Pantai Teluk Penyu, Cilacap

Pantai Teluk Penyu, Cilacap

Lokasi: Pandanarang, Cilacap, Kec. Cilacap Selatan, Kab. Cilacap.
Map: Cek Lokasi

Di tengah sejumlah destinasi wisata yang kian naik daun, ternyata Cilacap masih punya satu objek wisata yang kian populer. Kota kabupaten Jawa Tengah ini punya pantai di pesisir selatan Jawa yang dikenal dengan nama pantai Teluk Penyu. Pantai yang konon dikenal sebagai tempat tinggal penyu dengan populasi yang cukup besar ini kini kian banyak peminatnya. Bagaimana keindahan rana wisata alam ini? berikut informasi lengkapnya.

Daya Tarik Dari Pantai Teluk Penyu

Daya Tarik Pantai Teluk Penyu
Image Credit: Bambangirwantoripto.com

Berada di daerah Cilacap bagian selatan tepatnya di pesisir selatan Jawa, saat pertama sampai ke lokasi Anda akan dihadapkan dengan angin, ombak besar, dan pasir hitam. Itulah beberapa ciri khas dari pantai pesisir Jawa yang dikenal akan keganasan ombak dari lautannya. Namun tentu saja hal ini tidak meredakan daya tarik dan rasa penasaran para wisatawan. Keindahan pantai selatan masih tampak eksotis di mata para pengunjung.

Gulungan ombak tinggi seakan memberi kesan berbeda yang tidak bisa ditemukan begitu saja. Ditambah lagi dengan kontras corak biru lautan dan hitam pantainya, menjadi daya pikat tersendiri di hati sebagian pengunjung. Selain berfoto di pantai, masih banyak sekali aktivitas yang bisa di lakukan pengunjung di Teluk Penyu ini. Salah satunya adalah datang ke benteng pendem yang lokasinya tidak jauh dari pantai Penyu ini.

Pastinya lokasi ini akan berikan aktivitas berbeda bagi para pengunjung yang mencari hal baru. Benteng Pendem sendiri adalah sebuah benteng pertahanan yang sudah sangat tua. Yang membuatnya menarik adalah bangunannya yang dibangun menjorok ke laut. Meski benteng ini dibangun pada tahun 1861-1871 Masehi, ternyata benteng basis pertahanan tentara Belanda ini masih berdiri tegap bahkan bisa dikunjungi oleh para pelancong untuk menjelajahinya.

Daya Tarik Pantai Teluk Penyu Cilacap
Image Credit: Ksmtour.com

Tidak berhenti di situ, Teluk Penyu juga punya sebuah bangunan seperti jembatan panjang yang dibangun dan mengarah ke tengah laut. Jembatan yang biasanya digunakan para pemancing ini, bisa jadi spot menarik untuk para pencinta foto atau selfie. Berfoto di spot ini berikan sensasi yang unik dan juga hasil tangkapan yang tidak akan sama dengan di bibir pantai. Foto Anda akan tampak sangat indah dengan latar belakang air laut biru dan langit yang menemaninya.

Anda suka memancing? Jangan lewatkan kesempatan untuk telusuri jembatan ini dan tes skill memancing yang Anda miliki. Anda bisa akses dengan mudah dan ikut berburu ikan bersama nelayan lain di lokasi tersebut. Sembari habiskan waktu memancing, ketika sore hari tiba jembatan ini akan semakin diramaikan oleh para wisatawan. Mereka datang demi memburu dan mengabadikan momen detik-detik sunset yang begitu indah dari bibir pantai.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Teluk Penyu

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Teluk Penyu
Image Credit: Disporapar.cilacapkab.go.id

Pantai Teluk Penyu berada di Kecamatan Cilacap, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah di bagian selatan pulau Jawa yang dipenuhi dengan deretan pantai yang memukau. Sebagai destinasi wisata yang semakin diminati, akses untuk ke pantai dirasa sudah baik (sudah aspal) dikarenakan posisinya yang cukup dekat dengan pusat pemerintahan kabupaten Cilacap. Sehingga beri kemudahan dan kenyamanan tersendiri bagi para pengunjung untuk pergi lokasi.

Lokasi pantai ini tepatnya adalah sekitar 2 Km ke arah timur dari Cilacap yang bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi atau umum. Baik untuk Anda yang pergi dengan transportasi umum atau kendaraan pribadi, pada umumnya rute yang dipilih untuk mencapai lokasi adalah dari terminal Cilacap. Dari terminal ini, rute yang dipilih akan membawa Anda langsung ke pantai. Terutama untuk Anda yang pergi dengan bis atau angkutan umum.

Terminal ini hadirkan angkutan umum yang bisa Anda gunakan untuk pergi ke pantai. Bagi Anda yang pergi dengan kendaraan pribadi, terminal ini juga bisa dijadikan patokan untuk memulai perjalanan. Dari terminal tersebut, Anda hanya perlu mengikuti jalan utama yang mengarah ke Pantai Penyu. Jarak dan kemulusan jalan akan membuat perjalanan terasa lebih nyaman dan lebih cepat karena memang hanya butuh 12 menit untuk sampai ke lokasi.

Harga Tiket Masuk Pantai Teluk Penyu

Harga Tiket Masuk Pantai Teluk Penyu
Image Credit: Tribunnewswiki.com

Bagaimana dengan harga tiket masuknya? Anda tidak perlu khawatir, destinasi wisata alam yang satu ini hanya meminta biaya pemeliharaan berupa tiket masuk seharga Rp. 5000 saja. dengan harga tersebut Anda bisa datangi lokasi wisata ini yang buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 19.00. Tentunya besaran harga tersebut seakan sangat murah dengan segala keindahan dan apa yang bisa Anda dapatkan di pantai selatan ini.

Namun ternyata, harga ini hanya meliputi biaya masuk untuk ke pantainya sendiri dimana Anda bisa bermain pasir, nikmati pantai, atau susuri jembatan untuk memancing di pantai penyu ini. Beda lagi jika Anda berencana untuk mengunjungi Benteng Pendem. Biaya masuk ke benteng peninggalan Belanda yang satu ini tidak termasuk HTM, jadi siapkan saja biaya untuk beli tiket masuk tambahan.

Kegiatan Menarik di Pantai Teluk Penyu

Kegiatan Menarik di Pantai Teluk Penyu
Image Credit: Detik.com

Jika berada di pantai, Anda punya sejumlah kegiatan yang bisa dilakukan. Meski pantai selatan dikenal akan ombak tinggi dan ganas, namun aktivitas pesisir pantai bisa menjadi alternatif yang tidak kalah menyenangkan. Salah satunya adalah bermain air di pinggiran pantai. Perlu diketahui bahwa berenang tidak dilarang, namun sangat dianjurkan untuk tidak berenang ke tengah laut. Hal ini untuk menghindarkan dari hal buruk karena ombak tinggi.

Jadi sebagai gantinya, Anda bisa habiskan waktu bersama yang tersayang bermain air di sepanjang pesisir. Jika Anda masih merasa was-was dengan ombaknya, pasir pantai hitam yang lembut bisa menjadi sasaran ide kreatif. Hamparan pasir hitam yang lembut dan indah banyak sekali digunakan para pelancong untuk bermain. Seperti membangun istana pasir, menggambar, bahkan mengubur diri untuk merasakan hangatnya pasir tersebut.

Tidak hanya itu, pantai Penyu ini juga punya pemandangan yang tidak kalah memukau. Berfoto dikala matahari masih terik berikan latar belakang indah dengan corak lautan biru. Namun, lokasi wisata ini juga dijadikan tujuan utama bagi mereka yang ingin memburu momen matahari terbenam. Luangkan sedikit waktu untuk tinggal hingga sore dan abadikan momen indah tersebut sebagai cinderamata foto liburan yang tidak terlupakan.

Jangan lupa juga dengan jembatan yang menjorok ke laut. Spot tersebut beri kesempatan bagi para pemancing mania untuk mengadu keberuntungan menangkap ikan. Bersama dengan ratusan nelayan, hembusan angin pantai, dan gemeresik ombak, pastinya waktu memancing Anda akan sangat berkesan. Akhiri perjalanan Anda dengan berburu cinderamata seperti hiasan kerang, gelang, dll. yang bisa dibeli di toko sekitaran pantai.

Penginapan Dekat Pantai Teluk Penyu

Penginapan Dekat Pantai Teluk Penyu
Image Credit: Radarbanyumas.co.id

Karena lokasinya yang relatif dekat dengan Cilacap, Anda tidak perlu khawatir tentang penginapan. Setidaknya ada lebih dari lima hotel dan penginapan yang bisa Anda tuju di sekitaran pantai ini. Harga yang tersedia pun bervariasi, dari yang ramah kantung hingga hotel berbintang. Bagi Anda yang mencari penginapan dengan budget rendah, Anda bisa coba datang ke Guest House di jalan Gatot Soebroto No. 136B dengan harga mulai dari 85 ribuan.

Beberapa hotel murah meriah lainnya adalah Wisma Ketapang yang menawarkan kamar dengan tarif mulai dari 100 ribuan. Ada juga Omah Cilacap, Ramayana Cilacap, Santi Sanjaya, Grand Liana, hingga hotel Nusantara yang tawarkan tempat peristirahatan dengan harga, fasilitas, dan layanan yang berbeda. Ke tujuh hotel tersebut adalah sebagian kecil dari semua penginapan yang bisa ditemukan di dekat Teluk Penyu hingga daerah sekitar pusat pemerintahan Cilacap.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Teluk Penyu

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Teluk Penyu
Image Credit: Citranewsindonesia.com

Di pantai ini sudah terdapat beberapa fasilitas dasar dan juga tambahan yang menarik. Toilet, kamar mandi, gazebo, musholla, dan lahan parkir sudah tersedia di sekitar lokasi. Selain itu, Anda juga bisa temukan fasilitas tambahan berupa lapangan voli, kolam pancing, water sports, kios penjual makanan dan minuman, hingga layanan perahu penyebrangan yang akan membawa Anda ke pulau Nusa Kambangan (dengan biaya tambahan).

Bisa dibilang destinasi wisata pantai yang satu ini adalah salah satu pilihan tempat berlibur yang mudah diakses dan sangat dekat dengan kota. Pantai yang satu ini hadir dengan pesona ala pantai selatan yang mempunyai pasir hitam dan ombak tingginya. Namun demikian, pemandangan, keberadaan jembatan, dan benteng Pendem memberi nilai plus pada daya tarik utamanya. Sehingga tidak heran pantai ini mampu menarik banyak pengunjung.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending