur-telur tersebutlah yang kemudian diambil oleh petugas.

Telur-telur penyu yang sudah dikumpul nantinya akan ditangkarkan. Ketika menetas dan usia penyu tersebut sudah cukup, maka nantinya para petugas akan melepaskan penyu ke laut. Inilah salah satu alasan mengapa Anda perlu untuk segera mengunjungi pantai cantik ini supaya bisa langsung melihat penyu yang baru saja menetas dari telurnya.

4. Panorama Alam yang Indah

Pantai Saba memang merupakan objek wisata yang tidak terlalu terkenal di kalangan wisatawan. Meski demikian, bagi masyarakat sekitar pantai ini memang menjadi salah satu destinasi untuk dijadikan tempat berlibur ketika menjelang akhir pekan bersama dengan keluarga mereka.

Panorama alam yang begitu elok ditawarkan oleh sekitar pantai merupakan sesuatu yang pastinya tidak boleh dilewatkan. Beberapa masyarakat sekitar terutama mereka yang sangat gemar sekali melakukan aktivitas surfing pasti akan menyempatkan waktu untuk berlibur ke tempat tersebut.

Seperti yang diketahui, ciri khas wilayah pesisir lebih didominasi oleh warna pasir yang hitam, begitu juga halnya seperti Pantai Saba ini. Pantai tersebut mempunyai pasir hitam yang begitu legam dan ketika siang hari Anda akan dapat menyaksikan pasir itu terlihat indah dan memantulkan kemilau sinar matahari.

Panorama alam di tempat ini memang tidak perlu Anda ragukan lagi. Nuansa yang berbeda akan bisa Anda dapatkan selama berada di tempat tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Saba
Image Credit: Google Maps Компания ООО Микрон-В

Pantai Saba Bali, seperti namanya yaitu berada di Desa Saba, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali. Jika Anda berangkat dari Kota Denpasar, maka untuk bisa menuju ke pantai tersebut perlu menempuh jarak kurang lebih sejauh 20 km. Dan jika Anda berangkat dari Bandara Ngurah Rai, jarak yang nantinya harus Anda tempuh sejauh 30 km.

Setibanya Anda di pusat Kota Gianyar dan berangkat dari kota tersebut, pantai hanya berjarak 12 km saja. Pantai Saba berada dekat dengan kawasan wisata Ubud. Akses lokasi menuju ke pantai ini sudah begitu bagus.

Untuk Anda yang berasal dari Kota Gianyar pastinya sudah tidak akan merasa bingung lagi saat harus mencari rute menuju ke pantai. Namun berbeda lagi bagi Anda yang berasal dari luar kota maupun luar negeri, pastinya akan merasa kebingungan.

Namun sebenarnya untuk bisa menempuh rute yang lebih mudah, maka Anda hanya perlu menggunakan bantuan navigasi di smartphone Anda. Dengan menggunakan bantuan Google Maps tersebut nantinya Anda bisa menemukan rute termudah dan tercepat yang bisa dilalui.

Oleh karena akses jalan yang sudah cukup bagus ini, maka Anda bisa menggunakan transportasi umum ataupun kendaraan pribadi saat ingin berkunjung. Namun lebih disarankan bagi Anda untuk menggunakan transportasi pribadi saja agar perjalanan jadi lebih bebas. Nantinya Anda bisa menggunakan motor ataupun mobil untuk menuju kesana.

Harga Tiket Masuk Pantai Saba

Harga Tiket Masuk Pantai Saba
Image Credit: Google Maps Adji aja

Mengunjungi tempat wisata yang ada di Provinsi Bali tersebut memang tidak akan dikenakan biaya masuk. Pantai Saba tidak memberlakukan retribusi bagi siapapun yang ingin menikmati keindahan alamnya. Namun perlu untuk Anda ketahui, selama berada di sana, maka pastikan Anda untuk selalu menjaga kebersihan.

Jangan membuang sampah sembarangan agar tempat tersebut tidak jadi kotor dan keindahannya berkurang. Anda yang ingin tempat wisata murah, maka mengunjungi pantai cantik ini memang merupakan keputusan yang sangat tepat untuk dilakukan.

Aktivitas Seru di Pantai Saba

Aktivitas Seru Pantai Saba
Image Credit: Google Maps T S

1. Bersantai

Daya tarik yang mampu ditawarkan oleh Pantai Saba yaitu ketenangannya. Anda yang ingin memiliki waktu untuk menyendiri serta melepaskan penat dan menjauhkan diri Anda dari segala hiruk pikuk suasana kota, maka pesisir yang berada di Desa Saba tersebut merupakan salah satu solusinya.

Nuansa alam yang begitu indah, damai dan juga tenang disuguhkan oleh tempat wisata tersebut. Karena itulah, tempat ini mampu memberikan alternatif yang sangat menarik untuk Anda yang ingin menikmati dan beristirahat kala berlibur dengan tenang.

Di kawasan wisata ini Anda akan menemukan sejumlah pohon yang bisa digunakan sebagai area berteduh. Selain itu juga terdapat pendopo kecil, dan di sanalah Anda nantinya dapat bersantai sambil lalu menikmati panorama alam laut yang begitu sunyi dan indah.

Menghabiskan waktu liburan di Pulau Bali bersama dengan orang yang dicintai ataupun dengan keluarga Anda, tentunya merupakan sesuatu yang sangatlah berkesan. Karena itu, jangan sampai liburan Anda terganggu hanya karena ramainya pengunjung suatu tempat wisata. Anda perlu segera menuju ke tempat tersebut supaya liburan jadi lebih seru.

2. Melihat Keindahan Sunrise

Aktivitas berikutnya yang bisa dilakukan yaitu melihat keindahan matahari terbit di Pantai Saba. Di pantai ini sangat memungkinkan bagi Anda untuk menghilangkan segala penat jiwa. Suasana alam di sekitar pantai sangat mendukung bagi Anda untuk melakukan kegiatan merefresh pikiran, sehingga bisa menemukan inspirasi baru dalam memulai aktivitas.

Hamparan pasir pantai yang berwarna hitam legam dan segala aktivitas seru yang sangat mengasyikkan akan mampu membuat Anda jadi benar-benar terhibur selama berada di sana. Jika Anda ingin menikmati pemandangan yang jauh lebih memukau lagi, maka sebaiknya datang ke tempat tersebut saat pagi hari.

Karena waktu itulah matahari terbit tampak begitu cantik. Dan tentunya momen tersebut tidak boleh dilewatkan begitu saja. Anda harus mengabadikan sunrise di Pantai Saba.

Aktivitas Seru di Pantai Saba
Image Credit: Google Maps Turki Alghamdi

3. Beraktivitas di Pasir

Setelah Anda puas menikmati keindahan matahari terbit di pantai tersebut, maka nantinya Anda dapat menghabiskan waktu di atas pasir. Anda bisa sekedar bermain pasir, berjalan-jalan santai di tepian pantai ataupun berenang. Melakukan aktivitas jogging di atas pasir yang begitu lembut, tentu merupakan sesuatu yang patut untuk dicoba.

Untuk Anda yang tertarik berenang di air laut pantai tersebut, maka sebaiknya melakukannya di area tepian saja. Hal itu dikarenakan ombak dari pantai ini memang tidak dapat diprediksi. Kadang Anda akan menemukan kondisi ombak yang begitu tenang, namun ada kalanya pula ombak tersebut begitu besar.

Karena itulah, tidak sedikit mereka para pecinta surfing menjajal sensasi ombak yang ada di Pantai Saba Gianyar. Karena itu, sebaiknya jika memang ingin berenang, maka pastikan Anda tidak berada jauh dari lokasi pantai.

4. Berkuda

Aktivitas terakhir yang tak kalah menarik untuk dilakukan yaitu berkuda. Mayoritas pengunjung akan menghabiskan waktu mereka di pantai ini sambil lalu berjalan-jalan santai untuk menikmati panorama alam yang disuguhkan. Hal yang sangat menarik adalah Anda bisa menikmati keindahan tersebut sambil lalu menunggangi kuda.

Tidak semua pantai yang ada di Bali menyuguhkan aktivitas satu ini. Menunggangi kuda di area pinggiran pantai pastinya akan menjadi salah satu pengalaman seru dan juga tak terlupakan ketika Anda mengunjungi Pantai Saba. Karena itu, pastikan Anda berfoto sambil lalu menunggangi kuda di pantai.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Saba
Image Credit: Google Maps Ralf Blaich

Pantai Saba memang bukan pantai yang populer seperti halnya Pantai Kuta ataupun Pantai Pandawa. Karena itulah, pantai tersebut masih belum di dikelola dengan maksimal. Tapi meski begitu Anda masih bisa menemukan beberapa fasilitas penunjang saat mengunjungi tempat ini.

Di sana nantinya Anda tidak akan kesusahan untuk menemukan kamar mandi ataupun kamar ganti. Selain itu, bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, sudah tersedia area parkir kendaraan yang luas dan juga aman. Fasilitas lain yang juga bisa Anda dapatkan di sana yaitu sudah tersedia warung makan.

Karena itulah, Anda tidak perlu repot-repot membawa bekal dari rumah, karena di sana Anda bisa menikmati beragam menu khas yang begitu nikmat. Di tempat ini Anda bisa menemukan beberapa penginapan jika berencana untuk bermalam di sana.

Itulah tadi ulasan singkat mengenai Pantai Saba di Gianyar, Bali yang perlu untuk Anda ketahui. Mengunjungi pantai tersebut ketika waktu libur tiba memang sangat disarankan untuk Anda dan keluarga. Kawasan wisata yang begitu tenang pasti akan membuat Anda bisa rileks seketika saat berada di sana.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending