Pantai Sanur Bali – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Sanur Bali

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Sanur adalah destinasi wisata bahari yang terkenal dan mengagumkan di Pulau Bali. Menawarkan keindahan alam bak surga dunia, sekaligus momen liburan yang menyenangkan.

Lokasi: Jl. Kusuma Sari No.1, Sanur, Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar.
Map: Cek Lokasi

Nama Pantai Sanur sudah tersohor di segala penjuru dunia. Bahkan setiap harinya tak pernah sepi pengunjung, baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Pemandangannya elok bak sedang berada di surga dunia. Lalu apa sisi keistimewaan Pantai terkenal di Pulau Dewata yang membuatnya begitu menawan?

Sejarah Singkat Pantai Sanur Bali

Sejarah Pantai Sanur Bali
Image Credit: Twitter.com @maria26915

Sudah sejak lama Pantai Sanur dikenal sebagai tempat liburan mempesona di pulau Bali. Namanya telah mendunia sehingga tak heran bila banyak wisatawan asing sering berdatangan. Namun Anda perlu tahu bahwa sebenarnya pantai ini mulai diperkenalkan pada tahun 1937. Seniman asal Belgia bernama A.J. Le Mayeur yang mengenalkan Pantai Sanur ke kancah dunia.

Kala itu Mayeur dibuat jatuh hati dengan pesona alam pantai ini. Selang beberapa tahun kemudian, dirinya semakin jatuh cinta dengan pantai eksotis ini setelah menemukan sang pujaan hati disini. Mayeur memutuskan untuk menikahi Ni Polok, seorang gadis Bali yang membuat sang pelukis ini menyelami keindahan bahari Pantai Sanur.

Mayeur mengekspresikan sisi eksotis pantai ini melalui lukisan. Setiap ada pameran lukisan di mancanegara Mayeur selalu memperkenalkan karyanya. Hingga banyak pengunjung berdatangan karena menyukai detail pesona karyanya. Dari sinilah pantai ini secara perlahan menjelma menjadi wisata Pulau Dewata yang tak boleh dilewatkan.

Bisa dikatakan wilayah Sanur merupakan salah satu perintis adanya pariwisata di Bali. Sebelum adanya Pantai Kuta ataupun destinasi lain, Pantai Sanur yang selalu menjadi jujugan utama para wisatawan. Tak ayal hingga kini setiap wisatawan rasanya tidak lengkap apabila belum menyambangi dataran Sanur.

Daya Tarik Utama Pantai Sanur Bali

Daya Tarik Pantai Sanur Bali
Image Credit: Instagram.com @denpasarkota

Bagi Anda yang belum pernah liburan ke pantai cantik di Pulau Bali tentu akan mempertanyakan apa saja sisi istimewanya. Maka dari itu ada baiknya Anda segera mencari jawabannya, supaya Anda bisa membuktikan sendiri pesona yang ditawarkan oleh pantai ini. Sehingga Anda tidak lagi penasaran seperti apa panorama alam yang sering diperbincangkan.

Tidak semua pantai di Bali memiliki pasir putih namun pengecualian untuk Pantai Sanur. Anda akan menemukan hamparan pasir putih yang terjaga baik. Sepanjang 8 kilometer bentangan pasirnya begitu menawan. Inilah yang membuat Mayeur terkesan dan mengabadikannya ke dalam sebuah lukisan.

Bagian pinggir pantai ini terdapat jalan setapak, biasanya wisatawan memanfaatkannya untuk bersepeda atau berjalan kaki. Di dukung pula dengan fasilitas trek jogging yang menjadikan Kawasan pantai sebagai tempat berolahraga. Apalagi suasana hangat di pagi hari membuat wisatawan kian bersemangat untuk menikmati Sanur sambil berolahraga.

Daya Tarik Pantai Sanur
Image Credit: Facebook.com @kemenkeuri

Sembari jogging Anda bisa menikmati pemandangan sunrise terbaik, yang tidak akan ditemukan dimana pun. Anda juga dapat melihat eksotisme matahari terbit ini dari gazebo, sambil menyesap secangkir teh atau kopi. Tidak hanya waktu pagi saja yang memukau, saat sore hari pun momen matahari terbenam juga tak kalah menakjubkan.

Selain pasir putih yang indah, pantai Sanur memiliki ombak yang relatif tenang. Belum lagi kontur pantai yang dangkal, sehingga menjadikannya sebagai tempat berenang yang aman. Anda tidak perlu khawatir apabila mengajak si kecil bermain air di sini. Namun tetap waspada dan melakukan pengawasan, agar anak tidak sampai melewati batasan pantai.

Di sisi kanan dan kiri pinggir pantai ini terdapat perahu tradisional yang berjajar. Perahu tersebut adalah milik warga setempat, yang juga digunakan untuk berlabuh mencari ikan. Ada beberapa perahu pula yang disewakan untuk aktivitas mengelilingi sekitar pantai ini. Pemandangan ini kerap dimanfaatkan wisatawan sebagai spot foto instagramable.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Sanur

Alamat Pantai Sanur
Image Credit: Instagram.com @adelssanurdelivery

Pulau Dewata sebenarnya memiliki banyak destinasi bahari yang cukup melimpah. Namun Pantai Sanur tetap menjadi jawara di hati para wisatawan. Seakan sudah menjadi kewajiban untuk mengunjungi pantai di sisi tenggara pulau Bali ini. Apalagi mengingat akses ke pantai pasir putih ini cukup dekat, sebab masih masuk dalam pemerintahan Kotamadya Denpasar.

Kawasan Pantai Sanur tepat berada di sebelah timur Kota Denpasar. Jadi sangat mudah bagi pengunjung untuk menemukan rute tercepat ke pantai ini. Anda bisa menggunakan transportasi umum atau menyewa jasa rental mobil dan motor. Karena masih berada di wilayah area pariwisata kota, Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas transportasi online.

Jika Anda berangkat dari Bandara Ngurah Rai, Anda akan menempuh jarak sekitar 16 kilometer atau kurang lebih 31 menit. Kemudian Anda akan melewati Jalan Nusa Dua atau Bali Mandara menuju ke Benoa Toll Road. Selanjutnya perlu melalui Jalan Bet Ngandang II di Kota Depansar, lalu ke Jalan Danau Tamblingan menuju ke Jalan Duyung barulah sampai di pantai ternama ini.

Lain cerita apabila Anda berangkat dari kawasan tempat wisata Seminyak. Maka harus menempuh jarak sekitar 18 kilometer. Perkiraan waktu tiba di pantai mungkin sekitar 45 menit. Atau misalnya Anda sedang berada di tempat wisata Sawah Terasering Tegalalang, maka jaraknya lebih jauh yaitu 33 kilometer. Anda membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam 10 menit.

Untuk lebih mudahnya Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi Maps. Sehingga akurasi lokasinya lebih tepat dibandingkan memperkirakan sendiri. Atau bertanya ke warga setempat yang mengetahui dengan jelas letak Pantai Sanur. Semakin cepat Anda menemukan rute dan transportasi tepat, maka Anda akan segera melihat keindahan pantainya.

Pengelola pantai ini tidak menetapkan biaya tiket yang dikenakan kepada pengunjung. Para wisatawan bebas memasuki kawasan wisata ini sesuka hati. Walaupun Anda hendak menghabiskan waktu seharian penuh di Sanur juga bukanlah suatu masalah. Wisatawan hanya dikenakan tarif parkir kendaraan, yang berbeda besarannya antara mobil dan motor.

Aktivitas Liburan Menarik di Pantai Sanur

Aktivitas di Pantai Sanur
Image Credit: Google Maps (Bangkit Wiguna)

Pantai Sanur tidak hanya menjual panorama alam yang menakjubkan, tetapi juga beragam kegiatan menarik untuk mengisi liburan. Disini Anda akan menikmati banyak aktivitas seru yang membuat momen liburan terasa sempurna. Bahkan beberapa dari Anda akan mengenangnya sebagai agenda paling menyenangkan seumur hidup.

Seperti agenda wajib saat ke pantai pada umumnya, snorkeling menjadi pilihan utama para wisatawan. Anda bisa melihat sendiri keindahan alam di bawah laut yang menawan. Dengan air laut yang jernih, Anda akan menyaksikan ragam biota laut secara langsung. Jangan lupa mengabadikan keelokannya ke dalam kamera.

Setelah puas bermain snorkeling Anda bisa mencoba sewa perahu kano. Tidak ada salahnya mengelilingi pantai Sanur dengan mendayung santai. Aktivitas ini dapat Anda jadikan sebagai agenda refreshing sambil menatap lautan biru. Semilir angin membuat pikiran Anda lebih rileks sembari melepaskan rasa penat.

Puas bermain kano Anda disarankan bergeser ke Pantai Karang Sanur. Salah satu gugusan dari pantai ini merupakan daerah terbersih. Di sini Anda dapat duduk santai di atas hamparan pasir putih sambil menanti matahari tenggelam. Di sepanjang garis pantai terdapat jalan setapak untuk jalan-jalan maupun bersepeda.

Apabila Anda berkunjung ke Pantai Sanur membawa sang buah hati, sangat direkomendasikan untuk mencoba kegiatan seawalker. Wahana ini diperuntukkan bagi wisatawan yang tidak ahli menyelam, tetapi ingin melihat cantiknya kehidupan bawah laut. Belakangan ini seawalker menjadi agenda edukatif untuk memperkenalkan biota laut.

Sayangnya Anda perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk menyewa peralatan seawalker. Meskipun begitu sebanding dengan pengalaman berkesan yang Anda dapatkan. Anda akan diajak menyelam di kedalaman 6 meter dengan menggunakan helm kedap air. Selanjutnya instruktur akan memandu Anda untuk berjalan secara hati-hati di atas karang-karang laut.

Pantai Sanur juga menyediakan permainan jet ski bagi wisatawan yang ingin memacu adrenalin. Wahana ini mirip seperti di Tanjung Benoa bedanya di pantai ini tanpa disertai instruktur. Tapi tak perlu khawatir meskipun Anda mengendarai jet ski sendirian, sebelumnya Anda akan dibekali dengan pengarahan dari sang ahli.

Jika Anda bosan dengan aktivitas air, Big Garden Corner bisa menjadi pilihan alternatif. Tempat ini adalah lokasi wisata yang cocok untuk anak-anak dan keluarga. Disini Anda akan menemukan tata taman yang indah serta spot foto instagramable. Selain itu tersedia taman air sekaligus restoran dengan beragam hidangan lezat.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Sanur

Penginapan Murah di Pantai Sanur
Image Credit: Agoda.com

Kurang puas rasanya berlibur di Pantai Sanur dalam waktu satu hari saja. Setidaknya Anda memerlukan waktu tiga hari untuk memuaskan hasrat liburan kali ini. Maka dari itu sebelum tiba di lokasi ada baiknya mencari penginapan terdekat, yang sekiranya cocok dengan isi dompet. Selain itu pastikan fasilitas yang tersedia memenuhi standar Anda.

Beruntungnya di sekitar kawasan pantai terdapat banyak penginapan. Jaraknya mungkin beberapa langkah saja dari bibir pantai. Sehingga dari kamar penginapan Anda langsung mendapatkan view pantai. Bahkan Anda bisa menyaksikan matahari terbit dan tenggelam dari tempat Anda bermalam, tanpa perlu turun ke kawasan pantai.

Setiap penginapan menyediakan fasilitas yang berbeda, tentunya dengan harga yang beragam. Namun rata-rata harga sewa kamar penginapan masih ramah di kantong. Untuk fasilitasnya si pengelola sudah menyesuaikan dengan kebutuhan wisatawan. Sehingga Anda dijamin betah berlama-lama untuk berlibur di Pantai Sanur.

Meskipun jumlah penginapan di sekitar pantai cukup banyak, namun Anda tidak boleh meremehkannya. Sebab destinasi wisata ini jarang sepi pengunjung, sehingga otomatis penginapannya pun selalu ramai. Ada baiknya Anda melakukan reservasi terlebih dahulu setelah menemukan tempat yang cocok untuk bermalam.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Sanur

Fasilitas di Pantai Sanur
Image Credit: Twitter.com @pramahotels

Pulau Dewata sudah mempersiapkan ledakan wisatawan dengan apik, termasuk pengelolaan wisata di Pantai Sanur. Salah satu fasilitas yang menjadi daya tarik ialah adanya area wisata lain di sekitar pantai. Jadi pengunjung yang kurang tertarik untuk berbasah ria, bisa mengambil alternatif untuk mengunjungi kawasan tersebut.

Fasilitas lain yang patut diacungi jempol ialah beberapa restoran yang berdiri. Rata-rata menyajikan hidangan lezat dengan harga sesuai kantong. Disini Anda juga bisa menikmati sajian seafood yang masih segar. Bisa dikatakan gaya penyajian restorannya hampir mirip seperti di Pantai Jimbaran.

Ditambah lagi fasilitas hotel berbintang yang menyediakan tempat bermalam dengan tingkat kenyamanan tinggi. Jadi selepas lelah bermain Anda bisa langsung beristirahat dengan nyaman. Belum lagi pelayanan hotel yang membuat Anda semakin betah berlama-lama menginap di Pantai Sanur.

Menghabiskan liburan di Pantai Sanur memang akan memberikan banyak momen berkesan. Pantai yang populer dengan segudang keindahannya ini, sudah dilengkapi dengan berbagai aktivitas menarik. Dijamin liburan yang Anda agendakan jauh-jauh hari akan berakhir dengan kenangan yang menyenangkan. Tertarik untuk mengunjunginya?

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending