5 Pantai Terindah di Dumai yang Wajib Anda Kunjungi

Pantai Terindah Dumai

Temukan Beragam Pilihan Wisata Pantai Terindah di Dumai, Provinsi Riau. Objek Wisata Bahari yang Eksotis, Populer dan Terhits Memiliki Pesona Pemandangan Sangat Indah Cocok untuk Liburan.

Ketika berkunjung ke darah Provinsi Riau, sempatkanlah untuk mampir ke kota Dumai. Kota penghasil minyak ini, juga memiliki potensi akan pesona alamnya yang tak kalah menakjubkan sama seperti kawasan Riau lainnya. Mayoritasnya, destinasi wisata di Dumai banyak di dominasi dengan destinasi wisata alam, khususnya pantai.

Tak ayal, tempat ini sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin menikmati liburan ke pantai dengan suasana dan pesona yang masih sangat alami. Berikut rekomendasi wisata pantai populer di Kota Dumai yang menarik untuk dikunjungi.

1. Pantai Koneng

Pantai Koneng
Image Credit: Tribunnews.com

Menikmati pemandangan di kawasan Pantai Koneng pastinya dapat membuat perasaan menjadi damai. Bagaimana tidak, pantai ini memiliki hamparan pasir berwarna putih kekuningan yang sangat luas. Posisi pantai ini sebenarnya terletak pada daratan yang menjorok ke arah laut, atau juga disebut sebagai tanjung. Hal ini, membuat bentuk Pantai Koneng menjadi lebih unik. Ditambah, pemandangannya yang sungguh menyejukkan hati dan pikiran Anda.

Pasirnya terlihat putih dan bersih, dan diantaranya terdapat banyak kerang-kerang yang cantik. Di tepian pantai juga banyak terdapat batuan karang berukuran besar-besar dan menambah eksotisme pemandangan pantai Koneng. Di sekitar pantai, terdapat ribuan pohon kelapa yang berjajar rapi membentuk sebuah pagar alam. Adanya pohon kelapa tersebut, menambah kesan rindang suasana sekitar pantai. Semakin teduh, ditambah dengan hembusan angin yang sepoi-sepoi.

Keindahan alami Pantai Koneng, membuat pantai ini seringkali dijadikan tempat untuk berswafoto oleh banyak orang. Bahkan, ketika berkunjung ke tempat ini sesekali Anda akan menemukan pasangan calon pengantin yang sedang melakukan pemotretan prewedding. Tempat ini memang cocok dijadikan sebagai latar belakang foto prewedding. Ombaknya yang cukup ramah, ditambah dengan pemandangan sekitar pantai yang indah akan mempercantik foto Anda.

Kawasan wisata Pantai Koneng, memang sudah cukup populer di Dumai, sehingga fasilitas yang ditawarkan juga sudah cukup memadai. Di pantai ini sudah dibangun surau, untuk wisatawan yang ingin melaksanakan sholat. Disediakan juga toilet, dan tempat beristirahat yang bisa digunakan untuk bersantai di pinggir pantai. Biasanya, wisatawan akan bersantai di sana hingga menjelang sore hari agar dapat menikmati pemandangan matahari terbenam dari pantai ini.

Lokasi: Teluk Makmur, Kec. Medang Kampai, Kota Dumai.

2. Pantai Teluk Makmur

Pantai Teluk Makmur
Image Credit: Instagram.com @zulmahadira

Ketika mengunjungi pantai ini, sejauh mata Anda memandang hanya akan menemukan lukisan pemandangan yang sungguh menakjubkan. Garis-garis di pantai ini banyak dipenuhi dengan bebatuan besar di pinggirnya yang sering dihantam ombak. Batuan ini memang sengaja disusun di kawasan pinggir pantai, sebagai pagar pantai dan untuk memecah ombak agar sampai ke daratan tidak terlalu tinggi. Namun, batuan ini juga menambah daya tarik tersendiri disini.

Pantai Teluk Makmur menjadi salah satu pantai yang ramah anak. Kedalaman airnya hanya setinggi mata kaki orang dewasa saja. Sehingga, anak-anak dapat berenang di pantai ini dengan tenang dan aman. Hanya saja, pada saat laut menjadi pasang ombaknya akan naik hingga terkadang dapat menggerus daratan. Karena itulah, batuan besar di sekitar pinggiran pantai itu berfungsi. Selebihnya, si kecil akan merasa sangat aman untuk berenang ataupun bermain di pantai ini.

Suasana sekitar pantai terlihat sangat asri dan masih damai. Anda akan dimanjakan dengan pemandangan sekitar pantai yang memiliki hamparan pasir yang luas, dan penuh dengan batuan karang yang eksotis. Di sekeliling pantai juga banyak ditumbuhi tanaman hijau dan pepohonan yang membuat rindang suasana pantai. Biasanya, pada siang menjelang sore hari Anda akan banyak menemukan anak-anak kecil di pinggir pantai yang sedang bermain sepak bola.

Yang menjadi menarik, di sekitar pantai ini terdapat perkampungan Melayu yang langsung berhadapan dengan Selat Malaka, juga Pulau Rupat. Sehingga, pemandangan dari kawasan wisata ini terlihat sangat eksotis karena memiliki perpaduan antara nilai budaya yang masih kental ditambah dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Anda akan betah berlama-lama bermain air di Pantai Teluk Makmur sambil menikmati pemandangan sekitarnya.

Pantai Teluk Makmur juga ramai dikunjungi banyak wisatawan pada sore hari. Wisatawan akan mulai ramai mengunjungi pantai sejak pukul 4 sore hingga menjelang hari temaram untuk memburu eksotisme pemandangan matahari terbenam dari pantai ini. Ketika senja, Anda dapat melihat langit penuh dengan semburat oranye berlatar belakang pantai yang cantik, serta perkampungan Melayu yang tidak kalah indah, membuat pemandangannya tidak bisa dilupakan.

Lokasi: Jl. Masjid Teluk Makmur, Teluk Makmur, Kec. Medang Kampai, Kota Dumai.

3. Pantai Purnama

Pantai Purnama
Image Credit: Ayojalanjalan.com

Jika biasanya pantai identik dengan hamparan pasir putih yang luas, berbeda dengan kawasan Pantai Purnama. Awalnya, pantai ini merupakan sebuah kawasan perkebunan kelapa milik warga setempat. Selain hanya digunakan sebagai kawasan perkebunan kelapa sawit, dulunya tempat ini juga hanya dijadikan sebagai dermaga untuk bersandarnya kapal-kapal nelayan. Namun, belakangan tempat ini banyak menarik wisatawan, sehingga dikelola menjadi objek wisata.

Pantai ini merupakan jenis pantai berlumpur yang sudah ditata dan dirapikan sedemikian rupa oleh pengelola pantai setempat. Masyarakat sekitar berbondong-bondong untuk memperbaiki dan mengelola pantai ini. Tidak hanya dirapikan, mereka juga membuat pondok-pondok yang bisa digunakan wisatawan untuk beristirahat. Sesekali, pondok tersebut juga dijadikan sebagai panggung pentas untuk anak muda di sekitar pantai yang ingin menunjukkan aksi dan atraksinya.

Tempat ini telah menjadi pilihan warga setempat untuk menghabiskan waktu liburannya. Setiap berkunjung kesini Anda akan disajikan dengan berbagai pemandangan yang memikat hati. Pemandangan berupa laut pantai lepas dengan ombak yang tenang, dan suasana sejuk dari angin yang berhembus pelan akan menambah suasana segar di sekitar pantai. Belum lagi ditambah dengan ribuan pohon kelapa yang menjulang tinggi dan banyak ditanam di sekitar pantai.

Karena pada awalnya merupakan perkebunanan kelapa, maka masyarakat sekitar juga memanfaatkan potensi tersebut untuk menjual es buah kelapa murni di sepanjang pantai. Wisatawan disini, seringkali menghabiskan waktu dengan duduk-duduk di saung yang telah disediakan sambil meneguk kesegaran air kelapa muda asli dari pohonnya. Bercengkerama dengan kerabat di pinggir pantai, sambil menikmati pemandangan sekitar pastinya sangat menyenangkan.

Lokasi: Purnama, Kec. Dumai Barat, Kota Dumai.

4. Pantai Marina Indah Puak

Pantai Marina Indah Puak
Image Credit: Riauberita.com

Pantai Marina Indah Puak menjadi destinasi wisata pantai selanjutnya yang menarik untuk dikunjungi ketika singgah ke Dumai. Ketika berkunjung ke tempat ini, Anda akan menemui dataran luas berpasir dengan garis pantai yang dipenuhi dengan batuan berukuran besar. Batuan ini tersusun rapi di sepanjang garis pantai untuk menghalau ombak yang terlalu keras. Selain itu, batuan ini juga dapat menahan ombak agar tidak terjadi abrasi yang dapat menerjang.

Bagi Anda yang suka menikmati untuk menghabiskan liburan di pantai, rasanya sangat tepat untuk berkunjung kesini. Pantai ini memiliki lanskap panorama yang sangat indah dan cantik. Tidak hanya itu saja, para wisatawan juga bisa dimanjakan dengan berbagai fasilitas dan wahana menarik yang disediakan oleh pengelola pantai ini. Diantaranya. Adalah wahana permainan air yang tidak hanya seru, namun juga dapat menantang adrenalin pemainnya.

Anda bisa mengitari keindahan pantai dengan menyewa banana boat bersama teman-teman. Rasakan sensasi mengendarai motor boat berbentuk pisang, sambil menikmati indahnya panorama pantai. Sebagai alternatif lainnya, Anda dapat menyewa berbagai wahana menarik lainnya yang patut untuk dicoba. Tidak hanya dapat mengitari laut, Anda juga bisa memilih permainan yang mengasyikkan dan merasakan sensasi terbang di atas pantai biru yang indah.

Lokasi: Teluk Makmur, Kec. Medang Kampai, Kota Dumai.

5. Pantai Akasia Indah Guntung

Pantai Akasia Indah Guntung
Image Credit: Wisatakotadumairiau.blogspot.com

Pantai ini memang tergolong baru ditemukan oleh masyarakat sekitar, sehingga masih terdengar cukup asing. Meski demikian, pantai ini memiliki panorama yang tak kalah cantiknya dengan pantai di daerah Dumai lainnya. Seperti pantai kebanyakan, Pantai Akasia Indah Guntung juga memiliki pemandangan khas pantai berupa hamparan pasir putih yang luas, serta gulungan ombak yang menenangkan. Hembusan angin dan kicauan burung akan menyempurnakan suasana.

Seringkali Anda akan menemukan anak-anak yang sedang asyik bermain di kawasan pantai ini. Air pantai yang segar dan juga suasana sejuk dari angin yang berhembus akan menjadikan aktivitas berenang disini menjadi menyenangkan. Dari kejauhan, Anda juga dapat melihat kapal nelayan yang sedang berlayar mencari ikan. Pemandangan ini semakin terlihat manis, dan mampu menyegarkan pikiran setelah lama bekerja dan merasa mulai penat.

Warna air laut yang hijau kebiruan seakan berpadu dengan langit biru yang luas, menambah cantik pemandangan pantai. Pemandangan tidak kalah menarik ketika menjelang sore hari, dimana matahari mulai perlahan tenggelam dan membuat siluet-siluet yang cantik. Banyak wisatawan akan mengabadikan foto dengan pemandangan pantai yang terlihat sangat syahdu. Jika cerah, suasana malam Pantai Akasia Indah Guntung tidak kalah indah, karena langitnya dipenuhi bintang.

Lokasi: Guntung, Kec. Medang Kampai, Kota Dumai.

Beberapa wisata pantai di Kota Dumai memang memiliki berbagai daya tarik yang selalu memikat para pengunjung yang akan berwisata kesana. Seolah memiliki daya magis tersendiri, destinasi wisata di Dumai tidak pernah sepi dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun dari luar pulau. Letak geografis kota Dumai, memang membuat kota ini dianugerahi banyak destinasi wisata pantai dengan daya tarik yang memikat. Anda bisa mencoba menghabiskan liburan di pantai Dumai yang indah.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending