10 Pantai Terindah di Bengkulu yang Wajib Anda Kunjungi

Pantai Terindah Bengkulu

Ingin Liburan ke Pantai? Inilah List Wisata Pantai Terindah di Bengkulu. Objek Wisata Bahari yang Eksotis, Populer dan Paling Hits untuk Anda Kunjungi Saat Memilih Liburan ke Bengkulu.

Jalan-jalan ke Bengkulu, rasanya kurang lengkap jika tidak mampir ke wisata baharinya yang begitu memukau. Kondisi alamnya yang masih terjaga dengan baik dan hamparan lautan yang luas berbatasan langsung Samudra Hindia, tampaknya Anda bisa eksplor lebih dalam saat berkunjung ke daerah ini. Wisata pantai yang ditawarkan memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya semakin istimewa dan sayang untuk dilewatkan.

Dari sekian banyak tempat menarik yang ada di Bengkulu, berikut deretan pantai terindah yang menarik Anda kunjungi saat masa liburan telah tiba.

1. Pantai Aluran Pandan

Pantai Aluran Pandan
Image Credit: Wisatalengkap.com

Pantai Aluran Pandan masuk dalam daftar pantai cantik berkat kondisi alamnya yang masih terjaga dengan baik. Sesampainya di kawasan wisata, hamparan lautan lepas berwarna hijau tampak membentuk harmoni indah berkat pasir putihnya yang bersih menyapa para pengunjungnya. Ditambah lagi dengan jajaran pepohonan menjulang tinggi ke angkasa, membuat nuansa di sekitar pantainya tampak teduh dan menenangkan jiwa.

Anda akan dibuat semakin betah berada disana, sejak semilir anginnya menyentuh kulit dengan halus. Meski cukup terkenal, sayangnya masih banyak yang belum pernah menapakkan kaki di kawasan wisata tersebut. Justru kondisi inilah yang membuat area pantainya tampak asri layaknya belum terjamah manusia. Hanya dengan duduk manis sambil menikmati pesonanya, dijamin Anda enggan untuk pulang terlalu cepat.

Lokasi: Desa Fajar Bulan, Kec. Kaur Tengah, Kab. Kaur.

2. Pantai Padang Betuah

Pantai Padang Betuah
Image Credit: Backpackerjakarta.com

Jika Anda mencari pantai cantik dengan hasil tangkapan laut yang melimpah, maka berkunjung ke Pantai Padang Betuah adalah pilihan tepat. Kawasan wisata ini bahkan dijuluki sebagai surganya berburu ikan, karena disanalah pengunjung diperbolehkan untuk memancing sesuka hati. Hasil tangkapannya pun terbilang cukup melimpah, sehingga banyak para pecinta memancing yang tertarik mengunjunginya saat hari libur tiba.

Sebelum memancing, bahkan pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang begitu memanjakan mata. Bagaimana tidak, disana Anda bisa menikmati pasir pantainya yang bersih serta air danau alami yang tampak menghiasi pasirnya. Bahkan tidak jauh dari lokasi memancing, Anda bisa menemukan sebuah sumur dengan kedalaman 20 meter membuatnya sedikit berbeda dengan wisata bahari pada umumnya.

Lokasi: Padang Betuah, Kec. Pondok Kelapa, Kab. Bengkulu Tengah.

3. Pantai Way Hawang

Pantai Way Hawang
Image Credit: Google Maps (MASTER BIKE KITO)

Pantai yang wajib dikunjungi berikutnya jatuh kepada Pantai Way Hawang. Pasirnya yang putih bersih berkolaborasi dengan jernihnya air lautnya yang berwarna kebiruan, membuat siapapun merasa betah berada disana. Pandangan mata kemudian tertuju pada sebuah batu jumbo yang berbentuk menyerupai kapal yang berhasil menarik perhatian pengunjung. Batu berbentuk unik itulah yang diberi nama Batu Jung.

Justru kehadiran batu unik tersebut membuat daya tarik tersendiri dari Pantai Way Hawang. Konon menurut kepercayaan masyarakat sekitar, dahulunya batu tersebut merupakan perwujudan dari sebuah kapal yang tengah berlayar. Seorang kakek berlidah pahit berada di atas kapal tersebut, dan meminta sedikit api kepada sang pemilik kapal. Sayangnya permintaan tersebut tidak diindahkan hingga akhirnya kakek tersebut murka dan mengutuk kapal tersebut.

Lokasi: Way Hawang, Kec. Maje, Kab. Kaur.

4. Pantai Panjang

Pantai Panjang
Image Credit: Pegipegi.com

Siapa yang tidak kenal dengan Pantai Panjang yang ada di Bengkulu ? Serupa dengan pemberian namanya sendiri, pantai cantik satu ini memiliki tampilan memanjang hingga tujuh kilometer jauhnya. Berdasarkan ukuran panjangnya tersebut, kawasan wisata ini pun dinobatkan sebagai pantai terpanjang yang ada di Indonesia. Memiliki area pantai yang cukup luas, dengan kata lain pengunjung bisa menikmati nuansa sekitar dimanapun diinginkan.

Selain unggul dari segi ukuran, ternyata sajian alamnya tidak kalah menarik untuk dinikmati bersama. Benar, disana pengunjung akan disambut dengan putihnya pasir pantai yang tampak dihiasi dengan pepohonan pinus dan cemara di bagian tepinya. Berkat kehadiran pepohonan tersebut, suasana di sekitar bibir pantai tampak lebih asri dan menyegarkan. Wajar saja jika banyak wisatawan yang merasa betah hanya untuk duduk di bawah pepohonan rindang tersebut.

Lokasi: Jl. Pesisir Pantai Selatan, Penurunan, Kec. Ratu Samban, Kota Bengkulu.

5. Pantai Duayu Sekundang

Pantai Duayu Sekundang
Image Credit: Wisatapro.com

Jika Anda berminat melihat gagahnya ombak lautan yang menghantam bebatuan karang yang berada di sekitar pantai, maka berkunjung ke Pantai Duayu Sekundang adalah keputusan tepat. Pemandangan menakjubkan tersebut membuat Anda takjub tiada henti, bahkan beberapa orang tertarik untuk mengabadikan pesona dentuman ombaknya yang begitu kuat. Karena ombaknya terlalu kuat, pengunjung hanya diperbolehkan melihatnya dari kejauhan semata.

Meski cukup disayangkan tidak bisa bermain air, namun pengunjung sudah bisa melepaskan penat hanya dengan duduk santai ataupun bersantai ria di beberapa pondok yang tersedia di tepian pesisir. Acara berlibur pun semakin menyenangkan ketika Anda bisa menyantap bekal yang sudah dipersiapkan, sembari menikmati pesona alam buatan sang Kuasa Alam yang begitu indah. Wajar saja jika kawasan wisata satu ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

Lokasi: Duayu Sekundang, Pasar Bawah, Kec. Pasar Manna, Kab. Bengkulu Selatan.

6. Pantai Air Bengkenang

Pantai Air Bengkenang
Image Credit: Wisatalengkap.com

Pantai Air Bengkenang adalah tempat terbaik untuk melepaskan penat. Karena disana pengunjung akan disambut dengan keindahan pantai bersih, yang berpadu mesra dengan balutan pepohonan kelapa tampak melambai lambai di bibir pantainya. Sayangnya medan menuju lokasi pantainya terbilang cukup sulit karena jalannya cukup terjal dan licin, sehingga Anda harus sedikit berkorban agar bisa melihat keindahannya dari dekat.

Sesampainya di kawasan pantainya, pondok khas Bengkulu Selatan pun tampak menyambut para wisatawan yang sudah berhasil melewati berbagai rintangan berat selama perjalanan menuju kesana. Sedangkan seguhan pemandangan alamnya membuat siapapun merasa gatal untuk mengabadikan acara berlibur, tanpa ada yang terlewatkan sedikitpun. Di tempat ini pula, Anda bisa memandang pesonanya sembari menikmati sajian kuliner hasil laut yang memanjakan perut.

Lokasi: Tanjung Besar, Kec. Manna, Kab. Bengkulu Selatan.

7. Pantai Sungai Suci

Pantai Sungai Suci
Image Credit: Ksmtour.com

Sejak menapakkan kaki di Pantai Sungai Suci, pengunjung akan dibuat bernostalgia berkunjung ke Tanah Lot yang ada di Bali. Sebab disana terlihat sebuah pulau kecil yang berada tidak jauh dari lokasi Anda berpijak. Untuk bisa sampai di pulau mungil tersebut, pengunjung bisa melewati Jembatan Gantung Kembar beralaskan papan kayu tebal dan dilengkapi dengan tali pengaman yang kuat.

Selagi menyusuri jembatan tersebut, deburan ombak berkali kali menyapa telapak kaki yang membuat perjalanan menuju pulau mungil tersebut terdengar ekstrim. Namun rasa bangga akan muncul ketika Anda sudah berhasil mencapai ujung jembatannya. Sesampainya disana, pepohonan rindang yang berpadu mesra dengan alunan ombaknya yang menabrak karang berhasil membuat pikiran menjadi lebih segar.

Lokasi: Pasar Pedati, Kec. Pondok Kelapa, Kab. Bengkulu Tengah.

8. Pantai Manula

Pantai Manula
Image Credit: Travelingmedan.com

Pantai Manula merupakan salah satu pantai yang menghadap ke Samudra Hindia yang terkenal akan ombaknya yang besar serta memiliki pemandangan alam yang begitu menakjubkan. Dengan kata lain, pesona keindahannya sudah tidak bisa diragukan kembali berkat kehadiran pasir putihnya yang berpadu mesra dengan jernihnya air laut. Pesona keindahannya pun semakin terpancarkan berkat tebing yang tampak menjulang tinggi sekitar area bibir pantainya.

Sejak pertama kali melihatnya, kemungkinan besar pantai cantik satu ini akan mengingatkan pengunjung dengan pantai khas di Bali. Bahkan ada pula tebing yang tampak menjorok ke bagian pantainya hingga terpisah dari daratan, yang sekali lagi mengingatkan Anda pada Pantai cantik di Bali bernama Tanah Lot. Suasananya yang begitu menenangkan, membuatnya cocok dijadikan sebagai objek berlibur dikala pikiran sedang kalut.

Lokasi: Desa Tebing Rambutan, Kec. Nasal, Kab. Kaur.

9. Pantai Lentera Merah

Pantai Lentera Merah
Image Credit: Dutawarta.com

Pantai cantik di Bengkulu berikutnya jatuh kepada Pantai Lentera Merah. Pemberian namanya sendiri diadopsi dari kehadiran mercusuar berwarna merah yang berada di area pantainya. Ternyata bukan hanya tampilan bangunannya saja yang berwarna merah, sebab sorotan lampu suarnya turut mengeluarkan cahaya berwarna merah terang. Berkat keunikannya tersebut, menara suar ini pun dapat menuntun kapal untuk sampai di dermaga dengan selamat.

Daya tarik Pantai Lentera Merah juga berada pada pemandangan alamnya yang begitu eksotis dan memanjakan mata. Bahkan hanya duduk manis di sekitaran bibir pantainya, dijamin ampuh mengembalikan semangat yang sempat luntur. Selagi berada disana, jangan lewatkan kesempatan untuk berfoto dengan latar belakang pemandangan alam berupa pantai cantik yang dihiasi dengan Lentera Merah. Sudahkah Anda berminat mengunjunginya dalam waktu dekat ?

Lokasi: Pulau Baai, Kec. Kampung Melayu, Kota Bengkulu.

10. Pantai Jakat

Pantai Jakat
Image Credit: Ksmtour.com

Bagi Anda yang gemar berburu sunset maupun sunrise, sepertinya berkunjung ke Pantai Jakat bisa menjadi pilihan tepat. Deburan ombaknya tidak terlalu besar, sehingga pengunjung diperbolehkan untuk bermain ataupun berenang di tepian pantainya. Keindahan bawah lautnya pun tidak kalah menggoda untuk dieksplorasi lebih dalam, sehingga Anda tidak akan menyesal ketika sudah berkunjung kesana.

Para pengunjung juga dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang dapat menunjang setiap aktivitas seru selama berada di kawasan wisatanya. Pihak pengelola pun menambahkan permainan outbond yang membuat pengunjung merasa betah berada disana. Puas melakukan berbagai aktivitas, jangan lewatkan kesempatan mencicipi aneka kuliner lezat dari hasil tangkapan laut nelayan sekitar. Rasa masakan semakin lezat ketika disantap bersama orang tersayang.

Lokasi: Jl. Bencoolen RT.09/RW.03, Bajak, Kec. Teluk Segara, Kota Bengkulu.

Hingga saat ini, wisata bahari selalu berhasil memikat penggemarnya untuk datang berkunjung ke lain waktu. Begitu pula dengan sederet wisata pantai yang dimiliki oleh Bengkulu, dimana Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam asri dan masih terjaga. Berbagai aktivitas seru bisa dilakukan di area wisatanya, dijamin Anda bisa melepaskan penat di pikiran sejak memasuki kawasan wisatanya. Sudahkah Anda menentukan akan berkunjung kemana?

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending