15 Pantai Terindah di Bangka yang Wajib Anda Kunjungi

Pantai Terindah Bangka

Inilah Daftar Rekomendasi Wisata Pantai Terindah di Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Destinasi Wisata Bahari Populer dan Paling Hits yang Wajib Anda Kunjungi Saat Musim Liburan.

Sudah bukan menjadi rahasia bahwa Indonesia merupakan surganya berburu pemandangan alam yang begitu menyejukkan mata. Kepulauan Bangka contohnya, disini pengunjung bisa menemukan sederet pantai cantik dengan pesonanya tersendiri yang berhasil menarik perhatian wisatawan dari berbagai daerah.

Untuk mengenalnya lebih dekat, berikut daftar wisata pantai populer di Pulau Bangka yang menarik untuk dikunjungi saat liburan.

1. Pantai Romodong

Pantai Romodong
Image Credit: Backpackerjakarta.com

Kepulauan Bangka memang terkenal akan segudang pantai cantiknya yang begitu mempesona, yang salah satu keindahannya bisa dilihat dari Pantai Romodong. Ketika sampai di lokasi wisatanya, pengunjung akan disambut dengan dua batu granit berukuran jumbo tampak membelah jalan masuk ke kawasan pantainya.

Rasa takjub belum selesai sampai disana, pasalnya pengunjung sudah disambut hangat oleh hamparan lautan lepas bersama dengan pasir putihnya yang terasa lembut di kulit. Sedangkan air lautnya yang berwarna biru kehijauan menyatu indah dengan warna pasirnya yang putih bersih. Anda bisa menikmati kesegaran airnya dengan berenang di sekitar bibir pantainya.

Lokasi: Bukit Ketok, Kec. Belinyu, Kab. Bangka.

2. Pantai Rambak

Pantai Rambak
Image Credit: Pegipegi.com

Pantai Rambak tidak hanya didapuk menjadi salah satu pantai tercantik yang ada di Bangka, namun juga menjadi pantai eksotis yang wajib dikunjungi. Bahkan warga sekitar menyetujui pernyataan tersebut dan kerap merekomendasikan wisatawan untuk berlibur kesana. Bukan tanpa alasan, pasalnya pantai satu ini menyuguhkan pemandangan khas pantai yang dihiasi bebatuan granit di bibir pantainya.

Selain sedap dipandang, bebatuan tersebut cocok dijadikan sebagai tempat bersantai terbaik untuk melepaskan penat sejenak usai melakukan perjalanan jauh. Setidaknya ada sederet aktivitas seru yang menarik dilakukan selama berada di Pantai Rambak seperti bermain pasir, menggelar tikar untuk berpiknik ria, atau bahkan menyelam untuk melihat keindahan bawah lautnya.

Lokasi: Parit Padang, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka.

3. Pantai Batu Berdaun

Pantai Batu Berdaun
Image Credit: Kompas.com

Berkunjung ke Pantai Batu Berdaun, maka bersiap siaplah untuk tidak berhenti takjub berkat keindahan alamnya yang begitu terjaga. Bahkan rasa takjub sudah dimulai sejak pertama kali memasuki kawasan wisatanya, dimana pengunjung akan disambut dengan hamparan pasir putih yang bergandengan erat dengan kejernihan air lautnya yang berwarna hijau toska.

Lokasi: Jl. Pantai Batu Berdaun, Sinar Baru, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka.

4. Pantai Tikus Emas

Pantai Tikus Emas
Image Credit: Dinpmp2kukm.bangka.go.id

Ketika mendengar kata tikus, kemungkinan besar Anda akan mengingat hewan pengerat yang kerap membawa dampak buruk bagi kesehatan keluarga. Namun tidak dengan si Pantai Tikus Emas yang justru membawa pengaruh positif, karena pengunjung akan dimanjakan dengan hamparan lautan lepas serta pasir putihnya yang begitu lembut ketika tersentuh kulit.

Selama berada di Pantai Tikus Emas, setidaknya pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas seru seperti bermain voli pantai ataupun mencoba keseruan mengendarai ATV di lautan pasirnya yang lembut. Semua aktivitas tersebut semakin menyenangkan, karena sajian alamnya tampak memanjakan indra penglihatan.

Lokasi: Parit Padang, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka.

5. Pantai Rebo

Pantai Rebo
Image Credit: Wikipedia.org

Apabila ingin mengunjungi wisata bahari cantik nan eksotis, maka berkunjung ke Pantai Rebo bisa menjadi pilihan tepat. Pasalnya objek wisata satu ini menghadirkan pasir putih dengan air lautnya yang jernih sebagai daya pikat utamanya. Sedangkan deburan ombaknya sendiri tidak terlalu kuat, sehingga cocok dijadikan sebagai tempat bermain air.

Berbeda dengan wisata bahari Bangka lainnya, pasalnya Pantai Rebo memiliki garis pantai memanjang yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat bersantai terbaik sembari menikmati sajian alamnya. Tidak jauh dari lokasi wisata, terdapat kawasan terbaik untuk menyaksikan terumbu karang yang siap memanjakan mata.

Lokasi: Jl. Patimura, Kampung Rebo, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka.

6. Pantai Penganak

Pantai Penganak
Image Credit: Pantaiahoy.blogspot.com

Wisata bahari cantik dan menawan dari Bangka lainnya jatuh kepada Pantai Penganak. Suguhkan hamparan lautan bersih dan jernih serta ombaknya yang cenderung tenang, membuat nuansa di sekitarnya terasa nyaman sebagai tempat bersantai. Karena deburan ombaknya tidak terlalu kuat, pengunjung diperkenankan berenang santai di sekitar bibir pantainya.

Lokasi: Jl. Penganak, Air Gantang, Kec. Parittiga, Kab. Bangka Barat.

7. Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri
Image Credit: Tribunnewswiki.com

Pantai Parai Tenggiri termasuk salah satu wisata bahari yang selalu dipadati oleh wisatawan, mengingat lokasinya yang berdekatan dengan Pangkalpinang selaku Ibukota Provinsi Bangka Belitung. Selain lokasinya cukup strategis, setidaknya ada beberapa alasan kuat mengapa pantai cantik satu ini layak masuk dalam daftar kunjungan berikutnya yang sayang dilewatkan begitu saja.

Salah satu alasan harus mengunjunginya tertorehkan pada kehadiran variasi ukuran batuan granit yang menghiasi bibir pantainya. Bebatuan tersebut ada yang sangat besar namun juga ada beberapa di antara yang mungil dibandingkan batuan lainnya. Selain menikmati sajian alamnya, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas seru untuk mengisi waktu berlibur agar terasa lebih seru.

Lokasi: Sinar Baru, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka.

8. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang
Image Credit: Sengpaku.blogspot.com

Berkunjung ke Pulau Bangka, akan kurang lengkap sebelum mengunjungi Pantai Tanjung Kelayang. Sebab pengunjung tidak hanya disuguhkan dengan panorama khas pantai dengan pasir putihnya yang terasa lembut semata, karena disini pengunjung juga bisa menikmati keindahan bebatuan granit tampak tersebar di beberapa titik yang membuat siapapun jatuh hati kepadanya.

Lokasi: Jl. Tanjung Kelayang, Kec. Sijuk, Kab. Belitung.

9. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi
Image Credit: Belitungdreamland.com

Siapa yang tidak kenal dengan keindahan yang ditorehkan oleh Pantai Tanjung Tinggi ? Pantai yang dulunya pernah dijadikan sebagai salah satu tempat syuting film layar lebar bernama Laskar Pelangi ini, menyuguhkan pemandangan memukau berkat perpaduan antara pasir putih dengan bebatuan granitnya yang berhasil memanjakan mata.

Selain menikmati sajian alamnya, pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru yang membuat hari libur terasa lebih menyenangkan. Mulai dari berenang di sekitar bibir pantainya, berjemur, bermain jetski, memancing, hingga menyusuri keindahan bawah lautnya dengan snorkeling bersama dengan teman teman bisa menjadi opsi terbaik yang bisa dilakukan disana.

Lokasi: Keciput, Kec. Sijuk, Kab. Belitung.

10. Pantai Batu Kodok

Pantai Batu Kodok
Image Credit: Ksmtour.com

Menyuguhkan pesona menawan tiada dua, membuat Pantai Batu Kodok tidak pernah membosankan untuk dikunjungi. Sayangnya keindahannya masih terkenal oleh masyarakat lokal saja, sehingga wisatawan dari luar kota masih belum mengetahui keberadaannya. Sajikan pemandangan alam tiada dua, dijamin Anda tidak akan pernah menyesal pernah mengunjunginya.

Lokasi: Jl. Alising Kampung Baru, Tanjung Ketapang, Kec. Toboali, Kab. Bangka Selatan.

11. Pantai Tanjung Pesona

Pantai Tanjung Pesona
Image Credit: Detik.com

Wisata bahari yang menyuguhkan pemandangan indah lainnya jatuh kepada Pantai Tanjung Pesona. Objek wisata satu ini berada diantara Pantai Teluk Uber dan Pantai Tikus yang sudah terkenal akan keindahannya, sehingga tidak perlu ragu untuk mengunjunginya. Keindahan alamnya sendiri ditorehkan pada lautan lepas yang bisa dilihat dari atas tanjung.

Susunan batuan granit jumbo yang berada di bibir pantainya, tampak menyatu mesra dengan air lautnya yang tampak jernih serta hamparan pasir putihnya yang begitu bersih. Perpaduan tersebut melahirkan pesona alam eksotis yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Bukan hanya itu saja, bahkan wisatawan dapat menikmati berbagai fasilitas seperti resort hingga penginapan.

Lokasi: Desa Rambak, Kec. Sungailiat, Kab. Bangka.

12. Pantai Tongaci

Pantai Tongaci
Image Credit: Explorebabel.com

Sedikit berbeda dengan wisata bahari lainnya, sebab Pantai Tongaci lebih dikenal sebagai tempat penangkaran penyu. Dengan kata lain, disini pengunjung bisa melihat sekaligus mempelajari berbagai jenis penyu hingga memahami area penangkarannya. Tentu saja berlibur ke Pantai Tongaci bisa menjadi agenda menyenangkan bersama dengan sahabat maupun keluarga tercinta.

Meski lebih dikenal sebagai area konservasi penyu, pihak pengelola sudah mempercantik tampilan pantainya agar wisatawan dapat menikmati waktu liburnya sembari menikmati pesona alamnya yang begitu menawan. Bahkan pengunjung bisa melakukan sederet aktivitas seru, mulai dari mengunjungi Museum Garuda hingga menemukan berbagai spot foto terbaik.

Lokasi: Jl. Laut, Kampung Pasir, Sinar Baru, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka.

13. Pantai Pasir Padi

Pantai Pasir Padi
Image Credit: Tokopedia.com

Pantai Pasir Padi masuk sebagai deretan pantai terindah yang dimiliki oleh tanah Bangka. Jika dilihat sekilas, suguhan pemandangannya memang tidak jauh berbeda dengan wisata bahari pada umumnya. Namun jika diperhatikan lebih detail, Anda akan mendapati bahwa hamparan pasirnya sedikit berbeda karena bentuknya yang mengingatkan pada bulir padi.

Keunikan pada bentuk pasir pantainya inilah yang membuatnya dijuluki sebagai Pantai Pasir Padi. Berkat teksturnya yang padat namun tetap terasa halus, warga sekitar pun sering memanfaatkannya sebagai arena balap motor terbaik yang pernah ada. Sedangkan ombaknya yang cukup tenang cocok dijadikan sebagai tempat bermain air, untuk merasakan kesegaran air lautnya.

Lokasi: Jl. Raya Pasir Padi, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kota Pangkal Pinang.

14. Pantai Penyusuk

Pantai Penyusuk
Image Credit: Gotravelly.com

Selagi menapakkan kaki di kawasan Bangka Utara, jangan buang kesempatan emas untuk mengunjungi Pantai Penyusuk. Bukan tanpa alasan, pasalnya pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan indah nan menawan berkat pasir putih serta bebatuan granitnya yang tersebar di beberapa titik. Bentuk dan ukuran batu granitnya cukup bervariasi yang berhasil mencuri perhatian.

Lokasi: Jl. Penyusuk, Bukit Ketok, Kec. Belinyu, Kab. Bangka.

15. Pantai Matras

Pantai Matras
Image Credit: Ksmtour.com

Pantai Matras merupakan salah satu pantai yang tidak kalah menarik dikunjungi ketika menginjakkan kaki di Pulau Bangka. Layaknya wisata bahari lainnya, disini pengunjung disuguhkan dengan hamparan lautan lepas yang berhasil memanjakan mata, dan berpadu mesra dengan lautan pasir putih yang terasa halus ketika menyentuh permukaan kulit.

Pemandangan yang disuguhkan hampir serupa dengan pantai pada umumnya, lalu apa yang membuatnya terlihat istimewa dan wajib dikunjungi ? Yang membedakan Pantai Matras dengan pantai lainnya terletak pada batuan granit yang menghiasi hamparan lautan pasirnya. Kehadiran batuan granit tersebut membuatnya bak mutiara yang begitu menarik dipandang.

Lokasi: Sinar Baru, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka.

Pulau Bangka adalah tempat terbaik untuk melepaskan rindu dengan pesona alam yang ditawarkan oleh wisata bahari. Bukan tanpa alasan, pasalnya sederet pantai di Bangka cenderung dihiasi dengan bebatuan granit yang menambah daya tariknya. Tidak cukup sampai disana, karena pengunjung juga bisa menikmati sajian alamnya sembari melakukan berbagai aktivitas seru.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending