Pantai Teluk Penyu Cilacap – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Teluk Penyu Cilacap

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Teluk Penyu merupakan pantai nan indah dan menawan di Cilacap. Tujuan liburan favorit warga sekitar saat akhir pekan.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pandanarang, Kec. Cilacap Selatan, Kab. Cilacap, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Cilacap merupakan daerah multikultur yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Tempat ini merupakan daerah dengan perpaduan budaya Banyumasan dan budaya sunda. Kabupaten ini terbilang luas hingga memiliki 2 kode telepon. Dengan luasnya tersebut, tentu tempat ini menyimpan beberapa pesona alam di dalamnya.

Pantai Teluk Penyu merupakan salah satu bukti bahwa di kabupaten tersebut memiliki keindahan alam yang layak untuk dikunjungi. Pantai tersebut terletak di bagian selatan Kabupaten Cilacap dan termasuk rangkaian pantai selatan yang ada di Pulau Jawa.

Teluk Penyu adalah salah satu ikon dari kawasan tersebut. Pantai ini memiliki beberapa pesona tersendiri yang menjadikannya menarik untuk didatangi. Pengunjung tidak akan kecewa jika mendatangi tempat ini. Pantai ini akan memberikan pengalaman yang tak kalah indahnya dari pantai-pantai yang lain.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Teluk Penyu

Daya Tarik Pantai Teluk Penyu
Image Credit: Twitter.com @pesonajake

Panorama yang disajikan di tempat ini tentu akan memberikan kesan yang indah bagi para pengunjung. Teluk Penyu memiliki beberapa pesona alam yang elok. Pantai yang menjadi kebanggaan Kabupaten Cilacap ini memiliki beberapa hal yang menarik sehingga wisatawan banyak yang berdatangan ke tempat wisata tersebut.

1. Nama Unik dan Alasan Dibaliknya

Teluk Penyu sebenarnya sudah membuat para wisatawan penasaran dengan alasan penamaan tersebut. Nama unik itu diberi bukan tanpa alasan.

Dahulu di pantai ini memang terdapat banyak sekali penyu. Tempat ini digunakan oleh penyu-penyu tersebut bertelur dan berkembang biak. Namun, seiring berjalannya waktu karena pantai ini mulai terekspos oleh manusia sehingga mengganggu ekosistem yang ada di pantai. Karena perubahan tersebut, sekarang ini tidak dijumpai penyu-penyu berdatangan ke pantai ini.

BACA:  Pantai Lampon Kebumen - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

2. Panorama Eksotis Teluk Penyu

Air laut yang ada di sekitar pantai tersebut terlihat cukup jernih dan bersih. Karena pantai ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, maka pantai tersebut memiliki ombak yang terbilang cukup besar. Namun hal tersebut tidak mengurangi keeksotisan pantai ini.

Di bagian belakang pantai tersebut terdapat perbukitan yang berderatan. Perbukitan tersebut banyak ditumbuhi pepohonan sehingga menghasilkan latar belakang yang indah di pantai ini.

Pasir yang terdapat di pantai tersebut cenderung berwarna hitam. Namun, terdapat banyak cangkang-cangkang dari kerang laut. Cangkang yang berwarna putih tersebut seolah menjadi penghias pantai. Nyiur daun yang melambai karena terpaan angin, menambah keindahan Pantai Teluk Penyu ini.

3. Menilik Sejarah di Benteng Pendem

Pantai Teluk Penyu yang ada di Cilacap ini tidak hanya menawarkan pesona alam pantainya yang luar biasa. Namun, pengunjung dapat menikmati sisi lain dari pesisir pantai tersebut. Jika dijelajahi lebih dalam lagi, di sekitar pantai tersebut terdapat sebuah bangunan peninggalan Belanda yang tentunya mempunyai nilai sejarah tersendiri.

Wisatawan dapat mengunjungi Benteng Pendem di pesisir pantai. Benteng tersebut dibangun pada abad ke 18. Dahulu, benteng ini digunakan sebagai markas pertahanan oleh pasukan Hindia Belanda. Bangunan ini juga digunakan oleh pasukan Jepang ketika mereka menjajah wilayah Indonesia.

Benteng Pendem seolah membuat kesan tersendiri saat mengunjungi Pantai Teluk Penyu. Dengan keberadaan benteng ini, pengalaman menyambangi pantai di sebelah selatan Cilacap tersebut menjadi sempurna. Keindahan alamnya berpadu dengan bangunan bersejarah yang tua dan berharga tersebut.

Sebenarnya, benteng ini sempat tidak terurus dan tertutup oleh tanah yang ada di pesisir pantai. Namun, pada tahun 1986 Pemerintah Cilacap menemukan benteng tersebut kemudian digali. Benteng tersebut menjadi salah satu tempat wisata sejarah yang ada di Kabupaten Cilacap sekarang ini.

Bangunan ini mempunyai beberapa ruangan di dalamnya. Beberapa diantaranya yaitu barak, benteng pertahanan, benteng pengintaian, dan lain sebagainya. Namun sebenarnya sejak awal ditemukannya benteng ini, belum diketahui secara pasti ruangan yang ada di dalamnya.

Daya Tarik dari Pantai Teluk Penyu
Image Credit: Facebook.com @cilacapkekinian

4. Pemandangan Pulau Nusakambangan

Pantai Teluk Penyu memang berdekatan dengan Pulau Nusakambangan yang ada di bagian paling selatan Pulau Jawa. Jika wisatawan mengunjungi tempat ini, maka tidak hanya dapat melihat penampakan layaknya pantai yang lain. Namun, pengunjung juga dapat menikmati panorama dari pulau tersebut.

BACA:  10 Pantai di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang Wajib Dikunjungi

Pulau Nusakambangan yang terlihat dari pantai tersebut seolah menjadi ciri khas tersendiri. Hal ini dapat menjadikan foto-foto yang diambil untuk mengabadikan momen menjadi lebih menarik. Pemandangan pantai berpadu dengan kenampakan dari pulau yang ada di seberangnya.

5. Kilang Minyak PT Pertamina

Kabupaten Cilacap memang terkenal dengan kilang minyaknya. Di tempat tersebut diproduksi berbagai produk minyak seperti bensin dan lain sebagainya. Sebenarnya keberadaan kilang minyak milik PT Pertamina tersebut tidak terlalu dekat dengan Pantai Teluk Penyu.

Namun, dengan keberadaan kilang minyak PT Pertamina tersebut membuat Teluk Penyu memiliki pemandangan yang tidak biasa dari pantai-pantai lainnya. Sering dijumpai kapal-kapal tanker yang membawa minyak lalu lalang di sekitar pantai. Pantai tersebut mengangkut minyak dari dan ke kilang minyak Cilacap.

Kilang minyak milik PT Pertamina itu sendiri juga merupakan objek wisata vital yang dimiliki negara Indonesia. Tempat ini terbuka untuk mendapatkan kunjungan dari para wisatawan. Kunjungan ke tempat ini rata-rata sudah satu paket dengan kunjungan ke Pulau Nusakambangan juga tergantung pilihan para wisatawan.

Keberadaan kilang minyak dan juga kapal-kapal tankernya yang hilir mudik melintasi sekitar pantai membuat tempat ini berbeda dengan yang lain. Ini menjadi ciri khas tersendiri dari pantai yang ada di Cilacap tersebut.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Teluk Penyu

Harga Tiket Pantai Teluk Penyu
Image Credit: Google Maps (Ima Lesmana)

Objek wisata ini terletak di dalam Kota Cilacap. Pantai yang unik ini berada di Kelurahan Cilacap, Kecamatan Cilacap Selatan. Jika wisatawan ingin mengunjungi tempat ini tidak terlalu sulit. Pengunjung dapat dengan mudah datang ke tempat wisata tersebut dari pusat Kota Cilacap.

Perjalanan menuju Teluk Penyu dapat ditempuh dengan waktu hanya 15 menit dari pusat Kota Cilacap. Jarak tersebut hanya berkisar 5 kilometer saja.

Pengunjung tidak perlu khawatir ketika mengunjungi Pantai Teluk Penyu. Karena harga tiket masuk untuk menikmati tempat wisata ini hanya sebesar Rp 5.000 saja. Harga tersebut terbilang amat sangat murah mengingat banyak hal yang bisa dinikmati oleh para pengunjung di pantai elok ini.

Selain itu, bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi dan memarkirkan kendaraannya di area pantai juga dikenai biaya. Namun, biaya tersebut sama dengan tempat-tempat lain pada umumnya. Untuk sepeda motor dikenai biaya sebesar Rp 2.000 saja dan mobil sebesar Rp 5.000.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati Pulau Nusakambangan dengan berkunjung ke sana, terdapat perahu-perahu wisata yang siap mengantar. Hanya diperlukan biaya sekitar Rp 10.000-20.000 saja.

BACA:  Pantai Popoh Tulungagung - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Wisatawan yang ingin menyewa perahu-perahu di sekitar pantai hanya perlu membayar sebesar Rp 70.000-100.000. Pengunjung dapat menggunakannya untuk memancing dan berlayar di sekitar pantai.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Teluk Penyu

Aktivitas di Pantai Teluk Penyu
Image Credit: Google Maps (Satria Madang Dolan)

1. Menikmati Pemandangan Alam Lautan Selatan

Dengan keeksotisannya, Teluk Penyu memang menarik untuk dinikmati pemandangannya. Tempat wisata ini tidak hanya menyuguhkan keindahan lautnya, namun juga beberapa hal lain yang membuatnya berbeda dengan pantai lainnya.

Pengunjung dapat menikmati nyiur yang melambai dengan gugusan perbukitan di belakangnya serta kenampakan tanker-tanker minyak yang melintas di pantai.

2. Berfoto-Foto

Berkunjung ke Pantai Teluk Penyu dirasa kurang jika tidak mengabadikan momen. Pengunjung dapat berfoto-foto dengan sanak saudara atau yang lain berlatarkan pantai indah dengan beberapa objek di dalamnya.

3. Berlayar dan Memancing

Bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi berbeda ketika mendatangi wisata pantai ini, dapat menyewa perahu-perahu yang ada di pantai. Pengunjung dapat berlayar serta memancing. Hal ini sangat menyenangkan terutama bagi mereka yang memiliki hobi memancing.

Penginapan Murah Dekat Dari Pantai Teluk Penyu

Penginapan Dekat Pantai Teluk Penyu
Image Credit: Booking.com

1. Hotel Dafam Cilacap

Penginapan ini terdapat di dekat pantai dan Kota Cilacap. Tempat ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti AC, wifi, hingga kolam renang. Harga yang harus dibayar juga terbilang murah untuk fasilitas dan suasana hotel tersebut yang nyaman.

2. Favehotel Cilacap

Tempat ini memiliki fasilitas yang baik dan suasananya nyaman. Harga yang harus dibayar untuk menginap juga sangat murah.

3. Sindoro Hotel Cilacap by Conary

Tempat ini berjarak kurang lebih 1 kilometer dari pantai dan memiliki fasilitas yang cukup bagi pengunjung. Harga kamarnya per malam terhitung sangat murah.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Teluk Penyu Cilacap

Fasilitas di Pantai Teluk Penyu
Image Credit: Google Maps (Odil Chanell)

Teluk Penyu memiliki beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Terdapat beberapa rumah makan di sekitar pantai. Pengunjung juga dapat menyewa perahu untuk berkeliling serta jasa foto yang disediakan. Terdapat pula tempat parkir yang luas dan toilet yang bisa dipakai pengunjung pantai.

Berkunjung ke Kabupaten Cilacap dirasa tidak lengkap jika tidak mengunjungi Pantai Teluk Penyu. Pantai yang indah nan eksotis ini memiliki daya tarik tersendiri dan akan memberikan sebuah pengalaman liburan tak terlupakan bagi wisatawan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending