Pantai Srau Pacitan – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Srau Pacitan – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga TiketPantai Srau merupakan salah satu pantai terindah yang layak dijelajahi di Pacitan. Pantai cantik nan memesona untuk liburan yang berkesan.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Candi Pringkuku, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Indonesia memiliki banyak pantai yang Indah. Di Provinsi Jawa Timur terdapat salah satu pantai yang sangat indah yaitu Pantai Srau. Pantai ini terletak di Kabupaten Pacitan yang memang terkenal dengan tempat wisata alamnya yang mengagumkan. Kabupaten ini merupakan tempat kelahiran Presiden RI ke-6 yaitu Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Pesona dari tempat wisata ini sudah terdengar oleh turis lokal maupun mancanegara. Oleh karena itu, tempat ini tidak pernah sepi wisatawan terutama saat akhir pekan atau liburan panjang telah tiba. Suasananya sangat nyaman sehingga semua orang menyukainya. Berbagai aktivitas pantai juga dapat dilakukan untuk liburan seru. Terdapat banyak informasi yang perlu Anda ketahui jika ingin berlibur ke pantai ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Srau

Daya Tarik Pantai Srau
Image Credit: Twitter.com @sartonohutomo

Dikenal sebagai tempat wisata yang indah dan menjadi favorit para wisatawan maka tentu saja pantai ini memiliki beberapa daya tarik yang mampu menarik pengunjung. Berikut beberapa daya tarik yang dimiliki pantai tersebut.

1. Salah Satu Spot Camping Terbaik

Jika Anda ingin merasakan pengalaman bermalam di pantai maka berlibur di tempat wisata ini merupakan pilihan yang tepat. Anda dapat mendirikan tenda di tempat yang telah disediakan.

Salah satu keunggulan dari tempat ini adalah jauh dari keramaian sehingga Anda dapat merasa tenang ketika bermalam di pantai ini. Selain itu, camping groundnya sangat luas. Namun perlu diperhatikan bahwa Anda harus meminta izin pada masyarakat setempat terlebih dahulu sebelum mendirikan tenda.

2. Bukit Karang yang Mengagumkan

Di tempat wisata ini terdapat bukit karang yang mengelilingi 3 area Pantai Srau. Area pertama merupakan sisi pantai yang berdekatan dengan pos tiket. Anda akan menjumpai banyak batu karang yang memiliki bentuk seperti bukit dan mencuat di wilayah bibir pantai. Di area ini ombaknya cukup besar dan terdapat hamparan pasir putih yang luas dan bersih.

Bukit karang ini hanya dapat Anda temukan di area pertama saja. Warna dari pantai ini juga sangat jernih dan berwarna biru yang menandakan bahwa tidak terdapat alga di tempat wisata ini dengan. Pantai ini juga sangat dalam sehingga para pengunjung harus berhati-hati ketika berenang atau sekedar bermain air.

Daya Tarik dari Pantai Srau
Image Credit: Facebook.com @intisarionline

3. Sumber Air Tawar

Tempat wisata ini memang unik dan mungkin Anda akan sulit menemukannya di tempat lain. Pantai ini memiliki sumber air tawar. Laut atau pantai biasanya didominasi dengan air asin yang melimpah namun di tempat ini memiliki pasokan air tawar yang banyak. Lokasinya tidak jauh dari pantai sehingga Anda dapat mencapai lokasi tersebut dengan berjalan kaki.

Anda dapat cuci muka atau sekedar melihat-lihat di sumber air tawar tersebut. Walaupun sumber ini sangat unik, banyak wisatawan yang jarang mengetahui keberadaannya.

4. Cerita Horor

Tidak bisa dipungkiri bahwa pantai di Indonesia selalu diselimuti oleh aura mistis. Begitu pula dengan Pantai Srau yang menyimpan cerita horor dibalik keindahan yang ditawarkannya. Area sumber air yang berada di sisi barat tempat wisata tersebut merupakan tempat angker menurut masyarakat setempat.

Area ini sangat ditakuti oleh masyarakat. Tidak ada satupun orang yang berani ke tempat tersebut saat malam hari. Oleh karena itu, baik wisatawan maupun masyarakat setempat selalu mengambil air pada saat pagi atau siang hari.

Terdapat vila yang lokasinya tidak jauh dari tempat wisata tersebut. Dulunya tempat tersebut dihuni oleh warga asing yang membuat penginapan tersebut. Namun setelah teror yang terus menghantui masyarakat dan tamu penginapan maka vila tersebut tidak berpenghuni lagi sampai saat ini.

Walaupun terdengar menakutkan, keangkeran tempat wisata ini justru menjadi daya tarik tersendiri yang mampu membuat wisatawan penasaran tentangnya. Perlu diingat juga tidak semua area pantai tersebut angker sehingga tidak usah khawatir bagi Anda yang takut dengan cerita horor.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Srau

Rute Pantai Srau
Image Credit: Google Maps (Deny Dhenul)

Lokasi dari tempat wisata ini berada di Kecamatan Pringkulu, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Bagi Anda yang memulai perjalanan dari Pacitan maka dapat pergi ke lokasi pantai melalui Jalan W.R Soepratman. Kemudian Anda akan melewati Pantai Telengria. Setelah itu Anda akan menemui pertigaan Tumpang Rinjing dan pilih kiri untuk menuju ke Pantai Srau.

Apabila Anda memulai perjalanan dari Surabaya maka pilihlah jalur untuk menuju ke Mojokerto. Bagi Anda yang berangkat dari Jawa Barat, Yogyakarta, dan Jawa Tengah maka dapat menggunakan Tol Cipali dan Nasional III yang nantinya akan membawa Anda ke Pacitan. Medan perjalanan cukup sulit sehingga Anda harus tetap waspada.

Anda tidak perlu khawatir apabila berlibur di pantai milik Indonesia. Rata-rata harga tiket masuk untuk berlibur ke tempat wisata alam ini cukup murah sehingga tidak terlalu memberatkan Anda.

Cukup membayar tiket seharga Rp 5.000,00 per orang maka Anda dapat menikmati surga alam andalan Kabupaten Pacitan. Tempat wisata ini juga buka selama 24 jam sehingga Anda dapat menikmati liburan di pantai ini sepuasnya dengan harga yang sangat murah.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Srau

Aktivitas di Pantai Srau
Image Credit: Facebook.com @ziyadarya20

1. Aktivitas Air

Seperti pantai pada umumnya maka Anda bisa melakukan berbagai aktivitas air di tempat wisata ini. Anda dapat berenang dengan bebas sambil menikmati pemandangan yang sangat indah. Anda juga dapat melakukan aktivitas air lainnya seperti surfing dan diving.

Perlu diingat bahwa Anda harus membawa perlengkapan seperti selancar, peralatan menyelam, ataupun pakaian renang karena tidak ada persewaan alat-alat seperti itu di pantai ini. Anda juga harus berhati-hati saat bermain karena tidak ada penjaga pantai yang siap membantu Anda saat tenggelam atau terseret ombak.

2. Melihat Sunset dan Sunrise

Salah satu lokasi terbaik untuk menikmati pemandangan sunset maupun sunrise di Kabupaten Pacitan yaitu Pantai Srau. Anda harus pergi ke area ketiga yang letaknya di sisi barat area kedua tempat wisata ini.

Anda dapat menemukan anjungan di area ketiga yang dapat digunakan untuk melihat pemandangan sunset dan sunrise. Tidak perlu khawatir akan tersesat karena terdapat petunjuk jalan yang dapat membantu Anda menemukan jalan.

3. Camping Sambil Memancing

Selain tersedia lokasi untuk berkemah, tempat wisata ini juga menyediakan spot untuk memancing. Lokasinya tidak jauh dari camping ground sehingga Anda cukup berjalan kaki untuk menuju area tersebut.

Terdapat berbagai macam ikan yang dapat Anda temukan disini. Oleh karena itu, pastikan untuk membawa alat pancing dan umpan dari rumah. Jika Anda tidak ingin repot-repot mencari ikan maka dapat membeli langsung hasil tangkapan ikan dari nelayan.

Ikan yang banyak ditemukan di pantai ini adalah ikan panjo. Jenis ikan ini hampir seperti ikan cucut namun memiliki tulang dengan warna hijau. Panjang dari seekor ikan ini sekitar 60 cm dengan harga Rp 40.000,00.

4. Berfoto

Terdapat banyak spot indah yang dapat Anda abadikan dalam sebuah foto sebagai kenang-kenangan. Pemandangannya cukup mengagumkan sehingga disarankan untuk membawa kamera terbaik Anda untuk memotret keindahan dari Pantai Srau.

Karena banyak spot foto yang tersedia maka pantai ini sering dikunjungi oleh fotografer yang sedang mencari objek foto alam yang mengagumkan. Anda juga harus berhati-hati karena medan pantai yang cukup terjal dan licin sehingga rawan tergelincir.

Penginapan Murah Dekat Dari Pantai Srau

Penginapan Dekat Pantai Srau
Image Credit: Agoda.com

1. Hotel Minang Permai 3

Penginapan ini terletak di daerah Sidoharjo, Kabupaten Pacitan. Harga per malam di penginapan ini mulai dari Rp 200.000,00.

Anda akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti wifi, area parkir yang luas. Playground untuk anak-anak, dan lain-lain. Hotel ini juga dekat dengan beberapa tempat wisata lain seperti Pantai Teleng Ria, Goa Gong, dan Pantai Klayar.

2. Hotel Graha Prima

Hotel ini dapat Anda temukan juga di daerah Sidoharjo, Kabupaten Pacitan. Harga per malam di penginapan ini mulai dari Rp 250.000,00.

Terdapat beberapa fasilitas yang ditawarkan seperti area parkir, AC, kamar mandi, dan lain-lain. Kelebihan dari hotel ini adalah Anda bisa melihat pemandangan pantai Teleng Ria secara langsung dari penginapan tersebut. Anda dapat menempuh perjalanan selama setengah jam untuk ke lokasi pantai jika berangkat dari hotel tersebut.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Srau Pacitan

Fasilitas di Pantai Srau
Image Credit: Google Maps (Yan Ekacesia Amr)

Fasilitas di tempat wisata ini tidak terlalu banyak dan lengkap. Tetapi Anda masih bisa menemukan fasilitas umum seperti berikut.

1. Area Parkir

Tidak perlu khawatir dengan keamanan kendaraan Anda karena di tempat wisata ini terdapat area parkir yang luas dengan keamanannya yang terjamin. Anda juga perlu membayar biaya parkir dengan harga yang wajar.

2. Toilet Umum

Sama seperti tempat wisata pada umumnya, pantai ini juga memiliki toilet umum yang dapat Anda gunakan. Jangan lupa untuk membawa uang ketika menggunakan toilet tersebut karena penggunaannya akan dikenakan biaya.

3. Penginapan

Terdapat beberapa hotel atau homestay yang dapat Anda temukan di dekat area pantai. Anda juga dapat mencari dan memesannya menggunakan aplikasi booking hotel agar tidak kesulitan menemukannya. Harganya cukup murah sehingga jangan terlalu khawatir dengan biaya menginap.

4. Gazebo

Terdapat gazebo yang dapat Anda gunakan untuk bersantai dengan rekan atau keluarga. Jumlahnya tidak terlalu banyak sehingga bila tidak ada gazebo yang tersisa Anda bisa menggunakan tikar sebagai alas untuk duduk di pasir. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membawa tikar dari rumah karena tidak ada toko yang menjualnya di tempat ini.

5. Warung

Tentu saja Anda akan merasa kelaparan setelah puas bermain air di pantai. Jangan khawatir karena Anda dapat dengan mudah menemukan warung di sekitar tempat wisata tersebut yang menjual berbagai makanan dengan harga murah dan enak. Sangat direkomendasikan untuk mencoba menu ikan yang dijual karena sangat enak dan gurih.

Beberapa informasi di atas merupakan info umum yang dapat Anda ketahui tentang Pantai Srau Pacitan. Jangan lupa untuk selalu menjaga perilaku Anda karena pantai ini cukup angker. Anda juga tidak diperkenankan untuk membuang sampah sembarangan karena dapat merusak keindahan dan kebersihan dari tempat wisata ini.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending