5 Pantai Terindah di Bintan yang Wajib Anda Kunjungi

Pantai Terindah Bintan

Ingin Liburan ke Bintan? Periksa List Wisata Pantai Populer di Bintan, Kepulauan Riau. Objek Wisata Bahari Terindah dan Paling Hits Disinggahi oleh Pelancong Saat Liburan.

Pulau terbesar di provinsi kepulauan Riau bernama Bintan, ternyata menjadi salah satu daerah yang kaya akan potensi wisata. Pesona bahari, kuliner, hingga keseniannya, seakan tidak ada batasnya. Namun di balik semua itu, pulau Bintan yang berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia ini dikenal karena pantainya yang jadi objek wisata utama.

Siap untuk menikmati keindahan pantai di Bintan? Yuk simak ulasan destinasi wisata bahari berikut ini.

1. Pantai Trikora

Pantai Trikora
Image Credit: Anekatempatwisata.com

Pulau Bintan ini memang dikenal akan kekayaan alam pantainya. Hal ini terbukti jelas dari pantai Trikora, salah satu objek wisata yang akan selalu menjadi jujukan favorit pelancong. Primadona Bintan ini adalah sebuah pantai yang dipenuhi dengan hamparan pasir luas dengan garis pantai yang menjulang panjang. Lokasinya yang tepat berada di pesisir timur Laut Bintan menjadikannya pantai favorit untuk menikmati momen matahari terbit.

Alamat tepatnya adalah di jalan Kawal Trikora, dimana menjadi salah satu pusat pariwisata di Pulau bintan. Jejeran resort mewah juga tidak jauh dari lokasi ini. Karena itulah banyak sekali wisatawan yang memilih pantai ini untuk berlibur panjang. Selain itu, pantai Trikora sendiri dikenal karena keindahan alamnya yang masih asri. Pasir putih landai yang terbentang luas tampak kontras dengan lautan biru bening dan pepohonan sekitar.

Salah satu hal yang menarik dari Pantai ini adalah lokasinya yang sebenarnya berupa deretan 4 pantai sekaligus. Keempat pantai tersebut memiliki nama Trikora 1, 2, 3, dan 4 yang mana letaknya berdekatan. Selain itu, air lautnya yang biru jernih dikatakan akan semakin indah di saat musim kemarau. Di hawa yang panas menyengat tersebut, Anda bisa bersenang senang di dalam pantainya yang cukup dangkal dan tenang.

Bahkan, Anda juga bisa menikmati kegiatan snorkeling untuk melihat panorama bawah laut yang dipenuhi kerajaan biota laut Bintan yang masih asri. Menyusuri bibir pantai yang diselimuti pasir putih lembut juga akan membuat Anda terbuai dengan keindahan lingkungannya. Terdapat hutan bakau, bahkan goa Santa maria yang penuh dengan sejarah pengungsi Vietnam. Anda bisa datang ke lokasi ini dengan menyewa kendaraan pribadi.

Lokasi: Trikora, Kawal, Kec. Gunung Kijang, Kab. Bintan.

2. Pantai Buatan Crystal Lagoon

Pantai Buatan Crystal Lagoon
Image Credit: Theanmon.com

Ternyata tidak hanya pantai Trikora yang selalu mengundang wisatawan, namun terdapat Crystal lagoon yang merupakan resort dengan laut buatan pertama di Asia Tenggara. Penasaran bagaimana keindahan pasir putih dan lautan biru yang merupakan hasil buatan manusia ini? maka sempatkan diri untuk mengunjungi Treasure Bay di kawasan wisata terpadu Lagoi. Lokasi tepatnya adalah di jl Raja Haji KM 01, Teluk Sebong, lagoi.

Saat memasuki lokasi resort yang tepat berada di tengah pulau dan dikelilingi oleh pepohonan hijau lebat, Anda akan disuguhkan dengan laut buatan yang mencapai 6,3 hektar. Tentunya hal ini menjadi daya tarik sendiri, karena danau buatan tersebut didesain dengan sedemikian rupa seperti pantai asli. Terdapat hamparan pasir putih yang halus, begitu pula dengan bibir pantai yang cukup luas.

Airnya pun biru bening layaknya air laut asli. Tentunya soal kedalaman dan ombak, lokasi ini akan dianggap lebih aman dari pantai alami. Pada dasarnya, pantai buatan ini hanya satu dari berbagai fasilitas dari Treasure Bay namun lokasi ini sudah cukup asyik. Pasalnya pantai ini juga dipenuhi dengan berbagai macam fasilitas, wahana air, olahraga air, hingga aktivitas hiburan lainnya. Anda bisa menikmati keindahan alam dengan bersantai di pantai atau coba hal yang menantang.

Beberapa kegiatan menguji adrenalin tersebut adalah paddle boarding, kayak, sport waterpark, mencoba Wake board, hingga mengendarai segway sembari mengelilingi resort. Berada di lokasi ini seakan membuat Anda lupa bahwa Crystal Bay hanyalah pantai buatan. Namun yang pasti, Anda tidak akan dibuat kecewa dengan semua yang diberikan apalagi jika mempertimbangkan harga tiket masuk yang berkisar dari 75 ribu hingga 150 ribuan.

Lokasi: Jl. Raja Haji No.KM.01, Sebong Lagoi, Kec. Teluk Sebong, Kab. Bintan.

3. White Sands Island

White Sands Island
Image Credit: Bintantravel.co.id

Pantai yang satu ini dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai pulau dengan pasir putih. Benar saja, saat menginjakkan kaki di lokasi ini, Anda akan disuguhi dengan hamparan pasir halus berwarna putih yang membentuk pulau kecil. Pulau ini juga dikenal sebagai Pulau Beralas Pasir bukan tanpa alasan. Pasalnya, hampir semua bagian dari pulau ini terdiri dari pasir putih dengan deretan pohon hijau yang lebat di tengahnya.

Tidak hanya itu, pulau kecil yang berlokasikan di Teluk bakau KM 37 ini sudah dilengkapi dengan sarana yang cukup lengkap. Mulai dari kursi santai di pinggir pantai, penjaga pantai, transportasi, fasilitas hiburan, hingga warung makan berupa kantin dengan struktur berbahan kayu. Bahkan, pulau pasir putih ini juga sudah memiliki fasilitas penginapan dengan harga berkisar dari 350 ribuan untuk per malamnya.

Lalu apa yang bisa dilakukan di pulau ini? selain menikmati keindahan alam, beristirahat di hammock, atau bersantai di pantai, Anda juga bisa diving atau snorkeling. Pantai yang satu ini dikelilingi oleh lautan yang masih asri, sehingga biota lautnya pun masih sangat alami. Kamu juga bisa menyewa kayak transparant atau sekedar menikmati kuliner lokal. Untuk mencapai pantai ini, Anda harus rela bayar biaya menyeberang seharga sekitar 150 ribuan per orang.

Lokasi: Teluk Bakau, Kec. Gunung Kijang, Kab. Bintan.

4. Pantai Senggiling

Pantai Senggiling
Image Credit: Tempatwisata.pro

Pantai Senggiling menjadi objek wisata yang masih sangat jarang diketahui wisatawan. Hal ini membuatnya masih berupa pantai perawan dan lebih asri. Namun seiring dengan waktu, surga pantai tersembunyi ini mulai dilirik oleh wisatawan lokal dan juga dari mancanegara. Yang menjadi nilai utama dari objek wisata bahari ini adalah hamparan pasir putih yang menyelimuti garis pantainya yang sangat luas.

Sebagai lokasi favorit, pastinya pengunjung akan disuguhkan dengan pesona alam yang layak untuk diabadikan. Anda bisa hunting foto matahari terbenam, berswafoto bersama keluarga, atau membidik hamparan laut biru yang tenang. Ombak di pantai ini cenderung lebih kalem, karena itu Anda masih bisa menikmati kesegaran airnya sambil berenang. Selain itu, Anda juga bisa bersantai di pinggir pantai sambil menikmati semilir angin segar.

Jika ingin eksplorasi, lokasi pantai pun pantai ini bisa menjadi daerah yang tepat. Pasalnya, bibir pantainya landai dan datar sehingga Anda bisa kendarai jeep, mobil ATV, atau sekedar berjalan dengan mudah. Dibanding dengan pantai di Bintan lainnya, Senggiling memang masih sepi, namun hal itulah yang menjadi nilai plus tersendiri. Sayangnya, akses jalan untuk ke pantai masih sangat sulit dilalui sehingga harus dibantu dengan pemandu jalan.

Lokasi: Sebong Lagoi, Kec. Teluk. Sebong, Kab. Bintan.

5. Lagoy Bay beach

Lagoy Bay beach
Image Credit: Pergidulu.com

Ingin mencari objek wisata pantai yang sudah dikenal dan mudah diakses? Maka pilihan utama yang bisa jadi solusi adalah Lagoy Bay beach. Kalau pantai yang satu ini sudah jelas sekali menjadi primadona wisatawan. Lokasinya yang berada di Lagoi memang kerap menjadi pertimbangan, karena merupakan daerah dimana terdapat resort mewah yang berjajar di sekitar daerah tersebut. Apalagi Lagoi ini sempat menjadi kawasan eksklusif.

Kesan eksklusif dan tertutup tersebut lantas menjadikan daerah dianggap memiliki biaya yang sangat tinggi. Namun sejak dibuka untuk umum, wisatawan pun bisa menikmati keindahan private beach Lagoy Bay beach. Meski demikian, Anda masih diharuskan untuk menyewa kamar terlebih dahulu untuk bisa memasuki kawasan Lagoi bay. Setelah itu, Anda bebas untuk akses pantai eksklusif ini. Lalu apa yang membuatnya sangat menarik?

Jawabannya ada di pesona pantainya yang diselimuti dengan pasir putih halus dan air lautan berwarna tosca. Sebagai lokasi berkelas, tentu saja kebersihan dan fasilitas yang tersedia pun sudah sangat mumpuni. Mulai dari warung makan, bean bag, hingga water sport yang bermacam. Di sini Anda bisa mencoba main kayak berdua dengan membayar 50 ribuan selama 1 jam. Atau Anda juga bisa mencoba snorkeling di seberang Lagoi bay beach.

Bersantai dan bermain di pasir putih bareng bersama dengan keluarga juga sudah cukup menyenangkan. Air lautnya juga cukup tenang, sehingga cocok untuk berenang dan bermain air. Namun, perhatikan dengan baik keselamatan diri dan keluarga saat beraktivitas di dalam air laut. Pasalnya ombak laut bisa saja sedang dalam kondisi tinggi, umumnya kondisi ini akan ditandai dengan papan peringatan.

Setelah puas dengan pantainya, Anda bisa menikmati Lagoi Bay sepuasnya. Lagoi Bay sendiri yang merupakan kawasan wisata terpadu dengan berbagai lokasi dan fasilitas lainnya. Seperti contohnya adalah rumah imaji yang merupakan museum ilusi optikal yang dibanderol dengan harga tiket masuk berkisar 25 ribu hingga 100 ribuan. Ada juga Lagoi Bay Lantern Park, yang berisi lentera penuh warna dan berbentuk unik.

Lokasi: Bay, Kec. Teluk. Sebong, Kab. Bintan.

Sebagai daerah kepulauan Riau, tidak heran jika pulau Bintan dikenal akan keindahan objek wisata pantainya. Bahkan, lokasinya yang sangat strategis menjadi salah satu alasan mengapa pulau ini tidak pernah sepi pengunjung. Dengan pesona alam asli maupun buatannya, pastikan beberapa objek wisata pantai tersebut masuk dalam agenda liburan panjang bersama keluarga atau kerabat Anda.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending