10 Pantai Terindah di Palembang yang Wajib Anda Kunjungi

Pantai Terindah Palembang

Apa Saja Tempat Menarik di Palembang? Inilah Daftar Wisata Pantai Terindah di Palembang, Sumatera Selatan. Destinasi Wisata Bahari Kaya Pesona, Populer dan Terhits yang Patut Dikunjungi Saat Liburan.

Kota Palembang yang terkenal dengan sebutan Bumi Sriwijaya ini memiliki sederet keindahan alam yang sangat luar biasa. Berlibur ke destinasi alam yang ditawarkan kota ini tentunya akan membuat liburan Anda lebih menarik, terutama wisata pantainya yang memiliki keindahan memesona. Palembang hanya memiliki area pesisir di bagian timur, namun tetap menawarkan pilihan pantai menarik untuk dijelajahi.

Jika berkunjung ke Kota Palembang, berikut deretan wisata pantai populer yang tak boleh dilewatkan dan bisa memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

1. Pantai Pulau Maspari

Pantai Pulau Maspari
Image Credit: Merahputih.com

Diklaim sebagai salah satu pantai yang sangat terkenal di Palembang, tak heran destinasi ini pun dikunjungi banyak orang. Daya tarik utamanya, yaitu pantai ini memiliki batu karang yang berukuran besar. Dengan begitu, bisa dijadikan sebagai spot foto yang sangat menarik. Tidak kalah penting, pulau Maspari juga menjadi lokasi bertelurnya penyu penyu yang saat ini telah sulit ditemukan. Oleh sebab itu, pantai ini pun jadi salah satu kawasan yang dilindungi.

Tak hanya memiliki daya tarik yang unik, pantai yang berada di pesisir timur ini juga memiliki sederet fasilitas untuk para wisatawan. Anda bisa camping di camping ground dengan alat alat yang telah tersedia sangat lengkap. Tak hanya itu, bagi yang tidak suka bergulat dengan nyamuk di malam hari, Anda juga bisa menginap di guest house dengan harga terjangkau. Pengelola pantai juga telah menyediakan rumah makan, rest room, dan berbagai fasilitas lain.

Lokasi: Simpang Tiga Sakti, Kec. Tulung Selapan, Kab. Ogan Komering Ilir.

2. Pantai Desa Sungsang

Pantai Desa Sungsang
Image Credit: Sumeks.co

Destinasi satu ini tidak boleh Anda lewatkan karena memiliki sederet keindahan yang luar biasa. Desa Sungsang menyuguhkan panorama yang tidak biasa, yaitu keindahan pantai yang tiada duanya. Untuk menikmati keindahan pantai, Anda disarankan untuk menempuh jalur air dengan menaiki speed boat dari sungai Musi. Perjalanan ini tentu akan sangat menyenangkan karena selama perjalanan dapat melihat pemandangan yang memanjakan mata.

Tak hanya panorama indah selama perjalanan, Anda juga akan disuguhi pemandangan yang tak biasa bila berkunjung di bulan Oktober hingga Desember. Wisatawan yang datang ke pantai ini bisa melihat lumba lumba dan burung yang bermigrasi secara bersamaan. Hewan hewan ini berpindah dari Siberia ke laut di Desa Sungsang secara berkelompok. Migrasi kedua jenis hewan ini bisa Anda lihat secara langsung saat air laut sedang surut.

Lokasi: Desa Sungsang IV, Kec. Banyuasin II, Kab. Banyu Asin.

3. Pantai Bongen

Pantai Bongen
Image Credit: Tribunnews.com

Ingin berlibur ke pantai tanpa harus menempuh jarak yang jauh ? Pantai Bongen ini cocok sebagai destinasi liburan Anda, karena terletak di pusat kota. Tak heran, banyak orang yang menjadikan pantai ini sebagai salah satu tempat liburan di akhir pekan. Selain dekat, pantai ini juga memiliki daya tarik unik yang membuat banyak orang penasaran untuk berkunjung ke tempat itu. Keunikan pantai ini berasal dari namanya yang berarti pasir atau Sungai Musi yang mengering.

Oleh sebab itu, waktu berkunjung terbaik yaitu musim kemarau saat air laut surut. Tak hanya surut, pantai ini pun mengering dan menyisakan pasir. Panorama yang disuguhkan saat air surut ini sangat indah dan tiada duanya. Anda bisa menikmati panorama yang tak kalah indah dengan pantai yang ada di Pulau Dewata. Selain panorama yang indah, Anda juga akan menikmati berbagai event besar yang hanya ada saat musim kemarau tiba di sini.

Lokasi: Desa Ngulak, Kec. Sanga Desa, Kab. Musi Banyuasin.

4. Pantai Jodoh

Pantai Jodoh
Image Credit: Bintama.com

Keunikan pantai ini telah terdengar hingga ke berbagai daerah, sehingga mampu memikat banyak orang dari luar kota. Seperti namanya, pantai ini dipercaya memiliki cerita romansa yang sangat unik. Banyak yang percaya, bahwa sepasang kekasih yang berkunjung ke area ini maka hubungannya akan langgeng hingga pernikahan. Oleh sebab itu, Pantai Jodoh kerap jadi salah satu spot untuk prewedding, lokasi untuk menyatakan cinta, atau bahkan melamar.

Lokasi: Serijabo, Kec. Sungai Pinang, Kab. Ogan Ilir.

5. Pantai Tanjung Menjangan

Pantai Tanjung Menjangan
Image Credit: Suara1996.blogspot.com

Diklaim sebagai pantai yang baru saja ditemukan, sehingga belum banyak yang berkunjung ke kawasan tersebut. Selain itu, aksesnya pun belum terlalu mudah karena masih harus menyeberang dengan speed boat ke kecamatan Cengal. Lokasinya yang cukup tersembunyi membuat banyak orang kurang bisa mengeksplor lokasinya. Anda pun harus menyewa kapal untuk sampai ke tempat ini, tetapi dijamin tidak akan rugi atau menyesal berlibur ke Pantai Tanjung Menjangan.

Daya tarik utama yang disuguhkan untuk para pengunjung, yaitu keragaman biota laut yang bisa dilihat dari jarak dekat. Para pengunjung difasilitasi dengan peralatan snorkeling yang sangat lengkap untuk melihat ikan berenang di bawah laut. Tak hanya itu, Anda juga bisa melihat berbagai jenis terumbu karang beserta warnanya yang beraneka ragam. Disediakan pula spot terbaik untuk menyelam, sehingga Anda akan melihat banyak biota laut di dalamnya.

Lokasi: Desa Sungai Lumpur, Kec. Cengal, Kab. Ogan Komering Ilir.

6. Pantai Dermaga Sungai Gerong

Pantai Dermaga Sungai Gerong
Image Credit: Wisatapro.com

Seperti pantai pada umumnya pantai Dermaga Sungai gerong ini tak memiliki nilai istimewa. Hal tersebut akan Anda rasakan bila berkunjung di siang hari. Tak ada daya tarik unik yang ditawarkan oleh para pengelola kepada wisatawan yang datang. Anda hanya akan melihat dermaga beralaskan kayu yang berdiri dengan cukup kokoh. Air mengalir di bawahnya pun tak ada bedanya dengan pantai pantai lainnya yang ada di Bumi Sriwijaya.

Lain halnya, bila Anda berkunjung di sore bahkan malam hari. Panorama yang disuguhkan untuk para wisatawan sangat cantik dan eksotik. Anda bisa menikmati matahari terbenam hingga ke ditelan laut dengan semburat jingga di atas mega. Setelah malam menjelang, dermaga akan dipenuhi lampu kerlap kerlip cocok sebagai tempat swafoto. Anda juga akan melihat kapal milik Pertamina Plaju yang berlalu lalang di sekitar dermaga Sungai Gerong.

Lokasi: Sungai Gerong, Kec. Banyuasin I, Kab. Banyu Asin.

7. Pantai Pasir Payuputat

Pantai Pasir Payuputat
Image Credit: Pariwisataku.com

Berlokasi di kecamatan Prabumulih, Anda bisa berkunjung ke pantai ini bila kebetulan sedang ada di area sekitarnya. Daya tarik utamanya, yaitu pasir berwarna coklat yang turut andil dalam menambah suasana alami di pantai tersebut. Paduan pasir coklat dengan air laut yang jernih sangat pas untuk menyuguhkan pemandangan yang tak biasa. Tak hanya itu, Anda juga akan melihat pohon nyiur yang melambai lambai di tepi pantai menambah keindahan alam sekitar.

Palembang adalah salah satu kota yang masih memegang erat kebudayaan, sehingga tak jarang wisatawan juga akan disuguhi event event besar di kota ini. Pantai Pasir Payuputat jadi salah satu tempat untuk menyelenggarakan acara kebudayaan, salah satunya balap perahu tradisional. Bibir pantainya yang cukup luas menjadi salah satu alasan tepat untuk memakai pantai ini sebagai tempat balap perahu, sekaligus dijadikan sebagai tempat bersandar perahu.

Lokasi: Payuputat, Kec. Prabumulih Barat, Kab. Prabumulih.

8. Pantai Tanjung Setia

Pantai Tanjung Setia
Image Credit: Panduanwisata.id

Secara geografis, pantai ini termasuk dalam kawasan atau kota Lampung. Akan tetapi, sebagian besar masyarakat Palembang justru berlibur ke kawasan ini karena jaraknya yang sangat dekat. Anda tak perlu menempuh perjalanan jauh, karena destinasi satu ini bisa ditempuh hanya sekitar 1 jam dari pusat kota. Selain jarak yang dekat, alasan utama para wisatawan memilih lokasi ini karena menyuguhkan keindahan pantai yang luar biasa.

Pantai Tanjung Setia ini memiliki ombak yang sangat besar dengan perkiraan waktu pada saat pertengahan tahun. Sekitar bulan Mei hingga Juli, ombak pantai ini sangat besar sehingga banyak orang yang berkunjung ke pantai ini. Mayoritas pengunjung adalah para pecinta surfing karena tak banyak pantai di Palembang yang bisa dijadikan sebagai spot surfing. Tak hanya surfing, Anda juga bisa menikmati sunset di lokasi yang menyuguhkan sunset terbaik.

Lokasi: Way Jambu, Kec. Pesisir Selatan, Kab. Pesisir Selatan.

9. Pantai Mutun

Pantai Mutun
Image Credit: Pantainesia.com

Menjadi salah satu destinasi yang dikunjungi oleh wisatawan lokal, karena destinasi ini memiliki daya tarik yang berbeda. Pantai Mutun memiliki pasir berwarna putih yang sangat lembut, sehingga sangat cocok untuk dipakai membangun kastil pasir. Selain itu, air laut yang jernih dan berwarna biru juga melengkapi panorama dari destinasi wisata satu ini.

Tak hanya menyuguhkan panorama menarik, Anda juga bisa melihat beberapa perahu yang bersandar di sekitar pantai. Perahu perahu ini bisa Anda sewa untuk berkeliling di sekitar pantai. Fasilitas lain yang bisa dinikmati, yaitu arena bermain yang cocok untuk anak anak, tempat memancing, tempat makan dengan hidangan yang sangat lezat, dan masih banyak lagi.

Lokasi: Sukajaya Lempasing, Kec. Padang Cermin, Kab. Pesawaran.

10. Pantai Supi

Pantai Supi
Image Credit: Instagram.com @oganilirupdate

Diklaim sebagai salah satu wisata yang sangat terkenal di Bumi Sriwijaya dan mampu memikat para wisatawan untuk datang. Anda tentu akan sangat setuju, karena pantai ini memiliki pemandangan alami dengan paduan pasir dan air laut yang sangat cantik. Pantai ini dikelola dengan sangat baik dengan dana dari desa setempat, sehingga bisa menghasilkan fasilitas yang memadai. Anda bisa bersantai di tepi pantai karena telah tersedia pondok atau gazebo yang cukup banyak.

Lokasi: Sungai Pinang I, Kec. Sungai Pinang, Kab. Ogan Ilir.

Tak hanya terkenal dengan Pempek, Palembang juga terkenal dengan destinasi wisata baharinya yang luar biasa. Meskipun tidak memiliki wilayah perairan yang luas, Anda bisa mengeksplor pantai dengan panorama yang sangat cantik di kota Palembang. Daya tarik yang disuguhkan pun berbeda beda, sehingga Anda bisa memiliki pengalaman liburan yang beragam. Mulai dari keindahan panorama, spot sunset, hingga tempat terbaik untuk swafoto di malam hari.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending