Pantai Suluban Bali, Pantai Eksotis yang Tersembunyi Dibalik Batu Karang

Pantai Suluban Bali, Pantai Eksotis yang Tersembunyi Dibalik Batu Karang

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket Pantai Suluban atau dikenal dengan nama Blue Point salah satu objek wisata yang unik di Badung, Bali. Pantai berpasir yang tersembunyi dibalik batu karang, garis pantai yang pendek namun menyajikan panorama alam yang menakjubkan.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Pantai Suluban No.18, Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali; Map: Cek Lokasi

Menjadi salah satu gudangnya sektor pariwisata Indonesia, Bali memang terkenal dengan berjuta pesonanya. Tidak hanya populer dengan Pantai Kuta, tapi juga budayanya yang masih mengakar. Disini, juga menjadi sarang dari Pantai cantik bernama Pantai Suluban.

Pantai yang terkenal akan ombaknya ini terletak di Uluwatu. Menawarkan berbagai keindahan alam beserta fenomenanya. Tidak heran banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang menjadikan Pantai Uluwatu sebagai lokasi liburan yang menarik. Bahkan Pantai ini menjadi sarang para pecinta alam.

Sebab di sinilah Anda bisa melihat indahnya matahari terbenam di pantai dengan pasir putihnya yang cantik. Mengingat hal tersebut maka bisa membuktikan bahwa sektor pariwisata Indonesia tidak kalah dengan negara lainnya. Apalagi dengan kekayaan budaya serta adat istiadat yang masih dijunjung tinggi oleh warga Bali, membuat turis penasaran bagaimana sensasi berlibur di sana.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Suluban (Blue Point)

Daya Tarik Pantai Suluban
Image Credit: Facebook.com @cityhype.id

1. Pemandangan Tebing Karang yang Eksotis

Sebenarnya ada banyak sekali keindahan dari Pantai Uluwatu atau yang biasa disebut sebagai blue point. Namun, perlu Anda ketahui bahwa pantai ini dihiasi dengan pemandangan tebing karang yang unik. Masuk dalam jajaran pantai tersembunyi, pantai tersebut memang menyimpan banyak hal menarik.

Tebing karang yang ada disana juga berfungsi sebagai pemecah ombak laut yang begitu riuh. Pastinya ini akan menjadi pemandangan paling menarik saat Anda berada di pantai.

Harmoni dari ombak pantai serta angin sepoi yang sejuk membuat pengunjung enggan beranjak dari tempatnya. Namun untuk Anda yang ingin menjelajah kawasan lautnya pastikan keadaan ombak tidak terlalu ganas. Tentunya ini juga untuk keselamatan para pengunjung itu sendiri.

Ketika Laut surut, pengunjung dapat mengakses keindahan pantai serta laut dengan puas. Pastikan untuk mengajak teman atau keluarga berlibur ke pantai ini ya. Selain merilekskan pikiran, Anda juga ikut berperan mengembangkan sektor pariwisata Indonesia.

2. Dihiasi Indahnya Matahari Terbenam

Ingin melihat pemandangan tidak biasa? Di Pantai Suluban Uluwatu Anda bisa menyaksikan fenomena alam yang begitu indah dan mempesona. Sebab di sinilah terletak pemandangan matahari terbenam yang begitu eksotis.

Menjadi salah satu wisata yang ada di Bali, Suluban memang menyimpan berbagai pesona. Tidak hanya angin sepoi dan ombak Laut saja tapi juga lukisan Tuhan yang begitu magis.

Tentunya ini merupakan pemandangan tidak biasa, sebab tidak semua pantai mampu menyajikan fenomena yang satu ini. Pastikan Anda tidak ketinggalan momen detik-detik matahari terbenam di Pantai.

Pastinya hal itu akan menjadi liburan yang paling mengesankan selama Anda berada di Suluban Bali. Apalagi jika melihat fenomena matahari terbenam dengan orang terkasih, pasti akan lebih istimewa kan. Matahari terbenam di Pantai begitu unik. Sebab saat terbenam, matahari akan nampak menghilang di antara tebing bebatuan yang ada di sana.

Daya Tarik Suluban
Image Credit: Instagram.com @lehaps

3. Aktivitas Masyarakat yang Menarik

Menjadi gudangnya pemandangan indah, Pantai Suluban nyatanya juga menyimpan berbagai hal yang menarik untuk diteliti lebih jauh. Pasalnya saat Anda berada di sini, kegiatan berjalan menuju pantai akan dihiasi dengan berbagai aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat setempat. Tidak hanya pasir pantai serta laut biru saja, tapi juga kegiatan masyarakat desa yang cukup sibuk.

Tidak jarang mereka akan mengajak para pengunjung bercengkrama. Anda pun dapat berkomunikasi dengan masyarakat setempat dan menanyakan mengenai asal usul Pantai.

Daya tarik yang dimiliki Suluban juga menjadi magnet tersendiri bagi para pengunjung. Mereka pun semakin betah berlama-lama di tempat itu tanpa mengenal bosan. Merasakan angin sepoi-sepoi yang menerpa tubuh seolah menghilangkan segala penat yang ada.

4. Pantai dengan Pemandangan yang Begitu Memukau

Berbagai daya tarik yang dimiliki oleh Pantai ini tentunya membuat siapa pun ingin segera berkunjung ke sana. Yang paling krusial dari sebuah pantai adalah keadaan pasir putihnya. Nah, di sinilah Anda dapat menikmati hal itu dengan lebih leluasa.

Pasalnya Pantai ini memiliki pemandangan pantai yang tiada tandingan. Lautnya yang bergradasi hijau kebiruan pun menjadi daya tarik tersendiri. Airnya yang begitu jernih menampakkan berbagai ikan serta biota laut yang ada di dalamnya.

Selain itu, pantai ini memiliki dua warna air yang berbeda. Jika Anda perhatikan bagian laut yang lebih dalam berwarna biru tua sedangkan di perairan dangkalnya Anda akan melihat warna air nampak kehijauan.

Angin sepoi-sepoi di Pantai pun ikut menjadi daya tarik tersendiri. Anda bisa berdiri di tepi pantai sambil menikmati segar dan sejuknya pemandangan.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Blue Point

Alamat Pantai Blue Point
Image Credit: Google Maps (Kung A Yin)

Menjadi salah satu wisata tersembunyi yang ada di Bali, Pantai ini memang kerap kali menjadi tempat liburan yang recommended. Tidak heran banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang memilih tempat ini sebagai persinggahan.

Dengan berbagai daya tarik yang dimiliki tentunya bukan hal mustahil bagi Pantai Suluban sering kali didatangi oleh turis. Jika Anda tertarik untuk mengunjungi pantai ini bisa langsung pergi ke desa Pecatu, Uluwatu, Bali Selatan.

Destinasi wisata alam yang satu ini tidak sulit untuk dicari. Hanya dibutuhkan waktu 60 menit saja jika Anda menempuhnya dari pusat Kota Denpasar. Namun, tetap dianjurkan untuk menggunakan kendaraan pribadi agar waktu tempuh relatif lebih singkat dari pada menggunakan kendaraan umum.

Agar bisa sampai di pantai yang indah dan menawan ini Anda harus pergi ke Desa Pecatu, lalu berhentilah di balai desa. Setelah itu lanjutkan perjalanan dengan mengambil rute ke kanan ke Jalan Labuan Sait. Untuk sampai di Pantai ini Anda hanya perlu belok kanan dari rute jalan yang menuju Pantai Padang-Padang.

Jarak dari pantai ke destinasi wisata lainnya cukup jauh, banyak pengunjung yang rela menempuh jarak sekian km agar sampai di tempat ini. Agar tidak kesulitan mengenai akomodasi saat ingin ke Pantai Suluban sebaiknya Anda menyewa mobil atau motor sebagai kendaraan utama.

Seperti wisata alam lain, pantai ini juga tidak memungut biaya sepeserpun bagi pengunjung yang datang alias gratis. Tentunya ini menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda yang ingin menikmati pesona alam yang memukau tanpa mengeluarkan uang sedikitpun.

Meski begitu karena ombaknya yang tidak bisa diajak kompromi sebaiknya Anda benar-benar mengawasi anak-anak yang masih dibawah umur. Sebagai tempat wisata, Pantai ini memang menyimpan banyak hal menarik. Ombaknya yang begitu besar sering kali menjadi tempat atau lokasi surfing para pengunjung.

Siapa sangka dibalik pesanannya yang indah pantai ini memiliki asal muasal yang begitu menarik dari segi penamaan. Menurut cerita, tebing karang yang ada di pantai menjadi latar belakang penamaan dari Pantai Suluban. Kata Suluban sendiri sebenarnya berasal dari kata mesulub yang artinya berjalan di bawah sesuatu.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Suluban

Aktivitas di Pantai Suluban
Image Credit: Instagram.com @rallou12

1. Naik ke Tebing Karang

Dengan pesonanya yang begitu beragam, ada aktivitas menarik yang bisa dilakukan di tempat ini. Terkenal dengan batu karangnya, maka aktivitas seperti menaiki tebing karang akan menjadi sangat seru. Selain itu, saat ingin mencapai bibir pantai, pengunjung harus melewati lorong yang diapit oleh tebing karang yang cukup tinggi.

Menaiki tebing yang ada di Pantai, Anda bisa secara langsung melihat keindahan pantai dari ketinggian. Selain itu, spot tersebut bisa menjadi gardu pandang terbaik saat ingin melihat sunrise maupun sunset.

Apalagi jika Anda menaikinya beramai-ramai tentunya akan menjadi sangat mengesankan. Meski begitu pastikan Anda tetap berhati-hati, sebab tebing ini cukup licin dan curam.

2. Surfing

Ombak di Blue Point yang cukup Riuh membuatnya menjadi surganya para peselancar. Tidak heran ketika liburan tiba banyak peselancar yang datang ke Pantai hanya untuk menikmati sensasi ombak yang begitu besar dan tinggi. Oleh sebab itu, penjaga pantai selalu standby di tempat untuk menjaga keamanan pengunjung.

3. Hunting Foto

Aktivitas yang tidak boleh dilewatkan ketika liburan adalah mengabadikan moment. Dengan begitu Anda dapat mengenang masa-masa liburan yang menyenangkan. Anda bisa berfoto bak siluet ketika matahari terbenam maupun berdiri diantara tebing karang yang begitu kokoh.

Aktivitas Pantai Suluban
Image Credit: Instagram.com @sweet.escape

4. Melihat Sunset

Seperti yang sudah diulas di atas, Pantai Suluban juga dilengkapi dengan keadaan alam yang indah. Salah satunya adalah pesona dari matahari terbenam khas Bali. Saat itu Anda dapat melihat cahaya senja yang membaur di langit kemudian membias ke air laut yang membiru. Suasana syahdu nan tenang akan membuat Anda terpukau.

5. Bersantai di Goa Kecil

Selain terkenal akan tebing karang yang menjulang tinggi juga ombak laut yang begitu besar, Pantai ini memiliki goa-goa kecil di antara bebatuan. Di tempat itu Anda bisa bersantai sementara, sambil menikmati pemandangan yang ada di Suluban.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Suluban

Penginapan Pantai Suluban
Image Credit: Traveloka.com

1. Penginapan Uluwatu Blackpakers

Untuk Anda yang ingin lebih lama berada di Bali bisa cari penginapan terdekat dari Pantai Uluwatu. Penginapan Uluwatu Blackpaker’s menjadi salah satu tempat bermalam yang recommended. Telah tersedia beberapa fasilitas yang menunjang kenyamanan pengunjung seperti area WiFi, kolam renang, area parkir, serta tempat tidur yang nyaman.

2. Penginapan Jacko House Uluwatu

Penginapan terdekat selanjutnya yang ada di Pantai Suluban Uluwatu adalah penginapan Jacko House Uluwatu. Di sini pengunjung akan difasilitasi dengan area parkir yang cukup luas. Selain itu di sekitar penginapan juga terdapat restoran maupun cafe yang menyajikan menu makanan khas Bali. Jadi pengunjung bisa sekalian berwisata kuliner di tempat ini.

3. Hotel Blue Point Uluwatu

Hotel Blue point Uluwatu menjadi tempat menginap paling dekat dari pesisir Pantai Suluban. Pasalnya penginapan ini berada di atas tebing. Bahkan tempat ini juga menyediakan pelayanan selama 24 jam nonstop.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Pantai Suluban Bali

Fasilitas Pantai Suluban
Image Credit: Google Maps (Ikhwan Wahyudin)

Fasilitas yang tersedia di sekitar pantai terbilang cukup lengkap seperti toilet, tempat parkir dan lain sebagainya. Selain itu ada juga restoran dan cafe yang dapat dikunjungi saat perut kosong. Sekitar pantai juga tersedia kolam renang yang aman untuk kagiatan bermain anak-anak.

Nah, itu dia berbagai hal mengenai Pantai Suluban yang harus Anda ketahui. Pesonanya yang memikat seakan membuat siapapun enggan beranjak dari sana. Segera masukkan destinasi wisata alam ini ke list liburan Anda ya.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending