Pantai Sine Tulungagung – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Sine Tulungagung – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga TiketPantai Sine, salah satu pantai terindah yang menarik dikunjungi di Tulungagung. Pantai berbentuk teluk menyajikan pesona alam yang asri.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sine, Kalibatur, Kec. Kalidawir, Kab. Tulungagung, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Pulau Jawa merupakan salah satu pulau di Indonesia yang menyimpan banyak keunggulan seperti seni, budaya, kekayaan alam, tempat wisata, dan lain-lain. Salah satu keunggulan yang dibanggakan oleh Pulau Jawa adalah tempat wisata alam yang sangat indah. Salah satu tempat wisata alam yang dibanggakan pulau ini adalah Pantai Sine.

Pantai cantik ini terletak di salah satu kota di Jawa Timur yaitu Tulungagung. Di Kota Tulungagung memang memiliki banyak tempat wisata alam yang mengagumkan seperti Pantai Brumbun, Pantai Molang, dan masih banyak lagi wisata yang dapat Anda temukan. Namun, Pantai Sine menjadi memiliki keunikannya tersendiri sehingga banyak digemari turis.

Tempat wisata ini memiliki beberapa informasi yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan berlibur disana. Berikut beberapa informasi mengenai pantai tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sine

Daya Tarik Pantai Sine
Image Credit: Twitter.com @sessessaw

1. Salah Satu Pantai Terindah di Tulungagung

Keindahan dari tempat wisata ini tidak perlu diragukan lagi. Pesona dari wisata ini selalu berhasil memikat banyak orang untuk datang melihat salah satu mahakarya tuhan yang sangat mengagumkan ini. Sangat disarankan untuk datang ke tempat ini bila ingin merasakan ketenangan disaat berlibur. Suasananya yang tenang mampu membuat Anda hingga tertidur karena rasa nyaman yang dihasilkannya.

Pantai Sine memiliki bentang alam seperti teluk. Anda dapat menemukan sumber mata air yang sangat alami di tebing yang berada di sisi utara pantai. Anda dapat merasakan segar dan dinginnya air di tempat ini.

Banyak orang yang juga menyebut tempat ini sebagai Bali dari Kota Tulungagung. Keindahan serta keunikannya bisa dikatakan setara atau bisa saja lebih dari pantai yang berada di Pulau Bali. Oleh karena itu, tidak heran bahwa tempat wisata ini termasuk dalam salah satu pantai terbaik di Tulungagung yang tidak boleh Anda lewatkan.

2. Sering Diadakan Pagelaran

Tempat wisata ini sering mengadakan beberapa pagelaran seperti wayang kulit. Tidak hanya wayang kulit, Anda juga dapat menemukan beberapa pagelaran tradisional yang sangat menarik untuk dilihat. Hal ini dilakukan oleh pihak pengelola untuk melestarikan budaya tradisional yang semakin lama tergerus karena perkembangan zaman.

Jika Anda ingin melihat pagelaran tradisional di pantai ini maka datanglah pada hari besar kalender jawa seperti satu suro. Dengan melihat pertunjukan ini maka Anda dapat mendapat pengetahuan lebih banyak mengenai budaya Indonesia yang telah diwariskan oleh nenek moyang kita. Tidak hanya turis lokal yang menonton, turis asing juga melihat event ini.

Daya Tarik dari Pantai Sine
Image Credit: Instagram.com @tulungagungsparkling

3. Menyimpan Misteri

Pantai Sine merupakan salah satu pantai selatan. Oleh karena itu, tidak heran bahwa tempat wisata ini diselimuti oleh aura mistis. Aura mistis itu berasal dari Nyi Roro Kidul sang ratu pantai selatan.

Pada hari dan tanggal tertentu, masyarakat setempat melakukan beberapa tradisi seperti larung saji, wayang kulit, dan lain-lain. Menurut kepercayaan penduduk sekitar, apabila tradisi ini tidak dilaksanakan maka akan timbul musibah yang besar dan nelayan akan mendapatkan hasil laut yang sedikit.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Sine

Harga Tiket Masuk Pantai Sine
Image Credit: Facebook.com @habib.hauzan

Akses menuju ke pantai ini cukup mudah. Terdapat dua rute yang dapat digunakan untuk dapat menuju ke lokasi tempat wisata ini.

Anda dapat menggunakan rute pertama jika ingin menggunakan jalur yang mudah. Anda dapat menuju ke arah perempatan Gragalan lalu ambil arah kiri dan lurus mengikuti jalur yang ada sampai tiba di Kecamatan Kalidawir. Dari kecamatan ini maka Anda dapat langsung menuju ke Pantai Sine dengan mengikuti petunjuk arah yang sudah tersedia di jalan.

Jika Anda dari arah Tulungagung maka Anda dapat melalui rute kedua yaitu Pasar Campur Darat. Anda dapat meneruskan perjalanan hingga bertemu dengan traffic light Pasar campur Darat. Belok ke kiri dan lanjutkan perjalanan sampai ke Desa Ngentrong. Setelah itu Anda lanjutkan hingga menuju Kecamatan Tanggung Gunung dan pilih jalur menuju Pantai Sine.

Harga untuk dapat menikmati keindahan dari pantai ini sangatlah murah. Anda cukup membayar sebesar Rp 10.000 per orang. Harga ini juga dapat berubah sewaktu-waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan sesuai dengan kebijakan pihak pengelola. Oleh karena itu, jauh-jauh hari sebelum berangkat maka Anda harus mencari info harga terbaru.

Anda juga perlu menyiapkan dana untuk membayar biaya parkir. Cukup murah tarif parkirnya sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan biaya dan keamanan kendaraan Anda. Perlu diingat juga bahwa pada akhir pekan atau liburan panjang telah tiba maka harga akan lebih mahal dari harga tiket di hari biasa.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Sine

Aktivitas di Pantai Sine
Image Credit: Instagram.com @sitianawati

Liburan di pantai selalu memberikan Anda banyak kesempatan untuk melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan dan tidak membosankan. Berikut beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan di tempat wisata ini.

1. Menikmati Makanan Laut

Jangan khawatir dengan makanan yang dijual di area pantai. Warung-warung setempat ini dapat memberikan Anda makanan lezat yang belum pernah Anda rasakan sebelumnya. Dengan harga yang cukup murah maka Anda bisa mencoba berbagai makanan khas laut yang menggugah selera.

Di dekat pantai juga ada pelelangan ikan sehingga Anda bisa memilih ikan yang akan Anda makan. Terdapat berbagai jenis makanan khas laut yang dijual sehingga Anda mungkin akan kebingungan untuk memilih menu yang sesuai dengan lidah Anda. Oleh karena itu, coba minta rekomendasi dengan penjual setempat yang akan ramah menjawabnya.

2. Berfoto

Terdapat banyak spot menarik yang dapat Anda abadikan dalam foto. Bentuk dari pantai ini saja sudah menarik sehingga Anda bisa focus pada area pantai saja. Namun, Anda juga bisa menjelajah ke tempat lain apabila penasaran dan ingin mencari sesuatu yang beda. Pemandangan di sekitar pantai juga tidak kalah menarik sehingga Anda tidak perlu risau.

Selain itu, Anda juga dapat memotret berbagai pagelaran yang diselenggarakan oleh Pantai Sine. Jika Anda ingin turut melestarikan budaya ini maka potret dan unggahlah di akun sosial media Anda sehingga banyak orang yang akhirnya mengetahui berbagai budaya dan tradisi yang diselenggarakan di pantai ini.

3. Bermain Air atau Berenang

Tentu saja kegiatan yang dapat Anda lakukan saat berlibur di pantai adalah berenang. Area tempat wisata ini tidak terlalu berbahaya sehingga Anda tidak perlu khawatir. Namun, Anda juga perlu membawa peralatan dan pakaian renang dari rumah karena akan sulit menemukan tempat yang menjual atau menyewakan barang-barang tersebut.

4. Menikmati Indahnya Sunrise dan Sunset

Pantai Sine merupakan lokasi yang sangat cocok untuk melihat pemandangan sunrise maupun sunset. Oleh karena itu, banyak turis lokal maupun mancanegara yang memadati tempat wisata ini saat matahari menjelang terbit dan tenggelam.

Suasana romantis yang tercipta saat muncul sunset dan sunrise sangat disukai oleh para pasangan terutama pemuda dan pemudi. Banyak orang juga yang melamar di tempat ini karena merasa pantai ini sangat indah dan dapat membantu mereka menciptakan suasana romantis saat melamar pasangannya.

5. Camping

Terdapat camping ground di area tempat wisata ini. Oleh karena itu, Anda dapat membawa peralatan kemah dari rumah atau menyewanya bila tidak memilikinya agar dapat bermalam di pantai ini.

Tempat favorit para wisatawan yang ingin berkemah adalah di dekat tempat pelelangan ikan karena suasananya yang ramai dan banyak penduduk. Selain itu areanya juga cukup luas sehingga sangat cocok bagi Anda yang membawa banyak rekan atau keluarga.

Penginapan Murah Dekat Dari Pantai Sine

Penginapan Dekat Pantai Sine
Image Credit: Booking.com

Terdapat beberapa penginapan yang dapat Anda pertimbangkan untuk menjadi tempat bermalam Anda saat berlibur di tempat wisata ini. Berikut beberapa penginapan yang berada di sekitar pantai ini.

1. Riverside Homestay

Penginapan ini berada di Kecamatan Tulungagung, Kabupaten Tulungagung. Homestay ini memiliki konsep syar’i dan merupakan salah satu penginapan terbaik di dekat dari Pantai Sine.

Terdapat beberapa fasilitas yang akan Anda dapatkan seperti AC, ruang tamu, wifi, kulkas, dapur, area parkir yang luas, dan lain-lain. Harga dari homestay ini mulai dari Rp. 350.000,00 per malam.

2. Swaloh Resort & Spa

Penginapan ini terletak di daerah Bendungan Wonorejo, Kabupaten Tulungagung. Selain menjadi tempat untuk bermalam, tempat ini juga terdapat fasilitas resort dan spa yang dapat memberikan kepuasan lebih pada liburan Anda.

Terdapat beberapa fasilitas umum yang akan Anda dapatkan seperti layanan kamar 24 jam, area parkir yang luas, wifi, restoran, bahkan tur gratis. Harga per malam untuk menginap di tempat ini mulai dari Rp 280.000,00.

3. Incast Hostel

Hostel ini berada di Kecamatan Tulungagung, Kabupaten Tulungagung. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang lebih nyaman bermalam di hostel.

Terdapat beberapa fasilitas umum yang akan Anda dapatkan seperti AC, wifi, teras yang nyaman, dan lain-lain. Anda akan dikenakan tarif mulai dari Rp 260.000,00 per malam.

4. Sultan Guesthouse

Guesthouse ini dapat Anda temukan di Kecamatan Tulungagung, Kabupaten Tulungagung. Tempat ini merupakan salah satu guesthouse terbaik di kabupaten tersebut.

Terdapat beberapa fasilitas seperti restoran, AC, layanan resepsionis 24 jam, wifi, area parkir yang luas, dan lain-lain. Selain itu harganya cukup murah mulai dari Rp 150.000,00 per malam.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Sine Tulungagung

Fasilitas di Pantai Sine
Image Credit: Facebook.com @kacamatatulungagung

Fasilitas yang disediakan pihak pengelola di tempat wisata ini sudah cukup lengkap. Terdapat mushola yang dapat digunakan oleh para wisatawan yang beragama islam. Terdapat area parkir yang luas untuk menyimpan kendaraan pengunjung. Selain itu, terdapat warung dan tempat pelelangan ikan bagi Anda yang ingin wisata kuliner.

Selain itu, terdapat kamar mandi yang cukup bersih sebagai tempat membilas tubuh atau sekedar buang air kecil dan besar. Jangan lupa untuk menyiapkan uang terlebih dahulu sebelum menggunakan fasilitas kamar mandi karena penggunaannya dikenakan tarif. Namun Anda tidak perlu khawatir karena harganya cukup murah dan wajar.

Beberapa informasi di atas dapat Anda gunakan sebagai acuan sebelum pergi berlibur ke Pantai Sine Tulungagung. Jangan lupa untuk membawa peralatan yang Anda butuhkan karena harga di area tempat wisata pasti akan mahal bila dibandingkan dengan toko di area tempat kita tinggal. Jangan lupa untuk menjaga diri dari perbuatan yang merugikan pantai.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending