5 Pantai Terindah di Pulau Natuna yang Menarik Dikunjungi

5 Pantai Terindah di Pulau Natuna yang Menarik Dikunjungi

Inilah Rekomendasi Wisata Pantai Terindah di Pulau Natuna, Kepulauan Riau. Objek Wisata Bahari Terindah, Eksotis dan Hits yang Menarik Anda Kunjungi untuk Liburan yang Seru dan Berkesan.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia dikenal memiliki wisata bahari yang sangat beragam. Ada banyak tempat wisata berupa pantai yang bisa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Dan masing-masing menyuguhkan pemandangan yang indah. Salah satu daerah di Indonesia yang memiliki wisata pantai terbaik yaitu di Pulau Natuna, Kepri.

Seperti dikertahui, pulau Natuna memiliki sumber daya alam yang sangat berlimpah. Jadi tidak heran wilayah ini menjadi rebutan banyak Negara. Namun, selain sumber daya alamnya, pulau ini juga dikenal sebagai salah satu daerah yang menawarkan tempat wisata pantai terbaik yang ada di Indonesia.

Setidaknya dari beberapa tempat wisata yang hits, ada deretan pantai eksotis yang perlu Anda ketahui dan kunjungi ketika berkunjung ke pulau Natuna. Untuk lebih jelasnya, berikut ini daftar wisata pantainya.

1. Tanjung Datuk

Tanjung Datuk
Image Credit: Twitter.com @nataliya_ratna

Pantai terbaik pertama yang menarik dari pulau ini yaitu Tanjung Datuk. Terletak di sebelah ujung timur laut Natuna dengan luas area sekitar 7 hektar. Merupakan salah satu objek wisata pantai yang begitu unik yang mungkin tak bisa Anda temukan di tempat lain. Hal itulah yang membuat tempat wisata ini mempunyai karakteristik tersendiri.

Pantai ini memiliki warna pasir putih yang didominasi oleh bebatuan. Anda akan menemukan pemandangan matahari terbenam dan matahari terbit yang begitu menakjubkan di Tanjung Datuk ini. Untuk menuju lokasi wisata yang satu ini, maka Anda perlu menempuh perjalanan selama kurang lebih 1 jam jika berangkat dari Kota Ranai.

Anda bisa mengendarai kendaraan roda dua atau roda empat, karena memang akses menuju tempat ini cukup mudah. Namun meski begitu, agar lebih mudah sampai ke lokasi wisata, maka disarankan Anda lebih baik mengendarai kendaraan roda empat off road atau mungkin Anda juga bisa menggunakan sepeda motor, hal itu dikarenakan jalannya yang cukup menanjak.

Ketika Anda telah sampai di atas, maka Anda telusuri jalan menurun ke bawah hingga menuju pantai pasir putih. Lokasi salah satu pantai terindah di Pulau Natuna ini memang cenderung sulit untuk diakses, karena berbukit dan juga menurun. Untuk mencapai pantainya, mungkin Anda akan sedikit kelelahan, namun semua itu akan dibayar oleh keindahan pemandangan di sana.

Anda akan menyaksikan deburan ombak yang begitu deras menghantam tebing pantai sehingga dapat melihat riak-riak yang berhamburan ke udara. Hal tersebut tentu akan sangat menarik jika Anda bisa mengabadikannya melalui foto ataupun video. Tersedia juga kolam-kolam kecil yang terbentuk secara alami akibat kikisan ombak di bebatuan.

Air yang dimiliki oleh pantai ini begitu jernih, sehingga Anda bisa memungkinkan untuk melihat ikan-ikan laut yang berenang. Bahkan terkadang ikan-ikan tersebut terjebak di area kolam-kolam kecil. Sementara untuk sisi yang paling ujung dan menjorok ke arah laut, Anda bisa menemukan susunan batu yang lebih unik lagi.

Di sini terdapat bongkahan batu yang memiliki bentuk kotak, sekilas menyerupai wajah manusia. Memiliki bentuk yang serupa manusia membuat daerah wisata ini disebut dengan Tanjung Datuk, karena memang batu tersebut jika diperhatikan tampak seperti seorang Datuk.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung, Kec. Bunguran Timur Laut, Kab. Natuna, Kepulaun Riau.

2. Pantai Cemaga

Pantai Cemaga
Image Credit: Twitter.com @achmad_nurochim

Rekomendasi pantai terindah yang wajib untuk dikunjungi selanjutnya yaitu pantai Cemaga. Merupakan salah satu pantai terbaik yang perlu Anda jadikan daftar kunjungan saat berada di pulau Natuna. Pantai yang satu ini terletak di Kecamatan Bunguran Selatan. Nantinya Anda akan melintasi tiga desa, antara lain: Cemaga Selatan, Cemaga Tengah serta Cemaga kota.

Pantai ini terbentang hingga mencapai radius 5 km sampai tepian batas air. Tapi saat laut pasang akan mencapai 10 hingga 15 meter. Kesan natural yang dimiliki oleh pantai sangatlah terlihat. Air yang dimiliki juga jernih, sehingga akan membuat Anda bersemangat untuk berenang di pantai tersebut. Terlebih lagi perairan di laut ini juga memiliki ombak yang tenang.

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan, seperti misalnya berenang, bermain voli pantai, melakukan snorkling serta aneka olahraga pantai lainnya juga bisa Anda lakukan. Panorama yang dimiliki Cemaga benar-benar mampu memanjakan mata Anda.

Terdapat bongkahan batu yang bisa Anda temukan di tempat ini, beberapa memiliki ukuran yang besar, kecil namun ada juga yang memiliki ukuran sangat besar. Tersebar hingga empat kawasan yang memiliki sebutan berbeda-beda. Untuk batu yang berlokasi di wilayah sebintang dinamakan oleh penduduk setempat dengan sebutan batu kaun.

Kemudian berturut-turut disebut batu setapung, batu madu dan batu kasah. Anda akan menemukan pemandangan yang menarik dari bongkahan batu luas tersebut. Bahkan beberapa dari bongkahan batu yang terdapat di sana, seolah-olah tengah mengapung di atas permukaan air laut. Pantai Cemaga memang telah lama dikenal sebagai salah satu surga bagi mereka yang hobi dalam memancing.

Lokasi ini nyaman dijadikan sebagai area bagi mereka yang ingin memancing ikan. Oleh karena itu Anda yang kebetulan berkunjung ke pantai Cemaga, maka jangan lupa untuk membawa perlengkapan pancing agar kegiatan liburan Anda semakin seru. Anda juga bisa menyewa perahu motor yang dimiliki oleh nelayan setempat dan untuk masalah biayanya pun bisa di nego.

Lokasi untuk Pantai Cemaga memang relatif mudah untuk dijangkau. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit atau jarak yang harus ditempuh sekitar 23 km. Jika Anda menggunakan sepeda motor, maka perjalanan bisa dilakukan lebih cepat lagi.

Saat Anda memutuskan untuk berkunjung ke pantai Cemaga, maka sebaiknya Anda membawa bekal makanan yang cukup karena memang di tempat ini masih belum tersedia restoran ataupun warung yang menyediakan makanan bagi para wisatawan.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cemaga Utara, Kec. Bunguran Selatan, Kab. Natuna, Kepulauan Riau.

3. Tanjung Senubing

Tanjung Senubing
Image Credit: Twitter.com @naen_noan

Pantai terindah berikutnya yaitu Tanjung Senubing. Tanjung Senubing berada di wilayah pantai timur kota Ranai, Kabupaten Natuna. Di tempat inilah nantinya Anda bisa melihat hamparan batu dengan ragam bentuk serta ukuran. Jika melihatnya dari gardu pandang yang berada di ketinggian bukit Seubing, maka tentunya pemandangan batu-batu akan tampak semakin elok.

Panoramaa yang begitu mengagumkan tersebut merupakan anugerah dari sang pencipta yang membuat wilayah ini semakin tampak eksotis. Hamparan bebatuan yang bertebaran dengan susunan dinamis serta harmonis, sehingga sangat indah untuk dipandang oleh mata. Jika Anda lihat dari arah pantai, maka terlihat beberapa batuan dengan ukuran yang bertumpuk-tumpuk serta menyebar.

Bebatuan yang oleh masyarakat sekitar disebut sebagai batu Sindu ini memiliki sebuah goa yang terletak di sela-sela. Keberadaan dari batu Sindu ini juga tak luput dari sebuah legenda yang diceritakan secara turun-temurun oleh penduduk setempat.

Bentang alam yang dimiliki oleh Tanjung Senubing memang sangatlah variatif mulai dari pantainya hingga wilayah perbukitan dengan ketinggian 0 sampai sekitar 100 meter dari permukaan laut. Bebatuan yang tersebar di sana merupakan batuan alam yang keras serta bisa dimanfaatkan sebagai materi bahan bangunan oleh masyarakat sekitar.

Penduduk sekitar biasa mengolah batu yang di hancurkan hingga berbentuk pecahan atau bongkahan dengan ukuran tertentu, kemudian akan mereka jual pada toko-toko material. Dari sanalah penduduk sekitar memperoleh pemasukan. Pemasukan yang mereka dapat nyatanya mampu untuk menopang kehidupan sehari-hari.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung Senubing, Kec. Bunguran Timur, Kab. Natuna, Kepulauan Riau.

4. Taman Batu Alif

Taman Batu Alif
Image Credit: Google Maps (Agung Setiadi)

Taman batu Ali merupakan tempat serupa taman surga yang dimiliki oleh pulau Natuna. Tepatnya taman batu Alif ini berlokasi di Desa Sepempang, Kecamatan Bunguran, Natuna. Saat Anda berkunjung ke pantai ini, maka terdapat jutaan jenis bebatuan yang bisa Anda temukan di sana. Anda akan menemukan ragam bentuk ukuran serta warna batu yang unik dan indah.

Dipastikan ketika Anda sampai di pantai yang indah ini, maka mata Anda akan terkagum-kagum melihat panorama yang ditawarkan oleh taman batu Alif ini. Lokasi wisata tersebut memiliki luasan area mencapai 3 hektar yang di dalamnya terdapat ribuan bongkahan batu Megalitith.

Selain itu, Anda juga bisa melihat keindahan serta kejernihan dari air pantai yang tentunya akan semakin membuat Anda merasa betah di tempat ini. Anda bisa menjadikan hamparan bebatuan yang terdapat di tempat wisata sebagai background foto yang menarik.

Bongkahan batu-batu raksasa yang oleh penduduk setempat disebut dengan taman batu alif menyimpan panorama yang sungguh mempesona serta menakjubkan. Saat pertama kali Anda menjejakkan kaki di tempat tersebut, maka nantinya Anda akan melalui celah-celah batu yang memiliki lebar kurang lebih 1 meter.

Nantinya Anda juga akan menemukan sebuah pintu masuk yang juga berupa batu dengan ukuran besar. Setelah melewati pintu masuk tersebut, maka hamparan batu akan mulai menyambut Anda. Bebatuan tersebut berada dimana-mana sepanjang pesisir pantai hingga ke area laut. Anda juga bisa menemukan jembatan-jembatan kecil antara batu yang bisa dilewati.

Bagi sebagian orang mungkin taman batu Alif merupakan tempat wisata yang masih terbilang cukup asing. Namun, disini perlu Anda ketahui bahwasannya tidak sedikit wisatawan mancanegara yang datang berkunjung ke taman batu alif.

Panorama pantai yang sangat eksotis, dipadu dengan batu-batuan granit yang tersebar di pesisir pantai, serta air laut jernih dengan kekayaan biota, merupakan kombinasi yang menarik dan sangat membuat takjub siapa saja yang melihat.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sepempang, Kec. Bunguran Timur, Kab. Natuna, Kepulauan Riau.

5. Pulau Senua

Pulau Senua
Image Credit: Google Maps (Danilo Soares Silva)

Tempat terindah selanjutnya yaitu Pulau Senua. Pulau ini merupakan salah satu pulau yang terletak paling luar di kabupaten Natuna. Jika diperhatikan, maka pulau ini terlihat seperti wanita yang tengah hamil dan rebahan. Anda bisa melihat bagian kepala serta bagian perut yang tampak menonjol.

Menurut legenda urban dikatakan bahwasanya dulu terdapat wanita hamil yang kemudian berubah menjadi pulau. Namun tentunya bukan karena bentuk pulau yang unik yang membuat tempat wisata ini pantas untuk dikunjungi.

Namun, karena memang panorama yang ditawarkan sungguh mampu membuat mata Anda merasa dimanjakan. Pantai yang satu ini memiliki air laut yang begitu jernih, pasir putih yang sangat halus, serta ketenangan yang membuat wisatawan merasa rileks ketika datang berkunjung.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Sepempang, Kec. Bunguran Timur, Kab. Natuna, Kepulauan Riau.

Itulah daftar pantai terindah di Pulau Natuna, Kepulauan Riau. Bagi Anda yang kebetulan berada di kepulauan Riau, maka tidak ada salahnya untuk mengunjungi kabupaten Natuna. Karena memang kabupaten tersebut menawarkan wisata bahari yang unik dan lain jika dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending