Pantai Sadranan Gunung Kidul, Surganya Para Pecinta Snorkeling

Pantai Sadranan Gunung Kidul, Surganya Para Pecinta Snorkeling
Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pule Gundes II, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Pantai Sadranan akan menunjukan pesona bahari dalam perpaduan jajaran batu karang dan pasir putih nan lembut. Ada pula pepohonan rindang yang akan membuat pengunjung betah hingga merasa enggan pulang. Belum lagi, suasana pantai masih terbilang sunyi sehingga cocok untuk dijadikan tempat rekreasi sambil menjauh dari hiruk pikuknya kota.

Memiliki karakteristik ombak yang cenderung tenang karena secara alami dihalangi oleh gugusan karang dan pulau kecil di sekitarnya. Lokasi ini sangat sempurna khususnya bagi para pecinta selam, di mana Anda akan disuguhkan aneka koral tidak hanya di daratan, tetapi juga bawah lautnya. Pantai Sadranan bisa jadi sarana pelepas rindu bagi Anda yang ingin menikmati segarnya kawasan air asin.

Berlokasi di Desa Sidoharjo, termasuk dalam wilayah administrasi pariwisata Gunung Kidul. Tidak terlalu sulit untuk menemukannya walau memang perlu upaya sedikit lebih keras karena posisinya belum terlampau populer. Beragam aktivitas telah menanti Anda selama bermain di sini. Pastikan menyiapkan tenaga penuh agar bisa menikmatinya secara menyeluruh.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sadranan

Daya Tarik Pantai Sadranan
Image Credit: Twitter.com @sarsatlinmas

1. Kesempatan Snorkeling

Anda punya kesempatan menyaksikan pesona ikan-ikan kecil lucu, aneka biota laut mengesankan, serta terumbu karang yang menakjubkan selama menyelam di perairan Pantai Sadranan. Hanya bermodalkan Rp 50.000, Anda sudah bisa memanfaatkan fasilitas snorkeling yang dilengkapi peralatan keamanan berstandar internasional.

Seolah masih belum cukup seru, pihak pengelola juga menyiapkan pemandu yang dapat membantu Anda menyelami bawah laut sekaligus mengabadikan momen. Tugas pemandu tersebut adalah menunjukkan di mana sekiranya lanskap indah yang patut dijajal oleh para pengunjung.

Kabar baiknya, Anda bisa meminta hasil salinan foto melalui flashdisk atau smartphone setelah puas berenang ke sana-kemari. Pada prinsipnya, pengunjung tidak akan merasa kesulitan sama sekali karena fasilitas dan pelayanan cukup memadai. Disarankan untuk memanfaatkan waktu pasang air laut jika ingin melakukan snorkeling.

Untuk itu, Anda harus pandai memilih kapan waktu terbaik menyambangi objek wisata bahari ini. Jika bertandang sore hari, pilihannya ada pada pukul 4 sampai pukul 6. Sementara pagi hari, pilihannya pukul 8 sampai pukul 10. Pasalnya, aneka ikan-ikan lucu sedang sangat aktif di waktu-waktu tersebut.

2. Kemewahan Sunrise dan Sunset

Sampai kapan pun, sunrise dan sunset akan selalu menjadi fenomena yang dinantikan oleh jutaan manusia di muka bumi, khususnya para wisatawan. Terlebih, ketika mengunjungi objek wisata bahari setiap orang punya kecenderungan harapan agar bisa menyaksikan kemewahan kedua fenomena alam tersebut.

Ketika sinar sang surya menunjukkan perubahan saturasi warna, mulai dari kuning keemasan hingga jingga kemerahan, merupakan momen yang patut dikagumi. Apalagi, di kawasan pantai biasanya akan dilengkapi oleh semilir angin hangat namun perlahan mendingin, kemudian suara debur ombak seolah bagai nyanyian alam.

Kemewahan ini akan semakin sempurna dan mengundang decak kagum saat bola raksasa merah perlahan tenggelam di balik luasnya samudra. Selain itu, pandangan Anda tidak akan terhalangi oleh apa pun seperti gedung-gedung tinggi, misalnya. Keberadaan gugusan pulau tak jauh dari kawasan pesisir turut melengkapi segala keindahan yang mungkin terwujud.

Daya Tarik dari Pantai Sadranan
Image Credit: Facebook.com @njogjani

3. Lanskap Memukau dari Berbagai Sudut

Jika Anda termasuk orang yang menyukai fotografi dan cukup eksis di sosial media, maka datang ke Pantai Sadranan merupakan keputusan tepat. Pasalnya, Anda akan dimanjakan dengan lanskap menawan di berbagai sudutnya. Tak pelak, situasi demikian bisa memenuhi rasa antusiasme pengunjung akan kebutuhan berfoto ria.

Tidak jauh dari kawasan pesisir, Anda akan menemukan gugusan pulau tersebar acak di tengah lautan sekaligus di sekitar pantai. Menggabungkan pepohonan hijau di atas landasan batu karang yang kukuh. Jajaran pulau kecil tersebut tidak berpenghuni sehingga suasananya tampak segar meski terkesan misterius.

Seakan masih belum cukup, di kawasan pantai sendiri Anda akan berpijak di atas hamparan pasir putih. Butirannya terasa lembut dan halus ketika dijelajahi, bahkan menggoda para wisatawan untuk berlarian ke sana-kemari. Tidak perlu khawatir untuk melepaskan alas kaki selama menyusuri hamparan pasir sebab lingkungan di sini masih cukup terjaga kebersihannya.

Apabila Anda datang bersama keluarga, membangun miniatur istana pasir bisa jadi alternatif kegiatan menyenangkan terutama bagi si kecil. Mengingat ukuran pantai ini cukup luas, Anda bisa mencari spot yang sekiranya sepi atau jarang dilalui wisatawan lain demi kenyamanan dan ketenteraman selama bermain.

Selain itu, masih ada lagi daya tarik yang menggelitik hati pengunjung selama berada di Pantai Sadranan, yaitu jajaran batu karang di sekeliling kawasan. Bebatuan itu tampak keras tetapi artistik sehingga tak pelak berhasil mengundang atensi publik. Walau sulit dan tidak direkomendasikan bagi Anda untuk memanjatnya, namun cukup menarik jika ingin adu gaya di sekitar tebing.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Sadranan

Alamat Pantai Sadranan
Image Credit: Google Maps (Lukkyeos)

Beralamat di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoarjo, Anda perlu melintasi perjalanan sekitar 66 km atau diperkirakan setara 1 jam 55 menit jika berangkat dari Stasiun Tugu Yogyakarta. Terletak di Kabupaten Gunung Kidul, rute yang harus dilewati meliputi Piyungan ke arah Pathuk, diteruskan dari Sambipitu hingga Lanud Gading.

Setelah itu, ikuti arus jalan lurus ke arah bundaran Tugu BPD. Melintasi Jalan Baron sampai di Tanjung Sari, Anda semakin dekat dengan destinasi tujuan. Hanya perlu melewati Krakal, maka Pantai Sadranan sudah ada di depan mata dan siap untuk dijelajahi. Rute tersebut bisa Anda capai menggunakan kendaraan bermotor, baik roda dua maupun empat.

Jika mengalami kesulitan, berdayakan panduan Google Maps dan penduduk lokal yang mungkin Anda temui di sepanjang perjalanan. Walau jaraknya cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta, tetapi tidak akan terlalu membosankan karena pemandangannya indah serta rutenya terbilang aman. Pastikan untuk memilih waktu terbaik dari 24 jam selama seminggu penuh yang dijadwalkan pihak pengelola.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Sadranan

Harga Tiket Pantai Sadranan
Image Credit: Google Maps (Wisata Jogja285)

Tidak terlalu banyak biaya yang harus dikeluarkan agar dapat menikmati pesona Pantai Sadranan. Ada hanya perlu membayar senilai Rp 10.000 untuk tiket masuk, kemudian ditambah sewa parkir Rp 2.000 jika membawa motor, serta Rp 5.000 bagi pengguna mobil. Namun demikian, masih ada sejumlah akomodasi lain jika Anda ingin merasakan pengalaman lengkap.

Misalnya saja, untuk mengendarai jetski dan memacu adrenalin di atas air, Anda akan dikenai sewa peralatan hingga mencapai nominal Rp 250.000 dan sudah termasuk perlengkapan keamanan berstandar internasional. Di samping itu, ada sejumlah gazebo yang disediakan pihak pengelola dengan sewa mulai dari Rp 10.000 sampai Rp 25.000. Adapun penyewaan tikar dibanderol Rp 20.000.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Sadranan

Aktivitas di Pantai Sadranan
Image Credit: Instagram.com @daniratri85

1. Menjelajahi Lautan dengan Bantuan Perahu Kano

Jika Anda tidak memiliki cukup keberanian untuk menyelami bawah laut, maka cobalah berkeliling di atas permukaan air. Tersedia perahu kano dengan sewa per jam sebesar Rp 50.000. Satu perahu kano bisa dinaiki hingga dua penumpang. Dengan begitu, biayanya akan jadi lebih murah saat Anda mengajak seorang teman.

Kondisi ini tentu menguntungkan bagi wisatawan kelompok usia pelajar atau mahasiswa. Terlebih, bagi Anda yang memiliki pasangan. Momen melintasi lautan berwarna biru, bertahan dari hempasan ombak, serta mendekati bukit-bukit karang merupakan pengalaman tak terlupakan yang mampu menambah keharmonisan.

2. Memanfaatkan Arena Camping

Ada sebidang lahan yang memang diperuntukan bagi pelaksanaan camping. Para pengunjung kerap memanfaatkan arena tersebut untuk bermalam dan melakukan rangkaian kegiatan menyenangkan di Pantai Sadranan. Tenda-tenda berdiri kukuh dengan penghangat api unggun di mana-mana merupakan pemandangan lazim yang bisa ditemukan selagi berada di sini.

Tidak hanya ketika malam tiba, tetapi sudah dimulai saat sang surya masih bersinar terik di atas kepala. Ini karena di antara rombongan wisatawan tidak sedikit yang berharap bisa menyaksikan keindahan sunrise dan sunset sekaligus. Karena itu, apabila Anda punya waktu luang, menjadi bagian para pekemah bukanlah pilihan buruk.

Aktivitas Pantai Sadranan
Image Credit: Google Maps (Susi Loyati)

3. Berjemur

Memiliki garis pantai yang terbilang panjang, objek wisata bahari ini cukup menggoda untuk dijadikan sarana berjemur. Anda bisa mengambil posisi langsung di atas hamparan pasir putih atau memanfaatkan sewa tikar sebagai alas tubuh. Sambil menikmati udara hangat, alangkah bagusnya turut mendengarkan musik-musik ceria sesuai selera.

Apalagi, Anda akan ditemani suara debur ombak serta pemandangan naik turunnya air laut. Jangan lupa gunakan tabir surya untuk melindungi diri, bahkan jika perlu lengkapi dengan kacamata hitam atau topi lebar. Agar semakin sempurna, siapkan minuman manis seperti es degan untuk melepaskan dahaga yang mungkin muncul belakangan.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai

Penginapan Terdekat dari Pantai
Image Credit: Agoda.com

1. Penginapan BoB Home

Penginapan sederhana yang cocok untuk para backpacker. Fasilitas umum yang disiapkan berupa tempat parkir dan area merokok. Lokasinya sangat strategis karena berada di antara pantai-pantai favorit di bilangan Gunung Kidul. Anda hanya perlu berjalan sejauh 100 meter menuju Pantai Sadranan jika memilih bermalam di tempat ini. Tarifnya dibanderol mulai dari Rp 220.000-an.

2. Omah Sundak Homestay

Tarif kamar per malam diperkirakan seharga Rp 400.000. keunggulan penginapan ini adalah letaknya persis di depan laut sehingga Anda akan disuguhkan pemandangan menyegarkan setiap kali berdiri di terasnya. Lokasi tujuan destinasi Anda terpaut kurang lebih 350 meter. Meski bentuknya sederhana, tetapi cukup nyaman untuk ditinggali terutama karena bersih dan rapi.

3. Omah Sundak 2

Fasilitas umumnya berupa resepsionis 24 jam, AC, dan lahan parkir. Ruang tidurnya dilengkapi meja, TV, serta kamar mandi ditambah pancuran. Destinasi tujuan Anda terletak kurang lebih pada jarak 326 meter sehingga menginap di sini merupakan keputusan bijak. Sewa per malam dibanderol senilai Rp400.000. Di sekitar sini, mudah ditemukan tokoh buah tangan.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Sadranan Gunung Kidul

Fasilitas Pantai Sadranan
Image Credit: Google Maps (Wisata Jogja21)

Fasilitas yang ada di kawasan wisata pantai juga termasuk lengkap. Kebutuhan dasar pengunjung telah diperhitungkan dengan baik. Tersedia gazebo, warung makan, ruang ganti pakaian, kamar mandi, dan bahkan sewa perlengkapan snorkeling. Jika Anda ingin mendapatkan hasil foto terbaik namun tidak membawa peralatan memadai, sudah ada pula jasa fotografi di sini.

Mengingat pesona unik yang dimiliki Pantai Sadranan berhasil menawan hati, alangkah baiknya Anda ikut melestarikan keunggulan tersebut selagi berwisata di sini. Caranya mudah saja, pastikan untuk tidak membuang samba seenaknya atau meninggalkannya di tempat-tempat tertentu. Lagi pula, pihak pengelola sudah menyiapkan bak pembuangan sehingga Anda tidak perlu kebingungan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending