Pantai Sigandu, Batang

Pantai Sigandu, Batang

Lokasi: Sidomulyo, Klidang Lor, Kec. Batang, Kab. Batang.
Map: Cek Lokasi

Pantai, secuil surga di bumi yang banyak diburu orang untuk dinikmati keindahannya. Saat berbicara mengenai pantai, Indonesia termasuk salah satu negara penyumbang pantai eksotis terbanyak di dunia. Dengan garis pantai sepanjang ratusan ribu kilometer, tidak salah jika menjadikan pantai sebagai destinasi wisata utama. Tidak sedikit pantai pantai di Indonesia yang menjadi incaran wisatawan domestik maupun mancanegara.

Membicarakan pantai, Kabupaten Batang menyumbangkan banyak pantai yang bisa menjadi destinasi wisata menarik. Salah satunya adalah Pantai Sigandu. Dikabarkan tempat liburan yang terletak di bagian utara pulau Jawa ini menawarkan kenyamanan kepada pengunjung untuk segala usia, dengan berbagai fasilitas lengkap yang ditawarkan. Penasaran mengenai pantai Sigandu? Yuk simak ulasannya disini.

Daya Tarik Pantai Sigandu

Daya Tarik Pantai Sigandu
Image Credit: Instagram.com @idrissaelany

Batang, merupakan sebuah wilayah yang terletak di utara pulau Jawa tepatnya utara Jawa Tengah. Dengan letak geografis tersebut, membuat kota Batang bertemu langsung dengan laut Jawa sehingga memiliki beberapa pantai. Karena letaknya di utara, membuat ombak pantai tersebut tidak terlalu besar dengan pantai yang landai juga sangat nyaman digunakan untuk bermain ataupun sekedar menikmati pemandangan.

Tidak hanya itu, ada yang lebih menarik di pantai utara Jawa ini. Yang mana disaat matahari terbenam, adanya pancaran warna jingga di langit membuat suasana romantis yang sudah ada kian semakin kuat. Tidak mengherankan jika pantai tersebut dikunjungi oleh banyak wisatawan di saat malam sudah menjelang, pasalnya mereka ingin menikmati suasana romantis yang disuguhkan oleh alam.

Daya Tarik Pantai Sigandu Batang
Image Credit: Pantainesia.com

Pantai Sigandu menawarkan pemandangan alam yang begitu memesona nan elok, dengan suasana yang asri dan pasir putih yang cukup bersih dari sampah. Sambil duduk duduk di tepi pantai sembari menikmati pemandangan, pengunjung pun bisa menikmati semilir angin sejuk yang membelai. Karena memiliki ombak yang terbilang tenang, pengunjung tanpa ragu ragu diperbolehkan bermain di sekitar bibir pantai.

Selain itu, pantai yang terletak di perairan Jawa ini juga sangat cocok untuk liburan keluarga. Saat berkunjung maka bisa bermain air ataupun bermain pasir bersama anak anak dan lain sebagainya. Pantai satu ini juga memiliki hutan mangrove yang juga dijadikan tempat wisata. Hutan tersebut tidak hanya memiliki fungsi menjaga abrasi pantai, tetapi juga bagus sebagai spot foto cantik.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Sigandu

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Sigandu
Image Credit: Detik.com

Pantai Sigandu merupakan salah satu pantai yang berada di utara pulau Jawa, tepatnya terletak di desa Klidang Lor, kecamatan Batang, kabupaten Batang, Jawa Tengah. Dimana letak pantai tersebut tidak terlalu jauh dari alun alun Batang. Dari arah pusat kota, kemudian menuju ke jalan RE Martadinata untuk sampai Klidang Lor. Pengunjung tidak akan merasa bingung, pasalnya pantai satu ini mudah dicapai dari jalan raya dengan hanya mengikuti papan penunjuk arah.

Jika berkunjung dari arah pusat kota Batang, maka perjalanan bisa dilanjutkan menuju arah utara sejauh sekitar 4 kilometer. Perjalanan bisa dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik itu mobil ataupun sepeda motor. Namun jika Anda merasa kesulitan menemukan letak pantai, maka bisa memanfaatkan fungsi GPS yang ada di smartphone atau juga bisa bertanya kepada masyarakat sekitar.

Namun jika berencana untuk datang dengan menggunakan kendaraan umum, maka tentu saja hal tersebut bukan masalah besar. Pasalnya terdapat rute transportasi umum untuk menuju pantai unggulan Batang ini. Jika menggunakan bus, maka bisa berhenti di terminal bus kota atau desa tujuan. Setelah itu, bisa dilanjutkan dengan menggunakan ojek atau kendaraan pribadi menuju lokasi Pantai Sigandu Batang.

Harga Tiket Masuk Pantai Sigandu

Harga Tiket Masuk Pantai Sigandu
Image Credit: Kompas.com

Untuk pemberdayaan dan perawatan pantai, pihak pengelola menetapkan tiket masuk ke Pantai Sigandu. Dimana tiket masuk ke pantai dengan pasir yang luas tersebut hanya dibanderol seharga Rp. 5 ribu per orang. Tiket tersebut sangat murah, sehingga tidak akan membuat kantong Anda kering. Namun harga tiket tersebut belum termasuk dengan harga parkir kendaraan.

Harga tiket tersebut tergantung dengan pengelola dan bisa saja berubah sewaktu waktu, ada kemungkinan masih tetap atau sudah mengalami kenaikan. Meskipun naik, pastinya hanya beberapa persen dan tidak terlalu signifikan. Namun untuk berjaga jaga, ada baiknya anggarkan dana lebih untuk tiket masuk ketika memiliki rencana berlibur ke pantai Sigandu. Siapa tahu tiket masuknya sudah mengalami kenaikan.

Kegiatan Menarik di Pantai Sigandu

Kegiatan Menarik di Pantai Sigandu
Image Credit: Detik.com

Di pantai yang asri tersebut, pengunjung tidak hanya bisa menyaksikan pemandangan alam yang memesona saja. Para wisatawan juga bisa melakukan kegiatan menarik lain. Salah satunya adalah berkunjung ke Batang Dolphin Center, yang merupakan sebuah tempat untuk konservasi lumba lumba. Tempat konservasi tersebut telah bekerja sama dengan Taman Safari Indonesia dan Badan Konservasi Sumber Daya Alam guna menampilkan atraksi lumba lumba yang menarik.

Jika Anda ingin melihat atraksi dari hewan hewan laut lucu tersebut, maka bisa datang kapan saja. Pasalnya pertunjukan akan berlangsung setiap hari dengan waktu tampil mulai dari jam 11 pagi, 1 siang, dan 3 sore. Pengunjung tidak hanya bisa melihat atraksi lumba lumba saja tetapi juga bebas berfoto bersama. Untuk tiket masuk, Batang Dolphin Center menarik tarif sebesar Rp. 25 ribu per orang.

Tidak hanya lumba lumba, ternyata konservasi tersebut juga dilengkapi dengan akuarium ikan laut, kolam penyu, dan juga Taman Safari mini. Di Taman Safari mini, pengunjung bisa menjumpai beberapa hewan seperti burung, unta, macan tutul, zebra, orangutan, kuda, dan berbagai jenis hewan lain. Di taman ini, pengunjung dapat dengan bebas menyaksikan beberapa hewan sambil berfoto foto.

Bahkan ada beberapa hewan yang diperbolehkan untuk ditunggangi. Untuk foto bersama hewan akan dikenai tarif mulai dari Rp. 5 ribu, ikut memberi makan akan ditarik biaya sebesar Rp 5 ribu, sedangkan biaya untuk menunggang kuda atau unta akan dikenai biaya sebesar Rp. 10 ribu. Yang mana tarif tarif tersebut bisa saja mengalami perubahan sewaktu waktu, namun pastinya tidak terlalu signifikan.

Yang lebih menarik lagi, di pantai bagian utara provinsi Jawa Tengah ini juga menyediakan tempat bermain yang gemar dengan adrenalin. Pasalnya di pantai tersebut juga terdapat area outbond yang menyediakan flying fox. Selain itu, juga ada yang menyewakan motor ATV untuk pengunjung berkeliling pantai. Menarik bukan berbagai kegiatan di pantai unggulan kota Batang ini?

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Sigandu

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Sigandu
Image Credit: Detik.com

Menjadi pantai unggulan kebanggaan kota Batang, membuat pantai satu ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Tidak hanya berupa kamar mandi atau tempat bilas saja, di pantai tersebut juga ada playground untuk anak anak. Sehingga saat si kecil merasa bosan bermain air, bisa memanfaatkan fasilitas playground yang ada. Sembari menunggu si kecil, Anda pun bisa sedikit beristirahat sejenak.

Di beberapa titik, juga ada gazebo yang dapat digunakan untuk beristirahat ataupun berlindung dari teriknya sinar matahari. Untuk yang ingin menikmati pemandangan pantai, juga sudah disediakan bangku bangku panjang di sekitar tepi pantai. Selain itu ada juga pohon cemara yang berjejer di pinggir pantai, dimana pohon tersebut dapat dimanfaatkan untuk piknik keluarga. Anda bisa menggelar tikar di bawah pohon sembari menyantap bekal makan bersama keluarga.

Tak hanya memanjakan anak anak, pantai di kota Batang ini juga memberikan fasilitas yang tidak biasa dan berbeda dari pantai lain. Dimana di tempat tersebut terdapat lapangan voli yang dapat digunakan oleh pengunjung penggemar olahraga. Saat pengunjung lapar,maka sudah tersedia warung atau café berderet di pinggir pantai. Beberapa café memiliki desain dan dekorasi dengan tema tradisional yang menawarkan beraneka menu khas daerah setempat.

Untuk yang gemar memancing, di pantai tersebut juga disediakan kolam pemancingan. Sangat cocok untuk bapak bapak yang ingin menghabiskan waktu sembari menyalurkan hobi memancing, sedangkan anggota keluarga yang lain bermain di pantai. Atau juga untuk Anda yang ingin merasakan kegiatan memancing, juga bisa mengunjungi tempat pemancingan satu ini. Sebagai pelengkap pantai tersebut juga memiliki lahan parkir yang luas serta mushola.

Memiliki banyak wisata, kota Batang memang belum seterkenal kota di Jawa Tengah lainnya. Namun pesona yang dimiliki kota tersebut, saat ini mulai dikembangkan. Dimana salah satunya adalah pantai Sigandu, yang hanya berjarak 4 kilometer dari pusat kota. Pantai tersebut terbilang memiliki fasilitas yang cukup lengkap untuk menunjang berbagai kegiatan menarik yang bisa dilakukan oleh wisatawan. Ingin merasakan kegiatan menarik tersebut? Jangan lupa berkunjung ke pantai Sigandu.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending