Pantai Tanjung Bayang, Makassar

Daya Tarik, Rute & Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Bayang di Kota Makassar kerap dijadikan pilihan terbaik menghabiskan akhir pekan, dimana sunset menjadi daya tarik utamanya yang begitu mempesona dan memikat banyak wisatawan.

Lokasi: Selat, Tanjung Merdeka, Kec. Tamalate, Kota Makassar.
Map: Cek Lokasi

Membahas wisata bahari Sulawesi memang tidak akan ada habisnya. Selalu saja ada hal baru yang bisa dinikmati dan dijelajahi di bahari Makassar. Kota satu ini memang termasuk kota yang kondang dengan wisatanya. Bila Anda menginjakkan kaki di Kota Makassar dan bosan dengan Losari, maka Pantai Tanjung Bayang bisa dijadikan tujuan. Pantai satu ini memiliki pesona yang luar biasa untuk dijadikan destinasi liburan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tanjung Bayang

Daya Tarik Pantai Tanjung Bayang Makassar
Image Credit: Tribunnews.com

Makassar memiliki beberapa tujuan wisata yang cukup melimpah, terutama wisata baharinya yang selalu hadir berbeda. Sulawesi memang terkenal dengan wisata bahari yang tak pernah mengecewakan. Begitu juga ketika Anda menghabiskan liburan di Pantai Tanjung Bayang ini. Pantai satu ini bisa dikatakan sebagai pantai yang cukup kondang di Makassar. Karena Anda juga perlu tahu, jika pantai di Makassar bukan hanya pantai Losari saja.

Pantai pantai lainnya tak kalah menawan, bahkan memiliki ciri khas tersendiri. Pantai Tanjung Bayang bisa dikatakan sebagai pantai yang sederhana namun sempurna. Bahkan pantai satu ini dijadikan sebagai salah satu pantai favorit bagi masyarakat Makassar. Dekat dengan kota, menjadikannya sangat mudah untuk ditempuh. Ketika sore menjelang, pengunjungnya akan semakin ramai dan padat, tentu saja berburu siluet sunset yang megah.

Pengunjung umumnya akan mengalami lonjakan begitu memasuki akhir pekan maupun liburan. Meskipun demikian banyak juga pengunjung di hari biasa yang lebih didominasi oleh warga sekitar. Keindahan yang ditawarkan memang akan membuat siapapun betah berlama lama di pantai ini. Menikmati angin sepoi sepoi, mendengarkan debur ombaknya sayup sayup sambil menanti sunset menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Daya Tarik Pantai Tanjung Bayang
Image Credit: Instagram.com @anggihasibuan

Keunggulan lain yang dimiliki oleh pantai satu ini adalah lokasinya yang berada di Selat Makassar bagian barat. Bukan tanpa alasan, dengan posisinya ini menjadikan view sunsetnya penuh dan cantik. Membuat para pemburu foto siluet selalu mendatangi pantai satu ini. Mereka mengaku jika hasil foto yang dihasilkan menjadi lebih cantik dan tak pernah gagal. Keindahan pesona matahari terbenamnya memang sangat cocok untuk Anda penikmat senja.

Bukan hanya itu, garis pantai yang dimiliki oleh Pantai satu ini cukup panjag. Sehingga memungkinkan pengunjung maupun warga lokal untuk memanfaatkan area berpasirnya. Paling banyak digunakan untuk olahraga seperti bermain voli maupun sepak bola. Pasinya juga terbilang lembut, sehingga aman jika ingin bermain di atasnya. Yang jelas, pantai satu ini menjadi pantai yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja jika ke Makassar.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Tanjung Bayang

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Tanjung Bayang
Image Credit: Flickr.com @67261862@N06

Alamat dari pantai Tanjung Bayang terletak di Kelurahan Barombong, Kec. Tamalate, Makassar. Lokasinya mudah untuk dijangkau, jika berangkat dari pusat kota Makassar membutuhkan jarak tempuh sekitar 8 km saja. Jarak tersebut bisa menghabiskan waktu sekitar 25 menit saja. Untuk menuju Pantai Tanjung Bayang lebih baik menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat.

Sebab, transportasi umum menuju pantai ini terbilang susah untuk ditemui. Walaupun ada angkutan umum, taksi maupun ojek yang bisa dimanfaatkan. Namun alangkah baiknya jika menggunakan kendaraan pribadi. Untuk menuju pantai satu ini aksesnya tidaklah sulit, masyarakat Makassar akrab dengan pantai ini. Sehingga Anda bisa menanyakan jalan menuju pantai yang cantik ini. Selain itu Anda juga bisa mengandalkan peta Google yang tersemat di ponsel Anda.

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Bayang

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Bayang
Image Credit: Tribunnews.com

Berkunjung ke Kota Makassar, Anda memang tak perlu mengeluarkan banyak uang jika ingin berlibur ke pantai. Harga tiket masuk Tanjung Bayang dibandrol mulai dari Rp. 5 ribu untuk setiap orang. Harga tersebut belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan maupun menyewa peralatan lainnya.

Tetapi tergolong sangat terjangkau untuk menyaksikan keindahan yang dimiliki Pantai Tanjung Bayang ini. Harganya juga bisa berubah sewaktu waktu, sehingga lebih baik Anda menyiapkan dana lebih.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Tanjung Bayang

Kegiatan di Pantai Tanjung Bayang
Image Credit: Sodventure.blogspot.com

Karena memiliki harga tiket yang terjangkau, pantai Tanjung Bayang merupakan favorit tempat liburan bersama keluarga. Di pantai menawan ini, Anda bisa melakukan kegiatan yang beragam untuk habiskan liburan. Tidak hanya bisa mengobrol atau bersantai bersama keluarga, Anda juga bisa melakukan kegiatan menyenangkan lainnya. Memang waktu terbaik untuk menyaksikan atraksi yang paling ditunggu adalah ketika sore hari.

Namun bukan berarti ketika singgah siang hari, Anda tak bisa menikmati. Pantai ini menyediakan beberapa wahana yang bisa Anda jajal. Perairannya memang terbilang landai, dengan ombak yang tak begitu besar. Sehingga cocok untuk dijadikan lokasi bermain banana boat maupun flying fish. Kegiatan yang ditarik oleh speed boat ini cukup digemari masyarakat. Bagi Anda yang menyukai tantangan jangan sampai melewatkan mencoba permainan ini.

Mengunjungi pantai tak lengkap rasanya jika tak berenang. Anda juga melakukan aktivitas berenang di pantai Tanjung Bayang ini. Agar lebih menyenangkan, tersedia juga ban maupun pelampung yang disewakan. Sehingga Anda bisa naik di atas pelampung sembari mengapung di atas perairan. Bagi Anda yang membawa anak anak dan mengajaknya berenang, ada baiknya untuk mengawasi dan menjaganya dengan baik.

Sebab tak sekali dua kali, pantai satu ini tiba tiba memiliki arus yang tinggi. Agar terhindar kejadian yang tidak diinginkan ada baiknya untuk selalu berhati hati. Terutama ketika musim penghujan, sangat tidak disarankan untuk berenang di tempat wisata pantai ini. Kegiatan lain yang juga bisa dilakukan adalah outbound. Tersedia wahana outbond yang akan membuat liburan Anda di Tanjung Bayang makin berkesan.

Terdapat juga bale bale terbuat dari anyaman bambuyang bisa dijadikan Anda beristirahat atau bersantai. Jumlah bale bale ini sangat banyak di sekitaran pantai. Pantai Tanjung Bayang cukup cantik jika dijadikan sebagai tempat berswafoto. Sehingga sembari menunggu matahari berpulang, tak ada salahnya Anda berburu foto untuk di unggah ke sosial media. Pastikan Anda menyiapkan kamera terbaik Anda untuk mengabadikan setiap momen berkesan.

Tanjung Bayang juga termasuk pantai yang banyak nelayannya. Perahu tradisional berjejer untuk membawa hasil tangkapan dari laut setiap pagi. Pengunjung bisa membeli ikan segar hasil tangkapan tersebut. Beberapa langsung menikmati ikan segar tersebut di pinggir pantai. Cara memasak yang paling banyak dilakukan adalah dengan memanggangnya. Pastinya akan membuat liburan Anda makin berkesan dan menyenangkan.

Penginapan Dekat Pantai Tanjung Bayang

Penginapan Dekat Pantai Tanjung Bayang
Image Credit: Pegipegi.com

Menikmati pantai memang rasanya tak pas jika hanya sehari saja. Sehingga ada yang memutuskan untuk menginap agar bisa lebih lama. Keuntungannya adalah bisa menyaksikan sunset maupun sunrise sekaligus jika menginap. Bagi Anda yang berkeinginan untuk tinggal lebih lama, ada beberapa penginapan yang bisa dijadikan pilihan. Penginapan di sekitar ada yang bentuknya rumah panggung, ada juga yang sudah menggunakan tembok.

Anda tinggal memilih penginapan yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi dompet Anda. Harga yang dibandrol untuk penginapannya cukup beragam, mulai dari Rp. 50 ribu hingga Rp. 500 ribuan. Fasilitas yang dihadirkan pada setiap penginapan juga berdasarkan dengan harganya. Apabila Anda berencana menginap di akhir pekan atau musim liburan, sebaiknya memesan kamar jauh jauh hari. Tentunya untuk menghindari penginapan yang penuh.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Tanjung Bayang

Fasilitas di Pantai Tanjung Bayang
Image Credit: Tradventuremakassar.wordpress.com

Tidak hanya panoramanya saja, fasilitas juga menjadi salah satu pertimbangan bagi wisatawan. Anda bisa menemukan fasilitas umum seperti parkiran maupun toilet dan mushola. Semua fasilitas tersebut dalam kondisi yang memadai dan bersih. Untuk lahan parkir juga terbilang luas, tentunya digunakan untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung. Selain fasilitas tersebut, Anda juga bisa menemukan penyewaan ban maupun kegiatan lainnya.

Bagi Anda yang tidak sempat membawa makanan, tidak perlu khawatir. Anda bisa menemukan banyak penjual makanan, minuman hingga mainan anak anak di sepanjang pantai. Menikmati kuliner sembari memandang hamparan laut luas tentunya akan memberikan kesan tersendiri. Apalagi jika berlibur bersama dengan keluarga atau pasangan, kulineran sembari menunggu senja pastinya akan seru.

Pantai yang dekat dengan pusat kota ini bisa dijadikan sebagai alternatif. Keindahan sunsetnya menjadi daya tarik utama yang membuat pengunjungnya tak pernah sepi. Namun untuk menjaga keindahannya, ada baiknya menjadi wisatawan yang bijak. Dengan tidak membuang sampah sembarangan di sekitaran pantai. Mengingat di pantai ini banyak yang masih belum sadar akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending