Pantai Sanglen Gunung Kidul – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Sanglen Gunung Kidul - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Sanglen salah satu pantai pasir putih yang menawan di Gunung Kidul, Jogja. Wisata bahari yang menyuguhkan pemandangan nan indah masih asri dan bukit karang.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Yang paling sering ditemui adalah wisata pantai yang sangat memukau dan terkenal hingga ke wisatawan manca negara. Namun, ada pula yang belum terlalu populer namun keindahannya sama dengan pantai lainnya di Yogyakarta, yakni Pantai Sanglen.

Pantai pasir putih ini memiliki air yang cukup jernih, masih bersih dan sangat terjaga keasriannya. Hal ini disebabkan masih belum banyak wisatawan yang berlibur ke tempat ini. Selain itu, pantai ini juga memiliki pohon cemara yang banyak dan bisa menenangkan pikiran. Sehingga cocok untuk Anda yang mencari ketenangan.

Bukan hanya itu saja, banyak sekali daya tarik maupun aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan untuk menghabiskan waktu berlibur Anda. Salah satunya adalah berkemah yang dapat membuat pengunjung bisa menikmati wisata ini hingga malam sekalipun. Tentunya suasana malam dan siang akan memberikan momen tersendiri.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sanglen

Daya Tarik Pantai Sanglen
Image Credit: Instagram.com @tonnykuswoyo

1. Area Memancing

Tempat ini memiliki ikan-ikan yang banyak di perairannya. Ikan yang banyak tersebut bisa jadi hasil dari air laut yang masih terjaga kebersihannya sehingga nampak jernih. Wisatawanpun bisa memancing di pinggiran pantai dengan membawa alat pancing sendiri dari rumah.

Oleh sebab itu, tempat ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki hobi memancing. Namun dikarenakan gelombang yang cukup tinggi sertai pasir yang curam, Anda harus tetap berhati-hati saat melakukan aktivitas yang menjadi daya tarik wisatawan ini.

2. Gubug Tua

Gubug tua yang terlihat indah banyak dijumpai di kawasan Pantai Sanglen ini. Apalagi di sekitarnya terdapat bukit-bukit yang tinggi. Biasanya bukit-bukit tersebut dijadikan tempat menaruh barang dan alat yang berguna untuk memancing.

BACA:  15 Pantai Terindah di Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi

Nah, sebab hal itulah gubug yang dikelilingi bukit-bukit tersebut menjadi daya tarik wisatawan. Sebab tempat tersebut banyak dijadikan sebagai spot foto yang unik dan instagramable.

3. Spot Foto yang Menarik

Selain gubug tua adapun spot foto yang menjadi daya tarik pemikat wisatawan. Salah satunya adalah spot foto bukit yang berupa karang mengapit. Tempat tersebut bisa Anda naiki untuk dijadikan foto yang sangat cantik dan kekinian.

Hal tersebut disebabkan latar belakangnya yaitu panorama Pantai Sanglen yang luas akan nampak secara jelas di kamera. Jika Anda takut ketinggian andapun bisa berfoto di kaki bukit tersebut. Sehingga tempat ini sangat cocok untuk Anda yang hobi foto maupun seorang fotografer. Oleh sebab itu, siapkan kamera terbaik Anda.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Sanglen

Alamat Pantai Sanglen
Image Credit: Instagram.com @haii.ochy

Pantai Sanglen ini merupakan salah satu pantai di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di Kabupaten Gunung Kidul. Tempat tersebut lebih spesifik lagi berada di Dusun Kelor, Desa Kemadang yang ada di Kecamatan Tanjungsari.

Jaraknya lumayan jauh, yakni bisa ditempuh dengan waktu sekitar 2 jam hingga 2,5 jam dari pusat Yogyakarta. Untuk aksesnya sendiri sudah cukup mudah. Saat berada di perjalanan menuju Dusun Kelor jalanannya masih teraspal dengan rapi dan mulus. Tetapi setelah melewati dusun tersebut Anda harus melewati jalanan berupa corblok.

Oleh sebab itu, mesin kendaraan Anda harus benar-benar siap. Namun, jika Anda tidak ingin terjadi apa-apa Anda bisa berjalan kaki saja selama 15 – 20 menit agar sampai ke Pantai Sanglen. Kendaraan Anda pun bisa Anda parkirkan di daerah sebelumnya. Tapi, sebelum itu ada rute yang harus Anda lewati.

Rute pertama, yaitu saat Anda berangkat dari Yogyakarta, Anda bisa pergi ke arah Wonosari. Selanjutnya silahkan belok ke Jalan baru. Setelah itu lurus saja hingga sampai ke Kemadang.

Saat sudah berada di daerah Kemadang, Anda tinggal lurus saja untuk menemui titik pos retribusi di Pantai Sepanjang. Kemudian saat mencapai persimpangan, arahkan kendaraan Anda ke area Pantai Watu Kodok.

Andapun tinggal belok kanan dan mengikuti jalan untuk bisa menemui Pantai Sanglen. Pantai ini cukup mudah di temukan letaknya berada di belakang bukit-bukit.

Harga Tiket Masuk Pantai Sanglen Gunung Kidul

Harga Tiket Pantai Sanglen Gunung Kidul
Image Credit: Instagram.com @immotrett

Untuk bisa masuk ke area wisata di Pantai Sanglen, Anda harus membayar tiket masuk yang harganya cukup terjangkau, yakni Rp 10.000 saja per orang. Dengan Rp 10.000 tersebut Anda sudah bisa menikmati indahnya panorama alam di tempat ini.

BACA:  Pantai Ngobaran Gunung Kidul - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Akan tetapi ada sedikit biaya tambahan, yaitu biaya parkir. Tenang saja tarifnya cukup murah kok hanya Rp 3.000 hingga Rp 5.000 per malam untuk Sepeda motor. Sedangkan untuk biaya parkir mobil Rp 5.000 sampai Rp 10.000 per malamnya.

Anda pun bisa menginap di tempat dengan cara berkemah. Namun ada biaya tambahan untuk berkemah yakni Rp 5.000 per orang. Dengan demikian Anda bisa menikmati pantai ini sepanjang malam, sebab pantai ini juga buka selama 24 jam.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Sanglen

Aktivitas di Pantai Sanglen
Image Credit: Instagram.com @immotrett

1. Berolahraga dan Bermain

Teriknya matahari pantai sangat menantang untuk berolahraga. Beberapa olahraga yang dimainkan adalah Voli Pantai dan Sepak Bola. Olah raga ini tentu membutuhkan tim yang bisa diajak untuk bermain bersama. Sehingga cocok sekali dilakukan saat Anda berlibur bersama teman-teman Anda.

Bukan olah raga saja angin yang kencang bisa membuat Anda bermain layang-layang. Tentu akan seru sekali dan bisa melatih kesabaran Anda.

2. Kemah

Tempat ini juga menyediakan tempat untuk berkemah. Sehingga Anda juga bisa menikmati suasana malam di tempat ini. Pantai ini juga relatif sepi pengunjung sehingga sangat pas untuk kemah dan serasa menjadi pulau milik pribadi.

Selain itu kawasan yang masih asri di Pantai Sanglen ini, juga menjadi tempat kemah yang rekomendasi. Apalagi jika Anda kemah bersama teman-teman Anda ataupun kegiatan pramuka.

3. Relaksasi Pasir

Kegiatan yang bisa Anda lakukan di tempat ini adalah relaksasi di pinggir pantai. Selain untuk berjemur pengunjung juga bisa bersantai dan menenangkan pikiran di tempat ini. Deburan ombak beserta terpaan angin menjadikan Anda bisa sangat santai di tempat ini. Namun ada baiknya Anda memilih hari biasa, dimana hari tersebut sepi pengunjung.

Saat sepi pengunjung Anda bisa leluasa di tempat ini, sebab kawasan ini terbilang cukup sempit untuk sebuah tempat wisata. Selain itu, adapun alternatif lain saat Anda tidak suka panas-panasan, yakni bersantai dibawah pohon cemara dan pandan.

Pohon-pohon cemara di tempat ini terlihat sangat rindang dan masih asri. Sehingga hal tersebut bisa menyejukkan mata yang memandang.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Sanglen

Penginapan Pantai Sanglen
Image Credit: Agoda.com

Bagi Anda yang tidak suka kemah, adapaun alternatif yang lain. Alternatif tersebut adalah menginap di penginapan terdekat. Penginapan tersebut diantarannya adalah sebagai berikut:

BACA:  Pantai Sundak Gunung Kidul - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

1. Hotel Kukup Indah

Hotel ini terbilang cukup murah. Sebab harga per kamar untuk waktu semalam mulai dari Rp 114.509 saja. Fasilitas yang diberikanpun cukup menunjang kebutuhan tamunya, yakni parkir gratis, lokasi yang strategis, serta free wifi yang ada di area hotel.

Oleh sebab itu, hotel ini sangat rekomendasi untuk Anda yang akan berlibur ke Pantai Sanglen dan menginap. Sehingga Anda pun juga tidak kecapean di tengah perjalanan pulang.

2. Penginapan Djayantika

Penginapan terletak di Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul. Selain itu kamar mandinya ada di dalam area Anda. Andapun bisa menikmati pemandangan indah di tempat ini.

Nah, sebab itu tempat ini cocok untuk Anda yang ingin bersantai sambil melihat pemandangan indah di area penginapan. Harganya pun lumayan murah yakni Rp 175.967 saja per kamarnya dalam waktu inap semalam.

3. Penginapan Joko Samudro

Penginapan Joko samudro juga terletak di Kecamatan Tanjungsari. Untuk harganya sendiri cukup murah yakni Rp 129.536. Dimana fasilitas yang di sediakan juga cukup memadai seperti lokasi yang bersih dan nyaman, parkir kendaraan gratis, dan lain-lain.

Bukan hanya itu saja, andapun diperbolehkan membawa hewan peliharaan. Baik itu anjing ataupun kucing. Namun, Anda harus membayar biaya tambahan. Oleh sebab itu, tempat ini sangat cocok untuk Anda yang tidak bisa lepas dari hewan peliharaan.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Sanglen Gunung Kidul

Image Credit: Instagram.com @rafelclaudio

Pantai Sanglen memiliki fasilitas yang cukup memadai. Meskipun fasilitas tersebut masih sederhana, namun masih dapat memenuhi kebutuhan Anda. Misalnya toilet umum, area parkir, kamar mandi bilas, serta musholla.

Oleh sebab itu, saat selesai memancing bisa jadi baju Anda akan basah, Anda pun tidak perlu khawatir, sebab tempat ini memiliki tempat bilas khusus. Ketika Anda ingin salat pun Anda tak perlu khawatir akan kesucian tempat yang Anda gunakan salat.

Bukan hanya itu saja, banyak sekali warung yang dapat dijumpai di kawasan wisata ini. Sehingga Anda bisa menjelajah kuliner dan menebus rasa lapar yang datang ketika selesai berenang.

Demikian informasi mengenai wisata Pantai Sanglen di Gunung Kidul. Keindahan alamnya yang mempesona tentu akan memikat hati para wisatawan untuk berkunjung ke wisata pantai ini.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending