Pantai Sadeng Gunung Kidul – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Sadeng Gunung Kidul - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Sadeng salah satu objek wisata pantai menawan di Gunung Kidul, Jogja. Pantai yang terlindungi tebing batu kapur dan dikenal sebagai surga para pemburu ikan laut.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Songbanyu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Yogyakarta memiliki beberapa tempat wisata yang menarik perhatian wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Salah satu pantai populer di Gunung Kidul, Yogyakarta adalah Pantai Sadeng. Pantai ini adalah pantai surga bagi nelayan-nelayan di sekitar pantai. Pantai ini memiliki kekayaan jenis ikan yang tidak pernah habis ditangkap nelayan.

Pantai Sadeng merupakan salah satu dari deretan pantai cantik di Gunung Kidul, yang menyuguhkan keindahan dan panorama alam yang mengagumkan. Dari perjalanan menuju lokasi wisata pantai ini Anda sudah akan diberikan banyak keindahan yang memanjakan mata.

Pantai Sadeng ini merupakan pantai yang keberadaannya sangat istimewa di Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini memiliki sejarah dan kisah unik, dimana masyarakat sekitar menganggap bahwa pantai ini dulunya adalah sebuah sungai Bengawan Solo Purba yang bekasnya menjadi pantai saat ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sadeng

Daya Tarik Pantai Sadeng
Image Credit: Instagram.com @ibenn25

1. Pelabuhan Ikan Terkenal di Kampung Nelayan

Pantai Sadeng ini dikenal dengan nama kampung nelayan sejak tahun 1983. Pantai ini menjadi salah satu lokasi pendukung ekonomi rakyat. Dimana di kampung nelayan yang terkenal di Yogyakarta ini melakukan beberapa aktivitas seperti pelelangan ikan hasil tangkapan nelayan dan aktivitas lainnya.

Pantai ini dijadikan zona pelabuhan bagi nelayan. Sehingga di pantai ini Anda akan menyaksikan perahu para nelayan yang berjejer rapi di pinggir pantai. Deretan perahu nelayan ini menambah eksotis pemandangan di pantai ini. Adanya kampung nelayan ini menjadi salah satu daya tarik di pantai ini.

2. Banyak Spot Foto

Daya tarik yang sangat menarik bagi para wisatawan muda dan mudi datang ke pantai ini adalah karena banyaknya spot foto. Spot foto yang bagus selalu menjadi pilihan tempat liburan bersama teman.

Jalan-jalan dan hunting foto, seru-seruan bersama teman selalu dilakukan di pantai ini. Keindahan pantai dan pasir putihnya, selain itu pemandangan alam di pantai ini dijadikan tempat berfoto bersama oleh para wisatawan.

BACA:  5 Pantai Terindah di Bintan yang Wajib Anda Kunjungi

3. Telaga Suling

Di dekat Pantai Sadeng Gunung Kidul ini terdapat sebuah telaga yang dinamakan Telaga Suling. Telaga ini memiliki kisah bersejarah. Menurut beberapa kisah, di telaga ini menyimpan sisa aliran air dari Sungai Bengawan Solo Purba.

Hal ini terbukti dari adanya sebuah bukit kapur dan lembah di tengah telaga ini. Lembah ini menjadi tempat bercocok tanam bagi masyarakat setempat. Lembah dengan luas 7 Km ini sangat subur dan selalu menghasilkan panen yang banyak.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Sadeng

Image Credit: Instagram.com @sintarosemakmur

Pantai menawan ini berada di Yogyakarta, Kabupaten Gunung Kidul, Girisubo, tepatnya di Song Banyu. Jarak pantai dari kota Yogyakarta cukup jauh yaitu bisa menempuh 83.2 Km. Waktu tempuh dari Kota Yogyakarta menuju pantai ini adalah kurang lebih 2 jam atau hampir lebih.

Untuk rute yang akan ditempuh menuju ke Pantai Sadeng ini adalah dari Kota Yogyakarta. Jika menggunakan kendaraan roda dua Anda bisa sampai dengan cepat, namun jika menggunakan kendaraan roda empat akan sedikit lebih lama karena keadaan yang macat di jalan raya.

Dari kota Anda bisa melalui jalur Penambahan Senopati dan menuju ke jalan raya Yogyakarta. Setelah itu Anda bisa melalui jalan Kusumanegara, setelah sampai di perempatan jalan ikuti jalur menuju Gedong Kuning.

Anda akan menemukan perempatan untuk kedua kalinya, lalu pilih jalur menuju ke timur menuju jalan Wonosobo. Setelah itu ikuti jalan menuju jalan Nasional rte 3. Kemudian Anda akan sampai di jalan Kyai Legi dan lurus ke arah jalan Judodiningrat.

Terakhir Anda akan menemukan jalan Sadeng dan ikuti jalan tersebut dan lurus saja sampai Anda menemukan pintu masuk ke Pantai Sadeng. Anda akan sampai ke lokasi dan menitipkan kendaraan Anda di tempat parkir sebelum masuk ke lokasi pantai.

Rute lain menuju lokasi pantai ini bisa dilalui dari arah Kelaten. Jalurnya yaitu dengan mengikuti jalan ke arah menuju Giripanggung, Semanu. Kemudian Anda akan menuju melewati jalan Culen, Pasar Jepitu.

Setelah itu, ikuti papan-papan nama yang memberikan petunjuk untuk bisa sampai ke pantai tersebut. Jalur dari Kelaten ini merupakan jalur yang mudah untuk menemukan lokasi pantai cantik di Gunung Kidul ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Sadeng Gunung Kidul

Harga Tiket Pantai Sadeng Gunung Kidul
Image Credit: Instagram.com @sintarosemakmur

Di Pantai Sadeng ini memberikan harga tiket masuk yang murah yaitu Rp 5.000 untuk satu orang. Harga tiket murah tersebut, Anda sudah bisa menikmati keindahan dan semua fasilitas yang ada di pantai ini.

Untuk parkir berupa sepeda motor, Anda akan dikenakan biaya parkir hanya Rp 5.000 untuk satu sepeda motor. Sedangkan untuk kendaraan roda empat seperti mobil dan lainya dikenakan tarif sebesar Rp 10.000.

BACA:  10 Wisata Pantai Dekat Kediri yang Paling Hits

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Sadeng

Aktivitas di Pantai Sadeng
Image Credit: Instagram.com @heristwn

1. Mandi Pantai

Jika memilih tempat liburan di pantai, kegiatan utama dan paling menarik dilakukan adalah mandi pantai dan bermain air. Air pantai yang jernih di pantai ini membuat Anda nyaman untuk mandi dan berendam.

Pantai Sadeng ini terletak di teluk yang terlindungi dari hempasan ombak yang besar dan keras. Sehingga pantai ini aman jika ingin berenang dan bermain air.

Selain itu, Anda bisa bisa bermain air di pinggir pantai bersama anak-anak. Jika tidak ingin mandi Anda bisa menikmati keindahan pantai dengan duduk di pinggir pasir putih yang lembut.

2. Memancing Aneka Jenis Ikan

Selain para nelayan, di pantai ini juga ramai dikunjungi oleh para pemancing ikan. Terkenal sebagai penghasil ikan yang paling maju, pantai ini mampu membantu masyarakat sekitar dari hasil tangkapan ikan. Ikan yang banyak didapatkan oleh para pemancing di sini adalah berupa ikan tuna, ikan kerapu, ikan kakap dan jenis lainnya.

Bagi wisatawan yang berkunjung dan ingin ikut. melakukan kegiatan memancing di sekitar pantai, bisa meminjam alat untuk memancing kepada warga sekitar pantai. Masyarakat di sekitar pantai ini selain baik juga sangat ramah kepada pengunjung yang datang.

Jika Anda ingin mendapatkan ikan yang lebih banyak lagi, Anda bisa menyewa atau meminjam perahu nelayan kemudian ikut memancing di tengah laut. Selain memancing di tengah laut, Anda bisa sekalian menikmati keindahan pantai di sekitar Gunung Kidul ini.

3. Menikmati Seafood Lezat Hasil Tangkapan Nelayan

Di pinggir pantai ini berjejer warung yang menyediakan kuliner berupa seafood. Aneka seafood yang disediakan di tempat ini sangat cocok dinikmati bersama keluarga sambil menikmati keindahan laut Pantai Sadeng.

Makanan ini dijual dengan harga yang cukup murah. Selain itu seafood yang diberikan juga masih segar, sehingga rasa gurih dan manis dari aneka seafood ini membuat Anda ketagihan. Anda bisa memesan sajian olahan seafood di tempat ini dengan berbagai pilihan seperti di bakar, di goreng, paduan saus asam dan lainnya.

Kegiatan wisata kuliner ini adalah salah satu kegiatan yang utama bagi pengunjung pecinta kuliner berupa seafood dan olahan ikan lainnya dengan bumbu khas Indonesia. Warung-warung sekitar pantai ini tidak pernah sepi dari pelanggan.

4. Hunting Foto

Berwisata di Pantai Sadeng ini bisa membawa Anda untuk hunting spot foto yang unik dan menarik. Bagi Anda yang datang mencari spot foto indah dan bagus, pantai menawan ini adalah pilihan yang tepat.

Anda bisa mengambil foto dengan latar batu karang dan pantai yang biru dan cantik. Anda juga bisa berfoto dengan latar perahu-perahu nelayan yang berjejer rapi sangat eksotis.

BACA:  Pantai Kukup Gunung Kidul - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Anda juga bisa berfoto dengan latar bukit hijau yang indah dipadukan dengan warna laut biru akan menghasilkan foto yang keren. Panorama alam yang menyihir di pantai ini membuat Anda tidak akan bosan jalan-jalan dan mencari tempat berfoto yang banyak.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Sadeng

Penginapan Pantai Sadeng
Image Credit: Agoda.com

1. Radika Paradise Villa and Cottage

Penginapan ini berada di Gunung Kidul. Penginapan ini berada di lokasi yang strategis, dimana penginapan ini dekat dengan beberapa lokasi pantai di Gunung Kidul. Anda akan membayar Rp 750.000 per malam untuk bisa menginap dan menikmati fasilitas di penginapan ini.

Penginapan ini menyediakan kolam renang outdoor untuk para tamu. Selain itu, Anda akan disediakan sarapan enak dan lezat. Ada beberapa fasilitas umum seperti wifi, tempat parkir, sedangkan fasilitas pribadi berupa perlengkapan mandi, fasilitas kamar yang lengkap dan layanan lainnya.

2. Rumah Bambo Sadranan

Penginapan Bambo ini berada di Tepus, Gunung Kidul. Penginapan yang terbuat dari bambu ini hanya memberikan tarif Rp 600.000 untuk satu malam. Meski terlihat sederhana, Anda akan diberikan beberapa fasilitas yang dapat memuaskan Anda.

Di penginapan ini tidak hanya bangunannya yang terbuat dari bambu, namun semua perlengkapan lain seperti meja, kursi dan lainnya terbuat dari bambu. Penginapan ini terlihat adem dan asri.

3. Penginapan Wisma Kampoeng

Bagi Anda yang mencari penginapan murah, Wisama Kampoeng ini adalah solusi yang tepat dan bagus. Penginapan ini berada di Gunung Kidul, Tanjung sari. Untuk bermalam di. penginapan ini, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 150.000 saja untuk satu malam.

Penginapan dengan mengangkat tema desain dan suasana Bali ini sangat unik dan menarik. Meski murah, penginapan ini memberikan pelayanan dan fasilitas yang baik dan lengkap.

Ada beberapa fasilitas berupa kamar mandi pribadi, ruangan dengan AC, wifi, ada fasilitas kamar berupa kopi dan air hangat, dan perlengkapan kamar mandi cukup lengkap.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Sadeng Gunung Kidul

Fasilitas di Pantai Sadeng Gunung Kidul
Image Credit: Instagram.com @rezzaazzis

Pantai Sadeng yang menjadi obyek wisata terkenal ini memberikan beberapa fasilitas yang memadai. Beberapa fasilitas berupa tempat parkiran dengan keamanan ekstra dan lokasi yang luas. Ada toilet, kamar mandi dan mushola. Selain itu, di kawasan pantai ini juga terdapat warung yang berjejer di pinggir pantai.

Kawasan Wisata Pantai Sadeng yang ada di Gunung Kidul ini menyediakan semua fasilitas yang lengkap untuk liburan Anda bersama keluarga. Pantai yang aman, nyaman, sejuk dan indah ini cocok dijadikan tempat liburan penghilang penat.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending