10 Pantai Terindah di Padang yang Wajib Anda Kunjungi

Pantai Terindah Padang

Inilah Daftar Wisata Pantai Terindah di Padang, Sumatera Barat. Destinasi Wisata Bahari yang Eksotis, Populer dan Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Saat Liburan Bersama Orang Tercinta.

Ketika mendengar kata Padang pasti yang terngiang dalam benak adalah makanan khasnya. Namun siapa sangka Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat ini menyimpan segudang keindahan alam yang sangat menakjubkan. Padang memiliki beberapa wisata pantai yang indah dan mampu memanjakan mata setiap orang yang mengunjunginya. Deretan pantai yang ada di kota tersebut juga pasti memiliki pesona dan keunikannya tersendiri.

Penasaran pantai apa saja yang bisa dikunjungi? Berikut deretan wisata pantai populer di Padang yang bisa Anda pilih saat liburan.

1. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana
Image Credit: Paketwisatapadang.com

Salah satu destinasi wisata pantai yang ada di Pandang dengan keunikan panoramanya ialah Pantai Nirwana. Pemandangan matahari terbenam menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang mengunjunginya. Ombak pantai yang cenderung tenang dipadukan dengan putihnya pasir pantai menjadi satu paket lengkap yang akan diberikan Pantai Nirwana. Tak ayal banyak fotografer yang mengunjungi pantai ini hanya untuk membidik keindahannya.

Dari sisi tepi pantai, Anda juga bisa mendapatkan objek bidikan foto unik yakni kegiatan hiruk pikuk kapal laut yang berlabuh di Dermaga Teluk Bayur. Untuk dapat mengunjungi pantai yang satu ini, Anda tak perlu membayar biaya retribusi atau tiket masuk alias gratis. Adapun jam operasional dari Pantai Nirwana ialah pukul 6 pagi hingga 6 malam. Sebagai saran, Anda bisa mengunjungi pantai tersebut pada sore hari ketika matahari mulai terbenam.

Lokasi: Jl. Raya Padang-Painan, Teluk Bayur, Kec. Padang Selatan, Kota Padang.

2. Pantai Padang

Pantai Padang
Image Credit: Indonesiakaya.com

Sesuai dengan namanya, destinasi wisata pantai yang satu ini memang terletak di Pusat Kota Administrasi Padang. Pihak pengelola dan pemerintah setempat membangun konsep dan nuansa yang lebih modern guna menarik minat masyarakat untuk mengunjunginya. Ketika berkunjung ke Pantai Padang, Anda akan disuguhkan dengan fasilitas dan sentral kuliner dengan cita rasa masakan yang dijamin akan menggoyang lidah.

Untuk dapat menikmati keindahan dan panorama pantai, Anda hanya perlu merogoh kocek untuk membayar biaya masuk sekitar Rp. 5 ribuan saja. Dengan harga tiket yang sangat ekonomis, Anda juga sudah bisa melihat secara langsung keindahan Gunung Padang yang menjadi area perbukitan di sekeliling pantai. Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan ketika mengunjungi pantai tersebut ialah, bermain layang layang, bersepeda, berbelanja, dan masih banyak lagi.

Lokasi: Purus, Kec. Padang Barat, Kota Padang.

3. Pantai Carocok Painan

Pantai Carocok Painan
Image Credit: Piknikasik.com

Salah satu destinasi wisata alam yang juga memiliki pemandangan tak kalah indah dengan pantai lainnya ialah Pantai Carocok Painan. Pantai dengan sentuhan modern ini juga menawarkan view menarik berupa hamparan perbukitan di sekelilingnya. Banyak sekali aktivitas menarik yang bisa dilakukan oleh semua orang dari berbagai kalangan. Salah satunya ialah bersantai dan berjemur di bawah teriknya matahari.

Pantai Carocok ini juga menawarkan pesona pantai yang sangat cocok digunakan sebagai area pelepas penat atau sekedar berburu kuliner enak di sekitar pantai. Jika Anda tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata alam yang satu ini, Anda hanya perlu mengeluarkan kocek untuk membayar tiket masuk sekitar Rp. 10 ribuan saja. Dengan harga yang sangat terjangkau, Anda sudah bisa menikmati keindahan alam selama 24 jam nonstop.

Lokasi: Painan, Kec. Iv Jurai, Kab. Pesisir Selatan.

4. Pantai Pasir Jambak

Pantai Pasir Jambak
Image Credit: Ksmtour.com

Salah satu daya tarik yang ditawarkan oleh pantai ini ialah hamparan pasir yang berwarna kecokelatan. Rindangnya pohon kelapa di tepian pantai juga membuat suasana semakin tenang dan nyaman. Untuk bisa sampai ke Pantai Pasir Jambak, Anda bisa menempuh perjalanan menggunakan transportasi umum seperti bus, angkot, atau kendaraan pribadi. Lokasi Pantai Pasir Jambak ini berjarak kurang lebih 20 km dari pusat kota Padang.

Ketika mengunjunginya, Anda bisa melihat deretan kapal kapal nelayan yang sedang parkir di bibir pantai. Anda pun bisa menyusuri bibir pantai dan berinteraksi secara langsung dengan nelayan yang akan menangkap ikan. Jika Anda merasa lapar setelah menyusuri sepanjang bibir pantai, Anda bisa mencicipi kuliner khas di beberapa spot pantai tersebut. Umumnya, cita rasa masakan yang dijual sangat lezat dan menggugah selera.

Lokasi: Jl. Teratai, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang.

5. Pantai Sako

Pantai Sako
Image Credit: Detik.com

Bagi Anda yang memiliki hobi fotografi, Pantai Sako ini bisa menjadi pilihan objek bidikan yang sangat tepat. Pasalnya, lokasi pantai tersebut berdekatan dengan beberapa bukit dan area hutan yang masih sangat asri. Beberapa aktifitas yang sering dilakukan ketika mengunjungi pantai tersebut diantaranya, surfing, piknik, berkemah, hunting foto, ataupun sekedar menikmati waktu santai. Pepohonan yang rindang dengan suara ombak memberi ketenangan tersendiri.

Destinasi wisata yang satu ini masih belum diketahui banyak orang. Dengan demikian, ketika mengunjunginya Anda akan merasakan sensasi seperti berwisata di private beach yang nyaman. Untuk bisa memasuki wilayah pantai, Anda akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp. 5 ribu hingga Rp. 10 ribuan saja. Jika waktu liburan datang, area Pantai Sako akan dipenuhi tenda tenda perkemahan yang dibangun oleh para pengunjung lokal maupun luar daerah.

Lokasi: Bungus Barat, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang.

6. Pantai Pasumpahan

Pantai Pasumpahan
Image Credit: Detik.com

Kata Pasumpahan diambil dari salah satu nama pulau yang berada di sekitar lokasi pantai tersebut. Bisa dikatakan, destinasi wisata pantai yang satu ini memiliki pemandangan terbaik di Kota Padang. Air laut yang begitu jernih dengan hamparan pasir putih bersih menjadi perpaduan sempurna untuk mengistirahatkan pikiran dari kejenuhan aktivitas harian. Tempat wisata ini juga sangat cocok dijadikan sebagai pelarian dari hiruk pikuk kota.

Untuk bisa mengunjungi pantai terindah di Kota Padang ini, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya tiket masuk dengan harga sekitar Rp 15 ribu rupiah saja, setelahnya Anda perlu menaiki perahu untuk sampai di Pantai Pasumpahan. Dengan harga tiket masuk yang terjangkau, Anda bisa menikmati indahnya pemandangan selama 24 jam non stop. Ketika matahari sudah mulai tenggelam semburat warna jingga dan keunguan akan menghiasi langit semesta kala itu.

Lokasi: Jl. Sungai Pisang, Teluk Kabung Selatan, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang.

7. Pantai Kata Pariaman

Pantai Kata Pariaman
Image Credit: Kidalnarsis.com

Pantai Kata Pariaman memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan pantai lainnya. Keunikan tersebut terletak pada bebatuan yang berwarna warni menyerupai pelangi. Pewarnaan tersebut dilakukan oleh pihak pengelola agar masyarakat semakin tertarik mengunjunginya. Tak hanya itu, suasana panorama matahari terbit dan tenggelam pun mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi Pantai Kata Pariaman.

Seperti pantai pada umumnya, berbagai aktivitas olahraga air juga sudah tersedia. Termasuk diving dan snorkeling. Airnya yang bersih dan jernih, membuat kegiatan snorkeling dan diving semakin seru. Keberagaman biota laut juga menjadi salah satu daya tarik utama. Karang, koral lunak, ikan-ikan kecil, dan krustacea menjadikan kegiatan snorkeling dan diving adalah sebuah keharusan.

Lokasi: Taluk, Karan Aur, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman.

8. Pantai Bungus

Pantai Bungus
Image Credit: Flickr.com @paul herwarth von bittenfeld

Pantai Bungus terkenal dengan spot paragliding favorit masyarakat Padang. Hamparan perbukitan yang mengelilingi pantai seolah olah menjadi menara yang sedang memandangi lautan lepas. Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di lokasi tersebut diantaranya, berenang, menyelam, berjemur, naik perahu, hingga berjemur. Bentuk dari pantai tersebut mirip seperti bulan sabit dengan kondisi air yang jernih berwarna kebiruan.

Lokasi: Jl. Padang Pesiran KM.21, Pantai Bungus, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang.

9. Pantai Air Manis

Pantai Air Manis
Image Credit: Pariwisataindonesia.id

Masih ingat dengan legenda Minang Malin Kundang? Di Pantai Air Manis, Anda bisa menemukan bebatuan menyerupai seseorang yang sedang bersujud lengkap dengan bebatuan yang dipercaya sebagai bongkahan kapal Malin Kundang yang telah karam. Wisata yang kental dengan legenda anak durhaka tersebut banyak dikunjungi oleh wisatawan daerah maupun lokal hanya untuk melihat secara langsung patung Malin Kundang di bibir pantai.

Selain melihat batu Malin Kundang, banyak aktifitas lain yang bisa dilakukan ketika mengunjungi Pantai Air Manis. Aktivitas tersebut diantaranya, bermain ATV, berenang, bermain pasir, dan masih banyak lagi. Agar bisa memasuki kawasan Pantai Air Manis, Anda perlu membayar biaya tiket masuk yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 5 ribuan saja. Dengan tarif yang sangat terjangkau, Anda bisa menikmati keindahan pantai 24 jam lamanya.

Lokasi: Jl. Pantai Air Manis, RT.1/RW.1, Air Manis, Kec. Padang Selatan, Kota Padang.

10. Pantai Caroline

Pantai Caroline
Image Credit: Indonesiawow.com

Pantai Caroline atau yang lebih dikenal dengan nama Pantai Teluk Bungus merupakan salah satu destinasi wisata alam yang memiliki keindahan tak perlu diragukan lagi. Wisata alam yang satu ini tergolong masih tersembunyi. Oleh karena itu, kondisi area pantai tersebut masih sangat asri dan terjaga. Baru baru ini, Pantai Caroline menjelma menjadi salah satu destinasi wisata alam primadona bagi masyarakat Padang.

Berlokasi di Jalan Padang Painan, Bungus Selatan Pantai Caroline ini memiliki letak yang cukup tersembunyi. Salah satu daya tarik yang ditawarkan Pantai Caroline ialah bentuk bibir pantai yang menyerupai huruf W atau berbentuk hati. Tak jarang, banyak wisatawan yang mengunjungi pantai tersebut dengan mengajak orang orang terkasih. Deburan ombak dan hembusan semilir angin khas menjadi perpaduan sempurna bagi Anda yang ingin melepas penat.

Lokasi: Jl. Padang Painan, Bungus Selatan, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang.

Itulah deretan rekomendasi wisata pantai di Kota Padang yang memiliki pesona pemandangan unik dan menarik untuk dikunjungi. Ketika berkesempatan singgah ke Sumatera Barat, jangan lupa untuk mengunjungi salah satu pantai tersebut. Pasalnya, semua destinasi wisata pantai di Padang memiliki keindahan alamnya tersendiri. Dari lokasi yang bisa dijadikan relaksasi hingga lokasi untuk seru seruan, bisa didapatkan dengan mengunjungi Pantai di Padang.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending