10 Wisata Pantai di Sulawesi Selatan yang Paling Indah

10 Wisata Pantai di Sulawesi Selatan yang Paling Indah

Inilah Daftar Rekomendasi Wisata Pantai Populer di Sulawesi Selatan. Destinasi Wisata Bahari yang Kaya Pesona dan Terindah yang Pas Dijadikan Tujuan Liburan yang Memanjakan Mata.

Setiap daerah yang memiliki pantai, pastinya menyimpan keindahan dan ceritanya masing-masing. Sama seperti Sulawesi Selatan yang memiliki berbagai macam wisata bahari yang nyatanya menawarkan pemandangan yang tak kalah menakjubkan dan menarik untuk dikunjungi saat musim liburan.

Perpaduan pasir putih dan pemandangan pantai yang eksotis, menjadi wisata ini sayang untuk dilewatkan. Jika Anda berpikiran untuk menghabiskan waktu liburan di Sulawesi Selatan, yuk simak ulasan wisata pantai yang sangat indah.

1. Pantai Tanjung Bira

Daya Tarik Pantai Tanjung Bira
Image Credit: Pegipegi.com

Pantai Tanjung Bira terkenal karena pasirnya yang berwarna putih dan memiliki tekstur halus yang jika dipadukan dengan air laut yang biru dapat menghasilkan pemandangan yang menakjubkan. Panorama dari keindahan laut yang sudah indah itu, rasanya belum lengkap, seakan masih ingin disempurnakan lagi dengan pemandangan dua pulau di seberang pantai ini.

Pulau itu merupakan Pulau Liukang Loe dan pulau yang hingga kini memang tidak berpenghuni. Pemandangan batu karang yang indah juga menjadi salah satu ciri khas dari pantai Tanjung Bira. Tak kalah menarik dengan pantai lain, pemandangan matahari terbenam di Pantai Tanjung Bira tidak kalah cantik hingga menjadi primadona tersendiri.

Tak ayal, beberapa waktu terakhir objek pantai ini menjadi viral di berbagai media sosial. Anda akan banyak mendapati foto pantai dengan gradasi warna air laut yang menawan, ditambah dengan batuan karang kokoh disekitarnya. Anda juga bisa melakukan berbagai macam aktivitas menarik seperti snorkeling, diving dan juga mengelilingi pulau tak berpenghuni.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tanjung Bira, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.

2. Pantai Losari

Daya Tarik Pantai Losari
Image Credit: Ksmtour.com

Pantai Losari menjadi pantai ikonik asal Makassar yang rasanya tidak ada seorangpun yang tidak tahu. Namanya sudah cukup populer di kalangan wisatawan, karena keindahan pantainya yang seakan memang menggambarkan keindahan kota Makassar. Jika di pantai lain Anda bisa melihat hamparan pasir putih, disini Anda tidak akan menemukannya.

Meski terlihat banyak beton yang menjulang, tidak membuat keindahan dari pantai ini berkurang sedikitpun. Di pantai ini para pengunjung dapat memancing, menaiki banana boat, hingga sepeda air. Selain itu, Pantai Losari juga cocok dijadikan sebagai tempat bersantai sambil menikmati indahnya matahari terbenam dari gazebo di sisi pantai.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Somba Opu No.57, Maloku, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

3. Pantai Appalarang

Pantai Appalarang
Image Credit: Twitter.com @linabarlina

Pantai Appalarang memiliki kekayaan dan keindahan alam yang menarik karena memiliki keunikan tersendiri dibanding pantai lainnya. Pesona Pantai Appalarang terlihat dari tebing karang yang megah dan menjulang, sehingga terlihat eksotis. Tebing di pinggir pantainya sangat unik dengan bentuk memanjang dari utara ke selatan di sepanjang pinggir pantai.

Pengunjung yang ingin menikmati keindahan pemandangan Pantai Appalarang, dapat menaiki menara biru yang menjulang tinggi di pinggir pantai. Dari puncak menara tersebut, pengunjung dapat melihat keindahan air laut yang berwarna biru dan batuan karang yang tersebar di sekitar pasir pantai. Keindahan pantai ini, bahkan disebut-sebut seperti Raja Ampat.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ara, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.

4. Pantai Panrang Luhu

Pantai Panrang Luhu
Image Credit: Instagram.com @sewadronemakassar

Memiliki pesona alam yang tidak kalah indah dari pantai lainnya, membuat Pantai Panrang Luhu memiliki daya tarik istimewanya sendiri. Tampilannya begitu natural dengan karakteristik pantai berpasir putih yang luas. Dipermanis dengan deretan pohon kelapa yang berjajar rapi di sepanjang pinggiran pantai. Semakin syahdu ditemani angin yang sepoi-sepoi.

Tidak kalah menarik, sejauh mata memandang Anda akan melihat hamparan laut yang penuh dengan kapal layar. Hal ini, dikarenakan Panrang Luhu adalah salah satu tempat banyak pengrajin kapal pinisi. Sehingga, saat memasuki area pantai pertama kali, Anda akan disambut dengan kapal-kapal yang sedang berlabuh di pinggiran pantai cantik ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bira, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.

5. Pantai Pa’badilang

Pantai Pa’badilang
Image Credit: Facebook.com @afril11

Memiliki segudang keindahan, membuat pantai ini menjadi jujukan para wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Letaknya memang terbilang cukup jauh, tapi tetap saja tidak membuat orang-orang tidak tertarik mengunjungi pantai yang masih sangat alami ini. Pesona dan pemandangan yang ditawarkan pun, memang akan memanjakan mata setiap orang.

Pantai ini memiliki air berwarna biru cerah yang seakan terbingkai cantik dengan hamparan pasir putihnya yang halus. Semakin manis karena buih-buih ombaknya yang tenang akan menyapa Anda di bibir pantai. Di sekeliling pantai, terdapat tebing-tebing berbukit yang tidak ketinggalan mempercantik suasana di kawasan Pantai Pa’Badilang yang indah ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Bongaiya, Kec. Bontomatene, Kab. Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

6. Pantai Mattirotasi

Pantai Mattirotasi
Image Credit: Twitter.com @rdpredwip

Bagi Anda penikmat matahari senja, terlebih pada saat terbenam rasanya sangat pas berlibur ke pantai cantik satu ini. Pemandangan cantik kala senja ini, akan semakin menarik dengan panorama pantai lepas yang sangat luas hingga batas pandangan Anda. Jauh di depan mata, Anda juga bisa menikmati lanskap dari Teluk Parepare yang juga menarik.

Selain pemandangannya yang sangat menakjubkan, pantai ini juga telah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang cukup lengkap. Pihak pengelola sudah menyiapkan banyak gazebo yang berada di sekitaran pantai untuk wisatawan yang ingin bersantai sambil menikmati indahnya pesisir Pantai Mattirotasi. Pantai ini juga sering dijadikan sebagai spot berfoto.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bau Massepe, Labukkang, Kec. Ujung, Kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan.

7. Pantai Samboang

Pantai Samboang
Image Credit: Ksmtour.com

Seakan menjadi sebuah doa, nama Pantai Samboang berasal dari kata Sambo yang memiliki arti bersenang-senang. Tak heran, ketika Anda berkunjung ke Pantai samboang, sudah pasti Anda akan bersenang-senang karena keadaan pantainya yang begitu indah. Pemandangan yang ada di pantai ini dapat membuat jutaan mata tersihir akan keelokan dan keindahannya.

Pantai Samboang memiliki bibir pantai yang landai, dan semakin terlihat cantik karena ditanami dengan pohon kelapa yang berjajar rapi. Pemandangan ini, semakin terlihat manis dengan hamparan pasir putih yang membentang luas dari ujung pantai. Pasir putih disini, memiliki karakteristik yang sangat halus, sehingga Anda akan merasa nyaman berjalan diatasnya.

Selain pemandangannya yang indah, ombak di Pantai Samboang juga tergolong ramah dengan wisatawan. Dengan begitu, Anda dapat dengan bebas melakukan berbagai ragam aktivitas menarik yang bisa dilakukan seperti berenang, memancing, bahkan snorkeling. Pemandangan bawah laut pantai ini, juga sangat indah karena penuh dengan batuan karang.

Harga Tiket: Rp 1.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Samboang, Kec. Bontotiro, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.

8. Pantai Seruni

Pantai Seruni
Image Credit: Google Maps (Dini Albar)

Pantai Seruni menjadi salah satu objek pantai modern yang bisa Anda kunjungi ketika mampir ke sulawesi Selatan. Pantai ini, merupakan hasil dari reklamasi dengan luas hingga 1,5 kilometer. Tak heran, pantai ini memiliki suasana yang cukup tenang, dan cocok digunakan sebagai destinasi wisata untuk melepas penat dari banyaknya pekerjaan.

Di depan pantai, Anda akan menemukan sebuah monumen ikon ik dengan paduan warna merah bata dan abu. Diatasnya, terdapat monumen 3 setengah lingkaran dengan corak warna pelagi, dan dilengkapi dengan tulisan Pantai Seruni di belakangnya. Monumen ini sering menjadi spot foto untuk para wisatawan sebagai bukti jika mereka sudah berkunjung kesini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Seruni, Pallantikang, Kec. Bantaeng, Kab. Bantaeng, Sulawesi Selatan.

9. Pantai Marumasa

Pantai Marumasa
Image Credit: Facebook.com @kopihitam.me

Kawasan Bulukumba di Sulawesi Selatan rasanya tidak pernah kehabisan menawarkan keindahan pantai yang luar biasa menawan. Salah satunya adalah Pantai Marumasa yang terbilang masih sangat baru ini. Pantai ini memiliki pemandangan air laut berwarna biru yang sangat cerah, dan semakin menarik dengan tebing-tebing menjulang disekitarnya.

Pantai Marumasa memiliki garis pantai berwarna putih cerah yang terbingkai degan hamparan pasir yang sangat luas. Anda akan menemukan dua buah tebing yang terlihat seperti pagar pantai. Jika masuk lebih dalam, Anda akan menemukan banyak sekali spot foto instagramable yang sudah disiapkan oleh pihak pengelola untuk membuat liburanmu semakin asyik.

Di sekitarnya, juga sudah terdapat camp penginapan yang bisa Anda maqnfaatkan jika ingin menikmati suasana malam dari pantai cantik satu ini. Udara sejuk dari angin yang berhembus, ditambah suara desiran ombak yang menenangkan, serta pemandangan laut lepas yang berpadu dengan langit cerah akan menjadi kenangan liburan yang berkesan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Darubiah, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.

10. Pantai Punaga

Pantai Punaga
Image Credit: Pantainesia.com

Pantai Punaga di Sulawesi Selatan ini, seringkali disamakan dengan Tanah Lot di Bali yang sangat populer itu. Bukan tanpa alasan disebut demikian, Pantai Punaga memang dipenuhi dengan tebing-tebing batu yang dapat memikah hati dan pandangan siapapun yang berkunjung kesini. Tebing batu berwarna hitam dan kokoh itu, menambah eksotisme pantai.

Saat yang paling pas datang ke destinasi wisata ini adalah pada saat siang menjelang sore hari. Pasalnya, Anda akan menemukan pemandangan matahari terbenam yang sangat cantik disertai dengan semburat awan berwarna oranye yang menenangkan. Anda dapat dengan puas memandangi matahari yang perlahan menghilang di depan lautan lepas yang tenang.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan berbagai macam ragam aktivitas yang menyenangkan disini. Anda bisa menikmati pemandangan bawah pantai yang tidak kalah eksotis dari pemandangan di permukaannya dengan melakukan snorkeling. Namun, Anda tetap harus berhati-hati dikarenakan pantai ini dipenuhi dengan batuan karang yang cukup licin.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Punaga, Kec. Mangara Bombang, Kab.Takalar, Sulawesi Selatan.

Mengunjungi pantai rasanya memang tidak akan ada puasnya. Meskipun memiliki elemen yang sama yakni ombak dan pasir, namun setiap pantai selalu memberikan kesan tersendiri bagi siapapun yang mengunjunginya. Sama halnya dengan deretan pantai indah nan eksotis yang berada di Sulawesi Selatan ini, dapat membuat siapapun tak rela untuk melewatkannya.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending