Pantai Tanjung Bira, Bulukumba

Daya Tarik, Rute & Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Bira di Bulukumba kondang dengan keindahannya. Anda bisa menjumpai banyak hal yang bisa dijelajahi, mulai dari permukaan hingga bawah laut yang mempesona.

Lokasi: Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba.
Map: Cek Lokasi

Indonesia yang terbagi ke dalam beberapa pulau yang memiliki kekayaan alam luar biasa. Hal ini juga berlaku untuk pulau Sulawesi yang juga kondang dengan kekayaan alam dan budayanya. Tak heran jika bagian Indonesia ini, juga sudah mulai dilirik sebagai destinasi wisata. Menuju ke daerah Bulukumba, Sulawesi, Anda bisa menemukan pantai Tanjung Bira yang mempesona. Pantai ini bisa Anda jadikan sebagai alternatif untuk menghabiskan liburan Anda.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tanjung Bira

Daya Tarik Pantai Tanjung Bira
Image Credit: Pegipegi.com

Setiap pantai maupun tempat wisata dimanapun pastinya memiliki keunggulan atau daya tarik tersendiri. Adanya daya tarik ini akan semakin dipoles oleh pengelola agar tempat wisata tersebut semakin banyak dikunjungi. Mengingat aspek wisata memang lebih mudah untuk mengangkat kemajuan suatu wilayah. Jika Anda singgah ke Bulukumba, Sulawesi Selatan, maka Anda harus menjadikan pantai Tanjung Bira sebagai tujuan wisata Anda.

Tak bisa dielakkan jika pantai Tanjung Bira memiliki pantai yang begitu bersih. Dilengkapi dengan pasir putih halus yang juga menjadi daya tariknya. Lembutnya pasir yang bersentuhan dengan kulit menjadi ciri khas unggulan Pantai satu. Dengan pasir yang lembut, maka kegiatan bermain di atas pasir akan makin menyenangkan. Belum lagi air lautnya yang begitu jernih, bahkan Anda bisa menikmati bawah lautnya dari permukaan.

Daya Tarik Pantai Tanjung Bira Bulukumba
Image Credit: Superadventure.co.id

Airnya yang layaknya cristal, nyatanya jika dilihat dari kejauhan airnya membentuk 3 gradasi warna yang menawan. Anda juga bisa melakukan kegiatan snorkeling maupun diving karena bawah lautnya yang memukau. Belum lagi, Pantai Tanjung Bira juga memiliki warga warga yang ramah. Sehingga setiap kali Anda berhubungan langsung dengan masyarakat tak akan canggung. Mengingat pantai satu ini memang tujuan wisata unggulan yang sering didatangi wisatawan.

Tak hanya wisatawan lokal, wisatawan dari mancanegara juga banyak yang terpesona dengan pantai satu ini. Suasananya yang asri dan terjaga menambah daftar panjang kelebihan dari pantai cantik ini. Anda tidak akan menyesal mengunjungi pantai satu ini karena memang ada banyak hal yang bisa dieksplore. Deretan perahu tradisional juga turut hadir untuk mempercantik panorama yang ada di Pantai Tanjung Bira ini.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Tanjung Bira

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Tanjung Bira
Image Credit: Google Maps (Aricko Khena Kaban)

Untuk alamat pantai satu ini berada di Jl. Tanjung Bira, Bonto Bahari, Bulukumba. Jika Anda melihatnya pada google maps, lokasinya berada di ujung Sulawesi Selatan dan hampir masuk ke daerah Flores. Memulai perjalanan dari pusat Kabupaten Bulukumba, Anda perlu menempuh jarak sekitar 40 KM. Tetapi apabila perjalanan ditempuh dari Makassar, maka akan membutuhkan jarak tempuh sekitar 200 KM.

Menuju pantai satu ini tidaklah sulit, karena selain bisa menggunakan kendaraan pribadi juga bisa menggunakan kendaraan umum. Jalananya juga sudah mulus sehingga semakin memudahkan Anda untuk menjangkaunya. Rute perjalanan bisa dilakukan dengan melewati Gowa lebih dulu. Setelah itu dilanjutkan menuju ke Talakar dan Jeneponto. Berlanjut ke Kabupaten Bantaeng, yang artinya tujuan Anda ke Tanjung Bira sudah tinggal beberap km lagi.

Bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan dengan menggunakan transportasi umum, bisa dimulai dari Bandara Sultan Hasanudin. Menggunakan bus Damri ke terminal Mallengkeri. Setelah itu turun di lapangan Karebosi untuk lanjutkan perjalanan ke Gowa. Tiba di Gowa, Anda akan kembali naik bis untuk menuju Pelabuhan Selayar Bulukumba. Dari pelabuhan ini bisa dilanjutkan dengan menggunakan ojek maupun angkot ke pantainya.

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Bira

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Bira
Image Credit: Journal.sociolla.com

Pesonanya yang luar biasa lantas tak membuat harga tiket pantai ini dipatok mahal. Untuk bisa menikmati keindahannya, Anda hanya membutuhkan dana sekitar Rp. 10 ribuan. Harga tiket ini akan berbeda untuk wisatawan asing maupun di akhir pekan.

Harga tiket juga cenderung akan naik hingga 50% ketika musim liburan. Harga tersebut belum termasuk dengan harga parkir kendaraan. Kenaikan harga tiket juga bisa terjadi kapan saja, sehingga siapkan uang lebih untuk menikmati pesonanya.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Tanjung Bira

Kegiatan di Pantai Tanjung Bira
Image Credit: Rianytam.wordpress.com

Pantai Tanjung Bira merupakan pantai yang paling pas untuk menikmati keindahan sunset maupun sunrise. Bahkan bisa dikatakan jika matahari terbit dan berpulang di pantai ini adalah yang paling ditunggu oleh wisatawan. Meskipun begitu, aktivitas yang bisa dilakukan tak hanya untuk menyaksikan lukisan indah sang Maha ini saja. Karena kegiatan lain juga tak kalah menarik untuk dilakukan. Misalnya berenang atau snorkeling untuk menyapa bawah lautnya.

Dengan melihat perairan sejernih itu, siapa yang menolak untuk berenang. Jika Anda memang tidak ingin berenang, Anda bisa bermain di pinggirannya saja. Ombaknya tak terlalu besar, sehingga cukup aman untuk bermain di area pantainya. Berjalan di atas pasirnya juga bukanlah ide yang buruk. Pantai Tanjung Bira memiliki pasir yang lembut ketika menyentuh kulit kita. Pastinya akan mengasyikkan membangun istana pasir maupun berlarian di atasnya.

Snorkeling juga menjadi aktifitas yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Ada spot yang begitu diminati di pantai ini yaitu Pulau Liukang. Hanya saja Anda harus menggunakan perahu motor sekitar 15 menitan. Airnya yang jernih memang memudahkan Anda untuk snorkeling. Anda bisa menyapa para ikan ikan yang berenang, serta menikmati keindahan terumbu karangnya. Jangan lupakan untuk mengambil foto underwater sebagai kenang kenangan.

Bagi Anda yang masih belum puas bermain, Anda bisa menjajal kegiatan yang menantang adrenalin. Tanjung Bira memiliki wahana berupa Banana Boat yang bisa Anda coba. Perahu karet yang memiliki bentuk seperti pisang ini memang tetap populer hingga kini. Mampu menampung hingga 5 orang, menjadikan aktivitas menantang ini makin menyenangkan. Anda bisa mencobanya bersama dengan teman teman maupun keluarga Anda.

Wisatawan akan diajak untuk melawan arus di atas perahu karet yang diseret dengan boat. Sekali permainan, pengunjung akan diajak untuk berkeliling sebanyak 3 kali. Selain melakukan aktivitas menantang ini, area landai Tanjung Bira juga sangat cocok untuk olahraga lari. Pantai ini memang termasuk kerap dijadikan lokasi untuk melakukan kegiatan olahraga. Salah satunya yang cukup kondang adalah Bira Beach Run yang diikuti oleh banyak pelari.

Aktivitas lain yang tak kalah seru adalah berkunjung ke tempat pembuatan Pinisi. Lokasinya tak begitu jauh dari pantai satu ini. Jika Anda enggan, menikmati sajian kuliner yang memanjakan lidah dan perut juga bisa dilakukan. Setelah puas melakukan berbagai kegiatan, Anda jangan sampai lupa untuk berburu foto yang keren. Ada beberapa spot instagramable yang bisa Anda manfaatkan.

Penginapan di Sekitar Pantai Tanjung Bira

Penginapan di Sekitar Pantai Tanjung Bira
Image Credit: Instagram.com @cosmosbungalows

Anda tak perlu khawatir jika ingin menghabiskan waktu lebih banyak di pantai ini. Sebab tersedia fasilitas penginapan yang cukup lengkap. Penginapan memang salah satu yang begitu diperhatikan dan dibutuhkan, terutama bagi wisatawan luar kota yang ingin lebih lama. Hotel maupun villa yang ada di pantai Tanjung Bira menawarkan berbagai fasilitas yang memanjakan pengunjungnya. Umumnya harganya bekisar Rp. 300 ribu per malamnya.

Selain hotel, Anda juga bisa menginap di Tanjung Bira resort yang tentunya akan lebih mahal. Karena resort satu ini merupakan kawasan mewah dengan fasilitas yang lengkap. Terdapat juga guest house, homestay maupun villa yang menawarkan berbagai fasilitas bagi tamunya. Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan juga kondisi keuangan Anda. Yang jelas di Tanjung Bira Anda bisa dengan mudah menemukan penginapan.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Tanjung Bira

Fasilitas di Pantai Tanjung Bira
Image Credit: Journal.sociolla.com

Selain keindahan dan pesona yang menawan, fasilitas juga menjadi pertimbangan pada tempat wisata. Pengelola wisata selalu berusaha untuk memberikan fasilitas yang memanjakan pengunjungnya. Di Pantai Tanjung Bira Anda bisa menemukan beberapa fasilitas selain penginapan. Anda bisa menyewa peralatan snorkeling di pantai ini tanpa harus membawanya dari rumah. Terdapat juga kamar mandi yang bersih dan memadai.

Bagi Anda yang tak sempat membawa bekal, Anda juga tak perlu khawatir. Hadir juga tempat makan di sekitar pantai yang jumlahnya lumayan. Berbagai menu seafood bisa memuaskan perut Anda. Selain seafood, Anda juga bisa menikmati kelezatan Konro maupun Coto Makassar. Ada banyak tempat makan di sekitaran pantai yang juga bisa dijadikan destinasi wisata kuliner Anda. Pastinya akan membuat liburan semakin lengkap.

Pantai Tanjung Bira menjadi salah satu pantai yang tidak boleh dilewatkan ketika di Bulukumba. Pantai ini menyimpan keindahan yang tak akan bisa Anda lupakan begitu saja. Terutama bagi Anda yang menyukai liburan di pantai. Alamnya yang masih terjaga lengkap dengan air jernih 3 gradasi warna, pasir putih hingga bawah lautnya akan menghilangkan semua penat Anda. Tertarik untuk mengunjungi tempat cantik satu ini?

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending