Pantai Sendang Biru Malang – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Sendang Biru Malang

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Sendang Biru merupakan pantai pasir putih yang terkenal di Malang. Surga tersembunyi dengan pemandangan alam yang menakjubkan ditambah pesona Pulau Sempu.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sendangbiru, Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing, Kab. Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Kota Malang merupakan kota kedua terbesar di Provinsi Jawa Timur yang terkenal dengan destinasi wisatanya yang melimpah. Mulai dari wisata buatan seperti taman hiburan dan museum hingga wisata alam berupa pegunungan hingga pantai. Salah satu wisata bahari yang paling menarik untuk dikunjungi di Malang adalah Pantai Sendang Biru.

Pantai menawan ini terletak di bagian selatan Kota Malang dan menghadap langsung ke Samudera Hindia yang terkenal dengan ombaknya yang besar. Meski demikian, pantai yang satu ini justru tidak memiliki ombak yang relatif tenang. Pantai ini juga dikenal sebagai surganya berburu hasil laut segar di Malang.

Daya tarik pantai ini tidak hanya sekedar lokasi berburu tangkapan laut saja, namun juga sebagai salah satu wisata bahari yang tersohor di Kota Malang. Tidak jauh berbeda dari sejumlah pantai di Malang yang lokasinya saling berdekatan, Pantai Sendang Biru ini juga dengan beberapa pantai terkenal lainnya, seperti Pantai Balekambang dan Pantai Goa Cina.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sendang Biru

Daya Tarik Pantai Sendang Biru
Image Credit: Twitter.com @infomalang

Begitu Anda memasuki kawasan pantai, Anda akan disambut dengan deretan perahu nelayan yang menepi di bibir pantai. Meski perairan pantai ini menjadi salah satu tempat mata pencaharian para nelayan, pantai ini masih menyimpan berjuta pesona yang tentunya mampu memanjakan para pengunjung lokal maupun dari luar daerah.

1. Ombak yang Tenang

Seperti yang sudah disinggung di atas, Pantai Sendang Biru memiliki ombak yang relatif tenang meskipun berada di bagian selatan Pulau Jawa yang terkenal dengan ombaknya yang besar. Hal ini karena ombak dari Samudera Hindia terhalang oleh Pulau Sempu sebelum bergerak menuju pantai cantik ini sehingga relatif aman bagi Anda yang mengajak putra-putri Anda bermain air.

2. Pemandangan Bahari

Pantai ini tidak hanya sekedar menjadi tempat untuk berburu tangkapan laut yang masih segar. Potensi wisata yang dimiliki oleh pantai yang satu ini juga patut untuk diapresiasi. Birunya air laut yang tenang ditambah dengan hamparan pasir putih yang hangat mampu membuat siapapun ingin berlama-lama bermain di pantai ini.

BACA:  Pulau Sempu Malang - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

3. Lokasi Terbaik Berburu Tangkapan Laut

Pantai Sendang Biru merupakan surga bagi para penikmat tangkapan laut. Semua jenis tangkapan laut yang ditawarkan di sekitar kawasan pantai ini masih terjaga kesegarannya, seperti ikan, kepiting, udang, dan masih banyak lagi. Jika Anda tidak ingin membeli, Anda bisa memancing sendiri dengan menyewa perahu yang akan mengantarkan Anda ke tengah laut.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Sendang Biru

Lokasi Pantai Sendang Biru
Image Credit: Google Maps (Miftakhul Jannah)

Untuk bisa menikmati keindahan bahari di pantai ini, Anda bisa datang langsung ke Desa Tambakrejo, Sumbermanjing, Kabupaten Malang. Rute menuju pantai ini sebenarnya relatif mudah untuk dilalui. Jika Anda berasal dari luar Kota Malang, Anda hanya menempuh perjalanan sejauh 70 km selama kurang lebih 2 jam dari pusat kota menggunakan kendaraan umum.

Anda juga bisa menyewa kendaraan roda dua atau empat dari pusat kota langsung menuju ke arah selatan atau lebih tepatnya ke arah daerah Turen. Setelah itu langsung lurus menuju ke Kecamatan Sumbermanjing. Dari kecamatan ini Anda bisa meneruskan perjalanan hingga menjumpai persimpangan Sendang Biru dan dari sini Anda hanya perlu mengikuti papan petunjuk ke lokasi pantai.

Apabila Anda memilih moda transportasi umum dari pusat Kota Malang ke Turen, Anda harus menyiapkan kocek sebesar 15 ribu. Sesampainya di Toren, Anda bisa menggunakan jasa ojek untuk mengantarkan Anda ke lokasi wisata Sendang Biru.

Harga Tiket Masuk Kawasan Pantai Sendang Biru

Harga Tiket Pantai Sendang Biru
Image Credit: Google Maps (Sucahyo Hari Purnomo)

Sama halnya dengan objek wisata lain, untuk bisa menikmati panorama bahari di pantai cantik ini, para pengunjung diwajibkan untuk membeli tiket masuk terlebih dahulu. Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk menyusuri keindahan pantai ini.

Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 5.000 rupiah per orang dan 5.000 rupiah untuk tiket parkir. Itu adalah tiket masuk yang sangat murah untuk masuk ke sebuah destinasi wisata seelok pantai cantik ini. Pantai ini juga dibuka selama 24 jam non stop dari Senin hingga Minggu.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Sendang Biru

Aktivitas di Pantai Sendang Biru
Image Credit: Twitter.com @lintangbuana

Apa saja kegiatan menarik yang bisa dilakukan begitu Anda tiba di Pantai Sendang Biru? Berikut beberapa kegiatan yang bisa memanjakan Anda di pantai berpasir putih ini:

1. Bermain Air

Siapapun yang berkunjung ke pantai pasti ingin merasakan bagaimana asyiknya bermain air di bibir pantai, terlebih lagi saat mengunjungi pantai ini. Air di pantai berpasir putih ini relatif tenang. Selain itu, airnya juga sangat jernih dan dari kejauhan terlihat sebiru langit. Karena itulah pantai ini cocok untuk sekedar bermain air atau berenang.

BACA:  20 Air Terjun di Malang yang Populer & Terindah

Selain berenang, Anda juga bisa melakukan snorkeling untuk menikmati panorama bawah laut yang disuguhkan oleh pantai di pesisir selatan Pulau Jawa ini. Setelah Anda lelah bermain air, Anda bisa berjemur sambil menikmati sepoi angin di area pantai yang mampu membius Anda.

2. Memancing

Begitu Anda menjejakkan kaki di pantai ini, Anda akan melihat jejeran perahu nelayan yang menepi di pinggir pantai. Jika Anda termasuk orang yang hobi memancing, masyarakat setempat menyewakan perahu-perahu mereka untuk para pengunjung yang ingin merasakan sensasi memancing di pantai ini.

Apabila Anda berhasil mendapatkan ikan, hasil tangkapan bisa Anda pulang tanpa harus membayar. Tak semua objek wisata pantai menyuguhkan kegiatan semenarik ini. Jadi, jika Anda hobi memancing dan kebetulan ingin berlibur ke Malang, sempatkan lah untuk mengunjungi Pantai Sendang Biru.

3. Berkeliling dengan Perahu Wisata

Anda bisa menikmati pesona bahari dari pantai ini dengan menyewa perahu motor yang ditawarkan dengan harga sekitar 100.000 – 150.000 atau perahu dayung dengan harga sewa mulai dari 50.000 – 70.000. Dengan harga sewa sebesar ini, Anda akan diajak mengelilingi kawasan pantai atau bahkan berkunjung ke Pulau Sempu.

4. Menyambangi Pulau Sempu

Pulau Sempu merupakan pulau kecil yang terletak bersebelahan dengan Pantai Sendang Biru. Pulau juga mampu memanjakan mata para pengunjung dengan ekosistem alamnya yang masih terjaga. Hal ini karena Pulau Sempu masih masuk dalam kawasan yang dilindungi. Untuk menyambangi pulau seluas kurang lebih 870 hektar ini, Anda harus menyewa perahu dengan harga sewa sebesar 100.000 rupiah.

Sesampainya di Pulau Sempu, banyak kegiatan menarik yang sangat sayang sekali untuk dilewatkan. Salah satunya adalah mengunjungi sejumlah telaga yang cukup populer di pulau kecil ini, seperti Telaga Lele dan Telaga Anakan. Kedua telaga ini menyuguhkan keelokan alam yang mampu membius siapapun yang menyaksikannya.

5. Menyaksikan Pesta Adat

Jika Anda berkunjung ke pantai ini pada bulan September, Anda bisa menyaksikan pesta adat yang dikenal oleh masyarakat setempat dengan sebutan Pesta Pelik Laut. Pesta ini berlangsung selama sepekan. Acara yang diselenggarakan juga sangat beragam seperti menghanyutkan nasi tumpeng raksasa yang berisi tangkapan laut yang sudah diolah ke tengah laut.

Kegiatan yang dikenal dengan sebutan sedekah laut tersebut dimaksudkan untuk membuang sial dan sebagai ucapan syukur atas semua berkah yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa. Setelah acara sedekah laut selesai biasanya dilanjutkan dengan pagelaran wayang atau konser dangdut.

Penginapan Murah Dekat Pantai Sendang Biru

Penginapan Dekat Pantai Sendang Biru
Image Credit: Google Maps (Homestay Sendang Biru)

Banyak sekali penginapan dan homestay di sekitar kawasan pantai yang bisa Anda gunakan untuk menginap bersama keluarga maupun teman. Berikut adalah beberapa tempat penginapan yang bisa Anda jadikan pilihan:

BACA:  Pantai Tiga Warna Malang - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

1. Homestay Ariesta

Tempat penginapan yang satu ini masih terletak di area Pantai Sendang Biru. Mulai dari 180.000 per malam, Anda sudah bisa menikmati fasilitas berupa kamar yang bersih dan harum serta lengkap dengan pendingin ruangan. Pelayanannya yang ramah bisa Anda jadikan pertimbangan jika sewaktu-waktu ingin berlibur ke pantai ini dan membutuhkan penginapan.

2. Homestay Sendang Biru

Homestay yang satu ini juga masih masuk dalam kawasan pantai. Bahkan hanya berjarak sekitar 500 meter dari pantai. Homestay Sendang Biru tergolong bagus untuk penginapan sekelas homestay dengan rentang harga mulai dari 300.000 per malam, baik dari segi kamar maupun sejumlah fasilitas yang ditawarkan seperti TV LED hingga dapur lengkap dengan perlengkapan memasak.

3. Pondok Bamboe

Tempat penginapan selanjutnya yang bisa Anda jadikan pilihan untuk melepas penat saat berkunjung ke pantai ini adalah Pondok Bamboe. Selain dekat dengan Pantai Sendang Biru, lokasi penginapan yang satu ini juga dekat dengan sejumlah objek wisata seperti Pantai Waru Waru dan Pantai Balekambang.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Sendang Biru

Fasilitas di Pantai Sendang Biru
Image Credit: Twitter.com @velyssiaaa

Sedikit berbeda dengan mayoritas objek wisata pantai di Kabupaten Malang, tidak banyak fasilitas yang disuguhkan di pantai ini mengingat lokasinya yang cukup tersembunyi. Meski demikian, pantai berair tenang ini relatif ramai oleh para pengunjung lokal maupun dari luar kota. Akses masuk ke pantai ini pun sangat mudah dan sudah banyak pemukiman warga di sekitar pantai.

Apabila Anda berencana untuk menginap di kawasan pantai ini, Anda tidak perlu khawatir tidak menemukan penginapan. Justru banyak sekali homestay dengan beragam rentang harga yang bisa Anda pilih sesuai dana yang Anda miliki.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Pantai Sendang Biru merupakan surga berburu ikan segar di Malang. Anda bisa membeli berbagai jenis tangkapan laut dengan harga yang bervariasi. Kalau Anda menginap di homestay yang menawarkan fasilitas dapur, Anda bisa langsung memasaknya dan menikmatinya bersama dengan keluarga maupun rekan Anda.

Mencari tempat makan di sekitar kawasan pantai ini juga tidak sulit. Bahkan banyak sekali warung-warung makan yang menawarkan menu laut yang siap menggoyang lidah Anda. Pantai ini juga dilengkapi dengan area parkir, tempat ibadah, dan juga toilet. Jika Anda ingin mengelilingi kawasan pantai ini, Anda bisa menyewa perahu motor atau dayung dengan harga yang bervariasi.

Meski terletak di kawasan yang cukup tersembunyi, Pantai Sendang Biru tidak kalah dengan sejumlah wisata bahari yang terdapat di Kabupaten Malang. Ombaknya yang tenang, airnya yang jernih, dan pasir putihnya yang hangat merupakan satu dari sekian banyak pesona yang dimiliki oleh pantai yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending