Pantai Sepanjang Gunung Kidul, Pantai Eksotis dengan Keindahan Bawah Lautnya

Pantai Sepanjang Gunung Kidul, Pantai Eksotis dengan Keindahan Bawah Lautnya
Harga Tiket: Rp 30.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Ngalos, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Pantai Sepanjang terkenal sebagai Pantai Kuta tempo dulu. Tak hanya itu, karena keindahannya pantai ini juga disebut sebagai Kuta-nya Yogyakarta. Pantai ini memiliki pasir yang berwarna putih bersih nan lembut. Pengunjung yang datang dapat berekreasi dengan keluarga diatas pasir. Pantai ini juga menjadi salah satu tujuan destinasi wisatawan dalam maupun luar kota.

Layaknya nama yang diberikan, wisata alam ini memiliki garis pantai yang terpanjang diantara pantai-pantai yang berada di Gunungkidul. Panjangnya pantai seakan menarik pengunjung yang ingin datang kesini. Sangat disarankan untuk dikunjungi para pekerja kantoran untuk melepas penat sehabis bekerja. Dijamin, jika wisatawan yang berkunjung disini akan merasakan liburan yang berkualitas.

Pengunjung Pantai Sepanjang juga dapat merasakan kelengkapan fasilitas yang telah disediakan. Fasilitas yang disediakan sangat lengkap, mulai dari area parkir, restoran seafood hingga tersedianya penginapan. Serta beberapa gazhebo khusus untuk pengunjung yang ingin menikmati bersantai di pantai eksotis satu ini. Fasilitas yang tersedia dapat menunjang kebutuhan liburan wisatawan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sepanjang

Daya Tarik Pantai Sepanjang
Image Credit: Twitter.com @febriawh

Sepanjang adalah salah satu pantai dengan garis pantai terpanjang di Gunungkidul. Pantai ini tiap tahunnya selalu dikunjungi oleh wisatawan dari dalam maupun luar kota. Seperti halnya Pantai Kuta, pantai ini juga menjadi salah satu tujuan destinasi wisatawan yang hendak menikmati pantai di Yogyakarta. Dengan semua daya tarik yang dimilikinya, pantas saja kalau pantai ini menjadi favorit.

1. Pemandangan yang Tak Kalah dari Pantai Kuta

Pantai ini dijuluki kembarannya Pantai Kuta karena panorama alam yang disuguhkan benar-benar membuat siapa saja yang mengunjunginya akan terkagum-kagum. Hamparan pasir putihnya yang lembut disertai dengan laut biru tosca-nya yang apik merupakan perpaduan pemandangan alam yang sangat indah. Tak sedikit pengunjung yang mengambil foto berlatar belakang pantai eksotis ini.

2. Spot Foto yang Ciamik

Tak hanya keindahan pemandangan yang dibuat secara alami. Pantai Sepanjang juga memiliki banyak spot foto menarik yang dapat wisatawan manfaatkan sebagai tempat mengambil foto. Spot foto yang disediakan seakan kontras dengan indahnya pantai. Cocok bagi wisatawan pemburu foto demi menaikkan followers akun instagram.

3. Keberagaman Biota Lautnya yang Cantik

Apalah artinya pantai yang eksotis jika biota lautnya tidak turut eksotis. Pantai ini memiliki banyak sekali macam biota laut mulai dari terumbu karang, rumput laut hingga bulu babi. Wisatawan tidak perlu susah payah menyelam ke kedalaman hanya untuk menikmati keindahannya, wisatawan cukup menunggu saat air di pantai ini surut ketika sore hari maka akan terlihat berbagai biota laut yang pastinya eksotis.

Daya Tarik Sepanjang
Image Credit: Google Maps (Higmah Savitri)

4. Pepohonan Rimbun Ibarat Payung Kesejukan

Pantai Sepanjang memiliki pepohonan palem yang rimbun di bagian bibir pantai. Jadi untuk wisatawan yang hendak berkunjung tidak perlu khawatir kepanasan saat menyambangi pantai eksotis satu ini. Pepohonan yang rimbun membuat udara di sekitar pantai menjadi sejuk, jadi pengunjung tak hanya bisa merasakan sejuknya angin yang dihasilkan ombak namun juga sejuk karena pepohonan yang rimbun.

5. Adanya Situs Bersejarah Banyusepuh

Tak hanya memamerkan keindahan alam, pantai ini juga memiliki sebuah situs bersejarah yang terletak tidak jauh dari obyek wisata. Berdasarkan kabar burung yang berkeliaran, situs bersejarah ini dahulunya kerap kali digunakan para wali sebagai tempat untuk mencuci sekaligus membasuh senjata mereka. Wisatawan dapat berjalan-jalan di sekitar situs yang tentunya bermanfaat untuk menambah ilmu.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Sepanjang

Alamat Pantai Sepanjang
Image Credit: Google Maps (Shafa Lyana)

Pantai Sepanjang ialah salah satu pantai yang terletak di Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasi wisata eksotis ini berjarak 62 km dari pusat Kota Yogyakarta. Akses menuju pantai sudah terbilang mudah dilalui. Bahkan terdapat jalan beralaskan aspal di dekat gazhebo. Jalan menuju lokasi juga dinilai bersih dari sampah, wisatawan yang datang diharuskan untuk menjaga kebersihan pantai.

Waktu tempuh untuk menyambangi pantai satu ini berkisar antara 1 jam lebih 40 menit dari Kota Yogyakarta. Waktu tempuh ini juga tergantung dari jumlah wisatawan yang datang, biasanya pada waktu libur sekolah dan cuti kerja telah menjelang maka jalan menuju lokasi akan sedikit macet mengingat keindahan yang pantai ini suguhkan membuat orang berlomba-lomba datang kesini.

Pengunjung yang hendak datang bisa menggunakan kendaraan umum maupun pribadi layaknya mobil dan motor. Wisatawan yang datang dapat memarkirkan kendaraan mereka di area parkir, jadi untuk pengunjung yang berniat menyambangi pantai ini tidak perlu khawatir tentang lahan parkir yang sempit sebab pengelola pantai sudah memfasilitasi area parkir.

Rute menuju pantai ini dapat dimulai dari pusat Kota Yogyakarta menuju ke Piyungan selanjutnya ke Pathuk, Jalan Wonosari. Setelah sampai di Pathuk, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan menuju ke Jalan Baron yang bertempat di Kemadang. Lalu ketika sampai di pertigaan Baron, pilih jalan ke kiri menuju Pantai Kukup dan lanjut ke arah Timur hingga sampailah di Kuta-nya Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Sepanjang

Harga Tiket Pantai Sepanjang
Image Credit: Google Maps (Rifky Zulfa)

Pantai Sepanjang terletak sedikit jauh dari pusat Kota Yogyakarta, yakni 62 km. Walaupun jauh pengunjung yang berkunjung ke wisata alam ini tak pernah sekalipun merasa rugi mengenai biaya yang harus dikeluarkan untuk menyambanginya. Karena wisatawan merasa puas melihat keindahan yang dipaparkan, mulai dari pasir putihnya, ombak, warna biru tosca lautnya, hingga sejuknya pepohonan.

Wisatawan yang hendak mengunjungi wisata alam ini bisa menaiki bus dari Yogyakarta menuju Wonosari. Namun, Anda tidak perlu khawatir mengenai biaya yang harus dikeluarkan. Pengunjung akan dikenai tarif sebesar Rp 30.000, tarif ini dinilai cukup murah jika dibayar dengan keindahan yang disuguhkan. Dijamin, pengunjung tidak akan merasa rugi.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Sepanjang

Aktivitas di Pantai Sepanjang
Image Credit: Google Maps (Setyo Budi Saptono)

1. Bersantai di Sekeliling Panorama Indah

Bukan suatu hal yang mengherankan jika Pantai Sepanjang memiliki panorama pemandangan yang sangat indah, saking indahnya pantai ini bahkan dijuluki kembarannya Kuta. Walau dijuluki kembarannya Kuta, pantai ini tidak kalah cantiknya dari Pantai Kuta yang ada di Bali. Wisata alam satu ini memiliki pasir yang putih bersih serta ombak dan air lautnya yang eksotis.

Wisatawan dapat menikmati momen ini dengan cara berjemur ataupun sekedar bersantai di atas pasir putihnya yang lembut. Tidak perlu khawatir kulit mengenai efek sinar matahari yang ekstrem karena ombak disini cukup besar dan akan membawa angin segar untuk wisatawan yang sedang bersantai. Sangat direkomendasikan untuk Anda yang hendak bersantai-santai sembari mengagumi ciptaan-Nya.

2. Berswafoto di Spot Kece Layaknya Selebgram

Guna menarik lebih banyak wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai ini, pihak pengelola pun membuat beberapa spot foto yang bisa digunakan oleh pengunjung. Spot foto yang disediakan pun tidak kalah cantiknya dengan pemandangan alam yang disuguhkan oleh pantai. Sangat kontras untuk pengunjung yang ingin mengambil foto disini.

Tidak sedikit pengunjung yang mengabadikan indahnya berfoto di spot foto kece berlatarkan pantai eksotis ini. Pengunjung juga tidak perlu khawatir kalau tidak membawa kamera ataupun seseorang yang bisa dijadikan pemotret, pengunjung bisa menyewa jasa fotografer yang terkadang berada di sekitar area pantai. Fotografer ini bisa memotret Anda dengan hasil yang bagus.

3. Mengamati Beragam Biota Laut

Pantainya yang indah begitu juga dengan biota bawah lautnya. Pada waktu sore hari, air laut di Pantai Sepanjang akan surut dan memamerkan berbagai biota laut. Untuk wisatawan yang membawa keluarga, trip ke pantai ini merupakan suatu ide yang sangat bagus. Wisatawan dapat menambah ilmu buah hati mereka dengan memperlihatkan beragamnya biota laut yang tersedia.

Pengunjung yang datang bisa melihat berbagai biota laut seperti halnya rumput laut, bulu babi, kerang dan sebagainya. Banyak para pencari hewan laut yang datang kesini untuk mengolahnya menjadi makanan. Tidak hanya itu, pengunjung yang beruntung juga dapat melihat proses pembuatan perhiasan dari biota laut yang ada. Sangat menarik bukan.

Aktivitas Pantai Sepanjang
Image Credit: Twitter.com @hyacintz

4. Piknik Dibawah Sejuknya Pohon

Saat siang hari menjelang, terkadang udara di sekitar area pantai terasa panas. Namun tidak dengan pantai eksotis satu ini. Di sepanjang bibir pantai berderet pepohonan yang dijamin dapat membuat udara di sekitar menjadi sejuk. Belum lagi ditambah oleh kesegaran angin yang dibawa ombak. Semakin membuat wisatawan yang berkunjung menjadi nyaman.

Pengunjung dapat menikmati sejuknya pepohonan dengan bersantap makan diatas gazhebo-gazhebo yang telah disediakan oleh panitia. Pengunjung juga tidak perlu repot-repot membawa alat santap dan makanan, karena semua telah tersedia disini. Dengan piknik di pantai ini, dijamin keharmonisan keluarga akan semakin bertambah.

5. Menambah Ilmu di Banyusepuh

Spot wisata bersejarah yang terletak tidak jauh dari Pantai Sepanjang ini dapat Anda kunjungi juga. Apalagi untuk Anda yang membawa anak-anak, bisa menambah ilmu pengetahuan mereka mengenai situs bersejarah di Kota Yogyakarta. Belum lagi tempatnya yang tidak jauh dari pantai, jadi tidak ada alasan untuk tidak mengunjungi situs bersejarah satu ini.

Situs bersejarah ini agak sulit ditemukan, pengunjung yang ingin menyambanginya bisa bertanya kepada warga sekitar. Namun sayang beribu sayang situs bersejarah ini sudah rusak termakan usia, faktor lainnya ialah tidak terawatnya tempat bersejarah ini. Situs ini sekarang hanya berupa kubangan air yang banyak dihinggapi ilalang, padahal dulunya sebagai tempat membasuh pusaka milik para wali.

Penginapan Murah di Sekitar Lokasi Pantai

Penginapan Murah di Lokasi Pantai
Image Credit: Trivago.co.id

1. Penginapan Panorama

Penginapan ini terletak berseberangan dari Pantai Sepanjang, karena letaknya yang dekat inilah banyak wisatawan pantai bermalam di penginapan ini. Udara di penginapan ini juga sejuk karena banyak terdapat pepohonan, jadi pengunjung dapat merasakan kesejukan jika menginap di penginapan ini. Tempatnya yang sederhana layaknya rumah pribadi pun menjadi nilai tambah.

2. Homestay Jowo Segoro

Homestay bergaya tradisional Jawa ini berada tidak jauh dari lokasi wisata. Pengunjung yang bermalam di homestay ini dapat merasakan aura tradisional Jawa yang kental, bayangkan saja saat menemui pintu masuk kita sudah disuguhi oleh tampilan rumah Joglo layaknya rumah tradisional Jawa. Sangat direkomendasikan untuk Anda yang lelah selepas bermain di pantai.

3. Penginapan Mitra Buana

Penginapan lainnya yang terletak dekat lokasi wisata adalah Penginapan Mitra Buana. Letaknya berada di tengah-tengah Penginapan Panorama dan Homestay Jowo Segoro. Penginapan ini sangat tinggi mengusung tema sederhana. Di sekitaran penginapan juga dihiasi beragam pepohonan yang rimbun. Udara di sekitar pun sangat sejuk.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Sepanjang Gunung Kidul

Fasilitas Pantai Sepanjang
Image Credit: Twitter.com @jogjatamasya

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola wisata pantai sudah tergolong lengkap dan memadai. Pengunjung dapat menikmati pesona pantai sembari difasilitasi oleh fasilitas yang tersedia. Seperti halnya pengunjung dapat piknik bersama keluarga di gazhebo dan bersantap makanan yang disediakan oleh warung makan. Tak hanya itu saja, fasilitas umum seperti halnya toilet juga tersedia disini.

Demikianlah beberapa hal terkait Pantai Sepanjang. Pantai ini masih tergolong asri dan sangat jauh dari kata sampah. Tugas kita selanjutnya ialah menjaga kebersihan dengan cara membuang sampah pada tempatnya. Bukan hanya di sekitar area pantai saja, namun juga dimana pun kita berada. Membuang sampah sembarangan membuktikan diri Anda tidak pantas untuk menikmati indahnya ciptaan-Nya.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending