Pantai Samas Bantul, Pesona Wisata Pantai Eksotis & Taman Bunga Matahari

Pantai Samas Bantul, Pesona Wisata Pantai Eksotis & Taman Bunga Matahari
Harga Tiket: Rp 4.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sogo Sanden, Srigading, Kec. Sanden, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Pantai Samas terkenal sebagai destinasi wisata favorit kalangan anak muda sejak boomingnya pantai ini pada tahun 2019. Pasirnya yang berwarna hitam berpadu dengan gulungan ombak sehingga menciptakan pemandangan yang sangat indah.

Pengunjung yang menyambangi pantai ini dapat bersantai dengan view yang apik. Panorama yang disuguhkan oleh pantai ini memamerkan luasnya lautan yang jauh dari kata ramai. Penat selepas bekerja, ataupun bosan dengan kegiatan yang itu itu saja.

Anda dapat menghilangkan rasa jenuh tersebut dengan berkunjung di wisata Pantai Samas. Sangat direkomendasikan untuk wisatawan yang hendak datang menenangkan diri sembari bersantai.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Samas

Daya Tarik Pantai Samas
Image Credit: Google Maps (Annisa Nur Rahma M)

1. Panorama Indah yang Disuguhkan

Bukan suatu hal yang mengherankan lagi jika Pantai Samas memiliki bentang alam yang indah. Ombaknya yang besar tergulung-gulung di birunya lautan. Sehingga walaupun menjelang siang, udara di sekitar pantai tetap terasa sejuk. Ombak ini membawa angin sepoi-sepoi yang dapat menenangkan jiwa para wisatawan yang datang. Banyak pengunjung merasa betah berlama-lama berada di pantai ini.

Bukan hanya ombaknya saja yang indah, perpaduan antara birunya laut dan pasir hitamnya pun turut menambah keindahan pantai ini. Belum lagi tempatnya yang tidak ramai, semakin menambah kekhasan yang dimiliki. Banyak wisatawan yang datang kesini dengan membawa keluarga dan menjadikannya sebagai tempat rekreasi wisata yang indah.

Sunset merupakan suatu hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh penikmat senja. Nah, jika waktu sore hari menjelang, tepatnya sebelum matahari terbenam. Pantai ini akan menawarkan puncak dari keindahan yang dimilikinya. View eksotis pun tak luput dari pantai berpasir hitam ini. Banyak orang yang mengabadikannya dalam jepretan foto.

2. Adanya Tempat Konservasi Penyu

Penyu merupakan hewan yang sekarang sudah terancam punah. Dijuluki kura-kuranya Asia Tenggara ini terancam punah karena berbagai faktor yang diakibatkan oleh manusia. Rusaknya habitat karena adanya eksploitasi laut secara besar-besaran, perburuan penyu, hingga perubahan iklim akibat pemanasan global menjadi faktor mengapa penyu terancam punah.

Untuk mengatasi kemungkinan-kemungkinan yang buruk terjadi, pemerintah pun mendirikan tempat konservasi penyu. Konservasi penyu ini bertujuan untuk menyelamatkan populasi penyu agar tidak punah. Di dalam tempat konservasi ini, penyu-penyu akan ditingkatkan imun tubuhnya serta menjauhkan penyu-penyu dari predator.

Konservasi penyu juga terdapat di Pantai Samas ini. Terdapat empat jenis penyu yang biasa bertelur disini, yaitu penyu lekang, sisik, hijau, dan penyu belimbing. Karena adanya konservasi penyu, pengunjung yang datang bersama keluarga bisa menambah wawasan sekaligus kepedulian terhadap populasi penyu. Dengan adanya konservasi penyu juga membuat wisatawan banyak berdatangan.

Daya Tarik dari Pantai Samas
Image Credit: Google Maps (Faishal Eko)

3. Adanya Taman Bunga Matahari

Lokasi wisata lainnya sekaligus daya tarik dari pantai ini ialah adanya taman bunga matahari yang cantik. Dulunya taman indah ini tidak dibuka untuk umum. Pemilik dari taman bunga matahari indah ini hobby menanam bunga matahari untuk melindungi tanaman cabai miliknya dari hembusan angin. Tetapi, karena keindahannya yang tidak kalah dari obyek wisata utama, taman ini pun menjadi populer.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Samas

Alamat Pantai Samas
Image Credit: Google Maps (A. Widi Astuti)

Pantai Samas merupakan sebuah destinasi wisata bagi para wisatawan yang hendak menikmati ketenangan yang disuguhkan. Pantai ini terletak di Yogyakarta dengan jarak kurang lebih 35 km jika diukur dari Yogyakarta. Akses menuju pantai sudah terbilang mudah sebab jalan yang dilalui telah dibuat dengan baik. Bahkan pengunjung tidak akan menemui jalan rusak ataupun berlubang.

Waktu tempuh untuk menyambangi pantai eksotis satu ini ialah sekitar 1 jam jika dihitung dari pusat Kota Yogyakarta. Pengunjung juga tidak perlu khawatir akan kemacetan yang akan menghampiri jika libur mendatang. Pantai ini memiliki akses jalan yang cukup lengang, sehingga akan meminimalisir terjadinya kemacetan. Walaupun terbilang tidak macet, pada hari libur akan banyak wisatawan yang berkunjung.

Untuk wisatawan yang hendak berkunjung dari Yogyakarta bisa langsung ke Jalan Bantul, untuk menuju kesini wisatawan dapat melewati Jembatan Janti. Setelah sampai di Jalan Bantul, wisatawan bisa menuju ke simpang empat di Palbapang untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke Jalan Samas. Selepas tiba di lokasi wisata, pengunjung hanya harus mengikuti jalur untuk kemudian sampai di obyek wisata.

Tidak hanya terkenal akan pasir hitamnya yang berpadu dengan gulungan ombak saja. Pantai Samas juga terkenal akan tarifnya yang pas dikantong. Mungkin itulah kenapa, pada 2019 pantai ini booming dikalangan anak muda. Karena panorama yang disuguhkan begitu memanjakan mata serta tarif yang harus dikeluarkan untuk menyambangi obyek wisata ini pun dinilai terjangkau.

Untuk pengunjung yang berniat bersantai disini menggunakan kendaraan umum seperti bis, pengunjung bisa menyiapkan dana sekitar Rp 70.000. pengunjung pun akan dibawa dari Yogyakarta menuju lokasi wisata. Tidak perlu memikirkan kebosanan di bis, jalan menuju pantai terbilang indah karena pengunjung akan diajak melihat luasnya persawahan, bukit, hingga pegunungan yang sangat ciamik.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Samas

Aktivitas di Pantai Samas
Image Credit: Google Maps (Dewangga Liem)

1. Bersantai Dikelilingi Oleh Panorama yang Indah

Hal yang paling dicari-cari oleh wisatawan yang ingin datang ke Pantai Samas adalah keindahan yang dipamerkannya. Pasir hitam dengan gulungan ombak besar serta birunya lautan seakan dipuja-puja oleh siapa saja yang berkunjung kesini. Walaupun jumlah pengunjung yang datang ke pantai ini tidak begitu ramai, karena tidak ramai inilah yang membuat pantai ini menjadi favorit dikalangan pecinta ketenangan.

Wisatawan yang datang bisa menikmati keindahan yang disuguhkan dengan cara bersantai di area bibir pantai. Di area ini juga berjejer pepohonan cemara yang terlihat anggun tersapu oleh angin yang dihasilkan ombak. Dengan bersantai saja tentu belum lengkap jika tidak sekalian bersantap, wisatawan bisa bersantai sekaligus bersantap olahan makanan yang dijajakan oleh warung makan disini.

2. Menambah Ilmu di Konservasi Penyu

Pendidikan mengenai pentingnya menjaga hewan yang tergolong terancam punah merupakan suatu hal yang wajib. Dengan sadarnya hal tersebut, akan membawa seseorang menjadi lebih peduli terhadap hewan-hewan yang terancam punah. Tidak hanya peduli dengan hewan-hewan itu saja, namun juga akan membangun kepedulian terhadap habitat hewan malang yang terancam punah.

Di lokasi wisata ini juga terdapat konservasi penyu. Pengunjung yang datang ke Pantai Samas bisa sekalian menyambangi tempat konservasi penyu ini. Sangat direkomendasikan untuk wisatawan yang berniat membawa keluarga. Karena selain mendapatkan liburan yang menyenangkan, anak-anak juga akan terdidik dengan adanya tempat konservasi penyu disini.

Aktivitas Pantai Samas
Image Credit: Google Maps (Reza Yusuf)

3. Berfoto di Indahnya Taman Bunga Matahari

Sesuai namanya, bunga ini berbentuk seperti menyerupai matahari. Tidak sedikit orang di dunia ini menyukai bunga matahari. Warnanya yang cerah seakan membawa keceriaan bagi siapa saja yang melihatnya. Mengikuti trend masa sekarang yang kebanyakan bertema aesthetic membuat pangkat bunga matahari menjadi meningkat serta semakin digandrungi oleh banyak orang.

Untuk melihat indahnya bunga matahari, wisatawan pantai tidak perlu jauh-jauh keluar area wisata. Wisatawan bisa mendapatkannya di area dekat pantai. Disini terdapat taman bunga matahari yang sangat cantik, banyak orang yang memanfaatkannya sebagai area berswafoto.

Penginapan Murah di Sekitar Lokasi Pantai

Penginapan Sekitar Lokasi Pantai
Image Credit: Agoda.com

1. OYO 1533 The Paris Ocean

Penginapan ini menyuguhkan tema natural berbalut minimalis. Pada area bersantai terdapat ruang terbuka hijau dengan pohon dan beberapa tanaman yang mengelilingi. Area kamar pun didesain minimalis namun tidak ketinggalan tema mewah. Tempatnya yang bersih pun membuat penginapan ini cocok untuk wisatawan Pantai Samas yang ingin menghadirkan suasana pantai di dalam penginapan.

2. Losmen Kinasih Puncak

Penginapan ini mengusung tema sederhana. Disini terdapat gazhebo yang terbuat dari kayu dan bambu sehingga membuat penginapan terasa tradisional. Spot foto pun tersedia disini, pada bagian atap pelanggan yang menginap bisa melihat birunya lautan sembari bersantap menu makan.

3. Puri Brata Resort & Galery

Hotel berbintang dua ini menjunjung tema tradisional Jawa yang sangat kental. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya berbagai karya seni Jawa yang berada di sekitar area hotel. Menu makanan yang disediakan pun menu makanan tradisional, namun dengan gaya yang khas serta cita rasa yang nikmat.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Samas Bantul

Fasilitas di Pantai Samas
Image Credit: Google Maps (Rochmat Purwanto)

Walaupun Pantai Samas tergolong sepi pengunjung, namun fasilitas yang disediakan sudah lengkap. Berbagai fasilitas yang disediakan oleh pengelola bertujuan untuk membuat pengalaman liburan wisatawan bersama keluarga menjadi lebih menyenangkan. Jadi wisatawan yang datang tidak perlu mengkhawatirkan beragam hal mengenai fasilitas disini, karena sudah lengkap.

Fasilitas umum seperti halnya mushola, toilet, area parkir, warung makan dan cafetaria. Sedangkan fasilitas penunjang seperti area konservasi penyu, taman bunga matahari, hingga wahana bermain tersedia disini. Pengunjung yang datang bisa membawa keluarga untuk berlibur disini, selain karena pemandangannya yang indah beragam manfaat lain pun bisa diperoleh.

Demikianlah hal mengenai Pantai Samas di Bantul yang sudah dirangkum diatas. Walaupun jarak pantai ini tidak terlalu jauh dari kota, kebersihan yang dimiliki pantai ini patut diacungi jempol. Begitupun dengan adanya konservasi penyu yang bisa memberi manfaat untuk si penyu sekaligus untuk orang banyak.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending