Pantai Tanjung Batu Sorong, Pesona Pantai Eksotis yang Memanjakan Mata

Pantai Tanjung Batu Sorong, Pesona Pantai Eksotis yang Memanjakan Mata
Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Tj. Kasuari, Malaingkedi, Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat; Map: Cek Lokasi

Pantai Tanjung Batu berada di salah satu kota yang paling maju di Papua Barat. Meskipun udara di Sorong cukup panas dan padat penduduk, namun di wilayah pantai ini memiliki banyak pepohonan yang teduh dan sunyi terutama saat hari-hari kerja. Sangat cocok untuk wisata keluarga yang murah meriah.

Pasir di pantai ini berwarna putih. Lingkungan di sekitar juga bersih sehingga pemandangan sekitar tampak masih alami dan terjaga. Air laut yang bersih dengan ombak yang tidak terlalu besar dengan air yang sangat segar. Pantai ini menjadi tempat yang aman untuk bermain air di sekitar bibir pantai tanpa harus takut akan terseret ombak.

Menjadi destinasi wisata yang mulai menjadi populer di Sorong, Pantai Tanjung Batu cukup ramai dikunjungi saat akhir pekan atau musim liburan. Namun jika datang pada hari-hari biasa, maka pantai ini akan sangat sepi dan sunyi. Maka, bagi pengunjung yang menginginkan tempat yang nyaman untuk menenangkan diri bersama alam, bisa datang di pantai ini pada hari-hari kerja.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tanjung Batu

Image Credit: Google Maps ELIAS KARAMOY

Ada beberapa daya tarik yang mampu menarik perhatian para wisatawan untuk berkunjung. Beberapa daya tarik pantai ini seperti berikut.

1. Keindahan Pantai

Daya tarik utama dari Pantai Tanjung Batu adalah pemandangan pantai yang sangat indah. Hamparan pasirnya yang putih memiliki tekstur yang lembut sehingga tidak akan melukai kaki jika berjalan di atas pasir tanpa alas kaki. Warna pasirnya yang putih kecoklatan juga tampak lebih indah jika terkena dengan sinar cahaya matahari.

Selain itu, air lautnya juga menawarkan warna yang memanjakan mata. Dengan warna biru muda dengan gradasi biru kehijauan membuatnya sangat indah dipandang. Dipadukan dengan pasir putihnya, juga lingkungan sekitar yang sangat bersih dan juga masih alami sehingga membuat keindahan pantai menjadi tujuan utama pengunjung datang menikmati liburan.

2. Ombak Pantai

Pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang di bibir pantai. Meski perlu kehati-hatian dan tetap harus diawasi, namun anak-anak maupun orang dewasa bisa dengan leluasa bermain air di sekitar bibir pantai. Meski demikian, ombak di perairan yang lebih dalam cukup kencang. Dengan keadaan ombaknya, pantai ini menjadi spot yang menyenangkan untuk berselancar.

Keadaan ombak ini tentu menjadi daya tarik tersendiri. Pengunjung datang untuk melakukan berbagai kegiatan yang menarik, termasuk bermain air atau berselancar. Ombak di Pantai Tanjung Sorong mendukung pengunjung untuk menikmati liburan dengan menyenangkan. Tidak mengherankan jika akhirnya pantai ini menjadi tempat yang semakin populer untuk tempat liburan.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Tanjung Batu
Image Credit: Google Maps ELIAS KARAMOY

3. Batu Besar

Salah satu yang menjadi ciri khas dari Pantai Tanjung Batu adalah adanya batu besar yang menjorok ke laut. Batu ini tidak terlalu tinggi, namun perlu tenaga untuk bisa sampai di atasnya. Banyak pengunjung yang datang untuk menaiki batuan besar ini dan menikmati keindahan alam dari atas. Sensasinya memang sangat berbeda dengan deburan air laut yang terasa lebih dekat.

4. Hembusan Angin

Pantai ini memang cukup terik dan panas karena berada di kawasan katulistiwa. Meski begitu, angin di kawasan ini sangat lembut sehingga terasa menenangkan. Hembusan angin yang menerpa wajah pengunjung akan terasa menyejukkan. Karena itu tempat ini seringkali menjadi tempat untuk menenangkan diri dan beristirahat dari kegiatan sehari-hari yang jenuh.

Tidak hanya itu, di sekitar pantai ini dikelilingi dengan pepohonan rindang di sekitarnya. Pepohonan ini dapat menjadi tempat yang segar dan sejuk untuk berteduh. Pohon-pohon dengan berbagai jenis ini tidak hanya untuk berteduh pengunjung. Manfaat lainnya juga sangat penting yaitu melindungi dari pantai ini dari bahaya abrasi.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Pantai Tanjung Batu
Image Credit: Google Maps Benkris Koloman

Pantai Tanjung Batu berada di Sorong Manol, Kota Sorong. Lebih tepatnya berada di Jl. Tanjung Kasuari, Malaingkedi. Pantai ini tidak terlalu jauh dengan pantai lain, yaitu Pantai Tanjung Kasuari. Banyak yang mengira jika keduanya merupakan pantai yang sama, namun sebenarnya berbeda. Hanya lokasinya saja yang berdekatan.

Pantai ini juga cukup dekat dengan Bandara DEO. Jaraknya hanya sekitar 15 kilometer atau kurang lebih perlu menempuh perjalnan selama 35 menit. Jika Anda berasal dari luar kota, Anda dapat menemukan penginapan atau homestay di sepanjang perjalanan ini. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi bingung di mana harus bermalam.

Untuk mencapai lokasi pantai akan lebih mudah jika memulai perjalanan dari Kota Sorong. Jaraknya hanya sekitar 7 kilometer saja. Anda dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Jika tidak ada kendaraan pribadi, Anda juga dapat menggunakan ojek. Biayanya kira-kira Rp 30.000 meski cukup dekat karena memang ada perbedaan harga jika dibandingkan dengan pulau lainnya.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Batu
Image Credit: Google Maps Jelajah Pelosok

Pantai Tanjung Batu merupakan kawasan wisata yang sangat murah meriah. Buka setiap hari dan akan lebih ramai saat weekend, memasuki pantai ini tidak ditarik biaya tiket masuk. Anda hanya perlu membayar biaya parkir. Untuk kendaraan roda empat, biaya parkir seharga Rp 50.000, sedangkan untuk sepeda motor seharga Rp 20.000.

Harga parkir ini memang cukup mahal jika dibandingkan dengan harga di pulau lainnya, seperti Pulau Jawa. Namun di Papua memiliki perbedaan harga, sehingga biaya parkir tersebut termasuk harga yang wajar. Apalagi setelah sampai di pantai, Anda akan disuguhkan dengan keindahan pantai dengan pasir putih dan air lautnya yang biru.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Tanjung Batu

Aktivitas di Pantai Tanjung Batu
Image Credit: Google Maps kaleng khong guan

Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan jika berada di Pantai Tanjung Batu. Dengan berbagai kegiatan ini akan membuat liburan Anda di kawasan ini menjadi lebih menyenangkan. Tidak hanya dapat melakukan kegiatan sendirian, namun Anda juga dapat melakukannya bersama teman atau dengan keluarga.

1. Rekreasi

Jika Anda datang bersama keluarga, maka rekreasi menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Anda dapat menggelar tikar dan menikmati bekal makanan yang Anda bawa dari rumah. Dengan angin yang sepoi-sepoi di bawah pepohonan, juga suara deburan ombak, tentu akan membuat nafsu makan bertambah, apalagi jika dilakukan dengan bersama orang-orang tersayang.

2. Berenang

Dengan ombak yang tidak terlalu besar di bibir pantai sehingga sangat cocok sebagai tempat untuk melakukan kegiatan berenang. Baik anak-anak maupun dewasa dapat menikmati kesegaran air laut dengan leluasa. Tentu saja Anda hanya dapat melakukannya di bibir pantai saja dan perlu pengawasan untuk anak-anak karena semakin ke tengah laut, ombak akan semakin kencang.

3. Berselancar

Jika Anda menyukai kegiatan berselancar, maka pantai ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk melakukan kegiatan olahraga air yang satu ini. Ombak di Pantai Tanjung Batu ini memang mendukung untuk melakukan aktivitas yang sangat menyenangkan ini. Karena itu, banyak pengunjung datang membawa papan selancar untuk menjajal ombak di salah satu pantai di Sorong ini.

3 Penginapan Terdekat

3 Penginapan Terdekat Pantai Tanjung Batu
Image Credit: Google Maps Garry Julian

1. City Home Stay

Penginapan ini sangat dekat dari kawasan pantai dan sangat terjangkau. Jaraknya hanya 4 kilometer saja dari lokasi. Selain itu, penginapan ini juga strategis dan dekat dengan tempat umum lain. Dengan kamar yang nyaman, bermalam di penginapan ini hanya perlu membayar Rp 290.000 saja untuk per malamnya.

2. Kofiyau

Jarak penginapan ini dari pantai jauh lebih dekat daripada penginapan sebelumnya. Hanya beberapa meter saja dari lokasi pantai. Hotel ini juga cukup strategis untuk para wisatawan dari luar daerah karena dekat dengan bandara. Untuk harga sewa hanya Rp 270.000 saja per malam.

3. You&Me Hotel

Berjarak hanya 4 kilometer saja dari pantai, penginapan ini memiliki fasilitas yang cukup memadai. Hanya dengan biaya sewa Rp 250.000 saja per malam, Anda tidak hanya akan mendapat kamar yang nyaman namun juga WiFi, AC, dan parkir. Selain itu penginapan ini juga menyediakan pelayanan selama 24 jam.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas di Kawasan Pantai
Image Credit: Google Maps Azarya Wanggai

Fasilitas yang ada di Pantai Tanjung Batu cukup memadai. Tersedia lahan parkir untuk kendaraan pribadi Anda, selain itu juga tersedia kamar mandi untuk Anda yang berenang di pantai. Tersedia juga musala untuk beribadah.

Jika Anda tidak membawa tikar, maka Anda dapat memilih untuk beristirahat di meja kursi kayu yang banyak tersebar di kawasan pantai. Meja kursi ini terdapat tepat di bawah pohon sehingga dapat sekalian berteduh dari sengat matahari.

Ada juga banyak kedai makanan di sekitar pantai, sehingga Anda masih dapat mengisi perut jika tidak membawa bekal. Kedai-kedai ini akan menawarkan berbagai makanan khas. Sehingga tidak hanya mengisi perut, Anda juga bisa berwisata kuliner khas daerah Papua.

Pantai Tanjung Batu memang berada di kota yang cukup padat penduduk dan udara yang panas, namun kawasan ini justru menyajikan ketenangan dan kesejukan dari pepohonan di sekitar. Menjadi tempat wisata yang murah meriah, Anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan menarik bersama keluarga.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending