Pantai Soge Pacitan – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Soge Pacitan – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Soge Pacitan, pantai cantik nan eksotis di tepi jalur selatan untuk menikmati sunset dan pemandangan alam yang memukau.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Dondong, Sidomulyo, Kec. Ngadirojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Pacitan merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki potensi wisata alam yang mengesankan, terutama yang berkaitan dengan goa hingga mendapat julukan Kota Seribu Goa. Selain dikenal dengan wisata goanya, Pacitan memiliki sejumlah wisata bahari yang sayang jika Anda lewatkan saat berkunjung ke daerah ini yang mana salah satunya adalah Pantai Soge.

Mungkin belum banyak dari Anda yang mengenal pantai di Pacitan ini. Pantai ini nyaris menyerupai Pantai Senggigi dengan hamparan pasir putih yang dipadukan dengan birunya air laut hingga mampu mengundang siapapun untuk datang kemari. Yang paling menarik dari Pantai Soge ini adalah lokasinya yang berseberangan dengan jalan raya.

Saat Anda sedang melakukan perjalanan dan tiba-tiba Anda mendapati sebuah pantai yang begitu indah, pasti rasanya seperti menemukan harta karun. Inilah yang membuat banyak sekali para pengguna jalan raya untuk berhenti menikmati pesona Pantai Soge. Apa saja yang menjadi daya tarik dari pantai berpasir putih ini? Simaklah beberapa informasi di bawah ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Soge Pacitan

Daya Tarik Pantai Soge Pacitan
Image Credit: Twitter.com @onizuka10_

Berbeda dengan sejumlah pantai yang namanya sudah dikenal luas, nama Pantai Soge sendiri masih asing bagi para wisatawan dari luar Pacitan. Alhasil masih jarang para pelancong yang datang ke pantai ini sehingga suasana pantai cenderung lebih sepi dan tentram. Apabila Anda menyukai tempat wisata yang tidak begitu ramai, pantai ini bisa Anda jadikan pilihan.

1. Pesona Pantai dari Pinggir Jalan

Bagi Anda yang sering bepergian dan melewati jalan dari Pacitan menuju Trenggalek, tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan Pantai Soge. Pantai ini membentang di sepanjang jalur lintas selatan sehingga wisata bahari ang satu ini mampu memberikan atmosfir yang tentunya sayang untuk dilewatkan.

Pantai menawan ini memang terletak di pinggir jalan. Meski begitu, kebersihan pantai ini tetap terjaga. Birunya air laut yang membentang luas, ditambah dengan hamparan pasir putih serta deru ombak membuat siapapun yang melewati pantai ini pasti akan terbius dengan keindahannya.

2. Memiliki Pasir Putih

Keelokan tempat ini akan terlihat jauh lebih mempesona begitu Anda menginjakkan kaki di objek wisata ini. Pantai ini menjadi lokasi yang sangat menarik untuk bersama keluarga maupun teman karena memiliki pasir putih yang sangat lembut dan mampu menimbulkan perasaan yang menyenangkan begitu Anda melepas alas kaki yang Anda kenakan.

Siapapun bebas berjalan menyusuri bibir Pantai Soge untuk mendapatkan sensai berlibur yang mungkin tidak bisa didapatkan di lokasi wisata lainnya. Ditambah dengan air lautnya yang biru, pantai ini juga kerap menjadi lokasi yang menarik untuk sekedar berfoto bersama teman atau bahkan menjadi tempat untuk pengambilan foto prewedding.

Daya Tarik Pantai Soge
Image Credit: Instagram.com @wysha_14

3. Suasana yang Sepi

Seperti yang sudah disinggung di atas, Pantai Soge merupakan salah satu pantai di Kabupaten Pacitan yang bisa dibilang tidak terlalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Hal inilah yang membuat pantai ini memiliki suasana yang sepi dan cocok bagi Anda yang ingin melepas penat setelah sepekan beraktivitas.

4. Muara Sungai

Salah satu hal yang paling menarik dari pantai ini adalah adanya sebuah muara sungai. Muara sungai ini memiliki air yang terbilang cukup jernih dan juga pasir putih. Inilah yang menjadi salah satu alasan para wisatawan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa betah berlama-lama bermain di muara sungai ini.

Sungai ini memiliki panjang kurang lebih 150 meter dan mengelilingi hamparan pasir putih yang membentang tepat di tengahnya. Muara sungai yang berkelok-kelok ini semakin terlihat indah apabila dilihat dari ketinggian

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Soge

Rute Pantai Soge
Image Credit: Twitter.com @sukafotobis

Bagi Anda yang berencana mengunjungi pantai cantik ini dari pusat kota Pacitan, Anda harus menempuh jarak kurang lebih 24 kilometer selama sekitar setengah jam menggunakan kendaraan umum. Apabila Anda berangkat dari Kota Surabaya, Anda akan menempuh perjalanan sekitar 7 jam, 3,5 jam dari Tulungagung, dan sekitar 4 jam dari Kota Solo.

Akan tetapi, jika Anda ingin menikmati setiap wisata pantai lengkap dengan panorama baharinya, waktu yang diperlukan tergantung pada setiap pelancong masing-masing. Dari Kota Pacitan menuju kawasan Pantai Soge bisa ditempuh sekitar 2 jam menggunakan kendaraan pribadi. Dari kota, Anda bisa lurus ke arah timur hingga ke Kecamatan Tulukan dan terus ke timur hingga sampai di daerah Ngadirojo.

Dari daerah Ngadirojo, Anda ambil arah menuju Pasar Wiyoro hingga bertemu dengan pertigaan.  Setelah itu, belok ke kiri hingga menjumpai PLTU dan pilih arah ke kanan. Di sepanjang perjalanan Anda akan menemui deretan pantai hingga ke Desa Sidomulyo. Sesampainya di desa ini, Anda bisa menyaksikan pantai ini yang membentang luas di bagian kiri jalan.

Harga Tiket Masuk Pantai Soge Pacitan

Harga Tiket Pantai Soge
Image Credit: Google Maps (Angelica Yp)

Sama halnya dengan memasuki kawasan wisata lainnya, para wisatawan yang ingin memasuki kawasan pantai juga diharuskan untuk membeli tiket masuk. Tiket masuk di pantai ini bisa dibilang sangat terjangkau, yakni 5.000 rupiah untuk orang dewasa dan 3.000 rupiah untuk anak-anak.

Akan tetapi harga tiket masuk tersebut belum termasuk biaya untuk parkir kendaraan. Meski para wisatawan bisa memarkirkan kendaraan di tepi jalan, pihak pengelola pantai ini sudah menyediakan lahan parkir sehingga keamanan kendaraan pengunjung tetap terjaga. Untuk kendaraan roda dua dikenakan biaya parkir sebesar 2.000 rupiah dan 5.000 rupiah untuk kendaraan roda empat.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Soge

Aktivitas di Pantai Soge
Image Credit: Google Maps (Surya98 98)

1. Jogging di Bibir Pantai

Olahraga murah meriah seperti jogging di sepanjang bibir pantai merupakan salah satu aktivitas yang bisa Anda lakukan di Pantai Soge. Lagipula, pantai ini sudah mulai dibuka untuk umum pada pukul tujuh pagi. Otomatis cocok sekali bagi Anda yang ingin berolahraga sambil menikmati tentramnya suasana pantai di pagi hari.

2. Bermain Air

Pantai ini memiliki air yang relatif jernih ditambah dengan ombak yang tidak terlalu besar sehingga sangat aman bagi para pengunjung yang ingin bermain air atau berenang bersama buah hati. Selain bisa bermain air di area pantai, pengunjung juga bisa menikmati serunya bermain di muara sungai Soge.

Muara sungai ini memiliki air yang jernih dengan pasir berwarna putih di bagian tengahnya. Muara sungai ini bisa dikatakan cukup panjang, sehingga bisa memberi ruang yang cukup luas untuk para pengunjung yang ingin berlama-lama bermain air atau bermain bola di tepi muara sungai ini.

3. Menyusuri Pantai

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk menikmati pesona bahari Pantai Soge. Pertama, berjalan menyusuri bibir pantai tanpa mengenakan alas kaki. Dengan begitu Anda bisa merasakan sensasi lembutnya pasir putih dan air ombak yang menyapu kaki Anda.

Namun, apabila Anda ingin melihat keelokan pantai dengan lebih dekat, pihak pengelola kawasan wisata ini menyewakan speedboat dengan harga sewa yang cukup terjangkau, yakni hanya 15.000 rupiah per orang. Speedboat ini merupakan milik warga setempat yang mayoritas bekerja sebagai nelayan. Jadi Anda tidak perlu khawatir, keamanan dan keselamatan Anda cukup terjamin.

4. Bersantai di Gazebo

Biasanya para wisatawan yang mengunjungi Pantai Soge bersama keluarga besar lebih memilih untuk menikmati suasana pantai di gazebo. Gazebo-gazebo ini memang sengaja disediakan oleh pengelola untuk para pengunjung. Anda bisa duduk sambil menyantap kudapan yang sudah Anda persiapkan jauh dari rumah sambil bercengkerama dan menikmati sepoi angin pantai bersama keluarga.

5. Hunting Foto

Rasanya kurang lengkap jika berkunjung ke sebuah lokasi wisata tanpa mengabadikan suasana maupun aktivitas yang kita lakukan di tempat tersebut. Pantai Soge misalnya, objek wisata yang satu ini merupakan primadona bagi para pengunjung yang memiliki hobi fotografi. Pasalnya kawasan pantai ini dikelilingi dengan pemandangan yang mampu membius siapa saja.

Anda pun juga akan dimanjakan dengan hamparan pasir putih dengan air laut yang biru, deretan pepohonan yang rindang, serta perbukitan di kejauhan. Apalagi pantai ini tidak terlalu ramai dengan pengunjung, jadi Anda bisa mengambil foto bersama keluarga atau teman tanpa harus terganggu dengan lalu lalang para wisatawan lain di sekitar Anda.

Penginapan Murah Dekat Dari Pantai Soge

Penginapan Dekat Pantai Soge
Image Credit: Agoda.com

Jika Anda ingin mengunjungi Pantai Soge namun berencana untuk menginap, Anda tidak perlu khawatir. Pacitan merupakan kota berjuta wisata, jadi banyak sekali penginapan yang bisa Anda sesuaikan dengan budget dan kebutuhan Anda.

1. Penginapan Hello

Penginapan pertama yang bisa Anda jadikan pilihan untuk bermalam sebelum mengunjungi Pantai Soge adalah Penginapan Hello. Penginapan ini berlokasi di Desa Sidoharjo. Untuk bisa mengunjungi pantai, Anda memerlukan waktu kurang lebih 30 menit dari penginapan ini.

Harga per malamnya sendiri terbilang cukup terjangkau yakni mulai dari 180 ribuan. Fasilitas yang ditawarkan juga cukup lengkap seperti tempat tidur, kamar mandi, pendingin ruangan, Wi-Fi, dan area parkir.

2. Penginapan Mulya Asih

Penginapan ini berlokasi di Desa Ngadirojo, desa di mana Pantai Soge berada. Anda hanya memerlukan waktu kurang lebih 11 menit dengan jarak sekitar 900 meter untuk bisa mengunjungi kawasan pantai. Untuk masalah harga, penginapan ini mematok harga per malamnya dengan harga yang cukup terjangkau bagi para backpacker.

3.  Harry’s Oceans House

Homestay yang satu ini merupakan homestay yang cukup terkenal dikalangan para peselancar. Pasalnya pemiliknya adalah seorang pelancar yang cukup terkenal. Mulai dari 70.000 rupiah per malam, Anda sudah bisa menikmati berbagai fasilitas super lengkap di sebuah penginapan yang letaknya relatif dekat dengan area pantai.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Soge Pacitan

Fasilitas di Pantai Soge
Image Credit: Google Maps (Bobyana Haigis)

Mengingat lokasinya yang cukup terpencil sehingga belum banyak pengunjung yang menyambangi Pantai Soge, pemerintah setempat sepertinya belum terlalu memperhatikan fasilitas-fasilitas bagi para wisatawan di kawasan pantai.

Hanya ada beberapa fasilitas yang bisa Anda temukan saat mengunjungi pantai ini. Salah satunya adalah area parkir yang lumayan luas dengan ongkos parkir yang sangat terjangkau. Selain itu juga ada gazebo yang bisa digunakan para pengunjung untuk berteduh dari teriknya matahari dan juga sejumlah warung makan yang dikelola oleh warga setempat.

Itulah beberapa hal mengenai Pantai Soge yang terletak di Kabupaten Pacitan. Bagi Anda yang ingin melepas penat dari hiruk pikuk kota dan ingin merasakan damainya suasana pantai, datanglah ke pantai cantik ini.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending