Pantai Santolo Garut – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Santolo Garut

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Santolo di Garut menawarkan keindahan bahari yang memukau. Menampilkan birunya laut dan hamparan pasir putih yang menjadi daya tarik utama untuk dijelajahi.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Desa Pamalayan, Kec. Cikelet, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Kota Garut terkenal dengan beragam objek wisata yang berhasil menarik perhatian wisatawan. Terutama destinasi pantai yang membuat siapapun terpesona dengan panorama alamnya. Salah satunya Pantai Santolo yang termasuk dalam 7 wisata unggulan di Kota Garut. Lalu apa saja yang menjadi daya tarik dari tempat wisata ini? Simak ulasannya berikut.

Mitos dan Larangan Bagi Wisatawan Pantai Santolo

Mitos Pantai Santolo
Image Credit: Twitter.com @alineadotid

Letaknya yang masih menjadi satu garis pantai dengan pantai selatan, membuat wisata bahari ini masyhur dengan keberadaan sosok Nyi Roro Kidul. Masyarakat setempat mempercayai bahwa Ratu Pantai Selatan adalah penunggu sekaligus penguasa laut selatan. Hal tersebut menjadikan Pantai Santolo diselimuti oleh mitos dan nuansanya terkesan angker.

Mitos yang berkembang ialah larangan wisatawan luar Kota Garut untuk bermain atau berenang di laut. Larangan tersebut berlaku pada dua pekan sebelum puasa dan sesudah lebaran. Mitos semakin beredar kuat dengan seringnya kejadian wisatawan yang meninggal akibat terseret ombak. Dan kisah itu lantas dihubungkan dengan keberadaan Nyi Roro Kidul yang meminta tumbal.

Sejauh ini kebenarannya masih dipertanyakan dan dipatahkan oleh beberapa orang, bahwa kejadian itu murni karena faktor alam dan kelalaian pribadi. Meskipun begitu tetap saja mitos tersebut dipercaya oleh warga setempat dan para wisatawan. Oleh karena itu pengunjung dihimbau untuk berhati-hati, dan lebih baik menghindar saat ombak sedang tinggi.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Santolo

Daya Tarik Pantai Santolo
Image Credit: Google Maps (Syaiful Finandika)

Terlepas dari mitos yang beredar di kalangan wisatawan, pantai ini menjadi salah satu wisata favorit yang tidak bisa dilewatkan. Alhasil objek wisata ini pengunjungnya terus meningkat dari waktu ke waktu, seiring dengan tersajinya berbagai fasilitas dan wahana yang dipenuhi oleh pengelola. Dan tentunya hal tersebut kian menambah daya tarik tersendiri untuk Pantai Santolo.

Suasana pantai ini bisa dibilang cukup syahdu dan tenang karena lokasinya berada jauh dari pusat kota. Butuh perjalanan panjang untuk sampai di tempat eksotis ini, namun lelahnya akan terbayar setelah menyaksikan sendiri keelokan alamnya. Panorama yang disuguhkan sangat indah dan menakjubkan, dengan paduan pantai serta pegunungan yang membuat Anda berdecak kagum.

BACA:  Pantai Batu Karas Pangandaran - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Hamparan pasir putihnya membentang luas di sepanjang bibir pantai. Tekstur pasir yang lembut tidak akan membuat kaki Anda terluka saat berjalan di atasnya. Air laut jernih berwarna biru menjadi kombinasi paling mengagumkan diantara wisata pantai lainnya. Perpaduan keseluruhan alamnya membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama disini.

Daya Tarik Pantai Santolo Garut
Image Credit: Facebook.com @rugerifmgarut

Tak hanya pantainya saja yang ciamik, Pantai Santolo juga memiliki ombak yang cukup tenang. Namun berdasarkan mitos yang berhembus, wisatawan dilarang berenang atau bermain di laut pada waktu-waktu tertentu. Di luar dari peraturan tersebut, Anda tetap bisa menikmati keindahan bahari yang mengagumkan ini.

Keindahan bawah laut pantai ini juga tidak bisa dilewatkan saat berkunjung kesini. Deretan terumbu karang yang menawan dan masih terjaga alami, saking alaminya sampai menjadi rumah bagi beragam biota laut. Ditambah lagi berbagai macam ikan laut yang menambah poin keindahan. Dunia bawah laut ini bisa Anda nikmati dengan melakukan aktivitas snorkeling atau diving.

Selain itu Pantai Santolo merupakan tempat kegiatan para nelayan berlangsung. Sebab terdapat dermaga kapal ikan, yang menjadi pusat nelayan saat pulang atau pergi melaut. Dari bibir pantai Anda juga bisa melihat Muara Cilauteureun, dalam bahasa sunda berarti laut yang berhenti. Keunikan dari muara ini ialah aliran airnya berasal dari laut menuju ke sungai.

Rute Perjalanan & Harga Tiket Masuk Pantai Santolo

Harga Tiket Pantai Santolo
Image Credit: Google Maps (Muhamad Lutvan)

Untuk sampai di Pantai Santolo Anda perlu melakukan perjalanan cukup panjang. Di samping itu terdapat beberapa rute jalur yang bisa Anda tempuh. Meskipun jarak menuju ke lokasi memakan waktu lama bila berangkat dari pusat kota, namun perjalanan tidak terasa membosankan. Karena sepanjang jalan disuguhi oleh pemandangan alam dan nuansa yang menyenangkan.

Rute pertama yang bisa Anda ambil ialah melalui jalur Ciwidey, lalu menuju ke daerah Cisewu. Setelah sampai ke daerah Cisewu Anda masuk ke wilayah Bungbulang, kemudian ikuti rute hingga tiba di Pameungpeuk. Jika memilih pakai jalur ini Anda akan memakan waktu yang lama, namun sebagai bonusnya selama perjalanan akan melihat pemandangan yang indah.

Rute kedua ialah melewati Kota Garut kemudian menuju ke daerah Cikajang. Setelah itu lanjutkan perjalanan ke arah Cikelet. Ikuti petunjuk arah sampai Anda menemukan wilayah Paeungpeuk. Rute ini dilalui banyak kendaraan umum, jadi memudahkan bagi Anda yang ingin berpetualang. Minusnya kemacetan saat musim liburan karena wisatawan banyak yang memakai jalur ini.

Rute ketiga diperuntukkan bagi Anda yang berangkat dari Kota Bandung. Anda harus mengambil jalur ke Raca Bali, kemudian melanjutkan perjalanan ke Naringgul. Lalu melewati jalur Ciduan hingga tiba di Rancabuaya, setelah itu barulah Anda sampai di Santolo. Jalur ini aman dilewati karena kondisi jalannya sudah halus dan ramai kendaraan.

BACA:  15 Pantai Terindah di Bangka yang Wajib Anda Kunjungi

Untuk menikmati keindahan Pantai Santolo Anda cukup membayar tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah per orang. Bagi Anda yang mengendarai kendaraan pribadi akan dikenakan biaya parkir. Untuk sepeda motor hanya membayar tarif sebesar 2000 rupiah, sedangkan untuk mobil sekitar 5000 rupiah. Biaya ini sangat murah dan bisa dijangkau baik dari kalangan bawah hingga atas.

Aktivitas Menarik yang Dilakukan di Pantai Santolo

Aktivitas di Pantai Santolo
Image Credit: Instagram.com @tofadya__17

Pantai Santolo akan memberikan momen liburan tak terlupakan, dengan beragam wahana yang disiapkan. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas menarik yang membuat Anda lepas dari rasa jenuh. Wisatawan diajak untuk refreshing pikiran dengan variasi kegiatan menyenangkan. Dijamin liburan kali ini menjadi agenda paling menyenangkan seumur hidup.

Seperti kegiatan saat ke pantai pada umumnya, Anda dapat mengawalinya dengan menyusuri sepanjang pantai. Anda bisa berjalan santai di bibir pantai sambil menikmati hembusan angin yang sejuk. Tak lupa siapkan kamera untuk membidik berbagai objek menarik untuk dijadikan kenangan. Nuansa alam yang damai membuat agenda susur pantai terasa menenangkan.

Jika ingin bereksplor lebih jauh Anda bisa berperahu mengelilingi wilayah Pantai Santolo. Karena berada di perkampungan nelayan sehingga mudah menemukan tempat persewaan perahu. Dari atas perahu wisatawan diajak menikmati panorama birunya lautan, serta biota-biota laut yang dapat diamati dari atas karena jernihnya air laut.

Setelah puas berkeliling, Anda dapat menyebrang ke Pulau Santolo dan menemukan keindahan lain. Di pulau ini Anda bisa melihat air laut dangkal dengan ombak yang cukup tenang. Selain itu wisatawan akan menemukan gundukan karang besar, biasanya dijadikan sebagai spot foto. Secara keseluruhan pulau ini mempunyai sisi view yang instagramable.

Bagi Anda yang menyukai aktivitas menantang mungkin bisa mencoba wahana banana boat. Terutama untuk Anda yang datang bersama keluarga atau rombongan besar. Anda bisa menyewanya untuk merasakan keseruan bermain bersama. Dengan mengikuti laju banana boat yang ditarik kapal, kemudian dijatuhkan tepat di tengah lautan menjadi momen penuh kesan.

Pantai Santolo terkenal dengan keindahan bawah lautnya yang mengagumkan. Terumbu karang serta biota laut yang masih alami, serta ikan-ikan cantik yang berenang diantara cekungan karang. Anda bisa menikmati keindahan tersebut saat melakukan aktivitas snorkeling atau diving. Namun juga bisa mengamatinya dari bibir pantai, karena pantai memiliki perairan yang cukup dangkal.

Ketika sudah memasuki waktu siang Anda bisa mengambil foto di jembatan gantung Pantai Santolo. Disini terdapat dermaga peninggalan masa colonial Belanda sepanjang 100 meter. Jembatan tersebut menghubungkan Pulau Santolo dengan Pulau Curugan. Anda dapat berfoto dengan latar belakang jembatan gantung yang indah.

Di dermaga tersebut wisatawan dapat memancing yang sudah biasa digunakan oleh para nelayan. Spot pemancingan tersebut memungkinkan Anda mendapatkan ikan-ikan besar. Untuk masalah peralatan pancing tidak perlu khawatir, karena pihak pengelola menyediakan tempat penyewaannya.

BACA:  Pulau Biawak Indramayu - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Menjelang sore Anda bisa merapat ke bibir pantai, sembari menanti momen senja yang syahdu. Wisatawan akan melihat dengan jelas proses matahari yang kembali ke peraduaannya. Sebenarnya bukan hanya saat sunset saja, tetapi waktu matahari terbit juga tak kalah mengagumkan. Oleh sebab itu Pantai Santolo terkenal dengan tempat sunset dan sunrise terbaik.

Jika sudah puas bermain beragam wahana dan perut mulai lapar, ada beberapa warung makan yang bisa Anda coba. Ikan-ikan hasil tangkapan nelayan diolah sendiri dan diberikan bumbu khusus. Lalu menjadi kuliner seafood lezat yang siap memanjakan lidah Anda. Mulai dari ikan bakar, cumi-cumi, tongkol, hingga aneka seafood lainnya.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Santolo

Penginapan di Pantai Santolo
Image Credit: Traveloka.com

Kurang puas rasanya bila hanya satu-dua hari saja untuk menikmati pemandangan alam pantai ini. Maka dari itu Anda disarankan untuk menyewa penginapan yang ada di sekitar pantai. Anda bisa memilih beragam penginapan mulai dari hotel, homestay, bungalow, dan villa. Rata-rata penginapan memiliki view terbaik karena berhadapan langsung dengan Pantai Santolo.

Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar 150 sampai 450 ribu, namun jangan dijadikan patokan karena bisa saja setiap penginapan berbeda. Meskipun harga penginapan terjangkau Anda tetap mendapatkan fasilitas yang lengkap. Kamar tidur dengan AC, toilet yang bersih, sampai tempat tidur yang nyaman. Tak jarang juga ada beberapa penginapan yang memberikan menu breakfast.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Santolo Garut

Fasilitas di Pantai Santolo Garut
Image Credit: Google Maps (Noer Riskarawang)

Sebagai salah satu tempat wisata unggulan di Kota Garut, pihak pengelola sudah mempersiapkan banyak fasilitas. Mengingat bahwa ledakan pengunjung semakin meningkat, jadi perlu adanya fasilitas penunjang agar wisatawan betah berlama-lama disini. Jadi bisa dikatakan fasilitas di Pantai Santolo sudah lebih dari cukup, hanya perlu rutin dibersihkan.

Anda akan menemukan beberapa fasilitas umum mulai dari toilet, ruang bilas, dan masih banyak lagi. Di tepian pantai juga tersedia banyak warung makan, yang bisa Anda satap ketika perut sudah kelaparan. Tak lupa tempat penyewaan untuk aktivitas snorkeling dan diving, serta perlatan untuk memancing. Tidak jauh dari tepian pantai juga terdapat toko cinderamata khas Garut.

Jika berkunjung ke Kota Garut memang rasanya belum lengkap saat belum ke Pantai Santolo. Destinasi bahari ini menawarkan banyak keindahan panorama yang tiada dua. Anda diajak untuk menikmati indahnya laut biru, serta hamparan pasir putih yang halus di bibir pantai. Ditambah banyak aktivitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan disini, dan membuat momen paling berkesan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending