Pantai Sayang Heulang Garut – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Sayang Heulang Garut

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga TiketPantai Sayang Heulang, wisata bahari populer di selatan Garut dengan pesona alam yang luar biasa, menarik untuk diekplor saat liburan.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Desa Mancagahar, Kec. Pameungpeuk, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Garut yang lebih terkenal dengan sebutan kota dodol dan juga intan, rupanya menyimpan keindahan wisata pantai yang terpendam. Pantai Sayang Heulang, yang dalam bahasa Sunda berarti sarang burung elang. Jadi jangan heran jika mendapati patung burung elang ketika memasuki kawasan pantai.

Pantai ini berada di Garut selatan. Sebuah destinasi wisata populer yang begitu indah dan terbilang masih perawan. Sebab masih begitu bersih dan alami. Menjadi referensi tujuan liburan yang tidak boleh Anda lewatkan.

Seperti umumnya pantai selatan, pantai ini juga dihiasi batu karang yang kokoh dan deburan ombak besar. Pemandangan air laut berwarna biru kehijauan dan pasir putih kecoklatan yang menghampar indah di sepanjang pantai, sangat cocok untuk Anda yang tengah ingin bersantai.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sayang Heulang

Daya Tarik Pantai Sayang Heulang
Image Credit: Instagram.com @adzikri_zahran07

Wisata bahari ini menawan hati para wisatawan dengan berbagai keindahannya. Daya tarik yang dimilikinya akan membuat Anda ingin berkunjung kembali. Salah satu diantaranya adalah hamparan karang pemecah ombak layaknya karakter pantai selatan pada umumnya namun sedikit berbeda dan lebih istimewa yang ada di sana.

1. Memiliki Bentang Karang yang Indah

Bentang karang yang menjorok jauh ke laut di sepanjang garis pantai, menjadi pemandangan yang sangat menakjubkan. Ketika air surut, Anda dapat berjalan di sepanjang bentang karang hingga sisi laut. Bahkan menurut mitos, ketika air surut akan ada kuda putih gaib yang berjalan di tengah laut.

Di bentang karang tersebut Anda dapat menjumpai ikan berwarna-warni juga biota laut lain seperti moluska juga bintang laut yang terjebak diantara karang sehingga dapat dilihat langsung dengan mata telanjang.

Terkadang bentang karang ini juga dijadikan spot pemancingan sederhana. Setiap air surut, maka akan muncul kolam-kolam kecil di sekitar bentang karang berisi ikan yang bersembunyi di antara bebatuan.

2. Dua Zona Pantai Menarik

Pantai Sayang Heulang terbagi menjadi dua zona yang memudahkan para pengunjung beraktivitas sesuai minatnya. Zona pantai berkarang pada bagian barat yang cocok digunakan untuk berswafoto dengan background langit biru dan deburan ombak yang pecah menghempas karang.

BACA:  15 Wisata Pantai di Banyuwangi yang Paling Hits

Zona lainnya yaitu pantai tidak berkarang yang cocok bagi pengunjung apabila ingin berenang atau sekedar bermain air. Namun, harus tetap berhati-hati karena ombak yang stabil tetapi cukup besar sebagaimana umumnya pantai selatan.

3. Melihat Sunrise di Puncak Bukit Teletubbies

Spot sunrise di puncak bukit teletubbies yang terletak di sebelah barat pantai. Anda dapat mencapai bukit tersebut hanya dengan berjalan kaki dari lokasi pantai. Puncak bukit ini menjadi surga bagi para penggiat photography karena dari sini dapat terlihat wilayah Pantai Sayang Heulang serta menjadi tujuan hunting sunrise di pagi hari.

Begitu unik bukan? Di kawasan pantai, tetapi kita justru bisa memperoleh momen yang biasanya hanya terlihat memukau di kawasan pegunungan. Sekali perjalanan dan Anda peroleh dua momen sekaligus, sunrise berikut dengan sunset.

Daya Tarik dari Pantai Sayang Heulang
Image Credit: Twitter.com @hartasderis

4. Kebersihan Pantai yang Terjaga

Kawasan pantai ini sangat bersih dan sejuk. Hal ini jelas terbukti dengan hampir tidak adanya sampah di sepanjang pantai. Air lautnya juga begitu jernih, bahkan kita dapat melihat ikan-ikan yang berlalu lalang di bawah air.

Ada banyak pepohonan yang dapat dijadikan tempat berteduh di sepanjang pantai. Garis pantai yang cukup panjang dengan hamparan pasir putih halus, begitu serasi berdampingan dengan jernihnya air laut serta batu karang. Cocok untuk sekedar jalan-jalan menikmati kesejukan.

Semakin sempurna menjadi spot foto untuk kenangan Anda, dengan langit biru yang seolah begitu dekat dengan gulungan ombak. Perbukitan di sisi barat juga menjadi panorama yang memikat. Cocok sekali untuk dijadikan background selfie.

5. Spot Sunset yang Indah

Spot sunset yang sangat indah di bawah pepohonan di sepanjang pantai, atau gazebo yang langsung menghadap laut lepas. Jika ingin suasana baru dalam menikmati senja, Anda bisa menuju bukit dan menikmati langit kemerahan dari ketinggian, dari sana nampak jelas pemandangan laut luas dengan gazebo dan pohon di sepanjang pantai.

Bagi para pecinta fotografi ataupun kaum millenial yang hoby berswafoto, momen ini merupakan hal yang paling dinanti untuk diabadikan menjadi kenangan.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Pantai Sayang Heulang

Harga Tiket Pantai Sayang Heulang
Image Credit: Google Maps (Kika Kusdinar)

Pantai ini terletak di Garut bagian selatan tepatnya di kecamatan Pameungpeuk. Jika dihitung dari pusat kota Garut maka letaknya sekitar 30 km atau setidaknya butuh 2 jam dari kota Garut.

Pantai ini letaknya berdekatan dengan salah satu pantai terkenal di garut yakni Pantai Santolo. Jadi Anda bisa juga berkunjung ke pantai Santolo jika berkunjung ke pantai ini. Tentu saja kedua pantai tersebut memiliki karakter, keunikan dan keindahannya masing-masing.

BACA:  Pantai Ujung Genteng Sukabumi - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Ada dua rute yang bisa Anda tempuh untuk bisa sampai ke pantai ini. Rute pertama yakni dari Garut yakni dari Cikajang langsung ke Pameungpeuk. Dengan kemudahan akses GPS, Anda tentu tidak perlu bingung untuk ke lokasi ini.

Rute kedua yakni dari Bandung. Anda bisa ikuti jalur menuju Pangalengan, melewati Rancabuaya menuju Pameungpeuk. Biasanya rute ini digunakan oleh Bus maupun travel.

Dari dua rute tersebut, yang termudah adalah rute dari Garut menuju Cikajang. Untuk kondisi jalanan, kedua rute tersebut melalui jalan yang cukup bagus dan aman.

Pada awalnya pengunjung dapat gratis masuk lokasi wisata pantai ini. Namun, seiring bertambahnya jumlah pengunjung maka dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 5.000,00.

Kini setelah fasilitas dan keamanan ditingkatkan, pengunjung dikenakan tiket masuk seharga Rp 10.000,00/orang. Parkir motor Rp 2.000,00 dan mobil Rp 5.000,00.

Tarif ini bisa saja berubah sewaktu-waktu, tergantung event yang sedang ada. Selain itu Anda juga patut waspada dengan adanya pungutan liar di sekitar lokasi.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Sayang Heulang

Aktivitas di Pantai Sayang Heulang
Image Credit: Twitter.com @infobdg

1. Voli Pantai

Dengan garis pantai yang cukup panjang dan wilayah yang cukup luas, memungkinkan pengunjung untuk bermain voli pantai. Bagi yang ingin mencari keringat bisa bermain voli pantai.

2. Motor Cross

selain untuk berjemur dan bersantai, wilayah sekitar pantai sering juga dijadikan arena balap motor cross.

3. Berpiknik

Para pengunjung dapat berpiknik di bawah pohon yang banyak berjajar di sepanjang pantai. Jika ingin lebih nyaman tanpa harus membawa tikar dan bekal makanan, ada gazebo dan beberapa warung makan di area pantai.

4. Snorkling dan Berenang

Bagi Anda yang hobi snorkling, saat air surut adalah kesempatan bagus untuk menjalankan hobi Anda. Hanya saja belum ada persewaan alat snorkling di area pantai, sehingga pengunjung bisa membawa alat sendiri.

Bagi yang ingin berenang juga disarankan saat air sedang surut. Bagaimanapun juga, meski ombak di Pantai Sayang Heulang terbilang stabil, akan tetapi tetap saja besar dan kuat karena termasuk wilayah pantai selatan yang menghadap langsung Samudera Hindia.

5. Bermain Pasir

Hamparan pasir putih kecoklatan nan lembut, merupakan permainan yang asyik bagi anak-anak. Untuk menghindari bahaya karena berenang, maka bermain pasir menjadi alternatif kegiatan anak-anak di pantai ini.

6. Camping

Di pantai ini juga tersedia camping area. Jam operasional pantai yang 24 jam, memungkinkan pengunjung untuk camping di sepanjang pantai. Namun di sarankan agar tidak terlalu dekat dengan bibir pantai untuk menghindari terjangan ombak besar.

Kegiatan camping di sini juga bisa dijadikan uji nyali. Sebab, instalasi listrik di area pantai hanya untuk 12 jam saja. Selebihnya, Anda hanya akan diterangi sinar bulan dan kerlip bintang yang bertaburan.

BACA:  Pantai Cirewang Subang - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Sayang Heulang

Penginapan di Pantai Sayang Heulang
Image Credit: Booking.com

Bagi Anda pelancong dari luar kota, tidak perlu khawatir mencari tempat bermalam jika kelelahan. Sebab di kawasan pantai tersedia cukup banyak rumah makan dan penginapan. Harga yang ditawarkan mulai 150-300 ribu per kamar, tergantung fasilitas dan ukuran.

Apabila Anda ingin memperoleh tempat menginap yang lebih bagus dan luas, tersedia juga beberapa hotel di dekat lokasi pantai. Hotel-hotel tersebut juga dapat di booking secara online dan offline. Hotel tersebut juga dapat pula membantu menyediakan akomodasi bagi yang perlu.

Alternatif menginap lainnya yang tanpa mengeluarkan biaya adalah camping. Anda hanya perlu membawa tenda juga perlengkapan tidur saja tentunya. Jangan lupa juga lotion anti nyamuk dan senter atau lampu portable bagi yang takut gelap.

Mau menginap di mana bisa di sesuaikan dengan tema liburan dan budget Anda. Hal terpenting adalah tetap nyaman dan dapat menikmati liburan untuk menghilangkan kepenatan.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Sayang Heulang

Fasilitas di Pantai Sayang Heulang
Image Credit: Google Maps (Hendro Saputro)

Di wisata pantai ini, fasilitas umumnya terbilang lengkap dan cukup bersih. Pihak pengelola pantai menyediakan mushola, toilet, rumah makan, gazebo bahkan penginapan. Jadi bagi para pengunjung dari luar kota tidak perlu bingung jika harus menginap karena kelelahan atau terlalu malam untuk melakukan perjalanan pulang.

Baik rumah makan maupun penginapan di lokasi pantai, tidak mematok harga terlalu tinggi. Semua terjangkau oleh pengunjung lokal maupun luar kota. Makanan yang disediakan juga bersih dan nikmat. Kamar penginapan juga sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Hal yang perlu Anda siapkan adalah peralatan mandi pribadi karena tidak ada yang menjual barang-barang tersebut di area pantai. Begitu juga dengan alat sholat, karena di mushola tidak di menyediakan mukena.

Meski toilet cukup bersih tetapi ada baiknya Anda juga membawa tissue basah untuk berjaga-jaga. Terlebih jika Anda memiliki bayi atau balita yang cenderung rentan dengan kuman dan bakteri.

Para wisatawan dapat menikmati keindahan panorama destinasi wisata dengan tenang tanpa harus mengkhawatirkan hal lain. Setelah tiba saat kembali ke kota asal, dapat melakukan perjalanan dengan riang tanpa beban karena benar-benar menikmati liburan.

Badan yang segar dapat menjaga fokus. Hal tersebut berpengaruh pada keselamatan kita dalam berkendara.

Itulah beberapa daya tarik, juga informasi tentang Pantai Sayang Heulang Garut. Bagi Anda yang berencana melakukan perjalanan ke Jawa Barat khususnya ke Kota Garut, maka wisata pantai ini jangan sampai terlewati. Mari menikmati anugerah Tuhan berupa keindahan alam, dengan senantiasa menjaga dan merawatnya agar dapat dinikmati hingga anak cucu kita.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending